Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

DUNAMIS = SINKRETISME bertopeng reformed bag 2

rogermixtin09's picture

Dalam filsafat,potentiality (kesanggupan) dan actuality (kenyataan) adalah prinsip-prinsip dikotomi yang digunakan oleh Aristoteles dalam karya-karya filsafat untuk menganalisis gerak, kausalitas,etika,dan fisiologi dalam fisika,metafisika,dan de anima ( tentang jiwa manusia).

 

Potentiality (Kesanggupan,kekuatan) dan potency (daya,kemampuan,kekuatan) adalah terjemahan dari kata Yunani kuno "DUNAMIS" atau dynamis seperti yang digunakan oleh Aristoteles sebagai konsep yang berlawanan dengan kenyataan.Terjemahan Latin adalah "potentia" dalam bahasa inggris disebut "potential"

 

DUNAMIS dalam bahasa Yunani sehari-hari berarti KEMUNGKINAN atau KEMAMPUAN tergantung pada konteks kalimat bisa berarti potensi,potensial,kapasitas,kemampuan,kekuatan,kemungkinan dan menjadi akar kata dari kata inggris modern seperti dynamis,dynamite,dan dynamo.Dalam filsafat modern,penulis Inggris Hobbes dan Locke menggunakanya sebagai "kekuasaan".

 

Program Dunamis dimulai pada tahun 1991 dimana saat itu Dr Brad long menjabat sebagai direktur executive pada PRMI ( Presbyterian Reformed Ministries intenational ) yang sebelumnya bernama Presbyterian Charismatic communion.Pengajaran ini berdasarkan pada pengajaran R A Torrey dan diteruskan oleh cucunya Archer Torrey pada persekutuan doa di tempat bernama Jesus Abbey di Korea dan oleh Dr Brad Long sendiri di Taiwan.

 

R A Torrey adalah salah satu pendiri gerakan fundamentalis yang kita tahu bersama dimana fundamentalis modern menolak baptisan bayi dan mengharamkan wanita mengajar diatas mimbar ibadah umum alias menolak wanita menjabat sebagai pendeta.

 

Dr Brad Long juga mengaku bersama istrinya belajar spiritual pada tahun 1977 bersama para Jesuit di St.Ignatius yang juga sangat mempengaruhi ajaran Dunamis.

 

Pada kenyataanya yang terjadi di GMIM adalah ajaran Dunamis yang sangat kental dengan praktek-praktek kharismatik.

 

Dari nama, sejarah berdirinya program Dunamis ini serta kenyataan dilapangan,telah sangat kelihatan bahwa Dunamis adalah SINKRETISME dari filsafat Aristoteles plus ajaran fundamentalis dan katolik dan terakhir kharismatik.Jadi pengakuan bahwa Dunamis berdasarkan teologia Reformed adalah kamuflase belaka untuk memuluskan gerakan ini menyusup ke dalam GMIM.

 

Mau dibawa kemana gerejaku tercinta ini ?

 

 

Bersambung.

iik j's picture

iseng ger...

hari ini aku iseng ngelilingi SS... mumpung ada sedikit waktu sela ger... he he he ga mudeng aku baca nya... ga nyampe' otaknya... ha ha ha ha...

daripada sinkritisme bertopeng gimana kalo pahlawan bertopeng aja.... he he he

rogermixtin09's picture

boleh juga tuh.

Boleh juga tuh mba iik..he he he

Ada program yang diajarkan di gerejaku prakteknya sama persis dengan apa yang dilakukan Benny Hinn dalam KKR nya.

Saya jadi teringat ketika ada orang yang memanggil mba iik ' hei kamu". Semoga nanti tidak sampai kesana.

mujizat's picture

DUNAMIS = Sinkretisme berkedok reformed?

Kita lihat saja.

Puji Tuhan, saya membiasakan diri untuk tidak serta merta menerima suatu ajaran "baru" tetapi tidak juga serta merta menolaknya.

Lebih baik menyelidiki dulu, lihat kesesuaian dengan Visi Misi Tuhan, dan membandingkannya dengan Alkitab, dan yang terpenting lagi ialah dengan memohon bimbingan Roh Kebenaran.

Shalom.

__________________

 Tani Desa

rogermixtin09's picture

betul bang Muji,saya setuju

betul bang Muji,saya setuju dengan anda.Kita memang harus menyelidiki dulu apakah sejalan atau tidak dengan ajaran Alkitab,dan saya sudah melakukanya dan menemukan bahwa  ajaran mereka ngaco belo.itu sebabnya saya akan terus menentang mereka.

Salam