Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Ksatria yang Sederhana

Wahyu Dunung Raharjo's picture

RADEN ANTASENA 

 

Adalah putra ketiga dari Raden Werkudara (BIMA) yang merupakan buah perkawinan dengan Dewi Urangayu (Bidadari dari dasar Samudera).

Kakak pertama raden Antasena yang bernama raden Antareja sangat lihai berperang di dalam perut bumi... sedangkan kakak keduanya, Raden Gatutkaca, sangat mumpuni berperang denga terbang di udara.

Nha... siapa bisa tebak apa keahlian Raden Antasena? Betul... Di dalam AIR. Jika Raden Antareja adalah angkatan darat, raden Gathutkaca adalah angkatan udara, Raden Antasena merupakan pentolan Angkatan Laut kerajaan Amarta.

 

Satu hal yang menarik dari Raden Antasena adalah, sekalipun dia seorang Kesatria utama di sebuah kerajaan besar, dia tidak berpakaian seperti kedua kakaknya yang sangat perlente. Pakaian Raden Antasena sangat sedarhana seperti layakya rakyat biasa. Tanpa mahkota yang indah, dan kalung yang bertatahkan berlian... Sekarang ini kita hidup di jaman yang mengutamakan penampilan. Kehebatan seseorang saat ini dinilai pertama kali dari penampilanya. Gaya lebih diutamakan daripada kemampuan. Padahal emas tetaplah emas walaupun dibungkus kertas koran, sebaliknya buah busuk sekalipun dibungkus label supermarket.. ya tetap busuk.

 

Keunikan Raden Antasena yang kedua adalah gaya bicara apa adanya dan tidak suka menutup-nutupi. Persis seperti ayahnya Raden BIMA. Dia bukanlah penganut asal bapak senang  yang manis di depan, tapi pahit di dalam. Dia bukan type ksatria yang suka menyimpan kepahitan. Berkata "suka" apabila suka, dan "tidak suka" apabila memang tidak suka. Bukan kasar... tapi JUJUR... Nha... orang jujur inilah yang sulit ditemukan hari-hari ini... Semua cenderung palsu, terbungkus cover rohani, pangkat, dan kedudukan. Padahal yang dilihat Tuhan kan hati? bukan penampilan?

 

Di atas adalah wayang raden Antasena produksi sanggar wayang sang pamarta. Merupakan gabungan dari wayang versi Yogyakarta dan Surakarta (Jadi.. versi mana ya? Delanggu mungkin. Hahaha). 

 

Gusti Mberkahi

 

 

 

__________________

sang_pamarta

joli's picture

wahyu, silahkan lengkapi data diri

saya suka cerita wayang :)


setahu joli memang ada beda wayang versi india dan jawa, termasuk si antasena ini, namun joli malah nggak tahu beda wayang surakarta (solo) dan jogjakarta  itu apa?

kalau baksonya Solo dan Jogja memang beda.. beda enak-nya ha..ha..ha..

btw, sebaiknya wahyu mengedit kalimat terakhir di blog wahyu supaya tidak berkesan mengiklan :)

Ada beberapa cara iklan diri di ss ini, seperti melengkapi data jati diri dengan komplit termasuk no telpon juga boleh :)

Wahyu Dunung Raharjo's picture

Thanks mbak Joli

Tadi siang saya mengisi waktu senggang antar jam kuliah untuk menulis di blog ini. Dan yang saya muat di sini adalah perkembangan dari yang saya tulis di iklan sanggar saya. Agaknya saya lupa/ malas mengedit. Tadi d jalan sempat pergumulan juga, perasaan saya seperti merasa bersalah sekali. lalu sepulang kuliah saya langsung ke warnet untuk mengeditnya... ternyata dugaan saya benar... Mbak Joli mengingatkan saya.. Terimakasih mbak Joli.. Hehehe.. anda benar2 mengajari saya.. Hahaha

__________________

sang_pamarta

rolupat's picture

pelabuhan Merak

Lam kenal Wahyu…

 

 

Antasena…

Mampu mengangkat ribuan orang,

Bahkan mengangkat ratusan kendaraan,

Sampai mengangkat puluhan truk dan mobil.

 

Tahu dimana?

Di pelabuhan Merak!

ha… ha…

 

bergumul?

Wah kalau nulis di Sabdaspace nggak boleh main perasaan pak,

Ada yang bilang Sabdaspace tu pasar klewer,

Alias banyak yang klewer-klewer.

Ada yang bilang Sabdaspace tu jungle,

Alias hutan belantara, banyak binatang buas’e.

 

Namun saya bilang…

Show a little more,

Show a little less,

Add a little smoke,

Welcome to Burlesque.

 

Siap dibakar?

Siap disiram?

Welcome to Burlesque!

ha… ha…

 

Sekali lagi…

Kalau nulis di Sabdaspace nggak boleh main perasaan,

Alias go A head : )

OK, ditunggu tulisan yang lain pak.

 

Gusti Mberkahi.

 

 

…………………………………………..

“Berserah  -  Bella Saphira”

Wahyu Dunung Raharjo's picture

Terimakasih

Salam balik mas Rolupat.. wah.. kalo denger nama anda jadi inget kuliah di kampus  (gamelan). hehehe

 

Trimakasih buat saranya. kalo sempat n penarasan soal wayang pamarta (Christian puppets) kunjungi www.wayangpamarta.blogspot.com

__________________

sang_pamarta

Geadley Lian's picture

tempoh

Bagus toh blognya.selamat...........

__________________

geadley