Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Suami, Tunduklah Kepada Isterimu!

Kejarlah Kasih's picture

Hai suami, tunduklah kepada isterimu!

 

Tunduk kepada isteri adalah prinsip penting. Suami perlu mengingat dan melakukan prinsip ini kalau mau berbahagia dalam hidup pernikahan. Suami perlu tunduk kepada isterinya.

 

Rela menerima asuhan isteri. Bersedia merendahkan diri terhadap isterinya. Bersedia taat dan takluk kepada isteri. Mendengarkan kehendak dan kepentingan isterinya. Suami tidak boleh senantiasa melawan isterinya dan tidak boleh selalu mengambil keputusan seorang diri dan semaunya sendiri saja. Suami tidak boleh sok berkuasa dan selalu mau menang sendiri.


Hai suami, tunduklah kepada isterimu!

 

Tunduk kepada isteri adalah prinsip penting. Suami perlu mengingat dan melakukan prinsip ini kalau mau berbahagia dalam hidup pernikahan.

 

Tunduk kadang diartikan sebagai taat, merendahkan diri, takluk, ada dalam asuhan/tanggung jawab. Sementara tidak tunduk berarti tidak taat, tidak merendahkan diri, tidak takluk, tidak ada dalam asuhan/tanggung jawab.

 

Suami perlu tunduk kepada isterinya. Rela menerima asuhan isteri. Bersedia merendahkan diri terhadap isterinya. Bersedia taat dan takluk kepada isteri. Mendengarkan kehendak dan kepentingan isterinya.

 

Suami tidak boleh senantiasa melawan isterinya dan tidak boleh selalu mengambil keputusan seorang diri dan semaunya sendiri saja. Suami tidak boleh sok berkuasa dan selalu mau menang sendiri.

 

Mungkin ada para suami dan isteri yang tidak setuju dengan judul artikel ini. Saya memakluminya karena banyak yang mengajarkan bahwa tunduk itu adalah kewajiban para isteri. Isteri wajib tunduk kepada suaminya seperti ada tertulis di Efesus 5:22.

 

Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan Efesus 5:22 [TB]

 

Maksud ayat itu ialah hubungan jemaat dengan Kristus. Isteri perlu tunduk kepada suaminya sama seperti kepada Tuhan. Tubuh perlu tunduk kepada roh dalam segala hal. Kita perlu mengasihi, merawat dan menjaga tubuh sendiri dan tubuh anak-anak manusia lainnya sebagai bagian dari tubuh Kristus. Tubuh perlu menghormati Kristus sebagai kepala. Sampai tiba waktuNya bagi manusia untuk meninggalkan bumi beserta tulang dan dagingnya, untuk dilahirkan kembali dengan mengenakan tubuh sorgawi yang tidak dapat binasa, pergi dalam awan-awan dan selalu bersama-sama dengan Tuhan. Sesungguhnya Rasul Paulus sedang berbicara mengenai kesatuan Kristus dan jemaat, rahasia besar.

 

Tetapi, meskipun Efesus 5:22 tetap mau dipahami sebagai pengaturan dalam hubungan antara suami dengan isterinya, ayat itu tidak mungkin menghilangkan kewajiban suami untuk tunduk kepada isterinya. Suami perlu tunduk kepada isterinya!

 

Logikanya sederhana. Perintah kepada isteri tidak menghilangkan perintah kepada suami, demikian pula sebaliknya.

 

Setiap suami diberi perintah untuk mengasihi isterinya. Apakah perintah kepada suami lalu meniadakan kewajiban isteri untuk mengasihi suaminya? Mustahil! Isteri tetap perlu mengasihi suaminya. Perintah kepada suami tidak mungkin menghilangkan perintah kepada isteri. Suami dan isteri mempunyai kewajiban untuk saling mengasihi.

 

Rasul Paulus di 1 Korintus 7:39 berkata, isteri terikat selama suaminya hidup. Apakah lalu berarti suami tidak terikat? Suami bebas? Mustahil! Suami juga terikat selama isterinya hidup. Perintah kepada isteri tidak mungkin meniadakan kewajiban suami. Suami dan isteri saling terikat selama pasangannya hidup.

 

Prinsip yang sama juga berlaku dalam hal tunduk. Kewajiban isteri untuk tunduk kepada suami tidak menghilangkan kewajiban suami untuk tunduk kepada isterinya. Suami mempunyai kewajiban untuk tunduk kepada isterinya. Hai suami, tunduklah kepada isterimu!

 

Ragu-ragu? Mari baca ulang Efesus 5 dengan cara yang berbeda.

 

Untuk menghormati Kristus, hendaklah kalian tunduk satu sama lain. Istri, tunduklah kepada suamimu, seperti kepada Tuhan Efesus 5:21-22 [BIS]

dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus. Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, Efesus 5:21-22 [TB]

 

Tunduk satu sama lain atau saling tunduk atau saling merendahkan diri. Suami tunduk kepada isteri dan isteri tunduk kepada suami. Suami dan isteri saling merendahkan diri supaya dapat saling melayani.

 

Suami dan isteri saling tunduk kepada pasangannya. Saling menundukkan diri sendiri karena menghormati Kristus. Saling tunduk supaya tidak ada yang mengangkat kepala untuk meninggikan dirinya sendiri dan kemudian berlaku seperti TUHAN terhadap pasangannya.

 

Dalam bidang tertentu isteri perlu tunduk kepada suami, dalam bidang yang lain suami perlu tunduk kepada isterinya.

Ada waktu isteri tunduk kepada suaminya, ada waktu suami tunduk kepada isterinya.

Dalam banyak hal, suami dan isteri perlu tunduk kepada kesepakatan bersama.

Pada akhirnya suami dan isteri saling merendahkan diri untuk kebaikan bersama.

Semua dilakukan karena kasih, untuk menghormati Kristus.

 

Hai suami, tunduklah kepada isterimu!

 

Isteri setara dengan suaminya karena itu isteri disebut sebagai teman suami. Teman, bukan pelayan apalagi budak!

 

Suami yang tidak pernah mau tunduk, melainkan hanya menuntut isterinya untuk tunduk, pasti tidak sedang memperlakukan isterinya sebagai teman. Kemudian seiring perjalanan waktu, perlahan-lahan suami tersebut akan kehilangan hormat kepada isterinya sebagai teman pewaris anugerah kehidupan sejati. Suami seperti itu doanya akan terhalang.  

 

Untuk menghormati Kristus, hendaklah kalian tunduk satu sama lain. Efesus 5:21 [BIS]

 

Hai suami, tunduklah kepada isterimu! Hai isteri, tunduklah kepada suamimu!

 

Bagaimana kalau ada yang tidak mau menundukkan dirinya sendiri? Maka kita boleh mencoba menundukkannya, tetapi hanya melalui kasih. Carilah cara dan latihlah diri sendiri untuk menjadi lebih baik dan sedapat mungkin bantulah dia. Kasih tidak mencari kepentingan diri sendiri saja tetapi mengusahakan kebaikan bersama. Kasih tidak pernah gagal.

 

Saling merendahkan diri supaya dapat saling melayani adalah bagian dari saling mengasihi diantara suami isteri, saling mengasihi diantara sesama manusia. Jalan untuk menjadi sempurna seperti Bapa.

 

 

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

perlu hati2 jangan sampai mengganti ajaran firman dengan opini.

 

Mat_15:9  Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia." 

Mar_7:7  Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. 

Col_2:22  semuanya itu hanya mengenai barang yang binasa oleh pemakaian dan hanya menurut perintah-perintah dan ajaran-ajaran manusia. 

yang baik kita terima yang jelek kita buang ,suami harus menghargai istri di dalam kasih dan istri mengasihi suami dalam ketundukannya kepada suami.

 

Kejarlah Kasih's picture

wnee, asal bunyi

Opini lebih baik daripada asal ngoceh.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Debu tanah's picture

@ Kejarlah Kasih, blog ngaco

Aduh seolah2 benar, tp ajaran Alkitab koq diputar balik kan bgt ?

 

Alkitab sangat JELAS memerintahkan kepada ISTERI:

5:22 Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,

Alkitab sangat JELAS memerintahkan kepada SUAMI:

5:25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

 

Sebaiknya dalami-lah Efesus pasal 5. Mulai dari: apa alasan masing-masing perintah kepada istri  dan kepada suami. Sangat jelas koq disitu. Itu kl dibaca dengan teliti. Sangat BEDA dengan ajaran dalam blog mu di atas !

Btw kamu seorang suami atau istri ?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kejarlah Kasih's picture

@debu, pakai kacamata

[Aduh seolah2 benar, tp ajaran Alkitab koq diputar balik kan bgt ?]

Baca lagi blog saya dengan teliti, yg mana yg diputar balik?
Jangan-jangan kamu perlu pakai kacamata supaya teliti.

 
[Sebaiknya dalami-lah Efesus pasal 5. Mulai dari: apa alasan masing-masing perintah kepada istri  dan kepada suami. Sangat jelas koq disitu. Itu kl dibaca dengan teliti. Sangat BEDA dengan ajaran dalam blog mu di atas !]

Baca lagi yg teliti Alkitabmu, yang mana yang sangat beda?
Jangan-jangan kamu belum membaca Efesus pasal 5 dengan teliti.


[Btw kamu seorang suami atau istri ?]

Coba kamu minta isteri kamu baca blog ini, kemudian silakan tebak.Cool

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Debu tanah's picture

@ KK, perempuan tidak tahu diri

Dugaan saya kamu adalah seorang perempuan, bila benar maka kamu adalah perempuan tidak tahu diri !

Sangat jelas Paulus (Alkitab) mengajarkan bahwa istri HARUS tunduk pada suaminya, ini adalah ajaran yang sangat jelas alias eksplisit sehingga tidak terbantahkan.

Bila ingin tahu kenapa Paulus mengajarkan demikian maka pelajari lah secara lebih mendalam topik ini, BUKAN nya membuat ajaran baru yg ngaco begini:

Hai suami, tunduklah kepada isterimu!

Bukankah ini namanya: memutarbalikkan ajaran Alkitab ?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kejarlah Kasih's picture

@debu, tanya isteri kamu

[Dugaan saya kamu adalah seorang perempuan, bila benar maka kamu adalah perempuan tidak tahu diri !]

Kamu diskusikan dulu blog ini dengan isteri kamu, setelah itu baca profil saya, informasi untuk memverifikasi dugaan kamu ada disana. Setelah meneliti, baru memaki. Masa blogger senior seperti kamu begitu tidak telitinya? Atau jangan-jangan kamu memang sedang bermasalah dengan mata kamu?

[Sangat jelas Paulus (Alkitab) mengajarkan bahwa istri HARUS tunduk pada suaminya, ini adalah ajaran yang sangat jelas alias eksplisit sehingga tidak terbantahkan.]

Makanya baca yg teliti, tidak ada kalimat di blog saya yg membantah ajaran kepada istri untuk tunduk kepada suaminya.

Dugaan saya kamu cukup teliti, tapi mungkin saat pertama kali membaca blog ini kamu terkejut, karena tidak sesuai dengan dokrin di kepala kamu. Wajar saja, karena itu coba kamu baca ulang Alkitab kamu dan blog ini dengan teliti.


[Bila ingin tahu kenapa Paulus mengajarkan demikian maka pelajari lah secara lebih mendalam topik ini,]

Sebelum berkomentar pelajari dulu topik ini secara mendalam, jadi tidak ngaco.



[Bukankah ini namanya: memutarbalikkan ajaran Alkitab ?]

Jangan memutarbalikan! Kalau kamu tidak paham ajaran Alkitab, jangan menduga orang lain juga tidak paham, itu namanya tindakan bodoh.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Debu tanah's picture

@ KK, suami yg tunduk pada istri

Oh ternyata saya salah ya duga, namanya juga dugaan. Ternyata kamu adalah suami yang tunduk pada istri ya? Tongue out  Berbeda dengan kamu, saya adalah suami yang mengasihi istri, dan istri saya adalah istri yang tunduk pada suami.

 

[ Makanya baca yg teliti, tidak ada kalimat di blog saya yg membantah ajaran kepada istri untuk tunduk kepada suaminya. ]

Inti dr blog mu ini adalah:

[ Tunduk satu sama lain atau saling tunduk ] 

Tapi FAKTANYA ini tidak ada diajarkan dalam Alkitab !

Alkitab hanya mengajarkan supaya Istri tunduk pada suami, tetapi suami harus mengasihi instrinya. Alkitab tidak mengajarkan supaya suami tunduk kepada istri ! Jangan menambahi yang tidak diajarkan Alkitab !

Karena kamu suka bertindak BODOH (pinjam istilah kamu sendiri), maka baiklah saya bermurah hati menjelaskan kepada mu:

Alkitab mengajarkan:

- Istri HARUS tunduk kepada suami. KENAPA? Paulus berkata: Karena Suami adalah KEPALA istri !

- Suami harus mengasihi istrinya. KENAPA? karena istri adalah TUBUH suami !

Jadi suami dan istri tidak "SETARA" (baca "sama") dong ya? Itu namanya TAKDIR !

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kejarlah Kasih's picture

@debu, malu-maluin!

[Oh ternyata saya salah ya duga, namanya juga dugaan.]

 Makanya kalau baca yg teliti, kalau diperlukan periksa mata! Malu-maluin!

[Berbeda dengan kamu, saya adalah suami yang mengasihi istri, dan istri saya adalah istri yang tunduk pada suami.]

Hahaha. Coba kamu dg teliti kamu diskusikan dulu blog ini ke isteri kamu, jangan sampai salah lagi. Malu!


[Inti dr blog mu ini adalah:

[ Tunduk satu sama lain atau saling tunduk ]

Tapi FAKTANYA ini tidak ada diajarkan dalam Alkitab !]

 

Baca Alkitab tuh yg teliti, baca lagi gih Efesus 5. Baca ulang juga blog saya, supaya tidak malu-maluin.

 

[Jangan menambahi yang tidak diajarkan Alkitab !]

Jangan mengurangi apa yang diajarkan Alkitab, baca lagi yg teliti.

 

[Karena kamu suka bertindak BODOH (pinjam istilah kamu sendiri), maka baiklah saya bermurah hati menjelaskan kepada mu:]

Karena setelah diberitahu untuk teliti, kamu tetap saja tidak tahu, maka baiklah saya yg sudah tahu bermurah hati mengajari kamu. Perhatikan dan pelajari baik-baik apa yg sudah saya tulis di blog saya:

Untuk menghormati Kristus, hendaklah kalian tunduk satu sama lain. Efesus 5:21 [BIS]

Tunduk satu sama lain, artinya saling tunduk. Masa gitu aja ga ngerti?

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Debu tanah's picture

@ KK, kata "tunduk"

Bila kamu teliti, maka ayat 21 tidak ditujukan kepada suami-istri, tetapi kepada jemaat.

Sedangkan ayat 22-25 jelas sekali KHUSUS untuk suami-istri !

Saya berpendapat terjemahan baru lebih tepat daripada terjemahan lama. Kata "tunduk" seharusnya "merendahkan diri". Perhatikan dalam Alkitab Sabda, kata "tunduk" (TL) dalam ayat 21 menggunakan kata Yunani yang berbeda dengan kata "tunduk" dalam ayat 22.


5:20 Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita
5:21 dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

5:22 Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,
5:23 karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.
5:24 Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.
5:25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya

Gara2 terjemahan lama kurang tepat, makanya ada orang yang gak ngerti konteks menafsirkan ayat 21 seenak udelnya seperti kamu ini ! Tongue out

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kejarlah Kasih's picture

@debu, tunduklah kepada isterimu

[Bila kamu teliti, maka ayat 21 tidak ditujukan kepada suami-istri, tetapi kepada jemaat.

Sedangkan ayat 22-25 jelas sekali KHUSUS untuk suami-istri !]

 

Teliti dan dalami dulu sebelum berkomentar. Baca lagi blog saya dan Alkitabmu. Jangan malu-maluin!


[Saya berpendapat terjemahan baru lebih tepat daripada terjemahan lama. Kata "tunduk" seharusnya "merendahkan diri". Perhatikan dalam Alkitab Sabda, kata "tunduk" (TL) dalam ayat 21 menggunakan kata Yunani yang berbeda dengan kata "tunduk" dalam ayat 22.]

 

Memberi link tapi tidak mempelajari dengan teliti dan mendalam link yang diberikan, betul2 tindakan memalukan!


[Gara2 terjemahan lama kurang tepat, makanya ada orang yang gak ngerti konteks menafsirkan ayat 21 seenak udelnya seperti kamu ini ! ]

Kamu yang tidak teliti, gak ngerti konteks, seenak udelnya dan memberi komentar sembarangan, tapi malah menuduh terjemahan kurang tepat, betul-betul memalukan! Kalau kamu tidak paham jangan menganggap orang lain juga tidak paham, itu namanya tindakan bodoh!


Mari saya beritahu kamu bagaimana saya membaca link yang kamu berikan:

Untuk menghormati Kristus, hendaklah kalian tunduk satu sama lain. Istri, tunduklah kepada suamimu, seperti kepada Tuhan. Efesus 5:21-22 [BIS]

 

Mau tahu apa itu konteks? Pisahkanlah ayat 22 dari ayat 21, maka kamu akan tahu apa itu konteks. Hahahahaha.Tongue out

 

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Debu tanah's picture

@ KK, Kebenaran sejati

Bila mau berpikir jernih, maka kamu akan mengerti.

Suami adalah KEPALA dan istri adalah tubuh. "TUNDUK" dilakukan oleh "tubuh" kepada "kepala". Masakan "kepala" tunduk kepada "tubuh" !

Kamu ngerti gak bedanya KEPALA ama TUBUH ?? Tongue out  Ini dulu kamu pahami: bahwa KEPALA beda dengan TUBUH, TUBUH harus tunduk kepada KEPALA, tetapi KEPALA harus mengasihi TUBUH.

Bila kamu paham ajaran Alkitab bahwa suami adalah kepala sedangkan istri adalah tubuh, maka kamu akan ngerti bahwa suami dan istri tidak SALING tunduk. Jadi ajaran Alkitab adalah: istri tunduk kepada suami dan suami harus mengasihi istri. Jangan menambahi atau memodifikasi ajaran Alkitab, nanti kamu KUALAT !

Saya kira saya sudah menyampaikan yang harus saya sampaikan!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kejarlah Kasih's picture

@debu, kemurahan dan kesempatan

[Bila mau berpikir jernih, maka kamu akan mengerti.]

 

Jernih. Tanpa kotoran. Tanpa prasangka.
Bila mau berpikir jernih, maka kamu akan mengerti.

 

[Suami adalah KEPALA dan istri adalah tubuh. "TUNDUK" dilakukan oleh "tubuh" kepada "kepala". Masakan "kepala" tunduk kepada "tubuh" !]

 

Kristus adalah kepala tubuh.
Apa mungkin isterimu cuma jadi alas kaki kamu? Dengan debu-debu kecil di bawahnya?


Jangan lupa kamu diskusikan blog ini dengan isteri kamu. Isteri perlu tunduk. Suami juga perlu tunduk dan relax, jangan tegang dan tegak terus di depan isteri. Tongue out


[Kamu ngerti gak bedanya KEPALA ama TUBUH ?? Tongue out  Ini dulu kamu pahami: bahwa KEPALA beda dengan TUBUH, TUBUH harus tunduk kepada KEPALA, tetapi KEPALA harus mengasihi TUBUH.]

 

Ngerti, kamu belum? Perlahan-lahan saja, akan tiba waktunya kamu memahami rahasia besar yang dimaksud Rasul Paulus. Sementara itu pelajari dulu topik ini dengan teliti. Kamu juga boleh membaca ulang dengan teliti blog-blog yang lain dengan klik di sini.

 

[Bila kamu paham ajaran Alkitab bahwa suami adalah kepala sedangkan istri adalah tubuh, maka kamu akan ngerti bahwa suami dan istri tidak SALING tunduk. Jadi ajaran Alkitab adalah: istri tunduk kepada suami dan suami harus mengasihi istri. Jangan menambahi atau memodifikasi ajaran Alkitab, nanti kamu KUALAT !]

 

Ajaran Alkitab jelas menyatakan, untuk menghormati Kristus, hendaklah kalian tunduk satu sama lain. Jangan menyangkali kebenaran sejati, nanti kamu KUALAT!


[Saya kira saya sudah menyampaikan yang harus saya sampaikan!]

 

Kamu memang sudah menyampaikan sedikit ketidaktelitian kamu dan menurut saya kamu sudah belajar sedikit, tapi belum cukup. Tidak apa-apa, kalau mau kamu masih bisa belajar.

Kapan-kapan kita belajar bersama lagi, anggap saja kamu diberi kemurahan dan kesempatan untuk membalas. LaughingHahahahahaLaughing

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

Pengajaran Firman Tuhan baik dan sempurna

Eph 5:21  dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus. 

Perkataan ef 5:21 bukan berhenti sampai titik saja tetapi di lanjutkan aplikasinya dalam 3 bagian:

1)ISTRI TUNDUK KEPADA SUAMI (EF 5:22-24)

Eph 5:22  Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, 

Eph 5:23  karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. 

Eph 5:24  Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu. 

 

2)ANAK MENTAATI ORANG TUA (EF 6:1-3)

Eph 6:1  Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. 

Eph 6:2  Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: 

Eph 6:3  supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. 

 

3)HAMBA MENTAATI  TUANNYA

Eph 6:5  Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus, 

Eph 6:6  jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan hati orang, tetapi sebagai hamba-hamba Kristus yang dengan segenap hati melakukan kehendak Allah, 

Eph 6:7  dan yang dengan rela menjalankan pelayanannya seperti orang-orang yang melayani Tuhan dan bukan manusia. 

 

Agar suami ,orang tua dan majikan jangan menyalah gunakan wewenang yang ada padanya maka pada saat yang bersamaan paulus memberikan perintah kepada mereka :

 

A)Kewajiban dan sikap suami terhadap istri:

Eph 5:25  Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya 

Eph 5:26  untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, 

Eph 5:27  supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela. 

Eph 5:28  Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri. 

Eph 5:29  Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat, 

Eph 5:30  karena kita adalah anggota tubuh-Nya. 

Eph 5:31  Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. 

Eph 5:32  Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat. 

Eph 5:33  Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya. 

 

B) Orang tua terhadap anak:

Eph 6:4  Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. 

 

C) Majikan terhadap hamba:

Eph 6:9  Dan kamu tuan-tuan, perbuatlah demikian juga terhadap mereka dan jauhkanlah ancaman. Ingatlah, bahwa Tuhan mereka dan Tuhan kamu ada di sorga dan Ia tidak memandang muka. 

 

Bukankah mengaturan Tuhan sangat baik dan sempurna ...........................jika kita ingin mengunakan ay 21 sebagai dasar sebuah prinsip “suami tunduk kepada istri “maka itu hanya nengada-ada ,karena jelas bahwa bukan itu maksud paulus menulis kalimat itu..............jika mau di paksakan ya terserah.....................jangan2 lanjut menjadi orang tua taatilah anakmu agar bisa hidup damai tanpa amarah........................dan tuan2 taatilah hamba2 mu dan bawahanmu karena tanpa mereka hidupmu tidak nyaman.

guestx's picture

yup, setuju! Ef 5:22-33 dasar pernikahan Kristen

 

istri harus tunduk kepada suami, tetapi (berdasarkan Ef 5:21) suami juga harus tunduk kepada istri --> apakah ini agar kekristenan sejalan dengan prinsip kesetaraan gender yang 'universal' ? 

prinsip pernikahan kristen kayaknya cukup jelas,ya : hubungan suami dan istri merupakan cerminan hubungan Kristus dan jemaat (Ef 5:32). 

mengapa istri harus merasa menjadi lebih rendah dari suami jika mengikuti perintah "tunduk kepada suami seperti kepada Tuhan" dan mengizinkan suami berperan sebagai "kepala" dalam kesatuan rumah tangga ? 

mengapa perintah "mengasihi istri sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diriNya baginya" dianggap perintah yang lebih ringan daripada perintah "tunduk kepada suami" ? dan karena itu, perlu ditambahkan "suami tidak hanya mengasihi istri tetapi juga tunduk kepada istri" berdasarkan Ef 5:21 ?

gw pikir-pikir, jika memang prinsip "tunduk dan mengasihi" sebagaimana hubungan jemaat dan Kristus dalam Efesus 5:22-33 ini tidak lagi memadai sebagai dasar hubungan suami istri, sebaiknya gereja berhenti membacakan ayat-ayat tsb dalam peneguhan pernikahan Kristen. lebih baik, pak/bu pendeta bacakan saja dasar pernikahan yang lebih adil dan setara dalam premarital agreement tentang pembagian tugas rumah-tangga dan cari nafkah, proteksi aset bawaan sebelum dan selama pernikahan, pembagian gono-gini dan hak asuh anak in (the very probable :-) case of divorce, etc. 

 

__________________

------- XXX -------

Kejarlah Kasih's picture

@guestx, Kristus adalah kepala.

[mengapa istri harus merasa menjadi lebih rendah dari suami jika mengikuti perintah "tunduk kepada suami seperti kepada Tuhan" dan mengizinkan suami berperan sebagai "kepala" dalam kesatuan rumah tangga ? ]


Mengapa ada suami-suami yang merasa 'terganggu' dengan pernyataan 'tunduk kepada isteri' sesuai dengan prinsip saling tunduk?

 

[mengapa perintah "mengasihi istri sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diriNya baginya" dianggap perintah yang lebih ringan daripada perintah "tunduk kepada suami" ? dan karena itu, perlu ditambahkan "suami tidak hanya mengasihi istri tetapi juga tunduk kepada istri" berdasarkan Ef 5:21 ?]

 

Tidak ada yang ditambahkan dan tidak ada sesuatu yang baru dg apa yg saya tulis. Efesus 5:21 yang menyatakan untuk saling tunduk. Kenapa perlu dikurangi?


[gw pikir-pikir, jika memang prinsip "tunduk dan mengasihi" sebagaimana hubungan jemaat dan Kristus dalam Efesus 5:22-33 ini tidak lagi memadai sebagai dasar hubungan suami istri, sebaiknya gereja berhenti membacakan ayat-ayat tsb dalam peneguhan pernikahan Kristen. lebih baik, pak/bu pendeta bacakan saja dasar pernikahan yang lebih adil dan setara dalam premarital agreement tentang pembagian tugas rumah-tangga dan cari nafkah, proteksi aset bawaan sebelum dan selama pernikahan, pembagian gono-gini dan hak asuh anak in (the very probable :-) case of divorce, etc.]

 

Dasar pernikahan Kristen adalah Kristus sebagai kepala. Suami dan isteri adalah sesama teman pewaris kasih karunia. Suami dan isteri adalah sesama manusia yang setara, yang menerima perintah untuk saling mengasihi.

Saling mengasihi diterjemahkan kedalam saling melayani, saling tunduk, saling hormat dll. Urusan selebihnya, atur saja masing-masing sesuai prinsip tersebut dengan kesepakatan atau norma-norma yang dapat diterima bersama.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Kejarlah Kasih's picture

@wnee, tidak tertarik

[jika kita ingin mengunakan ay 21 sebagai dasar sebuah prinsip “suami tunduk kepada istri “maka itu hanya nengada-ada ]

 

Wnee, saya tidak tertarik untuk mengajari kamu.  Pelajari sendiri link yg diberikan DebuTanah, klik di Efesus 5:21 dan Efesus 5:22.


Kalau tidak mau mengerti juga, silakan cari blogger lain yang masih mau bermurah hati mengajari kamu.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

kk hanya ingin membenarkan diri .

-masak karena orangtua mangikuti keinginan anak maka timbul statement orang tua taatilah anakmu.

-masak karena majikan menuruti maksud/usul /keinginan pelayan/pegawainya maka timbul statement majikan taatilah pelayanmu

-masak karena Tuhan mengabulkan doa ,keinginan kita maka timbul statement Tuhan tunduklan dan taatilah keinginan manusia.

-masak karena Tuhan mengijinkan keinginan Iblis mencobai ayub menjadi Tuhan tunduklah kepada iblis.

-masak karena penatua mendengarkan saran2 dari jemaat menjadi penatua tunduklah kepada jemaatmu.

ingat dan sadar bahwa perkataan DALAM ayat 21 adalah sebelum ayat 22 dan 25 dan juga sebelum ayat 1 psl 6 ,dan sebelum ayat 4 psl 6 dan sebelum ayat 5 psl 6 dan juga sebelum ayat 9 pasal 6

Yang salah dari kk  adalah statement "suami, tunduklah pada istrimu"  dan panggunaan perkataan dalam ayat 21 sebagai dasar dari statementnya juga salah karena kalimat itu ada di ay 21 lain lagi jika perkataan itu setelah pasal 6:9 atau setidaknya setelah pls5 ayat 22.(mengerti???saya rasa kk tidak MENGERTI)

Pernyataan KK menyatakan dia ngak mengerti otoritas dalam pengaturan Allah (1 cor 11:16)untuk orang seperti dia paulus berkata:

 

1Co 11:16  Tetapi jika ada orang yang mau membantah, kami maupun Jemaat-jemaat Allah tidak mempunyai kebiasaan yang demikian. 

 

Saya memahami sesungguhnya maksud kk baik ,karena saya termasuk orang yang sering menuruti keinginan istri dan anak2 saya ,yang saya tentang dari kk ialah statementNYA "suami tunduklah kepada istrimu"ingat alkitab mengajarkan otoritas bahwa suami adalah kepala istri .jangan di lawan dan di balik.TETAPI KALAU KK MASIH MELAWAN DAN NGOTOT MEMBENARKAN DIRI, YA TERSERAH

Kejarlah Kasih's picture

@wnee, tidak tertarik

[jika kita ingin mengunakan ay 21 sebagai dasar sebuah prinsip “suami tunduk kepada istri “maka itu hanya nengada-ada ]

 

Wnee, saya tidak tertarik untuk mengajari kamu.  Pelajari sendiri link yg diberikan DebuTanah, klik di Efesus 5:21 dan Efesus 5:22.


Kalau tidak mau mengerti juga, silakan cari blogger lain yang masih mau bermurah hati mengajari kamu.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

KK tepat terbalik memahami ef 5:21

 

 

KEJATUHAN IBLIS adalah ingin setara dengan Allah ,kejatuhan manusia juga ingin menjadi seperti Allah ,maka dosa bukan di mulai dengan masalah kejahatan tetapi melawan otoritas.Kristus kepala gereja adalah masalah otoritas ,suami kepala istri adalah masalah otoritas ,murid dan guru ,rakyat dan pemerintah, penatua dan jemaat ,orang tua dan anak semua adalah masalah otoritas .


Penyelawengan atau pengalahgunaan otoritas bukan di atasi dengan meniadakan otoritas tetapi memberi pengarahan agar pemegang otoritas tidak salah dan semena2,tetapi jelas masalah ini tak akan beres sampai langit dan bumi yang baru.


Dalam ef 5 dan 6 Paulus ada membahas tentang masalah otoritas dan pencegahan penyalagunaan otoritas.tetapi sebelum membahas sedikit masalah itu baiklah kita lihat apa yang di ajarkan paulus tentang hal ini dalam bagian lain:


1Co 11:3  Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah. 


1Co 11:7  Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki. 

1Co 11:8  Sebab laki-laki tidak berasal dari perempuan, tetapi perempuan berasal dari laki-laki. 

1Co 11:9  Dan laki-laki tidak diciptakan karena perempuan, tetapi perempuan diciptakan karena laki-laki. 


1Co 14:34  Sama seperti dalam semua Jemaat orang-orang kudus, perempuan-perempuan harus berdiam diri dalam pertemuan-pertemuan Jemaat. Sebab mereka tidak diperbolehkan untuk berbicara. Mereka harus menundukkan diri, seperti yang dikatakan juga oleh hukum Taurat. 

1Co 14:35  Jika mereka ingin mengetahui sesuatu, baiklah mereka menanyakannya kepada suaminya di rumah. Sebab tidak sopan bagi perempuan untuk berbicara dalam pertemuan Jemaat. 

1Co 14:36  Atau adakah firman Allah mulai dari kamu? Atau hanya kepada kamu sajakah firman itu telah datang? 

1Co 14:37  Jika seorang menganggap dirinya nabi atau orang yang mendapat karunia rohani, ia harus sadar, bahwa apa yang kukatakan kepadamu adalah perintah Tuhan. 


1Ti 2:11  Seharusnyalah perempuan berdiam diri dan menerima ajaran dengan patuh. 

1Ti 2:12  Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri. 

1Ti 2:13  Karena Adam yang pertama dijadikan, kemudian barulah Hawa. 

1Ti 2:14  Lagipula bukan Adam yang tergoda, melainkan perempuan itulah yang tergoda dan jatuh ke dalam dosa. 


Mari sekarang kita lihat ef 5 and 6:


Eph 5:21  dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus. 

Eph 5:21  Submitting yourselves one to another in the fear of God. 


Eph 5:22  Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, 

Eph 5:22  Wives, submit yourselves unto your own husbands, as unto the Lord. 


Eph 6:1  Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. 


Eph 6:5  Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus, 


LIHATLAH URUTANNYA DENGAN JELAS :


Ayat 21 adalah nasehat paulus kepada jemaat dalam menempuh hidup khususnya hidup berjemaat ............lalu mungkin ada orang yang bisa menyalah gunakan ayat ini seperti halnya saudara kita yang ber NICK NAME :Kejarlah kasih .maka paulus menambahkan banyak ayat setelah ayat 21 ini agar jangan sampai meniadakan otoritas yang di atur oleh Tuhan ,maka agar ayat 21 jangan di artikan salah paulus mengajarkan 3 hal yang :

1)Istri tunduklah kepada suami (ef :5:22),artinya janganlah dengan ayat 21 maka istri justru memerintahkan suami untuk tunduk kepadanya tetapi sebaliknya penjelasan lebih lanjut paulus dalam ayat 22 menasehati agar istri tunduk kepada suaminya.

2)Anak2  ,taatilah orang tuamu (ef6:1),artinya janganlah dengan perkataan ayat 21 dan pendapat KK maka anak2 mengharapkan orang tua tunduk kepada keinginan mereka.

3)hamba2 ,taatilah tuanmu (ef 6 :5)artinya janganlah hamba yang telah dianggap tuannya sebagai saudara dengan ayat 21 lantas menganggap dirinya setara dengan tuannya dalam pekerjaan sehari2 tetapi dengan Ef 6:5 paulus tetap memerintahkan hamba taat kepada tuannya.


ITULAH MAKSUD YANG TERSIRAT DAN TERSURAT ,JIKA KK MAU MEMUTAR BALIK URUTAN PERKATAAN PAULUS YA TERSERAH: KARENA SESUNGGUHNYA PENJELASAN KK ADALAH SEDANG MEMUTAR BALIK PERNYATAAN PAULUS.


BAGI KK SETELAH AYAT 22 ADA AYAT 21,itulah yang di nyatakan dalam blog ini:


Eph 5:22  Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, 

Eph 5:22  Wives, submit yourselves unto your own husbands, as unto the Lord


Eph 5:21  dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus. 

Eph 5:21  Submitting yourselves one to another in the fear of God. 


N.B: KK saya tidak secara khusus mengajak kamu berdiskusi jadi disimpan saja GR kamu ,karena dari awal saya sudah tahu bahwa kamu bukan gentelman kamu lihat saja bahwa web kamupun hanya sebuah nickname :kejarlah kasih.

 

 

Kejarlah Kasih's picture

@wnee, tidak tertarik

[jika kita ingin mengunakan ay 21 sebagai dasar sebuah prinsip “suami tunduk kepada istri “maka itu hanya nengada-ada ]

 

Wnee, saya tidak tertarik untuk mengajari kamu.  Pelajari sendiri link yg diberikan DebuTanah, klik di Efesus 5:21 dan Efesus 5:22.


Kalau tidak mau mengerti juga, silakan cari blogger lain yang masih mau bermurah hati mengajari kamu.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

loveJesus's picture

@all:tidak serumit itu...

bagi saya yang hanyalah orang awam,...ketika membaca blog ini tidak pernah terlintas bahwa suami tunduk kepada istri artinya harus seperti itu...yang saya bisa ambil dari blog ini intinya adalh kasih (saling mengasihi)....untuk judulnya memang bikin kaget ya...(apkah ini salah satu cara....?)Smile

lapan's picture

KK annoying

curhat bentar: duh annoying banget sih KK ngulang-ngulang melulu, ngatain orang gak teliti, tindakan bodoh. capai deh... sinis banget kaya orang abis keinjek *** anjing dan kecipratan becekan sama bajaj ngebut :p bukannya bantah argumen malah suru orang baca teliti mulu -__- situ udah mempertimbangkan isi pernyataan, dasar, dan alasan mereka yang gak setuju belum?

ayat 21 itu kan lanjutan dari ayat 20, masih satu kalimat (ada kata sambung 'dan' tuh), kenapa malah dijadikan satu konteks sama ayat 22? Dilihat dari strukturnya juga lebih masuk akal bahwa 21 itu masih dalam konteks ajaran kepada jemaat pada umumnya. Ayat 22 dibuka dengan Hai isteri, untuk ayat-ayat selanjutnya setiap dibuka dengan Hai xxxx menandakan ajaran terhadap status sosial yang berbeda.

Gw gak keberatan sih kalau suami tunduk kepada istri, apalagi secara pengertian tunduk yang KK jelaskan di blog ini juga bukannya berarti suami kehilangan otoritasnya. Yang gw tangkep, intinya suami jangan mau menang sendiri dan mengabaikan pendapat istri mentang-mentang suami itu kepala keluarga dan ada ayat suruh istri tunduk suami.

Tapi buat apa ya KK main-main di daerah danger dengan menyatakan alkitab ada menyatakan agar suami tunduk pada istri? Gw bilang sih lebih efektif dan menghindarkan dari perdebatan gak perlu dan kemungkinan menjadi penyesat dengan menekankan pada hukum Suami kasihilah istrimu daripada mengada-adakan hukum "baru". Ya gpp sih, urusannya si KK sama yang peduli, tapi tanggapannya terhadap pihak oposisi menyebalkan banget =p

__________________

imprisoned by words...

Kejarlah Kasih's picture

@lapan. sudah mempertimbangkan?

[curhat bentar: duh annoying banget sih KK ngulang-ngulang melulu, ngatain orang gak teliti, tindakan bodoh. capai deh... sinis banget kaya orang abis keinjek *** anjing dan kecipratan becekan sama bajaj ngebut :p bukannya bantah argumen malah suru orang baca teliti mulu -__- situ udah mempertimbangkan isi pernyataan, dasar, dan alasan mereka yang gak setuju belum?]

 

Lapan, kamu sudah mempertimbangkan isi komentar kamu? Mempertimbangkan isi pernyataan, dasar dan alasan dari komentar-komentar saya?

 

 

[ayat 21 itu kan lanjutan dari ayat 20, masih satu kalimat (ada kata sambung 'dan' tuh), kenapa malah dijadikan satu konteks sama ayat 22? Dilihat dari strukturnya juga lebih masuk akal bahwa 21 itu masih dalam konteks ajaran kepada jemaat pada umumnya. Ayat 22 dibuka dengan Hai isteri, untuk ayat-ayat selanjutnya setiap dibuka dengan Hai xxxx menandakan ajaran terhadap status sosial yang berbeda.]

 

Berikut saya ambil dari link yang diberikan Debu Tanah:


TB Ef 5:21 dan rendahkanlah dirimu <5293> seorang kepada yang lain <240> di dalam <1722> takut <5401> akan Kristus <5547>.

TL Ef 5:21 sambil menaklukkan <5293> dirimu kepada sama <240> sendiri dengan <1722> takut <5401> akan Yesus Kristus <5547>.

GREEK    upotassomenoi <5293> (5746) V-PPP-NPM allhloiv <240> C-DPM en <1722> PREP fobw <5401> N-DSM cristou <5547> N-GSM



TB Ef 5:22 Hai isteri <1135> , tunduklah kepada suamimu <2398> <435> seperti <5613> kepada Tuhan <2962>

TL ITL Ef 5:22 Hai segala isteri <1135> orang, hendaklah kamu tunduk <2398> kepada suamimu <435> seperti <5613> kepada Tuhan <2962>

GREEK    ai <3588> T-NPF gunaikev <1135> N-NPF toiv <3588> T-DPM idioiv <2398> A-DPM andrasin <435> N-DPM wv <5613> ADV tw <3588> T-DSM kuriw <2962> N-DSM


Kalau link dari Debu Tanah itu diteliti, maka dapat disimpulkan: tidak ada kata TUNDUK (upotassomenoi) pada ayat 22.

Kata tunduk hanya boleh ada dalam terjemahan, kalau ayat 22 bergabung dengan ayat 21.

Atau seperti komentar saya kepada Debu Tanah, saya membacanya sbb:

Untuk menghormati Kristus, hendaklah kalian tunduk satu sama lain. Istri, tunduklah kepada suamimu, seperti kepada Tuhan. Efesus 5:21-22 [BIS]

 


[..suami itu kepala keluarga..]

Suami itu kepala keluarga? Alkitab bagian mana yang mengajarkan demikian?

 

[Tapi buat apa ya KK main-main di daerah danger dengan menyatakan alkitab ada menyatakan agar suami tunduk pada istri? Gw bilang sih lebih efektif dan menghindarkan dari perdebatan gak perlu dan kemungkinan menjadi penyesat dengan menekankan pada hukum Suami kasihilah istrimu daripada mengada-adakan hukum "baru". ]

 

Tidak ada ajaran baru dan tidak ada yang mengada-adakan hukum "baru". Efesus 5:21 yang mengatakan untuk saling tunduk.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

lapan's picture

@KK, in progress

Kalau link dari Debu Tanah itu diteliti, maka dapat disimpulkan: tidak ada kata TUNDUK (upotassomenoi) pada ayat 22.

Dari Greeknya memang tidak ada kata tunduk. Kalau di biblos artinya:
Wives, to the own husbands, as to the Lord,

Kata tunduk hanya boleh ada dalam terjemahan, kalau ayat 22 bergabung dengan ayat 21.

Bukannya dari ayat 24 ya:
Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.

Suami itu kepala keluarga? Alkitab bagian mana yang mengajarkan demikian?

Sebenarnya pas gw ngomong itu lebih ke status sosial pada umumnya, tapi my bad, ralat deh, kepala istri.

Tidak ada ajaran baru dan tidak ada yang mengada-adakan hukum "baru". Efesus 5:21 yang mengatakan untuk saling tunduk.

Yang kamu ajarkan "suami, tunduklah kepada istrimu!", sedangkan ayat 21 itu saling tunduk yang dikatakan untuk para jemaat. Barukah? Makanya gw kasi kutip dan gw bilang danger area.

Tapi bisa-bisa aja sih, suami isteri kan jemaat juga. Jadi kalau sesama jemaat disuruh saling tunduk, berarti suami isteri juga disuruh saling tunduk donk. Tapi kalau begitu untuk apa ada ayat-ayat berikutnya, kenapa ditegaskan lagi ajaran untuk isteri, suami, majikan, hamba, orang tua, dan anak-anak ya.

__________________

imprisoned by words...

Kejarlah Kasih's picture

@lapan, mengapa begitu?

[Dari Greeknya memang tidak ada kata tunduk. Kalau di biblos artinya:
Wives, to the own husbands, as to the Lord,]

 

Kamu benar.
Karena itu ayat 22 jangan dipahami terpisah dari ayat 21. Kalau berdiri sendiri maka tidak ada pengertian tunduk pada ayat 22. Bunyinya akan menjadi "Istri, kepada suamimu, seperti kepada Tuhan".

 

[Bukannya dari ayat 24 ya:
Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.]

 

Bukan.  Ditulis runut dari ayat 21, maka membacanya juga harus runut. Ayat 21, ayat 22, dst.

Kamu sudah memahami logikanya seperti komentar kamu sbb:

 

[Tapi bisa-bisa aja sih, suami isteri kan jemaat juga. Jadi kalau sesama jemaat disuruh saling tunduk, berarti suami isteri juga disuruh saling tunduk donk.]

 

Kamu benar.



[Sebenarnya pas gw ngomong itu lebih ke status sosial pada umumnya, tapi my bad, ralat deh, kepala istri.]

 

Ralat diterima dan ralat tidak mengubah ajaran untuk saling tunduk.

 

 

[Yang kamu ajarkan "suami, tunduklah kepada istrimu!", sedangkan ayat 21 itu saling tunduk yang dikatakan untuk para jemaat. Barukah? Makanya gw kasi kutip dan gw bilang danger area.]

 

Kalau ada yg mengajarkan "Istri, kasihilah suamimu!", apa kamu juga akan bilang danger area atau mengada-adakan hukum "baru"?  Mengapa begitu?

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

lapan's picture

@KK, karena...

Kamu benar.
Karena itu ayat 22 jangan dipahami terpisah dari ayat 21. Kalau berdiri sendiri maka tidak ada pengertian tunduk pada ayat 22. Bunyinya akan menjadi "Istri, kepada suamimu, seperti kepada Tuhan".

Bukan.  Ditulis runut dari ayat 21, maka membacanya juga harus runut. Ayat 21, ayat 22, dst.

Kamu sudah memahami logikanya seperti komentar kamu sbb:

Ayat 24 meneguhkan + menjelaskan ayat 22+23 (yang adalah satu kalimat). Buktinya adalah adanya pengulangan perbandingan jemaat kepada Kristus (dari perbandingan kepada Tuhan di ayat 22-23).

Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.
Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.

Kamu benar.

Yah, kok kalimat setelahnya gak dikutip... Bisa-bisa aja "dimasukkan" seperti itu, tapi kalau memang sama saja, untuk apa dipertegas lagi di ayat-ayat berikutnya? Apakah prakteknya berbeda dalam pengertian saling tunduk itu untuk setiap golongan?

Kenapa Paulus setelah bilang jemaat saling tunduk dalam takut akan Kristus merasa perlu mengajarkan secara khusus pada istri supaya tunduk pada suami, tapi tidak suami untuk tunduk pada istri tapi untuk mengasihi istri?

Menurut pengertian gw, itu karena ada tatanan yaitu kepala dan tubuh. Dalam hubungan jemaat kepada Kristus, jemaat adalah tubuh dan Kristus adalah kepala. Jemaat saling tunduk dalam takut akan Kristus karena sama2 tubuh. Tapi dalam keluarga kepala itu suami, istri itu tubuh. Tubuh tunduk pada kepala dan kepala mengasihi istri.

Kalau ada yg mengajarkan "Istri, kasihilah suamimu!", apa kamu juga akan bilang danger area atau mengada-adakan hukum "baru"?  Mengapa begitu?

Kayanya gak ada yang baru soal itu. Hehehe

__________________

imprisoned by words...

guestx's picture

suami/ayah bukan kepala keluarga ?

Suami itu kepala keluarga? Alkitab bagian mana yang mengajarkan demikian?

di salah surat Paulus kepada Timotius, gw baca beliau menempatkan suami/ayah sbg kepala di dalam rumah tangganya :

1Tim 3:2 Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,

1 Tim 3:3 bukan peminum, bukan pemarah  melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang,

1 Tim 3:4 seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya.

1 Tim 3:5 Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah?

__________________

------- XXX -------

Kejarlah Kasih's picture

@guestx, diikuti

Kenapa sekarang gantian komentar kamu yg diikuti Jlwijaya? hahahahaha

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Kejarlah Kasih's picture

@lapan, jangan pelit

Lapan, where are u?

Guestx me-reply komentar kamu, kenapa di-cuekin? Cool

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

lapan's picture

@KK, hadir

Wah, Ok :D

__________________

imprisoned by words...

lapan's picture

@Guestx & JlWijaya, thanks

Thanks buat ayatnya, tapi memang saat gw ngomong kepala keluarga itu bukan karena ajaran alkitab tapi lebih ke umumnya orang bilang suami itu kepala keluarga, di sekolah juga diajarin begitu hehehe

Ketika KK (yang hobi nitpicking :p) menanyakan ajaran alkitab mana, gw langsung aja jawab latar gw ngm begitu. Sempet searching frasa "kepala keluarga" tapi gak nemu entry yang memuaskan (weh kok bisa ya hehehe) jadi daripada kelamaan reply gw ganti aja biar si KK nya puas.

*edit: gw mungkin dulu pernah baca ayat itu, tapi ga kepikiran/lupa. selain ingatan gw gak terlalu bagus (karena itu alkitab web sangat membantu), gw juga jarang baca alkitab, hehehe

__________________

imprisoned by words...

Kejarlah Kasih's picture

@lapan, tidak ada kepala

[..gw ganti aja biar si KK nya puas.]

 

Lapan yang pelit murah hati, terima kasih.


Tidak ada kata kepale di 1 Timotius 3:4.  Ini dikutip dari situs yg diberikan Debu Tanah.

TB ITL 1Tim 3:4 seorang kepala <2398> keluarga <3624> yang baik <2573> , disegani <4291> dan dihormati <5292>  3326> <3956> <4587> oleh anak-anaknya <5043>. [<2192> <1722>]

TL ITL 1Tim 3:4 melainkan yang memerintahkan <4291> isi <2398> rumahnya <3624> dengan sempurna <2573> , dan yang memeliharakan <2192> anak-anaknya <5043> bertaat <5292> kepadanya <1722> dengan <3326> sopan santunnya <4587>;

GREEK    tou <3588> T-GSM idiou <2398> A-GSM oikou <3624> N-GSM kalwv <2573> ADV proistamenon <4291> (5734) V-PMP-ASM tekna <5043> N-APN econta <2192> (5723) V-PAP-ASM en <1722> PREP upotagh <5292> N-DSF meta <3326> PREP pashv <3956> A-GSF semnothtov <4587> N-GSF


MILT 2008 sambil mengatur rumah tangganya sendiri dengan baik, seraya memelihara anak-anak di dalam ketundukan dengan segala ketulusan,

 

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

lapan's picture

@KK, serem amat ga ada kepala

Mungkin karena itu ya pas gw search frasa kepala keluarga ga keluar entry yang memuaskan. Si penerjemah mungkin menerjemahkan seperti itu soalnya dalam ayat-ayat tersebut suami memang diharapkan sebagai yang memimpin, yang mengatur, jadinya dipakai kata kepala. Menurut KBBI, kepala sebagai kata benda bisa diartikan sebagai pemimpin.

__________________

imprisoned by words...

Kejarlah Kasih's picture

@lapan, keluarga monster yg berbeda kepala

1 Timotius 3 bicara tentang syarat sebagai penilik jemaat. Prinsipnya sederhana, kalau tidak mampu mengatur satu keluarga maka kemampuannya untuk mengatur jemaat Allah ( banyak keluarga) diragukan.


Tidak ada kata kepale di 1 Timotius 3:4, sehingga ayat itu tidak dapat dijadikan pendukung dokrin suami adalah kepala keluarga.

 

 

TB ITL 1Tim 3:4 seorang kepala <2398> keluarga <3624> yang baik <2573> , disegani <4291> dan dihormati <5292>  3326> <3956> <4587> oleh anak-anaknya <5043>. [<2192> <1722>]

TL ITL 1Tim 3:4 melainkan yang memerintahkan <4291> isi <2398> rumahnya <3624> dengan sempurna <2573> , dan yang memeliharakan <2192> anak-anaknya <5043> bertaat <5292> kepadanya <1722> dengan <3326> sopan santunnya <4587>;

GREEK    tou <3588> T-GSM idiou <2398> A-GSM oikou <3624> N-GSM kalwv <2573> ADV proistamenon <4291> (5734) V-PMP-ASM tekna <5043> N-APN econta <2192> (5723) V-PAP-ASM en <1722> PREP upotagh <5292> N-DSF meta <3326> PREP pashv <3956> A-GSF semnothtov <4587> N-GSF




TB ITL Ef 5:23 karena <3754> suami <435> adalah <1510> kepala <2776> isteri <1135> sama seperti <5613> Kristus <5547> adalah kepala <2776> jemaat <1577>. Dialah <846> yang menyelamatkan <4990> tubuh <4983>. [<2532>]

TL ITL Ef 5:23 karena <3754> suami <435> itu menjadi <1510> kepala <2776> kepada isteri <1135>, seperti <5613> Kristus <5547> juga menjadi kepala <2776> kepada sidang jemaat <1577> , maka Ialah yang menyelamatkan <4990> tubuh
<4983> itu.

GREEK    oti <3754> CONJ anhr <435> N-NSM estin <1510> (5748) V-PXI-3S kefalh <2776> N-NSF thv <3588> T-GSF gunaikov <1135> N-GSF wv <5613> ADV kai <2532> CONJ o <3588> T-NSM cristov <5547> N-NSM kefalh <2776> N-NSF thv <3588> T-GSF ekklhsiav <1577> N-GSF autov <846> P-NSM swthr <4990> N-NSM tou <3588> T-GSN swmatov <4983> N-GSN



1Tim 3:4

BIS: Ia harus tahu mengatur rumah tangganya dengan baik, dan mendidik anak-anaknya untuk taat dan hormat kepadanya.
MILT: sambil mengatur rumah tangganya sendiri dengan baik, seraya memelihara anak-anak di dalam ketundukan dengan segala ketulusan,
NETBible: He must manage his own household well and keep his children in control without losing his dignity.
NIV: He must manage his own family well and see that his children obey him with proper respect.
NASB: He must be one who manages his own household well, keeping his children under control with all dignity
NLT: He must manage his own family well, with children who respect and obey him.
MSG: He must handle his own affairs well, attentive to his own children and having their respect.
BBE: Ruling his house well, having his children under control with all serious behaviour;
NRSV: He must manage his own household well, keeping his children submissive and respectful in every way—
NKJV: one who rules his own house well, having his children in submission with all reverence

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

Masak,ngaku2 pengajar tapi ngak mengerti?

 

 

masak seorang yang menyatakan diri sebagai pengajar ngak mengerti perkara sepele ,aku rasa guru sdpun ngerti kali ,kenapa pristemi di 1 Ti 3:4  dalam bahasa indonesia di terjemahkan menjadi kepala .mari kita lihat:

 

1Ti 3:4  One that rulethG4291 wellG2573 his ownG2398 house,G3624 havingG2192 his childrenG5043 inG1722 subjectionG5292 withG3326 allG3956 gravity;G4587 

 

G4291

??????????

proist?mi

pro-is'-tay-mee

From G4253 and G2476; to stand before, that is, (in rank) to preside, or (by implication) to practise: - maintain, be over, rule.

 

 

G4253

???

pro

pro

A primary preposition; “fore”, that is, in front of, prior (figuratively superior) to. In compounds it retains the same significations: - above, ago, before, or ever. In compounds it retains the same significations.

 

G2476

??????

hist?mi

his'-tay-mee

A prolonged form of a primary word ???? sta? (of the same meaning, and used for it in certain tenses); to stand (transitively or intransitively), used in various applications (literally or figuratively): - abide, appoint, bring, continue, covenant, establish, hold up, lay, present, set (up), stanch, stand (by, forth, still, up). Compare G5087.

 

(in rank) to preside = (dalam peringkat) untuk memimpin

 

Dalam satu rumah tangga yang terdiri dari suami ,istri dan anak2 maka kalau di katakan bahwa suami adalah (in rank) to preside maka berarti suami adalah kepala dalam rumah tangga atau keluarga.

Jadi ngak salah, bahwa kata yunani proist?mi jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia berarti suami adalah kepala keluarga.bukan harus ada kata kepala baru boleh diterjemahkan kepala keluarga ................karena di indonesia  satpam yang memimpin satpam2 disebut kepala satpam demikian pula dengan kepala polisi ..............di perusahaan yang memimpin bagian produksi adalah kepala produksi.

 

Kejarlah Kasih's picture

wnee, kamu tidak paham

Sia-sia saja ocehan kamu!

Kamu tidak paham apa yg sedang dibicarakan di blog ini, juga tidak paham dengan ayat yang kamu search-copy-paste untuk kamu komentari.

Sudahlah, terima dengan lapang dada fakta bahwa kamu memang perlu berobat dan kemampuan kamu masih terbatas pada search-copy-paste.

Selama masih ada waktu, tamatkan pembacaan Alkitabmu. Pelajari Alkitabmu baik-baik. Masih belum terlambat bagi kamu untuk membuang ajaran sampah.

Saya kutipkan dari komentar Debu Tanah: Jangan menambahi atau memodifikasi ajaran Alkitab, nanti kamu KUALAT !

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Debu tanah's picture

@ KK si pengecam

[ Kamu ketahuan, ternyata kamu belum belajar dan keahlianmu masih sama seperti yang dulu: SEARCH-COPY-PASTE. wkwkwkwkk

Kamu copy paste dari komentarnya Guestx ya? hahahahahahaha ]

[ Sudahlah, terima dengan lapang dada fakta bahwa kamu memang perlu berobat dan kemampuan kamu masih terbatas pada search-copy-paste.

Saya kutipkan dari komentar Debu Tanah: Jangan menambahi atau memodifikasi ajaran Alkitab, nanti kamu KUALAT ! ]

 

Sebagai orang yg sangat keras mengecam orang lain karena copy paste dari komentar orang lain, kenapa kamu sendiri copy paste komentar saya ? Walaupun kamu kasih referensi tapi kan kamu tidak minta ijin pada saya ?

Coba kamu tanya isteri kamu, etis gak begitu ? Embarassed

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kejarlah Kasih's picture

@debu, kamu benar.

[Sebagai orang yg sangat keras mengecam orang lain karena copy paste dari komentar orang lain, kenapa kamu sendiri copy paste komentar saya ? ]

Kamu benar, saya memang copy-paste komentar kamu untuk mengecam Jlwijaya/Wnee.


[Walaupun kamu kasih referensi tapi kan kamu tidak minta ijin pada saya ?]

hahahahahaha.. sejak kapan kasih referensi harus minta ijin?



[Coba kamu tanya isteri kamu, etis gak begitu ?]

hahahahahaha... mau tau aje!

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Debu tanah's picture

@ KK manusia tak beretika

[ hahahahahaha.. sejak kapan kasih referensi harus minta ijin?]

Itu namanya etika mas.

Saya kira tidak ada blogger di SS ini bila komentar / tulisannya dikutip dan digunakan untuk membangun orang lain.

Tetapi saya sangat KEBERATAN bila KAMU mengutip komentar saya untuk mengecam orang lain sambil nyebut nama saya! Tidak ada kaitan perdebatan kamu & jlwijaya dengan komentar saya kan? Lha, ngapain kamu ujug-ujug ngutip komentar saya dan menyebut nama saya waktu mengecam Jlwijaya? Ngerti gak kamu ETIKA ?

Saya ragu kamu ngerti etika, soal suami sebagai kepala rumah tangga aja gak ngerti, apa lagi soal etika? Tongue out

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kejarlah Kasih's picture

@debu, dapat diterima

[ [hahahahahaha.. sejak kapan kasih referensi harus minta ijin?]

Itu namanya etika mas.Itu namanya etika mas.]

Hmm.. saya baru tahu ada etika di dunia maya untuk minta ijin sebelum kasih referensi. Tapi sebagai pendapat kamu, itu boleh-boleh saja. Coba kamu perjelas dengan lebih detil dan lengkap tentang etika untuk minta ijin sebelum memberi referensi.

 

 

[Saya kira tidak ada blogger di SS ini bila komentar / tulisannya dikutip dan digunakan untuk membangun orang lain.

Tetapi saya sangat KEBERATAN bila KAMU mengutip komentar saya untuk mengecam orang lain sambil nyebut nama saya! Tidak ada kaitan perdebatan kamu & jlwijaya dengan komentar saya kan? Lha, ngapain kamu ujug-ujug ngutip komentar saya dan menyebut nama saya waktu mengecam Jlwijaya? Ngerti gak kamu ETIKA ?]

Saya kutip komentar dengan menyebutkan sumbernya. Tapi keberatan kamu dapat diterima, karena menyatakan keberatan itu memang hak kamu.



[Saya ragu kamu ngerti etika, ]

Kamu ragu? Oooo.. masih ragu. Hahahahahahahaha




[soal suami sebagai kepala rumah tangga aja gak ngerti, apa lagi soal etika?]

Kristus adalah kepala. Suami dan isteri adalah jemaat. Dalam keluarga, suami dan isteri saling mengasihi dan setara. Salah satu buktinya adalah dengan kesediaan untuk saling tunduk.

 

Kenapa saling tunduk? Supaya tidak ada seorangpun yang dapat berkata sedang mengasihi padahal sedang meninggikan dirinya sendiri.

Kasih tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Saling tunduk pasti menjadi masalah besar untuk yang senang meninggikan dirinya sendiri.

Saling tunduk adalah garis indah yang dapat digunakan untuk membedakan antara saling mengasihi dengan saling menguasai.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Debu tanah's picture

@ KK, bagus lah

[Tapi keberatan kamu dapat diterima, karena menyatakan keberatan itu memang hak kamu.]

Baguslah kalo SEKARANG kamu ngerti. Kl kamu ngerti etika, harusnya kamu tahu sebelum saya kasih tahu kl saya akan keberatan komentar saya dikutip untuk digunakan untuk mengecam orang lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan saya !

Untuk yang lainnya saya TIDAK TERTARIK untuk bicara lebih lanjut dengan mu !

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kejarlah Kasih's picture

@debu, iya

[Baguslah kalo SEKARANG kamu ngerti. Kl kamu ngerti etika, harusnya kamu tahu sebelum saya kasih tahu kl saya akan keberatan komentar saya dikutip untuk digunakan untuk mengecam orang lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan saya !]

 

Iya, saya sudah mengerti bahwa di dunia maya, ada blogger Debu Tanah yg punya etika Debu: memberi referensi sumber komentar yg dikutip, memberitahu sumber kutipan kalimat komentar dalam blog, harus seijin yg berkomentar.

Atau jangan2 kamu sudah mendapatkan hak paten atas kalimat2 yg kamu tuliskan dalam komentar di blog ini ya? hahahahahahaha.  



[Untuk yang lainnya saya TIDAK TERTARIK untuk bicara lebih lanjut dengan mu !]

 

Hahahahahahahahahah. 

Kebenaran sejati memang tidak dapat dibantah kecuali memang niat banget untuk  disangkali.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

lapan:ayat suami kepala keluarga.

Suami itu kepala keluarga? Alkitab bagian mana yang mengajarkan demikian?

Sebenarnya pas gw ngomong itu lebih ke status sosial pada umumnya, tapi my bad, ralat deh,kepala istri.

NGAK PERLU DIRALAT KARENA ADA AYAT YANG MENYATAKAN BAHWA LELAKI ADALAH KEPALA KELUARGA.

1Ti 3:2  Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang, 

1Ti 3:3  bukan peminum, bukan pemarah melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang, 

1Ti 3:4  seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya. 

1Ti 3:5  Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah?

Kejarlah Kasih's picture

@jlwijaya, kamu ketahuan


Kamu ketahuan, ternyata kamu belum belajar dan keahlianmu masih sama seperti yang dulu: SEARCH-COPY-PASTE. wkwkwkwkk

Kamu copy paste dari komentarnya Guestx ya? hahahahahahaha

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

KK :kamu bisanya menilai dari sisi negatif saja.

-Tentunya sah2 aja kamu menilai begitu tetapi di dunia ini kita sering mengalami kebetulan sama ,bukan ..................kalau kamu memilik yang negatif ya tidak masalah.

-Copy paste di lakukan karena saya tahu ada ayat yang berisi itu di alkitab yang di nilai harusnya adalah isinya ..............kalau kamu bisa membuktikan bahwa yang saya copy paste salah barulah kamu layak berkata bahwa saya hanya tahunya copy paste saja.tetapi jika copy paste saya menyatakan kebenaran  ya kamu harusnya menerima dengan lapang dada.

maju terus ya KK ,GBU

Tapi ingat saya akan mengomentari kamu jika blog kamu sangat bermasalah seperti di blok ini .(di blok ini kamu sedang memutar balik otoritas yang di tetapkan Allah ,tapi kamu tidak mengerti)

Kejarlah Kasih's picture

wnee, minta diajari?

Wnee, gimana sih kamu, bilang saya negatif, sangat bermasalah, tapi malah disuruh maju terus... wkwkwkwkkkwkk..

 

[kalau kamu bisa membuktikan bahwa yang saya copy paste salah]

Minta diajari? Ga mau ah.. wkwkwkwkkk

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Kejarlah Kasih's picture

jlwijaya, minta diajari?

Wnee, gimana sih kamu, bilang saya negatif, sangat bermasalah, tapi malah disuruh maju terus... wkwkwkwkkkwkk..

 

[kalau kamu bisa membuktikan bahwa yang saya copy paste salah]

Minta diajari? Ga mau ah.. wkwkwkwkkk

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

KK : kamu sedikit sakit dan kacau

-Kamu sedikit sakit dan kacau ya ke dokter gih......................biarin ahhLaughing

Kejarlah Kasih's picture

jlwijaya/wnee, berobat

wkwkwkkwkkk... mau belajar dari saya? Ga mau ah..

belajar sendiri saja eh salah berobat dulu sebelum belajar. hahahahaha

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

co2lend's picture

AJARAN SESAT!!!

NGAPAIN SIH DEBAT?

temen2 semua kita ga usah debat... udah jelas2 ngaco...

ini kayak aliran sesatnya yehova yg pinter cuplik ayat-ayat alkitab dan muter-muterin ayat...

yuk kita laporkan aja...

 

ga sesuai name mu kejarlah kasih tp dr komentar-komentarmu tidak ada kasih

 

Veritas's picture

Sesat ?

Tahu definisi sesat ?

Kalau saya jalan dan berputar2 tidak sampai tujuan dan tidak bisa balik lagi ke titik original/awal berangkat maka saya disebut tersesat.

Ajaran sesat adalah ajaran yang membuat orang tersesat.

Sebenarnya apa sih tujuan ajaran ? Untuk sampai kepada TUHAN or ALLAH ? Atau untuk membantu manusia hidup rukun dan damai antar sesama manusia ? atau apa ?

Jika memang anda seorang Kristen Sejati, maka anda harus percaya bahwa orang tersesat tidak bisa mencari TUHAN karena sudah demikian FIRMAN TUHAN di ALKITAB. Hanya TUHAN yang bisa mencarinya.

Jika KK mendapatkan pencerahan dari ALKITAB tentang suami or istri yang saling tunduk menunduk, tunjukkan kepada saya 1 saja alasan mengapa KK harus patuh kepada ajaran anda dan membuang pencerahan yang dia peroleh ?

Bukankah semua konsep berasal dari ALLAH sang empunya alam semesta ?

Apapun yang engkau lakukan semata-mata hanya manusia yang mendapatkan manfaatnya, itu sebabnya disebut apapun yang engkau lakukan, lakukan itu demi untuk TUHAN bukan untuk manusia, sebab manusia hanya hormat dan takut kepada TUHAN walaupun pada prinsipnya apa yang engkau lakukan tidak ada manfaatnya sama sekali buat TUHAN. Hanya manusia yang mendapatkan manfaatnya.

So, jika hanya ngomong sesat, kamu tidak akan memberi manfaat, hanya tong kosong yang kebetulan tidak nyaring bunyinya :)

Shalom

 

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

co2lend's picture

pencerahan

veritas, jelas bgt sy tahu apa itu sesat... ajaran sesat yaitu saat memberikan pengajaran ttg hal yg salah..

KK tdk hrs patuh thdp ajaran sy krn sy tdk memberikan pengajaran. saat dirimu meminta 1 alasan saya berikan 1 alasan yang tdk usah diperdebatkan yaitu bahwa istri hrs  tunduk terhadap suami dan suami mengasihi istri.

saya yakin tdk ada dibagian ALKITAB manapun yg secara gamblang menyebutkan suami tunduk istri..

kecuali atas opini sepihak oleh KK... 

dan satu hal tdk semua konsep berasal dr ALLAH..., hanya konsep yg benarlah yg dr DIA.. makanya adanya ajaran sesat... 

 

 

Kejarlah Kasih's picture

co2lend, alasan

co2, blog sy sudah memberikan alasan kenapa suami harus tunduk kepada isteri. Coba kamu baca lagi yg teliti.
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Kejarlah Kasih's picture

@co2lend, farisi

Apa kamu tahu bahwa orang-orang FARISI menganggap Yesus menyesatkan banyak orang? Atau kamu belum pernah baca? hahahaha..

 

Belajar biar pinter.  Karena hanya yang melihat lebih banyak yang dapat menyingkirkan selumbar di mata orang lain. Laughing

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

co2lend's picture

thx

KK, kebetulan  sy belum pernah baca ttg  farisi itu... thx ya...

 

km suruh sy belajar? berarti km pinter ya? sombong sekali km KK...

tp hal ttg kerajaan surga bukan ttg pinter atau ga...  

kl boleh tau namamu siapa? dr gereja mana? siapa pendetamu?

sy erick sianipar, dr GPIB... sy tunggu jawaban jantanmu... sy sudah ga sabar pgn bawa ini ke PGI

Kejarlah Kasih's picture

co2lend, kaga boleh

[KK, kebetulan  sy belum pernah baca ttg  farisi itu... thx ya...]

 

Makanya sy suruh kamu belajar.

Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka: "Adakah kamu juga disesatkan? Yohanes 7:47

 

[kl boleh tau namamu siapa? dr gereja mana? siapa pendetamu?]

Kaga boleh.

 

 

[sy erick sianipar, dr GPIB... sy tunggu jawaban jantanmu... sy sudah ga sabar pgn bawa ini ke PGI]

 

Bawa aja gih.. ke sinode GPIB ke PGI ke mana aja suka-suka kamu... sy tunggu kejantananmu untuk membuktikan ucapanmu.

 

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com