Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Berkat TUHAN yang menjadikan kaya...

pwijayanto's picture

Perhatikan perbedaan antar terjemahan Kitab Suci untuk Amsal 10:22 berikut ini:

1. Alkitab LAI Bahasa Indonesia sehari-hari:

Karena berkat TUHAN sajalah orang menjadi kaya; kerja keras tak dapat menambah harta

2. Kitab Suci Indonesian Literal Translation (KS-ILT):

Berkat YAHWEH menjadikan kaya, dan Dia tidak menambah kesusahan dengannya

3. Alkitab LAI Terjemahan Baru:

Berkat TUHANlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.

4. Alkitab LAI Terjemahan Lama:

Bahwa berkat Tuhan juga yang menjadikan kaya, dan tiada disertainya dengan kedukaan.

5. Kitab Suci LAI Bahasa Jawa:

Berkahé Allah kuwi sing marakaké kowé sugih, kangèlanmu ora nambahi apa-apa.

6. Bible Today English Version:

It is the LORD's blessing that makes you wealthy. Hard work can make you no richer.

7. Bible King James Version:

The blessing of the LORD, it maketh rich, and he addeth no sorrow with it.

Nah lho.... kalau nggak jeli dan membaca terjemahan-terjemahan lain, bisa-bisa kita "tersesat" dalam menafsirkan teks Kitab Suci...

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

pwijayanto's picture

juga saya post

juga saya post di http://gkmin.net/?p=131

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

bintang seven's picture

yhwh lagi yhwh lagi......

yhwh lagi yhwh lagi...... gak da yg lain pwi? bener bener saksi yehova..... ya tuhan ampunilah aku krn saksi yhwh ini. amin

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

pwijayanto's picture

@bintang seven, tolong anda LEBIH TELITI, anda SALAH BESAR..

maaf... model yang seperti anda ini yang membuat diskusi tidak selesai-selesai, karena SALAH TANGKAP.

apakah posting saya kali ini mempersoalkan YHWH-nya? Penekanan saya adalah pada masalah BERKAT TUHAN dan KESUSAHAN,

apakah saya harus menjelaskan, bahwa kelompok yang satu,  Amsal 10:22, itu dapat ditafsir bahwa kekayaan semata-mata berkat dan susah payah (kerja keras) tidak menambahinya, dan kelompok kedua dapat diartikan bahwa kekayaan adalah berkat Tuhan dan Tuhan tidak akan memberikan/menambahkan kesusahan pada berkat kekayaan itu.

(ya kira-kira begitu...)

TAHU bedanya Bung? TAHU maksud posting saya kali ini Bung?

saksi yehova?

ha ha ha..

Anda tidak lihat profil saya, saya warga GKJ (gereja kristen jawa) Salatiga, sampai saat ini saya juga masih tercatat sebagai anggota redaksi sebuah majalah yang diterbitkan SINODE GKJ.

Oh ya.., anda siapa? hamba YHWH, atau hamba Allah? (allah yang huruf kecil semua, Allah yang 'A'nya besar atau ALLAH yang huruf besar semua..?

hamba Tuhan atau hamba TUHAN?

ya tuhan ampunilah aku krn saksi yhwh ini.

... ya TUHAN yang huruf besar semua.... ampuni bintang seven, karena tidak menangkap maksud posting kali ini, .. ampuni dia karena dia tidak tahu yang dia komentari....

 

maaf ya... saya pikir sudah dibaca puluhan kali dan tidak ada yang komentar karena bingung mau komentar apa, e..e.... ternyata  komentar pertama yang masuk adalah komentar yang ngawur...

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

anakpatirsa's picture

Komentar Pertama?

Min .... Min...

Komentar pertama yang masuk itu ngawur ya?

pwijayanto's picture

he he.. ya maksudnya komentar pertama setelah saya...

ya.. maksudnya  komentar pertama setelah saya.. "komentar" saya itu untuk menambah keterangan saja, daripada saya klik Edit, saya post langsung pada kotak komentar...

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

bintang seven's picture

@pwi blog anda cuma topeng

salam hangat pwi, ternyata bukan cuma kompor tp anda juga bs meleduk ya. padahal dr posting2 anda sebelumnya anda terkesan begitu santun. entahkah anda santun atau suka meleduk2 itu yg saya tak tahu krn belum pernah bertemu, tp skrg yg saya tahu anda warga GKJ yg membawa2 ajaran yhwh krn telah melihat profil anda, entahkah ajaran yhwh anda itu benar atau tidak saya telah tahu dan saya memperingatkan kesesatan anda.

jika anda bergerja di GKJ  dan bukan di saksi jehova apakah berarti anda bukan seperti mereka? maafkan saya saudara pwi ijinkan saya bertanya apakah yg disebut maling cuma ada di dalam penjara? apakah untuk melihat maling saya hrs pergi ke penjara? apakah untuk disebut maling anda harus masuk penjara dulu? jika anda tidak di saksi jehova dan membawa ajaran2 yg anda iklankan itu di gereja gkj, maka spt uang palsu yg paling mirip dg yg asli yg ada di kas bank maka anda adalah yg paling berbahaya.

saya telah meneliti tulisan anda dan ketidakkonsistenan anda jelas menunjukkan anda orang yg sangat munafik dan anda selalu bergegas mengomentari nama yhwh,  doktrin tritunggal dan Keilahiaan Kristus jika anda berani tolong di buat blog nya disini supaya kita dpt berdiskusi dg jelas dan santun ttg pandangan anda ttg Tritunggal, Keilahian Kristus dan nama Yhwh jgn berlindung di balik topeng blog berkat anda di atas dan iklan gkmin itu ok itu jika anda tak keberatan dg kebenaran yg anda bawa2 itu dan saya menunggu untuk memberi anda waktu membuatnya sebaik mungkin. krn blog ini tidak pas dan jika tak sanggup tolong beri tahu pwi krn demikianlah seorang yg tulus ok. Thx

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

pwijayanto's picture

@bintang seven, anda salah.. (maaf)

Jika anda masih menganggap saya saksi yehova, atau saya berpandangan seperti saksi yehova,  anda salah...

2 kali saya didatangi sepasang suami istri saksi yehova yang tinggal di salatiga, dan sekarang tidak pernah datang lagi setelah mereka tahu bahwa saya punya pandangan tidak seperti mereka.

teman-teman saya (baik di GKJ, maupun beberapa gereja lain di Salatiga) tahu saya bukan saksi yehova.

tolong pelajari lagi, beda antara saksi yehova dengan orang-orang seperti saya.. 

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

bintang seven's picture

pwi jangan berdalih

pwi anda boleh berkomentar apa saja ttp bagi saya kebodohan anda semakin nampak, anda telah ditantang untuk membuktikan ajaran yhwh anda yg ada di blog gkmin itu dan anda tak bereaksi sedikitpun jika anda butuh waktu untuk memampangnya disini saya dg sabar menunggu, bukankah "kebenaran" anda akan menjadi berkat untuk penghuni blog ss ini? bukankah kesaksian anda akan menjadi berkat?

jika memang sepasang suami istri itu tidak mengira anda saksi yehova bukankah anda dapat bercerita kisahnya dihubungkan dg pandangan anda disini? jika anda sanggup menulis blog di gkmin bukankah tak terlalu berat menulis kan ttg topik apa yg saya rindukan di atas tadi pwi?

pwi tanpa anda suruh belajar pun saya dg bersukacita belajar kebenaran tapi masalahnya: anda menulis bedakan saksi jehova dg orang2 spt saya....bagaimana mungkin saya tahu dan mau tahu orang2 spt anda jika menulis blog yg saya minta saja pun anda malas? jgn mengalihkan topik pwi tinggal bilang sanggup atau tidak ok? thx

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

Bintang Seven, Anda Salah Sangka

Bintang seven, saya mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, namun anda benar-benar salah sangka. Maling tidak ada di penjara karena yang ada di penjara itu hanya para TERPIDANA. Maling? Kita tidak tahu mereka ada di mana. bila tahu mereka ada di mana mustahil kita kemalingan bukan?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

hai saya maafkan dan mohon maaf

hai permintaan maaf anda saya maafkan dan rasa hormat saya juga tak berkurang kok malah makasih anda benar ttg istilah Terpidana ganti maling anda sangat heartable. ngomong2 anda tahu benar dg istilah terpidana di penjara ini, ijinkan saya bertanya tanpa mengurangi rasa hormat apa anda juga pernah masuk? he thx

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

Saya tidak Seberuntung Itu Bintang Seven

Wah ... Saya tidak seberuntung itu bintang seven. Namun saya benar-benar tahu penjara karena banyak teman-teman polisi yang yang cerita, juga banyak teman-teman yang mengaku diri Sarjana Hukum karena kuliah di penjara. Beberapa teman bahkan sempat menjadi PHd, karena setelah lulus dari jenjang satu mereka lalu melanjutkannya lagi, dihukum.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

YHWH KELAUT AZE...

Dear petrus,

kalau gw bilang YHWH ke laut aze...

kira kira melanggar titah ke berapa ya ?
 

atau YHWH dari hongkong...

kira kira melanggar titah ke berapa ya ?

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@AP : SELALU JELI atas NGAWUR

GW SETUJU KOMENTAR PERTAMA NGAWUR. Hahahahahaha Min min, paimin paimin...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Mikhael Romario's picture

bedanya

Jadi, apa donk bedanya ALLAH dengan YHWH?

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

Mikhael Romario's picture

komentar pertama

Judul Blog: Berkat TUHAN yang menjadikan kaya...

Komentar pertama : juga saya post

Komentar kedua: yhwh lagi yhwh lagi

Komentar ketiga: @bintang seven, tolong anda LEBIH TELITI, anda SALAH BESAR..

dst...... dst.....

Jadi komentar 1 salah ya?

kalo gitu, kesimpulannya adalah:

- komentar pertama SAMA DENGAN blog

- komentar pertama SAMA DENGAN salah

- blog-nya SALAH

Berhubung yang menyalahkan adalah penulisnya sendiri, maka yang lain bisa apa?

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

kardi's picture

@Pw kalau bukan dari TUHAN , ya dari SETAn

Kekayaan duniawi adalah berkat dari TUHAN bagi orang-orang yang mengasihiNya. Jadi semua pekerjaan  (karir) adalah berasal dari Dia,dan haruslah disadari bahwa diluar Dia  adalah sia2. Kalau terlalu mementingkan pekerjaan daripada TUHAN, maka TUHAN pasti akan mengambil pekerjaan itu, karena TUHAN pencemburu.Lebih baik ga punya apa2, daripada punya apa2 tapi kena apa.

pwijayanto's picture

@kardi, anda benar, tapi anda pilih makna yang mana?

OK dengan statement anda di atas, tapi perhatikan perbedaan makna dari versi-versi Kitab Suci yang saya kutip,

dengan bahasa yang lain, mungkin dapat saya tulis maknanya demikian:

versi pertama: kekayaan (kita) adalah berkat Tuhan, kesusahan/kerja keras (kita) tidak menambah apa-apa ...

versi kedua: kekayaan (kita) adalah berkat Tuhan, dan Tuhan tidak akan membuat/menambah kesusahan kepada (kita) karena kekayaan itu.

Anda pilih mana? jadi pilih versi Kitab Suci yang mana?

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

pwijayanto's picture

komentar dari seorang teman di malaysia

seorang rekan di Malaysia, membaca posting seperti diatas di website www.gkmin.net, dan menuliskan komentar:

Saya baca Alkitab terbitan Malaysia yang berdasarkan Today’s English version dan bahasa Indonesia sehari-hari,bunyinya “Berkat Tuhan sahajalah yang menjadikan orang kaya.Kerja keras tidak akan menambah kekayaan” Ya,pasti sama sama dengan LAI bahasa Indonesia sehari-hari.
Tapi,saya bertanya dengan orang China,Nepal dan India bagaimana arti bacaan Alkitab mereka,apakah sama dengan LAI. Dan ternyata Alkitab mereka katakan bahwa The blessing of the LORD brings wealth,and He adds no trouble to it.(Alkitab mereka terdapat dwi bahasa yaitu English dan Chinese/Nepal/India. Cetakannya mengikut THE HOLY BIBLE,NEW INTERNATIONAL VERSION copyright 1973,1978,1984.
Jadi sayapun bertanya mengapa terbitan LAI berbeda? Bukannya kita mahu jadi ahli hukum Taurat,tapi kita mesti tahu betul-betul ajaran yang kita baca itu kan?

 

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

__________________

=== salam, www.gkmin.net . ( jika hanya membaca Alkitab LAI, darimana tahu YHWH? Apakah Firman Tuhan kurang lengkap?)

sahabat's picture

@pwijayanto: sama saja itu.....

Pwijayanto bilang:

“Penekanan saya adalah pada masalah BERKAT TUHAN dan KESUSAHAN,

apakah saya harus menjelaskan, bahwa kelompok yang satu,  Amsal 10:22, itu dapat ditafsir bahwa kekayaan semata-mata berkat dan susah payah (kerja keras) tidak menambahinya, dan kelompok kedua dapat diartikan bahwa kekayaan adalah berkat Tuhan dan Tuhan tidak akan memberikan/menambahkan kesusahan pada berkat kekayaan itu.”

 Saya bilang:

Bagi saya persoalan ini bukan susah. Sama saja maksud kedua-duanya

1.       Kekayaan memang semata-mata berkat Tuhan dan kekayaan adalah berkat Tuhan. Anda lahir saja semua sudah tersedia tinggal anda mendapatkannya saja…

Susah payah(kerja keras) tidak menambahinya = Tuhan tidak akan memberikan/menambahkan kesusahan pada berkat kekayaan itu. Sama saja ini! Anda tahu bila hal ini berlaku? Pada ketika anda percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan mendapat tanggapan yang benar bahawa anda bekerja bukan untuk majikan anda semata-mata tetapi untuk Tuhan juga. Maka oleh itu anda bekerja bukan kerana terpaksa tetapi anda suka dengan kerja anda. Anda mencintai kerja anda kerana anda juga menganggap bahawa pekerjaan anda itu juga merupakan satu pelayanan untuk Tuhan.Jika anda benar2 menjadi satu dengan Tuhan anda akan penuh dengan Roh-Nya yang memberi anda HIKMAT untuk bekerja . Lalu Majikan anda mendapati sesuatu yang berbeda dengan anda. Anda menjadi pekerja ’above the average’ bahkan menjadi super. Pendek kata anda telah memiliki cirri-ciri seperti nabi Daniel dan Yusuf. Lalu majikan anda mengangkat anda menjadi Pengurus Kanan disyarikatnya. Dia menyerahkan segala sesuatu kepada anda kecuali isterinya dan hal-hal lain yang tidak berkaitan.Apa Kekayaanmu tidak bertambah? Bertambah! Apa anda merasa susah payah menjadi kaya? Apa Tuhan menambah kesusahan kepada anda ketika mencapai kekayaan itu? O…. tidak…! Kenapa? Kalau Roh Allah menguasai anda walau berat yang anda pikul, walau anda bekerja 12 jam sehari anda akan tetap bergirang! Boleh ketawa terbahak-bahak kerana anda menikmatinya! Anda boleh bersiul-siul. Kalau HIKMAT Allah ada padamu anda akan bekerja dengan BIJAKSANA! Ada banyak laverage yang tidak membuatkan anda berdosa yang boleh menjadikan anda kaya dengan cepat tanpa susah payah. Anda pernah mendengar istilah ‘ Averaging Rate’ ? ‘Compounding Rate”? “ Rule of 72”? dan banyak lagi…. Menurut hukum Compounding Rate dan Rule of 72  kalau anda ada wang 10,000,000.00 dan anda menyimpannya dalam trust fund yang boleh memberi anda pulangan 20% setahun.. maka 3.6 tahun akan datang anda boleh mendapatkan 20,000,000.00. Hanya 3.6 tahun saja wang anda berganda. Dalam masa 3.6 tahun itu Tuhan tidak menambahkan kesusahan anda untuk membolehkan anda 10,000,000.00 lebih kaya. Dalam masa 3.6 tahun itu anda tidak perlu bekerja keras untuk menjadi lebih kaya 10,000,000.00 . Maka itu sebabnya Tuhan mahu kita cari HIKMAT .HIKMAT = Tuhan YESUS Kristus. Mintalah dengan Dia hari-hari. Pasti Dia beri. It is a matter of time!!

Tuhan memberkatimu dan seisi keluargamu

sahabat

__________________

"Aku yakin dengan sepenuhnya bahawa Berita Baik itu kuasa Allah yang menyelamatkan semua orang yang percaya kepada Yesus, mula-mula orang Yahudi, dan juga orang bukan Yahudi" - Roma 1: 16

awam's picture

@ pwijayanto -- Amsal 10:22

Saudara Petrus, tentang Amsal 10:22 ini saya lebih setuju dengan :

2. Kitab Suci Indonesia Literal Translation :

    Berkat Yahweh menjadikan kaya, dan Dia tidak menambah kesusahan dengannya.

4. Alkitab LAI Terjemahan Lama :

    Bahwa berkat Tuhan juga yang menjadikan kaya, dan tiada disertainya dengan kesusahan.

7. Bible King James Version :

    The blessing of the Lord, it maketh rich, and He addeth no sorrow with it.

Saya percaya kalau kita berusaha mencari kekayaan untuk kemuliaan Tuhan, Dia akan menjadikan kita kaya, dan makin keras usaha kita, makin bertambah juga kekayaan kita. Dan selama kita berusaha itu kita selalu mengutamakan Tuhan, berkat Tuhan itu tidak akan membawa kesusahan apa-apa kepada kita.

Lalu, apakah ada berkat yang membawa kesusahan atau bencana ?

Jawabannya : ada !

Kalau kita meminta kekayaan lewat pesugihan(kuasa kegelapan), kita bisa menjadi kaya, tapi kita harus membayar untuk kekayaan itu. Bayarannya adalah kesusahan atau bencana, misalnya anak mengalami kecelakaan sehingga menjadi cacat, bisa juga misalnya istri melahirkan anak yang tidak sempurna dan lain-lain kesusahan lagi.

 

GBU

hai hai's picture

Amsal 10:22

Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya. Amsal 10:22

Berakah ashar lo etseb

Berakah = Kaya = Kata benda
YHWH = Tuhan
Ashar = kaya = kata kerja
Lo = jangan, bukan, tidak ada, tidak pernah = Kata kerja
Etseb = kesusahan, kesakitan, kerja keras = kata benda

Saya kutipkan kata-kata Yunani yang menjadi dasar penerjemahan kitab KJV agar anda semua dapat ikut memikirkannya.

Selain godaan untuk menafsirkan, para penerjemah Alkitab sering sekali tergoda untuk berpuisi atau menulis dengan indah. Kedua godaan tersebut sering menimbulkan masalah.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

GAK ASIK : ASIKAN Mazmur 127 :2

Mazmur 127:2 Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah--sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

murid_Kristus's picture

Mohon Tanya

Salam kenal Sdr. Pwijayanto...

Mohon tanya, jika anda menyebut Yahweh, siapakah yang anda maksud?

Jika orang lain menyebut Allah, tahukah anda siapa yang mereka maksud?

 

 

Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

__________________

Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.