Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Ajaran iblis: KEKRISTENAN INSTAN

Debu tanah's picture

Banyak sekali pembual yang meyakini dan mengajarkan ajaran “KRISTEN INSTAN”. Semboyan mereka adalah "sekali selamat tetap selamat". Mereka mengajarkan kesesatan bahwa orang Kristen yang telah mengaku percaya pada Yesus TELAH menerima hidup kekal saat ini juga. Wong namanya hidup kekal, ya pasti tetap selamat, begitu argumentasi-nya. Mereka mendasarkan ajaran mereka dengan mengutip ayat berikut:

Yohanes 10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

Benarkah ayat di atas berkata orang beriman sudah memperoleh hidup yang kekal pada saat itu juga, pada saat orang itu percaya? Ini adalah pemahaman yang ngawur dan sesat. Pemahaman demikian akan kontradiksi dengan kebenaran pada bagian lain dalam Alkitab. Tetapi yang benar, ini adalah janji Yesus kepada domba-domba Nya yang setia sampai akhir akan dikaruniakan hidup yang kekal di Sorga ! Kebenaran sejati tidak diperoleh dengan mengutip-ngutip sepotong ayat yang menyenangkan hati saja, tetapi bacalah keseluruhan Alkitab maka intisari dari keseluruhan itu lah yang merupakan kebenaran sejati! Sebaliknya kebenaran yang diperoleh dari sepotong ayat tetapi bertentangan dengan ayat yang lain bukanlah kebenaran sejati.

Dengan demikian mereka telah mengajarkan ajaran iblis, karena iblis akan berusaha untuk membinasakan domba-domba Tuhan Yesus yang bisa diterkamnya. (Yohanes 10:12)
Mari kita baca dengan teliti dan pahami mulai dari ayat 27 - 29.

Yohanes
10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.
10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.

Sangat jelas bahwa hidup yang kekal dijanjikan kepada domba-domba yang  mendengarkan suara Gembala Agung. Ayat tersebut tidak berkata bahwa sekali selamat tetap selamat. Kapan Allah mengaruniakan hidup yang kekal? Tentu saja nanti setelah dihakimi oleh Yesus Kristus setelah hari penghakiman. Ini adalah kebenaran yang gamblang sekali dalam Alkitab. Dalam Matius 25 dijelaskan bahwa hidup yang kekal dikaruniakan setelah hari penghakiman.

Matius
25:31 "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.

25:45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.
25:46 Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal.

Kemudian dalam 2 Korintus 5 :

2 Korintus
5:1 Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.
5:2 Selama kita di dalam kemah ini, kita mengeluh, karena kita rindu mengenakan tempat kediaman sorgawi di atas tempat kediaman kita yang sekarang ini,
5:3 sebab dengan demikian kita berpakaian dan tidak kedapatan telanjang.
5:4 Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup.
5:5 Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita.
5:6 Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Tuhan,
5:7 -- sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat --
5:8 tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan.
5:9 Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.
5:10 Sebab kita semua harus menghadap tahta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Dengan gamblang dijelaskan lagi bahwa kita akan memperoleh yang patut kita terima setelah tahta pengadilan Kristus. Kita tidak mungkin memperoleh hidup yang kekal sekarang, karena kita masih mengenakan tubuh yang fana saat ini. Tetapi kita akan mengenakan tubuh yang tidak dapat mati (KEKAL). Kita masih diam dalam tubuh yang fana adalah bukti bahwa kita belum memperoleh hidup yang kekal itu. (1 Kor 15:53) . Setelah orang benar mati & dihakimi pada hari penghakiman dan didapati setia oleh Tuhan lah hidup yang kekal diberikan. Tetapi kepada yang tidak setia akan dicampakkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

Selanjutnya dalam Matius 13 Yesus mengumpamakan kerajaan Allah sbb:

Matius
13:3 Dan Ia mengucapkan banyak hal dalam perumpamaan kepada mereka. Kata-Nya: "Adalah seorang penabur keluar untuk menabur.
13:4 Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis.
13:5 Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itu pun segera tumbuh, karena tanahnya tipis.
13:6 Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar.
13:7 Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati.
13:8 Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah: ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.
13:9 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"
Yesus menjelaskan makna dari perumpamaan itu:

13:18 Karena itu, dengarlah arti perumpamaan penabur itu.
13:19 Kepada setiap orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Sorga, tetapi tidak mengertinya, datanglah si jahat dan merampas yang ditaburkan dalam hati orang itu; itulah benih yang ditaburkan di pinggir jalan.
13:20 Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira.
13:21 Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itu pun segera murtad.
13:22 Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.
13:23 Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat."

Ada 4 macam kondisi dalam perumpamaan itu:

1.    Ada benih yang jatuh di pinggir jalan yaitu orang yang mendengar firman tetapi tidak mengerti karena dirampas oleh si jahat.
2.    Ada benih yang tumbuh di tanah berbatu yaitu orang yang mendengar firman dengan senang hati, tetapi menjadi murtad kala ada penindasan atau penganiayaan.
3.    Ada yang tumbuh di tengah semak duri, benih tumbuh tetapi semak menghimpit nya hingga mati yaitu orang yang mendengar firman, tetapi dihimpit oleh kekuatiran dan tipu daya kekayaan dunia.
4.    Ada yang tumbuh di tanah yang baik adalah orang yang mendengar firman, mengerti sehingga berbuah.

Benih adalah Firman Allah, kemudian Firman Allah tumbuh menjadi IMAN dalam hati orang Kristen atau orang beriman. Roma 10:17 berkata bahwa iman timbul karena mendengarkan firman Allah. Tidak perlu disangsikan lagi, bahwa iman sudah tumbuh dalam diri orang Kristen yang diumpamakan sebagai benih yang tumbuh pada tanah yang berbatu-batu dan tanah yang bersemak duri. Tetapi ternyata mereka murtad karena penindasan, kekuatiran & tipu daya kekayaan dunia.

Ajaran Kristen instan mengajarkan injil yang menyenangkan para pendengar mereka saja.  Mereka mengajarkan bahwa selamat itu gampang, cukup percaya saja pasti selamat, langsung memperoleh hidup yang kekal saat itu juga! Untuk memikat jemaat, mereka menjanjikan hidup yang berkelimpahan dan mudah. Tetapi dibalik itu mereka memberi syarat-syarat bahwa jemaat harus memberi persembahan sulung & persepuluhan dengan dalih firman Tuhan. Bila tidak memberi maka jemaat itu dituduh sebagai pencuri dan tidak taat pada firman Tuhan. Tampaknya mereka saleh, tetapi mereka memutar balikkan kebenaran untuk kepentingan diri sendiri karena mereka adalah hamba-hamba uang !


Mereka dengan sengaja tidak mengajarkan bahwa Alkitab memperingatkan ada orang beriman yang murtad, tadinya beriman lalu melepas imannya alias murtad. Argumentasinya adalah  karena mereka yakin bahwa Yesus telah memberikan HIDUP YANG KEKAL pada orang beriman ! Sungguh pemahaman yang sesat ! Ini adalah injil yang telah diencerkan  ! Mereka menitik beratkan ajaran bahwa Allah itu kasih saja. Hampir tidak pernah mereka mengajarkan bahwa Allah itu adil & benar yang menghakimi dengan dengan adil dan benar menurut perbuatan orang tersebut ! Tidak pernah mereka mengajarkan bahwa hidup mengikut Kristus adalah menyangkal diri dan memikul salib.

Waspadalah, karena ajaran Kristen instan akan tetap ada, supaya genaplah yang dikatakan oleh rasul Petrus bahwa sebagian dari mereka memang sengaja memutar balikkan kebenaran :

II Petrus  3:16 Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.

Celakalah manusia yang memercayai injil yang demikian !

HIDUP OLEH IMAN

Tetapi Alkitab mengajarkan Allah hanya mengaruniakan hidup yang kekal diberikan kepada orang benar (pada akhir hidupnya). Alkitab tidak mengajarkan bahwa Allah bermaksud mengaruniakan hidup yang kekal kepada orang jahat dan orang berdosa. Yang benar Allah memanggil orang jahat dan berdosa supaya menjadi benar. Karena justru kematian Kristus bermaksud mendamaikan  manusia berdosa dengan Allah yang kudus. Setelah manusia didamaikan dengan Allah, maka Roh Kudus memimpin orang tersebut supaya menjadi orang benar dan benar-benar diselamatkan. Berapa lama proses pembenaran itu? Alkitab mengajarkan sampai akhir hidup orang tersebut. Ini ajaran yang sangat jelas dalam Alkitab :

Matius  10:38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.

Matius  16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Wah, jadi setelah percaya Yesus tidak langsung mendapat hidup yang kekal dong ya? Jawabnya adalah 100% TIDAK ! Ajaran yang mengajarkan sekali selamat tetapi selamat adalah Kristen instan, ini adalah ngawur dan sesat yang berasal dari iblis yang bermaksud menyesat kan orang Kristen.

Paulus sangat jelas menggambarkan tentang proses penyelamatan orang Kristen :

Roma  5:10 Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!

Kemudian Paulus dalam kitab Ibrani berkata bahwa orang benar hidup oleh iman:

Ibrani  10:38 Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya."

Iman yang dimaksud adalah iman kepada pribadi Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat manusia serta janji-janji Nya.  Apa itu janji-janji yang diberikan kepada orang Kristen?  Yaitu, bahwa Allah akan mengaruniakan hidup yang kekal kepada orang beriman kepada Nya. Dan memperingatkan supaya orang itu tidak mengundurkan diri! Yesus berkata bukan orang yang berseru kepada Nya yang akan diselamatkan, tetapi yang melakukan ajaaran dan perintah Nya lah yang akan beroleh hidup yang kekal atau diselamatkan !

Hidup oleh iman adalah hidup menyangkal diri dan memikul salib.

Matius  16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Ayat di atas jelas bertentangan dengan ajaran sekali selamat tetap selamat. Yang benar adalah orang beriman harus menyangkal diri dan memikul salib. Bagaimana bila orang itu ogah menyangkal diri memikul salib sampai mati ? Maka orang itu murtad dan tidak akan memperoleh hidup yang kekal.

Sikap orang beriman

Bagaimanakah sikap hidup seorang Kristen yang hidup oleh iman. Inilah yang diajarkan oleh rasul Paulus:


Roma
8:18 Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.
8:19 Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak Allah dinyatakan.
8:20 Karena seluruh makhluk telah ditaklukkan kepada kesia-siaan, bukan oleh kehendaknya sendiri, tetapi oleh kehendak Dia, yang telah menaklukkannya,
8:21 tetapi dalam pengharapan, karena makhluk itu sendiri juga akan dimerdekakan dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah.
8:22 Sebab kita tahu, bahwa sampai sekarang segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin.
8:23 Dan bukan hanya mereka saja, tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh, kita juga mengeluh dalam hati kita sambil menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita.
8:24 Sebab kita diselamatkan dalam pengharapan. Tetapi pengharapan yang dilihat, bukan pengharapan lagi; sebab bagaimana orang masih mengharapkan apa yang dilihatnya?
8:25 Tetapi jika kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat, kita menantikannya dengan tekun

Jadi hidup oleh iman adalah hidup dengan mengharapkan dengan tekun janji-janji Allah. Bila kita mengharapkan janji-janji Allah dengan tekun, maka betapa saleh nya kita harus hidup. Ajaran Yesus supaya orang Kristen menyangkal diri dan memikul salibnya konsisten dengan ajaran Paulus, bahwa orang beriman harus tetap tekun dalam pengharapan iman kepada janji-janji Allah. Bukan kepedean bahwa mereka sudah mendapat hidup yang kekal.


Hidup dengan iman adalah berharap sesuatu yang belum dilihat / diterima (Ibrani 11:1). Karena bila mengharapkan yang sudah dilihat / diterima bukanlah pengharapan lagi namanya. (Roma 8:24). Maka ajaran bahwa orang beriman saat percaya sudah mendapat hidup yang kekal adalah ajaran SESAT!


Karena itu Paulus kembali memberikan teladan tentang sikap dalam berpengharapan pada hidup yang kekal:

Filipi
3:10 Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,
3:11 supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.
3:12 Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.
3:13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,
3:14 dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Di lain pihak Alkitab memperingatkan, bahwa iman yang semula itu bisa gugur (Ibrani  3:14 , Ibrani  10:38). Orang beriman bisa murtad. Itu sebabnya banyak peringatan dalam Alkitab supaya jangan murtad dan memelihara iman.

I Timotius  5:8 Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.

Ibrani  3:12 Waspadalah, hai saudara-saudara, supaya di antara kamu jangan terdapat seorang yang hatinya jahat dan yang tidak percaya oleh karena ia murtad dari Allah yang hidup.

Ibrani
6:4 Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus,
6:5 dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang,
6:6 namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.

Ibrani  3:14 Karena kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula.

Bila orang Kristen berdosa

Bagaimana bila orang beriman melakukan dosa?

1 Korintus
5:1 Memang orang mendengar, bahwa ada percabulan di antara kamu, dan percabulan yang begitu rupa, seperti yang tidak terdapat sekalipun di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, yaitu bahwa ada orang yang hidup dengan isteri ayahnya.
5:2 Sekalipun demikian kamu sombong. Tidakkah lebih patut kamu berdukacita dan menjauhkan orang yang melakukan hal itu dari tengah-tengah kamu?
5:3 Sebab aku, sekalipun secara badani tidak hadir, tetapi secara rohani hadir, aku -- sama seperti aku hadir -- telah menjatuhkan hukuman atas dia, yang telah melakukan hal yang semacam itu.
5:4 Bilamana kita berkumpul dalam roh, kamu bersama-sama dengan aku, dengan kuasa Yesus, Tuhan kita,
5:5 orang itu harus kita serahkan dalam nama Tuhan Yesus kepada Iblis, sehingga binasa tubuhnya, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan.

Paulus berkata orang yang tetap berdosa harus diserahkan ke pada iblis? Supaya apa? Supaya bertobat dari dosanya itu. Bagaimana bila orang Kristen itu tidak bertobat hingga akhir hidupnya? Maka dia akan binasa. Maka pemahaman demikian akan konsisten dengan ayat berikut:

Kolose
3:5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala,
3:6 semuanya itu mendatangkan murka Allah [atas orang-orang durhaka].
3:7 Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya.
3:8 Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.
3:9 Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya,
3:10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

Pemahaman lain yaitu orang Kristen yang tetap berdosa hingga akhir hidupnya akan diselamatkan karena pada saat percaya sudah mendapat hidup yang kekal adalah pemahaman yang salah dan sesat. Perhatikan betapa konsistennya kebenaran Alkitab, ini adalah ajaran Alkitab yang sejati !

Peringatan:

Galatia  1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

Deta deta:98% benar dan 2% salah

kalau kita lisan dalam waktu singkat kelihatan salah kamu dimana?

kalau tulisan kepanjangan isi tulisan kamu sangat bagus 98 % benar hanya 2 % salah.

Debu tanah's picture

Tidak bangga

Saya tidak bangga dan tidak butuh dengan pujian mu. Bila berani dan tidak pengecut, saya persilakan tunjukkan kesalahan yang 2% itu supaya disaksikan oleh blogger lain dan pembaca.

Saya mau pulang dulu, anakku yang lucu sudah menunggu, lebih baik sekarang saya main dengan anakku dari pada diskusi ama pembual bodoh macam kamu. Tp besok2 kl ada waktu OL lagi baru saya layani kamu ya !

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

deta :1% salah adalah salah

 Kebenaran sejati tidak diperoleh dengan mengutip-ngutip sepotong ayat yang menyenangkan hati saja, tetapi bacalah keseluruhan Alkitab maka intisari dari keseluruhan itu lah yang merupakan kebenaran sejati! Sebaliknya kebenaran yang diperoleh dari sepotong ayat tetapi bertentangan dengan ayat yang lain bukanlah kebenaran sejati.

-Baik sepotongpun kalau benar adalah benar kalau salah adalah salah .

-keseluruhan menurut siapa??????kalau ada satu ayat yang pengertiannya benar bertentangan dengan seluhur pengertian yang salah maka yang salah adalah keseluruhannya?

-keseluruhan alkitab yang kamu maksudkan menurut kamu bukan keseluruhan yang sesungguhnya

-Keseluruhan yang sesungguhnya tak mungkin bertentangan dengan satu ayatpun yang di mengerti secara sebenar benarnya.

Buktikan ada ajaran yang keseluruhan benar tetapi bertentangan dengan ajaran yang secara keseluruhan benar.mustahil ada......

Debu tanah's picture

Ajaran sesat

Dikomentar pertama, kamu masih bilang saya 98% benar dan 2% salah lho. Tp dikomentar ke 2 ngomong kl 1% salah adalah salah? Itulah kl ngomong gak mikir dulu, hehehe..

Saya tegaskan, ajaran Kristen instan adalah ajaran yang 100% SALAH. Itu sebabnya saya bilang itu ajaran sesat!

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

deta ;98% benar dan 2% salah?

-perkataan kamu banyak separohnya adalah copy paste ayat yang lainnya disana sini banyak statement2 yang benar .makanya saya bilang 98% benar apalagi buat yang pas2an.

2% salah:

-1% adalah ngak percaya semua ayat adalah benar semuanya adalah firman Allah.

-1% lagi ada fitnahan2 yang salah dan kata penghubung satu bag kebenaran dengan kebenaran yang lain salah

jadi 98% yang benar di campur 2% yang salah jadi apa ya kiranya ......98% putih di campur 2% hitam maka jadi abu2 muda sekali sehingga yang tidak jeli atau rabun menyangka tetap putih pedehel abu2 muda pak DETA......tetapi pendapat kamu banyak pendukungnya DETA karena sangat sesuai dengan logika alamiah manusia pada umumnya ,sayangnya penentangnya adalah firman Tuhan jika ngak ada Firman yang menentang pendapat kamu maka kayaknya sayapun akan berguru sama kamu................sayang 1000 sayang.

 

Debu tanah's picture

Jlwijaya, terbiasa mikir pake dengkul

[ jadi 98% yang benar di campur 2% yang salah jadi apa ya kiranya ......98% putih di campur 2% hitam maka jadi abu2 muda sekali sehingga yang tidak jeli atau rabun menyangka tetap putih pedehel abu2 muda pak DETA......

.tetapi pendapat kamu banyak pendukungnya DETA karena sangat sesuai dengan logika alamiah manusia pada umumnya ]

 

Pernah gak sih kamu mikir yang bener sebelum ngomong? Kamu pikir Alkitab itu berisi jampe-jampe yang tidak masuk akal, yang harus dimengerti dengan DENGKUL ya?

Bacalah tulisan2 Paulus & Yakobus, dan renungkan dan pikirkan lah dengan LOGIKA menggunakan OTAK, bukan dengkul ya ! Sekali aja kamu mikir pake otak, maka kamu akan sadar bahwa Alkitab itu penuh dengan logika-logika yang logis yang harus dipikir dengan otak, bukan dengkul seperti yang kamu lakukan  selama ini !!

 

Kamu ngeyel bahwa kamu sudah mendapat hidup yang kekal? Bagaimana kamu membantah ayat explisit yang saya kutip dalam blog di atas yang menentang ajaran sesat mu itu?

Kamu yakin kamu sudah memperoleh HIDUP YANG KEKAL? Ayo buktikan !! Silakan pikirkan cara membuktikan dengan meyakinkan bahwa kamu SUDAH MEMPEROLEH HIDUP YANG KEKAL, bukan dengan sepotong ayat yang DITENTANG OLEH BANYAK SEKALI AYAT yang saya tunjukkan!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

;SAYA TANTANG DETA eksposisi yoh 10:28,29:1 yoh 5:13 dan 1pet1:5

-kalau kamu bahas ayat 2 di atas langsung doktrin kamu kacau .

-Kalau saya ngak menolak satu ayatpun saya percaya HIDUP kekal di berikan sekarang dan akan datang saya juga percaya bahwa hidup kekal di berikan karena percaya dan sebagai pahala.bagi saya semua benar dan tepat kamu ngak mengerti hal ini tetapi marahin saya ngak dengan rendah hati tanya apa artinya kenapa bisa demikian.

kamu merasa diri benar ...tetapi ternyata ada ayat yang bertentangan bukan?

SAYA TANTANG KAMU EKSPOSISI YOH 10:28,29 DAN 1 YOH 5:13 DAN 1PET 1:5?

jlwijaya's picture

deta ;kenapa saya katakan sekali selamat selamanya selamat

siapakah orang yang beroleh selamat:

Orang yang beroleh selamat adalah adalah Orang yang lahir baru artinya lahir dari Allah di dalam dia menerima Roh Kudus dan Kristus bukan hanya ada berada di dalam dia tetapi Kristus Hidup didalam dirinya  .orang yang memiliki Roh kristus bisa jatuh dalam dosa dan bisa lemah tetapi dia tak bisa selalu hidup dalam dosa selamanya hingga mati tanpa berpaling kepada Tuhan.orang yang telah beroleh Roh Kristus di dalam dirinya tak mungkin karena tahu sudah selamat lalu sembarangan berbuat dosa ,kalau ada yang demikian itu hanya menyatakan dia belum beroleh Roh Kristus.

jadi orang yang telah beroleh Kristus di dalam dirinya selalu di jaga oleh Tangan Allah agar tak dapat terus dalam dosa ,tak dapat murtad dan tak dapat menyangkah Tuhan dan Tuhan tidak membiarkan terjadi pencobaan yang lebih dari yang dapat dia tanggung karena Allah telah berjanji dan Allah berdaulat atas segala sesuatu.karena penjagaan tangan Tuhan maka orang yang telah selamat tak mungkin dapat binasa sampai selama2nya dan tak ada yang dapat merebut mereka dari tangan Allah Bapa.

Peringatan dalam alkitab tentang jangan murtad dan jangan menyangkal adalah salah satu caraAllah atau tangan Allah untuk mencegah orang yang telah selamat murtad.......mereka memang punya kebebasan tatapi Allah sanggup menjaga agar kebebasannya tak menyebabkannya murtad dan menyangkal Tuhan.sekali lagi peringatan jangan murtad dan lain2 yang serupa hanya peringatan agar tak terjadi hal itu tetapi tak ada satu ayatpun yang mengatakan ada orng yang telah selamat menjadi yang murtad dan sejenisnya.

Keselamatan sepenuhnya karena Iman .....tidak ada hubungannya dengan perbuatan menyatakan bahwa iman dan perbuatan menjadi penyebab keselamatan adalah penghinaan kepada Karya Kristus di salib.......manusia 100 % di selamatkan karna iman bukan karena dirinya tak ada dosa dan bukan  karena perbuatan 100 %

 

Gal 5:4  Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia. 

DETA jangan Kwatir orang yang telah beroleh selamat itu cinta Yesus dan takut berdosa .......yang karena mendengar sudah percaya pasti selamat lalu sembarangan berbuat dosa itu lalang bukan gandum .......minggu kegereja ,pelayanan sabtu malam narkoba dan berzinah sepanjang hidupnya pasti lalang.
syarat beroleh selamat mudah hati percaya mulut mengaku beroleh selamat......tetapi jangan lupa jika hati percaya dan mulut mengaku tetapi tidak beroleh Roh Krisrtus tetap bukan orang yang beroleh selamat..............nah kamu bingungkan....................yang rajin katekisasi dan di babtispun belum tentu memiliki Roh Kristus ..................sangat mudah dan sangat susah itulah fakta di lapangan

 

Debu tanah's picture

Diskusi yang selevel

Doktrin sekali selamat tetap selamat SANGAT BERBAHAYA, coba pikirkan dampaknya, banyak orang Kristen yang akan terjerumus !

Doktrin sekali selamat tetap selamat hanya didasarkan dari sepotong ayat. Bila ingin tahu kebenarannya baca lah apa Firman Tuhan yang lain tentang topik yang sama. Itu sebabnya Petrus memperingatkan dengan keras dalam 2 Petrus 3:16, karena memang banyak yg SUKAR dipahami:

II Petrus  3:16 Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.

Baca lah lebih teliti perumpamaan Yesus dalam Matius 13: 3 - 23 berserta dengan artinya. Saya sudah baca perumpamaan itu berkali-kali dan sudah renungkan berkali-kali pula. Maka kamu juga harus baca dan renungkan berkali-kali pula, setelah itu baru kita diskusi lagi.

Itu namanya diskusi yang selevel. Kl kamu belum membaca dengan teliti sudah ngajak saya diskusi, itu nama nya gak level. Akan gak nyambung diskusinya.

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

DETA:jangan sombong?kamu emang selevel apa?

 

1)Baca lah lebih teliti perumpamaan Yesus dalam Matius 13: 3 - 23 berserta dengan artinya. Saya sudah baca perumpamaan itu berkali-kali dan sudah renungkan berkali-kali pula. Maka kamu juga harus baca dan renungkan berkali-kali pula, setelah itu baru kita diskusi lagi.

Itu namanya diskusi yang selevel. Kl kamu belum membaca dengan teliti sudah ngajak saya diskusi, itu nama nya gak level. Akan gak nyambung diskusinya.

kalau itu di bilang level lucu .............kalau mau ngomong per topik OK justru itu kemarin aku ajak fokus dulu di satu dua ayat dan kamu melebar..............mat 13:3-13 yang kamu mengerti itu adalah hanya pendapat kamu dan tafsiran kamu ...............tetapi boleh jadi benar kalau ngak ada satupun ayat jelas yang bertentangan dengan tafsiran kamu itu dan tentunya ayat jelas yang di maksud  arti sesungguhnya sama dengan pengertian pada saat kamu membacanya tetapi jika ada satu ayat saja yang lain maka tafsiran kamu BERARTI TAFSIRAN MU ITU SALAH TAK PERDULI SELOGIS APAPUN ITU....disini kita beda bagi saya tak ada satu bagian ayat Alkitabpun yang dalam pengertian yang sesungguhnya salah.

 

 

2)Itu sebabnya Petrus memperingatkan dengan keras dalam 2 Petrus 3:16, karena memang banyak yg SUKAR dipahami: 

 

II Petrus  3:16 Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.

pendapat kamu bahwa keselamatan adalah iman di tambah perbuatan setelah di hakimi baru di tentukan layak atau tidak beroleh hidup yang kekal pasti lebih cocok dengan konsepsi manusia dan orang beragama lain sekalipun jadi pikiran kamu itu umum ,mudah di mengerti oleh manusia tetapi yang sukar di pahami justru adalah perkataan alkitab yang menyatakan hanya bertobat dan percaya beroleh hidup yang kekal dan sekali selamat Tuhan samnggup menjaga agar tetap selamat.......jadi yang lebih sulit dimengerti adalah yang dari Allah makanya perlu ayat2 lain untuk meluruskan ayat yang sudah jelas...h injil lain di galatia percaya dan mengharap juga di benarkan karena perbuatan kan lebih komplit....bukan?

3)Doktrin sekali selamat tetap selamat SANGAT BERBAHAYA, coba pikirkan dampaknya, banyak orang Kristen yang akan terjerumus !

-Kekwatiran kamu lebih besar dari TUHAN ya dan akan datang kamu ngomong sama Tuhan ya kekwatiran kamu benar ternyata karena perkataan Tuhan itu banyak orang Kristen terjerumus.......

-nasehat saya jangan merobah firman karena kekwatiran mu......Tuhan tak mungkin salah.

-SEKALI LAGI :ORANG YANG SUDAH LAHIR BARU DAN ADA ROH KRISTUS DI DALAMNYA NGAK BISA TETAP DALAM DOSA .....KALAU KARENA JAMINAN ITU DIA SEMBARANGAN BERBUAT DOSA ENTAH DIA ITU PENDETA HANYA MEMBUKTIKAN NGAK ADA rOH KUDUS DI DALAMNYA.ORANG YANG MEMILIKI rOH kRISTUS ITU SEMAKIN HARI MAKIN TAKUT BERDOSA.

4)ADA 3 AYAIMAK BAIK2:

 

1Pt 1:5  Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir. 

KAMU SIMAK AYAT DI ATAS ORANG BERIMAN DI PELIHARA DALAM KEKUATAN ALLAH........BISA TAK LAGI SELAMAT/ tUHAM KURANG KUASAKAH UNTUK MENJAGA/MEMELIHARA  INI DAR rASUL PETRUS DARI YOHANES ADA DI yOH 10:28,29 ???????ITU KARENA KAMU KETEMUNYA SAMA ORANG KRISTEN ktp YANG JADI KRISTEN HANYA SECARA LOGIKA DAN LUARAN (INI UTK GOL KONSERFATIF SPT REFORMED DAN LIBERAL )DAN ORANG kRISTEN ktp YANG PERCAYA DEWA BERKAT TERTINGGI YANG BISA KITIM DUIT BERLIMPAH LIMPAH (UTK ORANG KHARISMATIK ) DLL

SAYA TAMBAH SATU AYAT DARI PAULUS YA:

1Kr 1:8  Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus. 

jangan MENGUATIRKAN KEKUATAN PEMELIHATAAN ALLAH ,JANGAN MENUATIRKAN KEKUATAN TANGAN BAPA +YESUS JANGAN KWATIR

JANGAN KARENA ADA YANG MENYALAH GUNAKANTIAN SEKALI SELAMAT TETAP SELAMAT MAKA KAMU BUANG AYAT YANG BANYAK ITU DARI ALKITAB

 

 

Debu tanah's picture

Yesus nya tidak masalah

[ jangan MENGUATIRKAN KEKUATAN PEMELIHATAAN ALLAH ,JANGAN MENUATIRKAN KEKUATAN TANGAN BAPA +YESUS JANGAN KWATIR ]

Kekuatan Yesus tidak masalah, yang masalah adalah apakah orang itu tetap setia atau tidak hingga akhir.  Tuhan hanya bisa memberikan kekuatan pada orang yang tetap berharap ke pada Nya. Kl besok orang itu murtad, maka dia pasti akan binasa di neraka !

Saya berani berkata bahwa Tuhan Yesus TIDAK MAMPU menyelamat kan SEMUA MANUSIA, sekalipun darah Kristus cukup untuk mendamaikan SEMUA manusia dengan Allah. Kenapa?

Karena Allah telah memberikan free will kepada manusia. Allah tidak pernah mencabut free will manusia hingga kekekalan sekalipun. Setelah manusia percaya kepada Yesus, dia adalah orang beriman, tetapi free will nya tidak pernah dicabut oleh Allah. Orang yang tadinya beriman ada yang murtad dari imannya yang semula. Bacalah perumpamaan Yesus dalam Matius 13. Bacalah peringatan-peringatan dalam Alkitab supaya orang beriman jangan sampai meninggalkan imannya yang semula alias murtad.

Argumen kamu bahwa peringatan-peringatan dalam Alkitab hanyalah cara Allah untuk menyelamatkan adalah ARGUMEN yang sangat bodoh sekali. Peringatan adalah peringatan, tidak perlu ada peringatan supaya jangan murtad bila tidak ada resiko orang beriman bisa menjadi murtad, bila meninggalkan imannya yang semula. Logika gini aja gak paham, payah deh.

[pendapat kamu bahwa keselamatan adalah iman di tambah perbuatan setelah di hakimi baru di tentukan layak atau tidak beroleh hidup yang kekal pasti lebih cocok dengan konsepsi manusia dan orang beragama lain sekalipun jadi pikiran kamu itu umum ,mudah di mengerti oleh manusia tetapi yang sukar di pahami justru adalah perkataan alkitab yang menyatakan hanya bertobat dan percaya beroleh hidup yang kekal dan sekali selamat Tuhan samnggup menjaga agar tetap selamat.......jadi yang lebih sulit dimengerti adalah yang dari Allah makanya perlu ayat2 lain untuk meluruskan ayat yang sudah jelas...h injil lain di galatia percaya dan mengharap juga di benarkan karena perbuatan kan lebih komplit....bukan?]


Iman doang TIDAK MENYELAMATKAN. Iman + Perbuatan lah yang menyelamatkan. Tetapi iman doang adalah orang yang MURTAD, mereka akan binasa di neraka! Ini kata Alkitab, bukan saya lho.

Baca lah surat Yakobus dengan teliti. Tp saya pesimis kamu akan ngerti kitab Yakobus ! Ditantang untuk memahami perumpamaan Yesus dalam Matius 13 saja tidak MAMPU !  Malah ngeles ke mana-mana. Jadinya diskusi gak nyambung begini. 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

Deta :Aku terima tantangan kamu ingat ya hanya di mat 13.

-Ditantang untuk memahami perumpamaan Yesus dalam Matius 13 saja tidak MAMPU !  Malah ngeles ke mana-mana. Jadinya diskusi gak nyambung begini. 

yang lari2 kamu ngatain aku ha ha ha....gimana toh ya ok sekarang fokus ya ke mat 13 yang lain aku ngak jawab:

maksud kamu ayat berapa?kita bahas satu poin demi satu poin ya:

apakah mat 13:5&6

Mat 13:5  Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itupun segera tumbuh, karena tanahnya tipis. 

Mat 13:6  Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar. 

silakan kamu mulai nanti aku jawab


Debu tanah's picture

Kan udah ada di blog..

Dalam blog, saya telah menjelaskan pemahaman perumpamaan dalam Matius 13 sbb:

Benih adalah Firman Allah, kemudian Firman Allah tumbuh menjadi IMAN dalam hati orang Kristen atau orang beriman. Roma 10:17 berkata bahwa iman timbul karena mendengarkan firman Allah. Tidak perlu disangsikan lagi, bahwa iman sudah tumbuh dalam diri orang Kristen yang diumpamakan sebagai benih yang tumbuh pada tanah yang berbatu-batu dan tanah yang bersemak duri. Tetapi ternyata mereka murtad karena penindasan, kekuatiran & tipu daya kekayaan dunia.

Pemahaman ini bertentangan dengan doktrin sekali selamat tetap selamat.

Mana pemahaman mu dan sanggahan kamu atas pemahaman saya ?

 

 

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

Deta:lebih spesific lagi ?satu demi satu ?agar lebih jelas.

-kita satu2 deta pertama kita bahas yang jenis kedua dulu jangan gado2:

orang jenis kedua ,ayat 5 dan 6 adalah perumpamaannya:

 

Mat 13:5  Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itupun segera tumbuh, karena tanahnya tipis. 

Mat 13:6  Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar. 

lalu ayat 20 dan 21 adalah Yesus sendiri yang mengartikan:
Mat 13:20  Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira. 
Mat 13:21  Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itupun segera murtad. 
atas dasar apa kamu mengatakan bahwa orang jenis kedua ini sudah orang beriman sudah orang kristen sudah lahir baru atau sudah memiliki Roh Kristus?
atas dasar rom 10 :17? boleh lebih jelas,di uraikan lebih mendalam.
NB: Sabar ya deta aku kalau bahas memang satu2 kalau perlu kata perkata.

 

Debu tanah's picture

Jlwijaya, dasarnya penjelasan Yesus

[atas dasar apa kamu mengatakan bahwa orang jenis kedua ini sudah orang beriman sudah orang kristen sudah lahir baru atau sudah memiliki Roh Kristus?

atas dasar rom 10 :17? boleh lebih jelas. ]

Ya ampun perasaan jelas banget gue menjelaskan-nya:

Benih adalah Firman Allah, kemudian Firman Allah tumbuh menjadi IMAN dalam hati orang Kristen atau orang beriman. Roma 10:17 berkata bahwa iman timbul karena mendengarkan firman Allah. Tidak perlu disangsikan lagi, bahwa iman sudah tumbuh dalam diri orang Kristen yang diumpamakan sebagai benih yang tumbuh pada tanah yang berbatu-batu dan tanah yang bersemak duri. Tetapi ternyata mereka murtad karena penindasan, kekuatiran & tipu daya kekayaan dunia.

Dasarnya adalah perkataan Yesus: Benih adalah firman, dikatakan bahwa benih (firman) itu tumbuh menjadi IMAN. Roma 10:7 jelas berkata bahwa iman timbul dari mendengarkan firman. Alasan lain kenapa saya yakin orang ini sudah beriman? Karena dikatakan bahwa mereka murtad, sebagian karena pengiayaan, sebagian karena kekuatiran & tipu daya kekayaan. Lihat definisi murtad dari Ibrani 6.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

Deta : setuju dengan kamu dasarnya penjelasan Yesus

Mat 13:5  Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itupun segera tumbuh, karena tanahnya tipis. 

Mat 13:6  Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar. 

Mat 13:20  Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira. 
Mat 13:21  Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itupun segera murtad. 
kamu mengatakan dasarnya penjelasan Yesus ,saya sangat setuju yaitu bahwa perumpamaan yang di katakan Yesus di ayat 5dan 6 perngertiannya adalah bpenjelasan Yesus di ayat 20 dan 21 .......berarti perumpamaan itu jangan kita artikan menurut pandangan kita melainkan harus berdasarkan penjelasan Yesus di ayat 20 dan 21.....bukankah begitu Deta?
sabar pelan tapi pasti dan jangan marah2 anggap aja aku telmi ngak apa.
aku persekutuan dulu besok lanjut ya
Debu tanah's picture

@ jlwijaya, komentar

Komentar mu di atas udah selesai atau gimana?

Saya gak ngerti maksudnya, cuman membold dan mewarna ayat gitu, apa maksud nya?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

DETA ;lagi sibuk bentar ya santai aja

deta aku baru ada waktu jawab kamu lagi di susun santai dulu ya.

jlwijaya's picture

deta nanti ya

nanti ya aku kerja dulu

jlwijaya's picture

Deta lanjut:Saya Setuju dg U :Dasarnya PENJELASAN YESUS

 

Mat 13:5  Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itupun segera tumbuh, karena tanahnya tipis. 

Mat 13:6  Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar. 

Mat 13:20  Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira.  

Mat 13:21  Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itupun segera murtad. 

kamu mengatakan dasarnya penjelasan Yesus ,sayasangat setuju yaitu bahwa perumpamaan yang di katakan Yesus di ayat 5dan 6 perngertiannya adalah bpenjelasan Yesus di ayat 20 dan 21 .......berarti perumpamaan  dalam ayat 5,6 itu jangan kita artikan lagi menurut pandangan kita melainkan harus berdasarkan penjelasan Yesus di ayat 20 dan 21.....bukankah begitu Deta?

 

BERDASARKAN PENJELASAN YESUS : maka orang jenis kedua adalah orang yang tidak berakat menurut saya tidak berakar tidak ada kehidupan berarti bukan orang yang sudah beroleh selamat seibarat itu pohon maka pasti pohon2an jika kamu katakan kristen maka saya katakan itu adalah kristen KTP bukan orang yang sudah lahir baru dan memiliki Kristus di hidup di dalm dirinya.tentu menurut penafsiran kamu beda karena kamu berkata bahwa dia sudah menerima firman berarti iman sudah tumbuh di dalam dia dasar kamu adalah benih itu adalah firman dan di rom 10:17 berkata iman timbul dari pendengaran .......jawab saya iman memang timbul dari pendengaran tetapi rom 10:17 tak ada pengertian bahwa yang mendengar pasti beriman.....buktinya juga demikian, banyak orang mendengar,mempelajari dan menghafal tetapi bukan hanya tak beriman malah menjadi lawan...............cont:yang pendeta ionas rachmat yang tulis buku mss dan orang islam di youtube yang bahkan sangat hafal tetapi hanya untuk menentang ,bagi saya orang yang menerima firman dengan gembira belum tentu dia gembira karena sudah lahir baru karena yesus telah menebus dosanya ...hal ini banyak aku lihat waktu masuk dalam persekutuan orang karismatik.........mereka percaya dan berdoa dan menberi persembahan hanya karena mengharap berkat dari langit dan pada saat doa2nya dan harapannya tak terwujud maka mereka murtad ....saya juga melihat mereka yang di reformed ....mereka kristen itu karena keturunan baik di kupang dan di menado ...ada juga yang berpaling ke kristen hanya karena merasa ajaran kristen lebih rasional and afdol..................Kelau standar orang kristen seperti itu yang kamu maksud maka bagi saya itu hanya kristen KTP dan kristen seperti ini bukan hakikinya kristen yaitu orang yang memiliki Roh Kristus di dalam dirinya dan orang kristen ktp ngak pernah selamat dan kristen ktp demikian jelas bisa murtad karena percayanya mereka cuman sebentar percaya bukan karena pekerjaan Roh Kudus di dalam dirinya tetapi karena motivasi atau percaya hanya sebagai setuju dengan ajaran yang di rasanya lebih logis dan baik.......percaya yesus nya juga percaya Yesus sebagai teladan yang terbaik bukan percaya menerima Yesus masuk dan berdiam di dalam dirinya .....orang demikian belum di meterai oleh roh kudus.

 

Deta semula saya malas melayani kamu untuk mat 13 karena di dalamnya masih terkandung unsur tafsir seperti yang terjadi saat ini,menurut tafsir kamu orang yang berbatu2 sudah beriman karena sudah menerima firman dengan gembira dan percaya sebentar lalau murtad........penafsiran ini ngak bisa di salahkan tetapi itu adalah tafsir artinya bukan ayat itu berkata seperti itu................saya mengatakan bahwa tidak berakar berarti ngak ada kehidupan ,pohon tanpa akar adalah pohon2an artinya jika kamu anggap itu orang kristen maka kristen ktp.........dalam hal inipun saya melakukan tafsir ...sekalipin saya yakin itu pasti begitu dan kamu juga pasti seperti pengertian kamu tapi tetap itu tafsir bukan ayat itu berkata seperti itu jadi lebih baik kita cari ayat lain yang adalah ayat jelas .

3 cerita contoh:

Cerita 1:Ada seorang petani kebetulan jendela kamarnya menghadap ke gunung suatu hari setelah dia membaca maka dia berdoa Tuhan aku percaya pada setiap titik firman mu, aku percaya tak ada yang mustahil bagi Allah karena dikau Allah yang maha kuasa aku juga percaya tak ada mustahil bagi orang percaya maka dalam nama Yesys Kristus aku perintahkan agar gunung di depan jendela kamarku pindah dan tercampak kedalam laut  sesuai yang di katakan firmanmu dalam markus 11:23  doa iti dia ulangi berkalikali untuk menyatakan imannya yang sebesar biji sesawi itu......lalu ia tertidur ....pagi hari waktu dia bangun dia kembali mengulangi doa yang semalam setalah selesai berdoa maka dengan perlahan dia menuju jendela dan menyikapkan korden dengan perlahan ..........setelah itu petani itu berkata pada dirinya.....Tuh kan dari semalem gua juga udah tahu...................

Jadi ucapan mulut bukan berarti ucapan hati.yang di luar belum tentu sama dengan yang di batin.

 

Cerita ke 2:saya sering saat berjumpa orang bertanya apakah dia sudah percaya Yesus maka ada yang menjawab saya dulu pernah kristen sekarang budha lagi,waktu aku tanya sebab nya ngak mau menjawab?saya tanya lagi dulu kegereja mana ?jawabnya ternyata gereja theologi sukses .....hati saya tahu apa sebabnya........hanya tebak-tebak sih .....tetapi tebakan itu berdasar karena saya berkali2 ikut secara rutin persekutuan doa dari kelompok itu yang agak lumayan lho......didalamnya saya melihat satu masalah yaitu orang yang baru percaya,sheringnya adalah dia minta di doakan agar masalahnya selesai.........yang mendoakan dengan yakin bahwa masalahnya pasti beres karena tak ada mustahil bagi yang percaya, mujizat itu nyata seperti yang dia alami(yang menjawab ini saya tahu masa lalunya dan yang dia alami nyata) .............setelah beberapa kali itu persekutuan itu dan karena saya juga disuruh bicara maka saya berusaha memperbaiki konsepnya dengan membawa mereka membaca banyak ayat...............suatu saat saya dengar yang bpercaya tapi bermasalah itu berkata kalau begini terus ngak ada buktinya saya ngak tahan saya bisa mundur............artinya percaya dan doanya adalah karena dia berharap Yesus menjadi dewa baalnya...kalau tidak terbukti maka dia murtad...............apakah orang ini sudah kristen karena sudah 3 bulan kegereja dan memuji dan melayani ,.........saya bukannya mau menghakimi .........tetapi banyak orang yang demikian,kayak orang sembayang ke thailand.apa percaya kristen sama dengan percaya dari orang yang sembayang ke thiland tiap bulan 11.

 

Cerita ke 3:ini penting .....ada seorang wanita tua menderita sakit akut dia mendengar ada percaya Yesus bisa sembuh  .....seatu hari dia ke gereja karena dia berharap ada kesembuhan bagi penyakitnya kalau melalui Yesus ........malam hari setelah dia pulang dia berlutut berdoa sambil menangis dia berkata; Tuhan yesus aku percaya kepadamu sekalipun penyakitku tidak sembuh aku percaya bahwa dikau adalah tuhan yang telah menanggung dosa2ku........

 kesimpilan dari ke 3 cerita itu adalah behwa keselamatan sejati yang pada diri seseorang adalah sebuah perjumpaaan dengan Tuhan didalam batin seseorang,Karena pekerjaan Roh Kudus di batin seseoranglah dia bertobat dengan sungguh dan menerima Tuhan Yesus sebagai juruslamat pribadinya ,akibat dari perjumpaan batiniah ini ia menerima dalam dirinya Roh Kudus sebegai satu pribadi yang hidup di dalam dirinya .percaya sebagian oran berbeda mereka percaya karena persetujuan hanya berdasarkan pertimbangan otak dan perasaannya semata yang bersifat luaran seperti ikut Yesus bisa untung,ajaran yesus lebih logis dsb.orang beroleh selamat adalah dia yang menghasilkan buah pertobatan...............ciri2nya adalah buahnya kata Yesus ..........yakobus bilan dari perbuatanku kamu bisa melihat iman ku artinya orang yang sungguh telah beriman pasti di sertai perbuatan dan perbuatannya menjadi bukti dirinya sudah beriman ,sudah lahir baru.....................iman tanpa perbuatan kosong itukah kristen Ktp ...kristen Ktp begitu dengar sekali selamat tetap selamat maka dia langsung bebas berbuat dosa karena di dalamnya tak ada Roh Kudus..........Orang Kristen sejati sekali dengar sekali selamat tetap selamat lebih cinta Tuhan dan lebih giat mengabarkan injil..........dia makin takut dosa karena Roh Kudus di dalam Dia berduka kalau dia berdosa dan makin banyak di ampuni dia makin takut berdosa.

DETA saya sadar bahwa kita tak boleh menghakimi lalang  atau gandum tetapi saya yakin kita yang seperti gandum belum tentu gandung yang bukan gandum sekalipun mirip tetap bukan gandum karenanya mengatakan murtad bagi saya itu hanya membuktikan bahwa dia lalang karena banyak lalang di antara gandum.percaya sebentar saja menerima sebentar saja dengan gembira lalu murtad karena dia tak ada akar dia pohon2an dia lalang bukan gandum.tampak luar pohon tapi bukan karena tak ada akat pohon pajangan..............katp Kristen ,teolog lagi,pendetakan dia.........pegan theolog(teolog liberal),pegan pendeta macam ir

 

By the way kita cari ayat jelas bagaimana kalau Yoh 10:28,29

 

Debu tanah's picture

@ jlwijaya, perumpamaan penabur dalam Lukas

Perumpamaan penabur juga tertulis dalam kitab Lukas & Markus, saya kutip yang kitab Lukas dulu ya:

Lukas
8:5 "Adalah seorang penabur keluar untuk menaburkan benihnya. Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu diinjak orang dan burung-burung di udara memakannya sampai habis.
8:6 Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, dan setelah tumbuh ia menjadi kering karena tidak mendapat air.
8:7 Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, dan semak itu tumbuh bersama-sama dan menghimpitnya sampai mati.
8:8 Dan sebagian jatuh di tanah yang baik, dan setelah tumbuh berbuah seratus kali lipat." Setelah berkata demikian Yesus berseru: "Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"
8:9 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya, apa maksud perumpamaan itu.
8:10 Lalu Ia menjawab: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti.
8:11 Inilah arti perumpamaan itu: Benih itu ialah firman Allah.
8:12 Yang jatuh di pinggir jalan itu ialah orang yang telah mendengarnya; kemudian datanglah Iblis lalu mengambil firman itu dari dalam hati mereka, supaya mereka jangan percaya dan diselamatkan.
8:13 Yang jatuh di tanah yang berbatu-batu itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menerimanya dengan gembira, tetapi mereka itu tidak berakar, mereka percaya sebentar saja dan dalam masa pencobaan mereka murtad.
8:14 Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.
8:15 Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan.

Perhatikan ayat 12, untuk benih yang jatuh dipinggir jalan adalah bahwa iblis mengambil firman dari hati orang tsb, SUPAYA MEREKA JANGAN PERCAYA & DISELAMATKAN. Kemudian perhatikan juga ayat 13, bahwa pada tanah yang berbatu dikatakan mereka orang PERCAYA lho ! Walau hanya sebentar lalu murtad.

Selanjutnya dalam ayat 14, untuk orang yg diumpamakan sbg benih yang jatuh di tanah yang bersemak duri disebutkan "dalam pertumbuhan selanjutnya" artinya sudah ada akar dong ya? (Kl kamu mempermasalahkan bahwa utk kasus yg tanah berbatu tidak akar lho). Ternyata disini pastilah sudah berakar KARENA sudah berbuah, hanya tidak matang saja !

Gimana Jlwijaya, saya tidak MENAFSIRKAN lho seperti tuduhan kamu, saya hanya membaca tulisan Lukas yang lebih jelas berkata bahwa orang yang diumpamakan sbg tanah yang berbatu-batu dan bersemak duri adalah orang percaya juga? Apa bantahan kamu selanjutnya?

 

Note:

Dalam menemukan kebenaran, itu sebabnya saya katakan tidak boleh hanya menyimpulkan kebenaran dari sepotong ayat saja. Tetapi harus lihat ayat yang paralel dan ayat yang membahas topik yang sama! Pemahaman yang tidak kontradiksi dengan yang lain, tentu itulah kebenarannya.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

DETA: LUKAS BERPIHAK KEPADA SAYA

 

Mari kita lihat tulisan lukas baik di injil dan di kisah para rasul tantang yang berhubungan dengan kata percaya:

1)Act_8:37  (Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah.")

 Di tekankan dengan jika dengan segenap hati.......artinya bisa jadi percaya nya ngak segenap hati ..............percaya nya hanya setuju ,ok ok aje .bukan??

2)Act_16:15  Sesudah ia dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, ia mengajak kami, katanya: "Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku." Ia mendesak sampai kami menerimanya.

 Sungguhsungguh percaya artinya .............ada percaya yang tidak sungguh2 ,atau kurang sungguh2.......masik ragu2 atau percaya sihhhhhh tapi.........Deta dari jaman rasul sampai hari ini buanyak orang yang percaya percaya aja ngak sungguhsungguh percaya.

3) Luk 8:12  Yang jatuh di pinggir jalan itu ialah orang yang telah mendengarnya; kemudian datanglah Iblis lalu mengambil firman itu dari dalam hati mereka, supaya mereka jangan percaya dan diselamatkan.

 

Deta bukankah kata sambung DAN berarti kata sebelum DAN berbeda dengan sesudahnya,atau DAN menghubunghan 2 hal yang berbeda .....saya lapar dan haus ,mujizat dan Deta ........karena kata penghubungnya DAN maka berarti lapar bukan haus  atau haus bukan lapar ,mujizat pasti bukan deta atau deta pasti bukan mujizat .............jadi percaya DAN diselamatkan artinya percaya disini bukan diselamatkan ........hal ini terjadi agar kata percaya hanya sebentar yang di ayat sesudahnya  jangan di artikan mereka pernah di selamatkan lalu murtad.......DETA di dalam kedaulatan Tuhan firman tak mungkin ada kesalahan.(NB:deta kamu mengorbankan ayat yang ngak selaras dengan pengertian kamu dengan alasan keseluruhan yang benar,dengan demikian kamu menyatakan ada ayat yang salah..........karena kamu seperti itu maka sesungguhnya 98% +2% kesalahan menjadikan seluruh ajaran kamu itu sebenarnya salah ......nila setitik merusak susu sebelangan.2%hitam kalau di campur putih maka yang 100% jadi abu2 muda selali.)

 

4) Luk 8:13  Yang jatuh di tanah yang berbatu-batu itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menerimanya dengan gembira, tetapi mereka itu tidak berakar, mereka percaya sebentar saja dan dalam masa pencobaan mereka murtad.

 

-Apakah percaya sebentar saja berarti mereka telah percaya dengan segenap hati?saya yakin tidak

--Apakah percaya sebentar saja berarti mereka telah sungguhsungguh percaya? Saya dengan yakin mengatakan tidak.

-Apakah percaya sebentar saja berarti mereka sudah di selamatkan sebentar saja juga? Saya lebih yakin lagi tidak deta karena ngak ada ayat yang menyatakan ada orang yang sudah di selamatkan menjadi tak selamat lagi......lalu bertobat di selamatkan lagi lalu besoknya sudah ngak selamat lagi, hingga kalau di hitung diselamatkan dan binasa bergantian seumur hidupnya menjadi tak terhitung.

 

DETA perhatikan dalam mat ,mrk dan luk di katakan bahwa mereka tidak berakar.....saya tanya tumbuhan berbiji jenis apa di dunia ini yang ngak ada akar,atau pohon jenis apa yang bisa berbuah tetapi tak berakar?.......bukankah hanya ada satu kemungkinan yaitu pohon palsu......bukankah kamu juga tahu bahwa banyak kristen KTP (ada motif tertentulah ,hanya setuju sajalah,percaya karena logis lah ,kristen karena turunan lah) .

 

Selanjutnya dalam ayat 14, untuk orang yg diumpamakan sbg benih yang jatuh di tanah yang bersemak duri disebutkan "dalam pertumbuhan selanjutnya" artinya sudah ada akar dong ya? (Kl kamu mempermasalahkan bahwa utk kasus yg tanah berbatu tidak akar lho). Ternyata disini pastilah sudah berakar KARENA sudah berbuah, hanya tidak matang saja !

 

Kalau jenis ketiga menurut saya adalah orang kristen sejati tapi ngak berbuah......tak ada pengertian mereka murtad dsb .......orang kristen jenis ini paling banyak mereka tetap orang yang beroleh selamat selamanya.

 

Luk 8:14  Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.


Mar 4:18  Dan yang lain ialah yang ditaburkan di tengah semak duri, itulah yang mendengar firman itu,

Mar 4:19  lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.

 

Mat 13:22  Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah. 

 

Tidak berbuah bukan murtad bukan ,mereka tetap beroleh selamat hanya tidak mendapat pahala .....mereka bukan kaum imani pemenang yang beroleh mahkota kehidupan tetapi mereka orang yang pasti beroleh selamat.                                                                                                                                                                                                                                                     

 Mereka yang tidak berbuah tetap beroleh karunia keselamatan kekal tetapi mereka tak beroleh upah karena jerih payahnya bagi Tuhan......lihat 1Kor 3:12-17

 

 

1Co 3:12  Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, 

1Co 3:13  sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu. 

1Co 3:14  Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. 

1Co 3:15  Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api. 

 

N.B:DETA ,kamu dan mujizat ngak mengerti kebenaran tentang ada upah sebagai pahala bagi orang yang beroleh selamat jadi kamu ngak mengerti kenapa ada bagian alkitab yang beroleh selamat syaratnya hanya karena iman dan sepenuhnya kasih karunia dan kenapa ada bag yang menyatakan bahwa harus berjuang dan berdasarkan perbuatan..........theologi reformed dan arminian ngak mengerti masalah ini ............yang memahami ini adalah the brethen.

 


 




 


 


 

Debu tanah's picture

@ Jlwijaya, kebenaran dari sepotong ayat lg

Kamu kembali menunjukkan jurus "kebenaran dari sepotong ayat" lg.

Bila kamu benar, bahwa yang disebut PERCAYA adalah "PERCAYA DENGAN SEGENAP HATI" seperti kutipan kamu dalam Kisah 8:37 & Kisah 16:15, maka banyak sekali ayat yang SALAH !

Contoh:

Roma  10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Percaya adalah percaya. Dalam ayat di atas Hanya dikatakan "PERCAYA", bukan "PERCAYA DENGAN SEGENAP HATI" seperti omongan kamu. Roma 10:9 berkata, syarat untuk supaya diselamatkan adalah "percaya" saja!

 

Bila kamu membaca perumpamaan penabur dengan teliti dalam 3 kitab Injil, maka dari 4 macam manusia yang berkenan kepada Tuhan (SELAMAT) hanya 1 lho, yaitu orang yang diumpamakan sebagai tanah yang baik.

Orang yang diumpamakan sebagai tanah berbatu itu, benih lalu tumbuh tetapi lalu menjadi kering atau murtad, sedangkan orang yang diumpamakan sebagai tanah yang bersemak duri, maka benih yang tumbuh akan dihimpit oleh semak duri sampai MATI. (Lukas 8:7). Masak sih benih yang tumbuh, berbuah (tidak matang) lalu MATI kamu katakan Kristen sejati? Ngawur banget sih kamu?

Sedangkan kl bicara tentang pahala yang berbeda-beda adalah orang yang diumpamakan sbg tanah yang baik, benih tumbuh, lalu ada yang berbuah 30 kali, 60 kali & 100 kali lipat.

Mengertikah kamu Jlwijaya ?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

Deta oh deta ..hmm;JF and lapan tolong bantu jelaskan deta.

-Jf dan lapan atau siapa aja yang menyaksikan pembicaraan saya dan deta ....tolong beri komentar dulu sebelum saya lanjutkan karena saya rasa deta ngak bisa mengerti  apa yang saya katakan.............setelah kalian berpendapat aku lanjutin.

 

Debu tanah's picture

Jlwijaya, jangan menghindar

Waduh, koq jadi gini ya?

1. Saya sudah mengutip ayat yang menunjukkan bahwa percaya adalah percaya. Bukan percaya dengan segenap hati seperti omongan mu.

2. Saya sudah memberikan argumentasi bahwa kelompok orang ke 3 (orang yg diumpamakan sbg tanah yang bersemak duri, tumbuh lalu dihimpit sampai mati) adalah orang yang tadinya beriman lalu mutad. BUKAN orang beriman yang diselamatkan seperti pendapat mu.

 

Jangan minta tolong orang lain dong dalam mempertanggung jawabkan pendapat mu sendiri dong. Piye toh sampeyan iki? Ini artinya kamu gak paham omongan sendiri. Embarassed

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

Deta:Aku pikir kamu udah mengerti kamu salah ternyata belum toh?

1. Saya sudah mengutip ayat yang menunjukkan bahwa percaya adalah percaya. Bukan percaya dengan segenap hati seperti omongan mu.

jawab saya:

-Alkitab sekalipun di tulis oleh banyak orang tetapi seluruh Alkitab adalah Firman Allah,karena seluruh nya adalah firman Tuhan yang maha esa maka tak mungkin ada ayat yang salah atau bertentangan satu dengan yang lainnya.kerena itu dalam hal kata percayapun tak mungkin satu bertentangan dengan ayat yang lainnya

kitab suci yang sebelumnya tahu bahwa banyak orang yang seperti DETA menganggap Percaya berarti percaya saja( termasuk di dalam kategori ini percaya sebagai bentuk setuju atau mengakui saja). telah lebih dahulu mengantisipasinya melalui tulisan lukas ,dimana dalam tulisan lukas Tuhan menyatakan ada 2 macam percaya:

1)percaya dengan segenap hati (kis 8;37)sungguh-sungguh percaya(kis 16:15)...perkataan percaya dengan segenap hati tentunya berarti ada orang yang percaya tetapi belum segenap hatinya percayanya ...

2)Percaya sebentar saja ,sesaat ,tak berakar (luk 8:13)...

secara fakta di lapangan banyak sekali orang percaya yang sesungguhnya percaya  hanya dalam artian setuju ,hanya mengakui ,hanya sepaham tanpa di sertai pertobatan dan kelahiran baru ,karenanya ada lalang dan gandum, secara luarnya seperti gandum tapi ternyata lalang ,karenanya juga paulus berkatadengan tegas jika seorang tidak memiliki Roh Kristus ,ia bukan milik Kristus ...pada saat paulus berkata jika seorang tak memiliki Roh Kristus tentu bukan kepada orang kafir tetapi kepada jema'at,paulus  juga berkata ujilah dirimu apakah Kristus ada di dalam kamu(2KoR 13:5) berarti ada di antaranya yang kelihatan seperti jemaat tapi tanpa Roh kristus........

di dalam tulisan yohanes pasal 6 jika kamu baca dengan teliti Tuhan sekali lagi memperlihatkan lebih dalam bahwa percaya adalah menerima Kristus sebagai makanan dan minuman kedalam diri nya bukan sekedar mencari dan mengikuti Yesus.(di pasal ini dalam bahasa yunaninya ada 2 istilah yaitu percaya kepada Dia dan percaya kedalam Dia....hal ini saya ngak mau bahas sekarang)

Jadi bagi saya karena ada perjelasan yang lebih detail tentang kata percaya itu sendiri maka kata" percaya" yang menyebabkan seseorang beroleh hidup yang kekal atau di selamatkan pastilah bukan percaya sembarangan tetapi percaya iyang melibatkan penerimaan dengan segenap hati dan bahkan percaya itu seperti memasukan makanan ke dalam diri kita atau menerima Tuhan masuk kedalam kita yang di nyatalkan dalam Yoh 6.

Deta standar kita untuk kata percaya beda.......ngak heran kalau orang percaya dalam konsep kamu bisa murtad

2. Saya sudah memberikan argumentasi bahwa kelompok orang ke 3 (orang yg diumpamakan sbg tanah yang bersemak duri, tumbuh lalu dihimpit sampai mati) adalah orang yang tadinya beriman lalu mutad. BUKAN orang beriman yang diselamatkan seperti pendapat mu.(08/11)

 

Orang yang diumpamakan sebagai tanah berbatu itu, benih lalu tumbuh tetapi lalu menjadi kering atau murtad, Masak sih benih yang tumbuh, bsedangkan orang yang diumpamakan sebagai tanah yang bersemak duri, maka benih yang tumbuh akan dihimpit oleh semak duri sampai MATI. (Lukas 8:7).erbuah (tidak matang) lalu MATI kamu katakan Kristen sejati? Ngawur banget sih kamu?(tgl 02/11)

Deta kamu melanggar perkataan kamu sendiri yang menyatakan dasarnya adalah penjelasan yesus sendiri:

kata"mati" adalah hanya kata yang ada dalam  perumpamaan Yesus,kata "mati" ini adalah kata yang belum di jelaskan oleh Yesus apa artinya, setelah di jelaskan oleh Yesus ternyata arti kata "mati" adalah :....dalam pertumbuhan  selanjutnya di himpit oleh......sehingga tak menghasilkan buah yang matang.

 

jadi kata "mati" ada dalam "perumpamaan"Yesus bukan ada di dalam penjelasan Yesus ....... Deta ,kata “mati” tak di gunakan oleh yesus saat menerangkan arti perumpamaan benih yang jatuh di tanah jenis ke 3 ,jadi penjelasan Yesus sekali lagi bertentangan dengan keinginan kamu atau maksud kamu atau penafsiran kamu.

 

dalam penjelasan YESUS arti dari kata "mati"dalam perumpamaannya adalah  dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit...........................sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.

Perumpamaan Yesus:

Luk 8:7  Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, dan semak itu tumbuh bersama-sama dan menghimpitnya sampai mati. 


Penjelasan Yesus terhadap perumpamaannya:

Luk 8:14  Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang. 

 

 

jadi jika dasarnya adalah penjelasan Yesus ,maka kamu (DETA)  jangan tambah-tambahin dengan penjelasan kamu sendiri.
bagi saya dalam pertumbuhan selanjutnya tak menghasilkan buah yang matang lebih cocok dengan tak beroleh pahala (1Kor:3 11-15 ) dsb bukan pada murtad

 

 

3)Jangan minta tolong orang lain dong dalam mempertanggung jawabkan pendapat mu sendiri dong. Piye toh sampeyan iki? Ini artinya kamu gak paham omongan sendiri. Embarassed

 

 

Aku bingung kamu kok ngak mengerti ,apa karena omongan ku ngak jelas???makanya aku minta JF menjelaskan kamu karena orang calvinism biasa lebih encer.

 

Debu tanah's picture

Jlwijaya, standar kita memang beda

[ Deta standar kita untuk kata percaya beda.......ngak heran kalau orang percaya dalam konsep kamu bisa murtad ]


Standar saya adalah standar Yesus. Kenapa Yesus membuat perumpamaan penabur? Tentu ada maksudnya.

Apa tujuan seorang petani yang menaburkan benih di ladang? Tentu untuk memperoleh buah yang matang, bukan buah yang tidak matang. Hanya petani bodoh yang mengharapkan buah yang tidak matang untuk dimasukkan ke dalam lumbungnya. Nah, itu lah latar belakang Yesus mengumpamakan Kerajaan Allah sebagai penabur yang menaburkan benih.

Saya ulangi, standar saya sama dengan standar Yesus, Kerajaan Allah itu seperti seorang petani yang HANYA akan mengumpulkan buah yang matang, bukan buah yang tidak matang.

Sebaliknya, standar kamu adalah standar IBLIS: orang yang dihimpit oleh kekuatiran dan tipu daya kekayaan tetap boleh masuk sorga. Ini adalah TIPU DAYA iblis, orang tertipu iblis dininabobokkan bahwa mereka boleh masuk sorga, padahal standar Allah sangat tinggi:

Matius  19:24 Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."

I Petrus  4:18 Dan jika orang benar hampir-hampir tidak diselamatkan, apakah yang akan terjadi dengan orang fasik dan orang berdosa?

Tipuan iblis adalah menurunkan standar keselamatan Allah. Sehingga seolah-olah mereka diselamatkan padahal pada akhir jaman Yesus akan berkata bahwa Dia tidak pernah mengenal mereka. (Mat 7:32)

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

Deta:sampai disinikan eksposisi kamu untuk mat 13.

-kamu nantang saya untuk menyalahkan saya dengan mat13 ternyata tak terbuktikan bahwa saya salah dan hasilnya hanya seperti di atas kan.

-pesan saya :

1)gunakan ayat yang jelas jika ingin menyalahkan pendapat orang, jangan dengan tafsiran sendiri menyalahkan orang lain,demikian pula jika ingin membenarkan konsepsi kamu gunakan ayat yang jelas jangan dengan ayat tafsiran.

2)jangan menggunakan/memperkosa ayat untuk menyampaikan konsepsi kamu tetapi biarlah ayat berbicara apa yang tersirat dan tersurat pada dirinya sendiri.

3)percayailah setiap kata dan kalimat dalam alkitab tak ada yang salah.karena alkitab adalah firman Allah bukan hanya berisi finman Allah.Allah ngak bisa salah karena itu firman-Nya juga ngak mungkin salah.

4)jika konsepsi kamu bertentangan dengan pengertian ayat yang jelas dan tak terbantahkan .....taatilah dan koreksilah konsepsi kamu.

5)taatilah firman lebih dari ego.

6)jangan berdebat sambil jualan image dengan cara maki2 dan mengfitnah orang sesat dsb.......jika pengertian saya sesat ,tunjukan dengan ayat yang jelas dimana salahnya...........masak kalau kamu benar ngak ada ayat jelas yang mendukung kamu bahkan ayat jelas sebaliknya mempersalahkan kamu (Coba beranikah kamu eksposisi Yoh 10:28,29 dan 1 Yoh 5:13 kata demikata dan kalimat demi kalimat) bukan hanya ayat itu saja tetapi buanyak sekali.tidak tahukah kamu???

 

Debu tanah's picture

@ Jlwijaya, Menepuk air di dulang, terpercik muka sendiri

[ 1)gunakan ayat yang jelas jika ingin menyalahkan pendapat orang, jangan dengan tafsiran sendiri menyalahkan orang lain,demikian pula jika ingin membenarkan konsepsi kamu gunakan ayat yang jelas jangan dengan ayat tafsiran. ]

Kurang jelas apa ayat-ayat yang saya kutip dalam blog di atas untuk menentang ajaran sesat kamu?

 

[2)jangan menggunakan/memperkosa ayat untuk menyampaikan konsepsi kamu tetapi biarlah ayat berbicara apa yang tersirat dan tersurat pada dirinya sendiri. ]

Jlwijaya, tolong jangan perkosa ayat2 ayat yang saya kutip di atas. Saya tambahkan satu lagi:

I Timotius  6:12 Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.

Kurang jelas apa ayat di atas hoiii ?


[ 3)percayailah setiap kata dan kalimat dalam alkitab tak ada yang salah.karena alkitab adalah firman Allah bukan hanya berisi finman Allah.Allah ngak bisa salah karena itu firman-Nya juga ngak mungkin salah. ]

Banyak sekali ayat yang saya kutip menentang ajaran NGAWUR kamu, ayo percayailah ayat-ayat itu !


[ 4)jika konsepsi kamu bertentangan dengan pengertian ayat yang jelas dan tak terbantahkan .....taatilah dan koreksilah konsepsi kamu. ]

Ayo, Jlwijaya, koreksi lah konsepsi kamu !


[5)taatilah firman lebih dari ego. ]

Benar sekali, jangan ego kamu yang keluar, nanti kamu gak belajar apa-apa !


[ 6)jangan berdebat sambil jualan image dengan cara maki2 dan mengfitnah orang sesat dsb.......jika pengertian saya sesat ,tunjukan dengan ayat yang jelas dimana salahnya...........masak kalau kamu benar ngak ada ayat jelas yang mendukung kamu bahkan ayat jelas sebaliknya mempersalahkan kamu (Coba beranikah kamu eksposisi Yoh 10:28,29 dan 1 Yoh 5:13 kata demikata dan kalimat demi kalimat) bukan hanya ayat itu saja tetapi buanyak sekali.tidak tahukah kamu??? ]

Ingat kita bahas perumpamaan penabur dulu ? Kemudian banyakj sekali ayat-ayat yang saya kutip yang menentang ajaran ngawur kamu itu. Ayo beranikah kamu ??

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

DETA ;ngak ada satiu ayatpun yg salah sekalipun berdiri sendiri.

-DETA SEGUNGGUHNYA KAMU PERCAYA NGAK SIH BAHWA ALKITAB ADALAH FIRMAN TUHAN YANG BENAR TANPA SALAH DALAM NASKAH ASLINYA DAN TIDAK BERSALAH DALAM SEGALA HAL YANG DI AJARKANNYA.?JAWAB YA KALAU KAMU NGAK PERCAYA KITA STOP BICARA.

-saya percaya setiap ayat benar adanya ngak ada satu atyatpun yang salah jika kamu benar2 mengerti:

1)firman tuhan mengatakan hidup kekal di peroleh akan datang karena ayatnya jelas saya 100% setuju.

lalu:

2)firman Tuhan berkata sekarang sudah di beri hidup yang kekal bahkan sudah bisa tahu sudah dapet hidup yang kekal karena ayatnya jelas saya juga 100% setuju.

lalu ;

3)firman Tuhan berkata barang siapa percaya beroleh hidup yang kekal dan itu karena anugrah bukan perbuatan karena ayat2nya jelas saya juga setuju 100%

lalu:

4)firman Tuhan mengatakan rebutlah hidup yang kekal ,barang siapa menang ia akan beroleh mahkota kehidupan barang siapa meninggalkan segalanya untuk Aku beroleh hidup yang kekal karena ayatnya jelas saya juga 100% setuju.

karena saya 100% percaya Tuhan ngak mungkin salah ngomong maka yang  saya lakukan adalah saya yang harus belajar,apa kiranya maksud Tuhan bicara demikian dan   bagaimana saya harus memahaminya supaya semuanya benar sesuai dengan firman dari Allah yang ngak mungkin salah..........

kalau kamu DETA bikin rangkuman sesuai dengan otakmu yang jenius, hasil rangkumannya 98% sesuai, 98%ayat mendukung otak jeniusmu, lalu  sekalipun ada 2 % ayat yang jelas2 bertentangan maka kamu memutuskan untuk menyatakan yang benar yang keseluruhan yang 2% harus di mengerti sesuai dengan yang 98% ,apa yang di katakan 2% itu artinya harus di ubah sesuai dengan yang 98%........bukankah begitu DETA yang jenius yang otaknya ngak di dengkul tetapi di kepala.

DETA 2 maaf ya jadi menyidir kamu terus.....terima tangtangan saya membahas yang 2 persen dulu

SESUNGGUHNYA ngak 2 %tetapi mungkin lebih banyak dari yang mendukung kamu.

NB:mat 13 hasil eksposisi kamu ngak bisa menyalahkan saya kan ya?

Debu tanah's picture

@ Jlwijaya, kebenaran dalam perumpamaan penabur

 [ NB:mat 13 hasil eksposisi kamu ngak bisa menyalahkan saya kan ya? ]

Dalam perumpamaan penabur Yesus mengumpamakan firman sebagai benih. Perumpamaan Penabur di atas mengajarkan bawah Allah memberikan iman (benih) kepada manusia, dimana respons manusia berbeda-beda:

1.    Ada yang digambarkan sebagai tanah dipinggir jalan (dimana benih habis dimakan burung),
2.    Ada yang digambarkan sebagai tanah berbatu-batu (benih tumbuh, lalu menjadi kering karena tidak berakar),
3.    Yang digambarkan sebagai tanah bersemak duri dimana benih tumbuh lalu semak duri menghimpit tumbuhan tsb sampai mati (benih tumbuh, tetapi tidak berbuah karena mati)
4.    Yang digambarkan sebagai tanah subur, akan berbuah 30, 60 dan 100 kali lipat.

Itulah cara Allah mempercayakan firman (benih ) kepada manusia. Berdasarkan itu, kemudian Allah akan menghakimi SEMUA manusia pada akhir jaman untuk memberikan yang pantas diterima oleh manusia tsb.

Lalu ada manusia-manusia yang mengejar keuntungan pribadi memutar-balikkan kebenaran demi keuntungan mereka sendiri. Mereka membangun doktrin KRISTEN INSTAN. Mereka memutar-balikkan ayat yang seolah-olah Allah telah memberikan hidup yang kekal pada manusia pada saat percaya. Bahwa selamat itu gampang, cukup percaya saja tanpa berusaha berbuat baik dan kebenaran. Padahal dengan gambalang Paulus dan Yakobus berkata sebaliknya.

Inilah yang diperingatkan oleh Paulus:

Galatia  1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

Apa akibatnya? Maka manusia akan berleha-leha dengan dosa, tidak mengejar kekudusan dan kebenaran seperti yang diajarkan Alkitab.

Kebenaran seperti yang saya uraikan di atas hanya akan dipahami oleh orang yang mau dengan rendah hati menerima ajaran Alkitab dengan hati terbuka. Bukan dengan memilah-milah ayat yang berkenan di hati saja. Kebenaran adalah kebenaran sekalipun pahit untuk ditelan. Kebenaran hanya dibukakan kepada orang yang lapar dan haus akan kebenaran. Iblis akan menggunakan berbagai cara untuk menyesatkan umat Allah = orang yang beriman. Itu jelas pekerjaan iblis, bermaksud membinasakan domba-domba yang tidak waspada antara lain dengan ajaran Kekristenan Instan.

Note:

Topik dalam blog di atas berkaitan dengan  topik MURTAD.  Saya pernah tulisan tentang murtad, silakan di baca dan dipelajari. Klik di SINI. Bila ada pertanyaan silakan ditanya lagi.

Bila kamu tidak percaya bahwa ada orang beriman yang murtad, otomatis kamu akan menyakini AJARAN NGAWUR yang berkata: sekali beriman tetap beriman. Sekarang kamu pelajari dulu tentang MURTAD, buktikan keyakinan kamu bahwa MURTAD itu tidak ada, silakan menulis blog yang membantah blog saya itu. Bila sudah, diskusi dilanjutkan.

Bila tidak, diskusi cukup sampai disini saja, karena diskusi akan muter-muter gak ada manfaatnya.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

DETA : begini saja ?ada 3 aku tanya satu dulu.

-Jika kamu benar bagaimana dengan ayat di bawah ini:

1Jn 5:13  Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal. 

bukankah ayat ini jelas mengatakan bahwa yohanes menulis surat ini agar mereka tahu bahwa mereka memiliki hidup yang kekal ( that ye may know that ye have eternal life).bukankah sangat jelas artinya bahwa saat ini sudah memiliki hidup yang kekal karena itu saat ini juga sudah tahu.
monggo di jawab?

 

Debu tanah's picture

Jlwijaya, Iman itu ibarat Cek Giro Mundur

Ilustrasi iman Kristen yang diajarkan Alkitab itu sangat cocok diibaratkan sebagai Cek Giro Mundur. Orang yang diberi cek akan dapat mencairkan uang pada tanggal yg tertera pada cek itu.

Tetapi bagaimana bila cek itu hilang atau sobek? Ya TIDAK bisa lagi dicairkan, walaupun kamu ngaku-ngaku sudah menerima cek dan menunjukkan cek yang sobek itu. Demikian juga dengan iman yang diajarkan oleh Alkitab, kita akan selamat dan memperoleh hidup yang kekal bila tetap beriman hingga akhir.


Efesus  1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Ibrani  3:14 Karena kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula.

Ajaran sekali beriman tetap beriman adalah omong kosong yang merupakan ajaran iblis !!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

DETA:ibarat?

 

Ilustrasi iman Kristen yang diajarkan Alkitab itu sangat cocok diibaratkan sebagai Cek Giro Mundur. Orang yang diberi cek akan dapat mencairkan uang pada tanggal yg tertera pada cek itu.

Tetapi bagaimana bila cek itu hilang atau sobek? Ya TIDAK bisa lagi dicairkan, walaupun kamu ngaku-ngaku sudah menerima cek dan menunjukkan cek yang sobek itu. Demikian juga dengan iman yang diajarkan oleh Alkitab, kita akan selamat dan memperoleh hidup yang kekal bila tetap beriman hingga akhir.

 

Efesus  1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

 

-ibarat bolah aja kalau benar ...kenyataannya ibarat kamu itu bertentangan dengan yoh 10:28 .

-jadi karena firman Tuhan tak mungkin salah dan doktrin kamu bertentangan dengan firman Tuhan berarti Doktrin kamu salah ........simpel kok ngak ngerti sih DETA ,Ngakunya  pinter????

-ef 1:14 di pakai untuk dasar ibarat kamu aja salah kamu lihat strong greak dictionary atau Thayer greak definitions ,DONK deta yang pinter

 

Eph 1:14  WhichG3739 isG2076 the earnestG728 of ourG2257 inheritanceG2817 untilG1519 the redemptionG629 of theG3588 purchased possession,G4047 untoG1519 the praiseG1868 of hisG846 glory.G1391 

 

G728 Thayer

???????

arrhab?n

Thayer Definition:

1) an earnest

1a) money which in purchases is given as a pledge or downpayment that the full amount will subsequently be paid

G728 (strong)
???????
arrhab?n
ar-hrab-ohn'
Of Hebrew origin [H6162]; a pledge, that is, part of the purchase money or property given in advance as security for the rest: - earnest.
Tuhan kasih downpeyment yang adalah Roh Kudus ,dan orang percaya di meterai dengan Roh Kudus bukan di kasih giro mundur...........
DETA bukankah dalam doktirn kamu seorang bertobat di meterai di kasih downpayment begitu berdosa meterai di hapus dan downpayment di tarik balik lalu bertobat di kasih downpayment lagi dan di meterai lagi ,dan ini yang terjadi berulang kali seumur hidup?????

 

 

 

Ibrani  3:14 Karena kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula.

Ajaran sekali beriman tetap beriman adalah omong kosong yang merupakan ajaran iblis !!

 

Surat ibrani menasehati dan menguatkan orang ibrani yang bimbang dan goncang imannya :agar mereka jangan murtad?

Heb 6:5  dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang, 

Heb 6:6  namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum. 

Tetapi mereka belum murtad:
Heb 6:9  Tetapi, hai saudara-saudaraku yang kekasih, sekalipun kami berkata demikian tentang kamu, kami yakin, bahwa kamu memiliki sesuatu yang lebih baik, yang mengandung keselamatan. 

Deta baca dan renungkan ayat 9 dan jangan berhenti sampai ayat 5&6 lalu menafsikan bahwa ada yang murtad .dalam ayat 9 jelas mereka yang sedang goncang itu masih memiliki sesuatu yang mengandung keselamatan mereka tidak murtad atau belum murtad?peringatan jangan murtad dan harus mempertahankan iman adalah nasehat keras yang menjaga mereka dari murtad dan kehilangan iman ,pertingatan ini sekaligus menjadi tangan Tuhan yang menjaga mereka sehingga mereka ngak sampai kehilangan iman jadi ibr3:14 dan ibr 3:5&6 sama sekali ngak menyatakan secara fakta bahwa ada yang murtad.
kalau kamu baca ibr psl 3 kamu lihat juga ayat:19 bahwa mereka yang bermasalah adalah mereka yang ada dalam jemaat tetapi sesungguhnya adalah orang yang tidak percaya seperti yang di katakan pasl 3 ayat 19
Heb 3:19  Demikianlah kita lihat, bahwa mereka tidak dapat masuk oleh karena ketidakpercayaan mereka.
  
Deta standar kamu beda dengan saya, kamu menyangka semua orang yang di babtis pasti gandum ,doktor theology pasti gandum ,rektor theologi pasti gandum .......gandum dan lalang luarnya mirip dalamnya beda .........orang kristen yang lalang (ktp) apapun jabatannya dan statusnya dia tak ada roh Kristus di dalamnya .......orang kristen yang gandum dia punya benih ilahi di dalamnya dan dia tak bisa continue di dalam dosa dia ngak bisa mungkin di biarkan Tuhan hingga menyangkal Tuhan ,dia ngak mungkin di biarkan Tuhan mengalami pencobaan yang melampaui kekuatannya hingga murtad 
1Jn 3:9  Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa (makna aslinya tak dapat hidup continualy di dalam dosa), karena ia lahir dari Allah. 
1Jn 5:18  Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya. 
1Co 10:13  Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. 
tetapi orang kristen lalang hatinya ngak percaya(ibr3:19) dan jahat (baca konteksnya) karena mereka memang aslinya bukan anak Tuhan maka ngak aneh mereka jatuh ....mereka pada dasarnya ngak percaya .orang yang ngak ada iman di hatinya itulah yang murtad.
DETA sebenarnya dari awal aku tahu maksud kamu ,aku tahu di satu sisi kamu ngak salah karena yang kamu maksud adalah penilaian dari luar banyak orang kristen murtad dan yang kamu maksud orang kristen adalah semua orang yang ngaku dirinya  kristen.....tetapi kamu ngak mengerti aku karena aku memang tak memberikan penjelasan akan apa yang saya maksud berhubung aku malas nulis panjang2 apa yang akau maksud hanya jika kita lisan kamu baru apa yang aku maksud dan masalah utamanya theologi kita beda .
tetapi ada satu masalah besar pada kamu.ngak mererima setiap ayat sebagai kebenaran jadi artinya kamu termasuk orang yang ngak percaya Alkitab adalah firman Tuhan tetapi hanya alkitab berisi firman Tuhan.dan saya ngak mau berdebat  atau berdiskusi tanatang kebenaran firman  dengan orang yang ngak percaya aklitab adalah firman Tuhan.karena jadi ngak ada dasarnya dan kacau kayak kamu di ajak bahas 1 titik lari2 ke ayat yang kamu setuju aja .

 


Debu tanah's picture

@ Jlwijaya, standar Alkitab

Standar saya adalah standar Alkitab. Alkitab bilang siapa yang percaya, maka dia adalah orang beriman. Orang yang beriman hingga akhir lah yang akan selamat. (Ibrani 3:14). Sedangkan orang yang meninggalkan iman akan binasa (Ibrani 6:6).

Baca dan pelajari lah blog saya tentang murtad yang pernah saya referensikan. Kl sudah, diskusi dilanjutkan.

 

 

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

deta :JANGAN SEBAGIAN TAPI SELURUHNYA

 

Standar saya adalah standar Alkitab. Alkitab bilang siapa yang percaya, maka dia adalah orang beriman. Orang yang beriman hingga akhir lah yang akan selamat. (Ibrani 3:14). Sedangkan orang yang meninggalkan iman akan binasa (Ibrani 6:6).

1)Saya tahu bahwa standar anda Alkitab tetapi sebagian bukan atau untuk adilnya sebagian buuesar alkitab 99% lah katakan tetapi bukan seluruh kan kalau seluruh maka silakan eksposisi Yoh 10:28,29 ,1pet 1:5 dan 1 yoh 5:13

2)jika standard anda seluruh alkitab maka dalam mengutip ayat jangan hanya satu-dua ayat yang sesui untuk doktrin mu seperti di ibr3:18 dan di IBR6:5-6 tapi lebih banyak perhatikan ya yang aku kasih bold.

IBRANI PASAL3:

 

Heb 3:7  Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, 

Heb 3:8  janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun, 

 

Heb 3:13  Tetapi nasihatilah seorang akan yang lain setiap hari, selama masih dapat dikatakan "hari ini", supaya jangan ada di antara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa. 

Heb 3:14  Karena kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula. 

Heb 3:15  Tetapi apabila pernah dikatakan: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman", 

Heb 3:16  siapakah mereka yang membangkitkan amarah Allah, sekalipun mereka mendengar suara-Nya? Bukankah mereka semua yang keluar dari Mesir di bawah pimpinan Musa? 

Heb 3:17  Dan siapakah yang Ia murkai empat puluh tahun lamanya? Bukankah mereka yang berbuat dosa dan yang mayatnya bergelimpangan di padang gurun? 

Heb 3:18  Dan siapakah yang telah Ia sumpahi, bahwa mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Nya? Bukankah mereka yang tidak taat? 

Heb 3:19  Demikianlah kita lihat, bahwa mereka tidak dapat masuk oleh karena  ketidakpercayaan mereka. 

siapakah mereka Deta? sampai hari ini orangnya tetap sejenis dan sebabnya tetap sama karena ketidakpercayaan mereka

 

IBRANI PASAL 6:

 

Heb 6:4  Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus, 

Heb 6:5  dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang, 

Heb 6:6  namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum. 

Heb 6:7  Sebab tanah yang menghisap air hujan yang sering turun ke atasnya, dan yang menghasilkan tumbuh-tumbuhan yang berguna bagi mereka yang mengerjakannya, menerima berkat dari Allah; 

Heb 6:8  tetapi jikalau tanah itu menghasilkan semak duri dan rumput duri, tidaklah ia berguna dan sudah dekat pada kutuk, yang berakhir dengan pembakaran. 

Heb 6:9  Tetapi, hai saudara-saudaraku yang kekasih, sekalipun kami berkata demikian tentang kamu, kami yakin, bahwa kamu memiliki sesuatu yang lebih baik, yang mengandung keselamatan

Heb 6:10  Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang. 

Heb 6:11  Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya, 
DETA pada bag ini kita jelas penulis kitab ibrani hanya memberi nasehat agar mereka jangan murtad tetapi punulis tidak menyatakan bahwa ada yang murtad/telah murtad.nasehat ini salah satu cara TUHAN menjaga umatnya tak sampai murtad
.deta kamu mafsir terlalu jauh dengan menyatakan ada orang kristen sejati yang murtad.
IBRANI PASAL 10:
Heb 10:26  Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. 
Heb 10:27  Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka. 
Heb 10:28  Jika ada orang yang menolak hukum Musa, ia dihukum mati tanpa belas kasihan atas keterangan dua atau tiga orang saksi. 
Heb 10:29  Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia? 
Heb 10:30  Sebab kita mengenal Dia yang berkata: "Pembalasan adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan." Dan lagi: "Tuhan akan menghakimi umat-Nya." 
Heb 10:31  Ngeri benar, kalau jatuh ke dalam tangan Allah yang hidup. 
Heb 10:32  Ingatlah akan masa yang lalu. Sesudah kamu menerima terang, kamu banyak menderita oleh karena kamu bertahan dalam perjuangan yang berat, 
Heb 10:33  baik waktu kamu dijadikan tontonan oleh cercaan dan penderitaan, maupun waktu kamu mengambil bagian dalam penderitaan mereka yang diperlakukan sedemikian. 
Heb 10:34  Memang kamu telah turut mengambil bagian dalam penderitaan orang-orang hukuman dan ketika harta kamu dirampas, kamu menerima hal itu dengan sukacita, sebab kamu tahu, bahwa kamu memiliki harta yang lebih baik dan yang lebih menetap sifatnya. 
Heb 10:35  Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. 
Heb 10:36  Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu. 
Heb 10:37  "Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya. 
Heb 10:38  Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya." 
Heb 10:39  Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup.

 

 

 

 

 

dari ayat 26 dan 38 adalah nasehat dan pengertian tanpa ada tanda bahwa ada di antaranya yang murtad atau telah mengundurkan diri

DAN DI AYAT 39 KAMU BACA DETA DENGAN TELITI BAHWA KITA YANG DI KATAKAN DARI AYAT 26-38 ADALAH bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup. 

 

JADI JELAS SEJELAS2NYA DALAM IBRANI NGAK MENGAJARKAN ADA ORANG KRISTEN SEJATI YANG MURTAD YANG ADA ADALAH NASEHAT JANGAN MURTAD SEBAGAI SALAH SATU CARA TUHAN AGAR ORANG KRISTEN YANG LAHIR BARU TIDAK MURTAD.

 

 

Debu tanah's picture

Jlwijaya, debat kusir

[1)Saya tahu bahwa standar anda Alkitab tetapi sebagian bukan atau untuk adilnya sebagian buuesar alkitab 99% lah katakan tetapi bukan seluruh kan kalau seluruh maka silakan eksposisi Yoh 10:28,29 ,1pet 1:5 dan 1 yoh 5:13 ]

2)jika standard anda seluruh alkitab maka dalam mengutip ayat jangan hanya satu-dua ayat yang sesui untuk doktrin mu seperti di ibr3:18 dan di IBR6:5-6 tapi lebih banyak perhatikan ya yang aku kasih bold. ]

Kl mau ADIL: dari yang 99%, rasanya kita belum bahas 5% nya lho. Jadi setelah yang 99% baru kita bahas yang 1%, oke?

Biasanya ajaran sesat berfokus pada sepotong ayat (bagian yang 1%), itupun dengan menafsirkan ayat itu dengan seenak jidat mereka !

 

[ DETA pada bag ini kita jelas penulis kitab ibrani hanya memberi nasehat agar mereka jangan murtad tetapi punulis tidak menyatakan bahwa ada yang murtad/telah murtad.nasehat ini salah satu cara TUHAN menjaga umatnya tak sampai murtad.

deta kamu mafsir terlalu jauh dengan menyatakan ada orang kristen sejati yang murtad.]

Komentarmu ini jelas menunjukkan kamu belum baca blog yg saya referensikan. Tapi kamu terus ngoceh ndak karu-karuan? Maaf saya tidak berminat debat kusir dengan kamu !

Btw, bagaimana kamu menyangkal ayat berikut:

Matius  24:10 dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.

I Timotius  4:1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan.

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

Deta;betul deta ternyata ada yang murtad ,luar biasa deta?

 

1Jn 2:19  Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita. 

benar kamu deta bahwa ada orang kristen yang murtad ,mereka berasal dari kita jadi mereka orang kristenkan.........................kriten lalang dan kristen KTP termasuk yahya waloni dan ionas rakhmat............kalau eka darma putra dan wismoadi ..............akan datang kita baru tahunya.
\
Matius  24:10 dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.
yang saling membenci itu orang yang memilliki hidup yang kekal deta?...............tatapi menurut yohanes tidak 1Jn 3:14  Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut. 

baca comentery baik2 ya deta ..........nih dari barness e-sword:
 Matthew 24:10  
Many shall be offended - See the notes at Mat_5:29. Many shall stumble, fall, apostatize from a profession of religion. Many who “professed” to love me will then show that they had no “real” attachment to me; and in those trying times it will be seen that they knew nothing of genuine Christian love. See 1Jo_2:19.
Shall betray one another - Those who thus apostatize from professed attachment to me will betray others who really love me. This they would do to secure their own safety, by revealing the names, habitations, or places of concealment of others.
Shall hate one another - Not that real Christians would do this, but those who had professed to be such would then show that they were not his true followers, and would hate one another. Luke adds that they should be betrayed “by parents, and brethren, and kinsfolks, and friends,” Luk_21:16. They would break over the most tender ties to surrender Christians to punishment. So great would be their hatred of Christianity, that it would overcome all the natural endearments of kindred and home. This, in the persecutions of Christians, has often occurred, and nothing shows more fully the deep and deadly hatred of the human heart to the gospel. Compare the notes at Mat_10:21.
I Timotius  4:1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan.
1 Timothy 4:1  
Now the Spirit - Evidently the Holy Spirit; the Spirit of inspiration. It is not quite certain, from this passage, whether the apostle means to say that this was a revelation “then” made to him, or whether it was a well-understood thing as taught by the Holy Spirit. He himself elsewhere refers to this same prophecy, and John also more than once mentions it; compare 2 Thes. 2; 1Jo_2:18; Rev_20:1-15. From 2Th_2:5, it would seem that this was a truth which had before been communicated to the apostle Paul, and that he had dwelt on it when he preached the gospel in Thessalonica. There is no improbability, however, in the supposition that so important a subject was communicated directly by the Holy Spirit to others of the apostles.
Speaketh expressly - In express words, ?????  r?t?s. It was not by mere hints, and symbols, and shadowy images of the future; it was in an open and plain manner - in so many words. The object of this statement seems to be to call the attention of Timothy to it in an emphatic manner, and to show the importance of attending to it.
That in the latter times - Under the last dispensation, during which the affairs of the world would close; see the notes on Heb_1:2. It does not mean that this would occur “just before” the end of the world, but that it would take place during “that last dispensation,” and that the end of the world would not happen until this should take place; see the notes on 2Th_2:3.
Some shall depart from the faith - The Greek word here - ????????????  apost?sontai - is that from which we have derived the word “apostatize,” and would be properly so rendered here. The meaning is, that they would “apostatize” from the belief of the truths of the gospel. It does not mean that, as individuals, they would have been true Christians; but that there would be a departure from the great doctrines which constitute the Christian faith. The ways in which they would do this are immediately specified, showing what the apostle meant here by departing from the faith. They would give heed to seducing spirits, to the doctrines of devils, etc. The use of the word “some,” here ?????  tines - does not imply that the number would be small. The meaning is, that “certain persons” would thus depart, or that “there would be” an apostasy of the kind here mentioned, in the last days. From the parallel passage in 2Th_2:3, it would seem that this was to be an extensive apostasy.
Giving heed to seducing spirits - Rather than to the Spirit of God. It would be a part of their system to yield to those spirits that led astray. The spirits here referred to are any that cause to err, and the most obvious and natural construction is to refer it to the agency of fallen spirits. Though it “may” apply to false teachers, yet, if so, it is rather to them as under the influence of evil spirits. This may be applied, so far as the phraseology is concerned, to “any” false teaching; but it is evident that the apostle had a specific apostasy in view - some great “system” that would greatly corrupt the Christian faith; and the words here should be interpreted with reference to that. It is true that people in all ages are prone to give heed to seducing spirits; but the thing referred to here is some grand apostasy, in which the characteristics would be manifested, and the doctrines held, which the apostle proceeds immediately to specify; compare 1Jo_4:1.
And doctrines of devils - Greek, “Teachings of demons -  ???????????? ?????????  didaskaliais daim?ni?n. This may either mean teachings “respecting” demons, or teachings “by” demons. The particular sense must be determined by the connection. Ambiguity of this kind in the construction of words, where one is in the genitive case, is not uncommon; compare Joh_15:9-10; Joh_21:15. Instances of the construction where the genitive denotes the “object,” and should be translated “concerning,” occur in Mat_9:25; “The gospel of the kingdom,” i. e., concerning the kingdom; Mat_10:1; “Power of unclean spirits,” i. e., over or concerning unclean spirits; so, also, Act_4:9; Rom_16:15; 2Co_1:5; Eph_3:1; Rev_2:13. Instances of construction where the genitive denotes the “agent,” occur in the following places: Luk_1:69, “A horn of salvation,” i. e., a horn which produces or causes salvation; Joh_6:28; Rom_3:22; 2Co_4:10; Eph_4:18; Col_2:11. Whether the phrase here means that, in the apostasy, they would give heed to doctrines “respecting” demons, or to doctrines which demons “taught,” cannot, it seems to me, be determined with certainty. If the previous phrase, however, means that they would embrace doctrines taught by evil spirits, it can hardly be supposed that the apostle would immediately repeat the same idea in another form; and then the sense would be, that one characteristic of the time referred to would be the prevalent teaching “respecting” demons. They would “give heed to,” or embrace, some special views respecting demons. The word here rendered “devils” is ????????  daimonia - “demons.” This word, among the Greeks, denoted the following things:
(1) A god or goddess, spoken of the pagan gods; compare in New Testament, Act_17:18.
(2) a divine being, where no particular one was specified, the agent or author of good or evil fortune; of death, fate, etc. In this sense it is often used in Homer.
(3) the souls of people of the golden age, which dwelt unobserved upon the earth to regard the actions of men, and to defend them - tutelary divinities, or geniuses - like that which Socrates regarded as his constant attendant. Xen. Mem. 4. 8. 1. 5; Apol. Soc. 4. See “Passow.”
(4) to this may be added the common use in the New Testament, where the word denotes a demon in the Jewish sense - a bad spirit, subject to Satan, and under his control; one of the host of fallen angels - commonly, but not very properly rendered “devil” or “devils.” These spirits were supposed to wander in desolate places, Mat_12:43; compare Isa_13:21; Isa_34:14; or they dwell in the air, Eph_2:2. They were regarded as hostile to mankind, Joh_8:44; as able to utter pagan oracles, Act_16:17; as lurking in the idols of the pagan, 1Co_10:20; Rev_9:20. They are spoken of as the authors of evil, Jam_2:19; compare Eph_6:12, and as having the power of taking “possession” of a person, of producing diseases, or of causing mania, as in the case of the demoniacs, Luk_4:33; Luk_8:27; Mat_17:18; Mar_7:29-30; and often elsewhere. The doctrine, therefore, which the apostle predicted would prevail, might, “so far as the word used is concerned,” be either of the following:
(1) Accordance with the prevalent notions of the pagan respecting false gods; or a falling into idolatry similar to that taught in the Grecian mythology. It can hardly be supposed, however, that he designed to say that the common notions of the pagan would prevail in the Christian church, or that the worship of the pagan gods “as such” would be set up there.
(2) an accordance with the Jewish views respecting demoniacal possessions and the power of exorcising them. If this view should extensively prevail in the Christian church, it would be in accordance with the language of the prediction.
(3) accordance with the prevalent pagan notions respecting the departed spirits of the good and the great, who were exalted to the rank of demi-gods, and who, though invisible, were supposed still to exert an important influence in favor of mankind. To these beings, the pagan rendered extraordinary homage. They regarded them as demi-gods. They supposed that they took a deep interest in human affairs. They invoked their aid. They set apart days in honor of them. They offered sacrifices, and performed rites and ceremonies to propitiate their favor. They were regarded as a sort of mediators or intercessors between man and the superior divinities. If these things are found anywhere in the Christian church, they may be regarded as a fulfillment of this prediction, for they were not of a nature to be foreseen by any human sagacity. Now it so happens, that they are in fact found in the Papal communion, and in a way that corresponds fairly to the meaning of the phrase, as it would have been understood in the time of the apostle.
There is, “first,” the worship of the virgin and of the saints, or the extraordinary honors rendered to them - corresponding almost entirely with the reverence paid by the pagan to the spirits of heroes or to demi-gods. The saints are supposed to have extraordinary power with God, and their aid is implored as intercessors. The virgin Mary is invoked as “the mother of God,” and as having power still to command her Son. The Papists do not, indeed, offer the same homage to the saints which they do to God, but they ask their aid; they offer prayer to them. The following extracts from the catechism of Dr. James Butler, approved and recommended by Dr. Kenrick, “Bishop of Philadelphia,” expresses the general views of Roman Catholics on this subject. “Question: How do Catholics distinguish between the honor they give to God, and the honor they give to the saints, when they pray to God and the saints?
Answer: Of God alone they beg grace and mercy; and of the saints they only ask the assistance of their prayers? Question Is it lawful to recommend ourselves to the saints, and ask their prayers. Answer: Yes; as it is lawful and a very pious practice to ask the prayers of our fellow-creatures on earth, and to pray for them.” In the “Prayer to be said before mass,” the following language occurs: “In union with the holy church and its minister, and invoking the blessed virgin Mary, Mother of God, and all the angels and saints, we now offer the adorable sacrifice of the mass,” etc. In the General Confession, it is said - “I confess to Almighty God, to the blessed Mary, ever Virgin, to blessed Michael the archangel, to blessed John the Baptist, to the holy apostles Peter and Paul, and to all the saints, that I have sinned exceedingly.” So also, the council of Trent declared, Sess. 25, “Concerning the invocation of the saints,” “that it is good and useful to supplicate them, and to fly to their prayers, power, and aid; but that they who deny that the saints are to be invoked, or who assert that they do not pray for people, or that their invocation of them is idolatry, hold an impious opinion. See also Peter Den’s Moral Theology, translated by the Rev. John F. Berg, pp. 342-356. “Secondly,” in the Papal communion the doctrine of “exorcism” is still held - implying a belief that evil spirits or demons have power over the human frame - a doctrine which comes fairly under the meaning of the phrase here - “the doctrine respecting demons.”
Thus, in Dr. Butler’s Catechism: “Question: What do you mean by exorcism? Answer: The rites and prayers instituted by the church for the casting out devils, or restraining them from hurting persons, disquieting places, or abusing any of God’s creatures to our harm. Question: Has Christ given his church any such power over devils? Anser: Yes, he has; see Mat_10:1; Mar_3:15; Luk_9:1. And that this power was not to die with the apostles, nor to cease after the apostolic age, we learn from the perpetual practice of the church, and the experience of all ages.” The characteristic here referred to by the apostle, therefore, is one that applies precisely to the Roman Catholic communion, and cannot be applied with the same fitness to any other association calling itself Christian on earth. There can be no doubt, therefore, that the Holy Spirit designed to designate that apostate church.

 

Debu tanah's picture

Jlwijaya, baca baik-baik dl

Baca baik-baik I Timotius 4:1, dan definisi murtad. Bila sudah diskusi dilanjutkan.

Sementara saya tidak bersedia diskusi dengan kamu l, buang-buang waktu saja ! Percuma diskusi dengan manusia yang tidak mau belajar !

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

DETA :Pengertiannya sederhana.

 

 

DETA berdasar ayat 2 di bawah ini menyatakan bahwa ada orang Kristen yang murtad:

 

Mat 13:21  Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itupun segera murtad.

Heb 3:14  Karena kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula.

 

1Ti 4:1  Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan

 

Heb 6:4  Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus,

Heb 6:5  dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang,

Heb 6:6  namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.

 

JL Wijawa berdasarkan ayat di bawah ini menyatakan sekarang sudah beroleh hidup yang kekal dan orang Kristen yang sudah lahir baru sekali selamat tak mungkin dapat binasa lagi:

1Jn 5:13  Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

 

Joh 10:28  dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

Joh 10:29  Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.

 

1Pe 1:5  Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.

 

Pertanyaannya apakah alkitab kontradiksi  ? Jawabnya tentu 100% tidak .kalau demikian bagaimana ? Alkttab sudah menjawab dengan jelas dari perumpamaan gandum dan lalang  ,jadi diantara orang kristen banyak lalang dan lalang inilah yang bisa murtad

Mat 13:24  Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya: "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama orang yang menaburkan benih yang baik di ladangnya.

Mat 13:25  Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi.

Mat 13:26  Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu.

Mat 13:27  Maka datanglah hamba-hamba tuan ladang itu kepadanya dan berkata: Tuan, bukankah benih baik, yang tuan taburkan di ladang tuan? Dari manakah lalang itu?

Mat 13:28  Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Lalu berkatalah hamba-hamba itu kepadanya: Jadi maukah tuan supaya kami pergi mencabut lalang itu?

Mat 13:29  Tetapi ia berkata: Jangan, sebab mungkin gandum itu ikut tercabut pada waktu kamu mencabut lalang itu.

Mat 13:30  Biarkanlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai. Pada waktu itu aku akan berkata kepada para penuai: Kumpulkanlah dahulu lalang itu dan ikatlah berberkas-berkas untuk dibakar; kemudian kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku."

 

Dan alkitab juga mengatakan bahwa ada yang berasal dari kita tetapi tidak sungguh2 termasuk pada kita.

1Jn 2:19  Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

 

JADI secara logika jelas bahwa yang benar2 orang kristen saat ini sudah selamat dan tidak lagi binasa ,dan yang murtad adalah lalang yaitu sekalipun berasal dari kita tetapi tidak sungguh2 termasuk pada kita .

DETA masak logika sederhana tak mengerti

Saya tahu maksud kamu baik ,tetapi kekwatiran kamu lebih dari Tuhan .

Deta kalu ada orang kristen karena mendengar ini lalu bebas berbuat dosa dan hidupnya jadi ngak karu2an maka itu hanya membuktikan bahwa dia lalang yang belum lahir baru.karena orang yang sudah lahir baru tak mungkin kontiniu di dalam dosa itu yang di katakan oleh 1Yoh 3:9 dan 1 yoh 2:29.

GBU

 

 

jesusfreaks's picture

@jlwijaya : saya Calvin banci

saya calvin banci, bukan calvin sejati.

penganut TULIP mekar. baca saja tulisan saya dulu ya. makanya saya gak bantu kamu gak bela deta.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jlwijaya's picture

JF :objectif

ya aku pikir ada baiknya kalau ada orang yang objectif bukan membela yang sepaham ...tapi sulit memang

mujizat's picture

Hamba-hamba yang masing2 menerima SATU mina

Asyik ngikutin diskusi di atas.

Nimbrung,...

Di sebuah perumpamaan, Yesus menceriterakan ttg seseorang (raja?) yang memberikan kepada beberapa org hambanya masing-masing dengan SATU mina, lalu pergilah ia ke negeri lain ( ?? aduh, maaf bgt gak ada alkitab elektronik).

Setelah sekian lamanya, pulanglah (raja?) itu untuk membuat perhitungan dengan hamba2-nya.

Seorang hambanya berhasil melipatkan minanya (5 x ?), dia mendapat pujian dan janji upah (?)

Seorang hamba lainnya lagi berhasil melipatkan minanya (2x ?), dia pun mendapat pujian dan janji upah (?)

Lalu seorang hamba lainnya mengembalikan mina yang satu itu tanpa melipat gandakannya, lalu ia menerima kemarahan sang (raja?).

Ketiga hamba itu sebelumnya masing2 menerima SATU mina saja (ini lain dgn perumpamaan ttg talenta).

Seorang hamba Tuhan menjelaskan bahwa dalam perumpamaan itu, " MINA "  menggambarkan SATU Roh (Kudus) yang diterimakan Tuhan Yesus kepada setiap orang yang MULAI percaya kepada Tuhan Yesus sbg Juruselamat.

Kisah di perumpamaan ttg MINA , (jika mina memang gambaran dari Roh Kudus), membuat lebih GAMBLANG bahwa seseorang Kristen yang pernah MENGECAP KARUNIA ROH yaitu menerima Roh Kudus, ternyata dia bisa jatuh dan celaka.

Saya dalam hal ini lebih setuju uraian DETA.

Salam.

__________________

 Tani Desa

Debu tanah's picture

Bang Muji, kita fokus dl

Bang Muji, baiknya kita fokus dulu membahas perumpamaan penabur dl, nanti kl udah clear br kita bahas yg lain yaa..

Lihat aza di atas bahwa si Jlwijaya membatasi diskusi awal ini untuk Matius 13 saja, mudah mudahan dia tidak protes karena saya membahas perumpamaan penabur dari kitab Lukas.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

mujizat's picture

Deta n Jlwijaya, dua tiga saksi baru suatu perkara sah

Ok.

Menurut gw, sebaiknya memang jlwijaya tak menolak untuk memasukkan ayat dari kitab lain yang memang relevan, semisal dlm hal ini masih konteks "penabur" dari kitab Lukas , kalau itu memang memperjelas.

Semoga jlwijaya pakai eksegesis, dan bukan eisegesis. Karena eisgesis rawan menghasilkan penafsiran yang tidak akurat.

__________________

 Tani Desa

jlwijaya's picture

muji;sepertinya kau salah mengerti /saya ngak nolak?

-silakan masukkan ayat sebanyak banyaknya ngak apa tapi fokusnya di mat 13 ,mrk 4 dan luk 8 yaitu tentang penabur dan 4 jenis tanah. 

-tapi kalau melebar ke mina maka jadi rancu karena kita eksposisinya tentang penabur apakah ajaran itu membenarkan pendapat saya atau deta.

-Kalau melebar kemana saya yang ajak kamu bicara by skype :JLWIJAYA.....monggo siapapun oke kalau deta tak ada alatnya.

jlwijaya's picture

DETA &MUJI:perbedaan bkn pada doktrinnya tapi manusia barunya.

ORANG KRISTEN ASPAL:

-jika doktrin yang dia anut sekali selamat selamanya selamat maka : maka dia akan haleluya biar dosa ngak apa toh selamat .JIka dia sedang berbuat dosa di tegor muji dia pasti menjawab kamu ngak mengerti masalahnya bukan perbuatan tetapi anugrah karena iman.

-Jika dotrin yang dia anut adalah iman + perbuatan maka dia tetap akan hidup dalam dosa sambil hitung2 umur......kalau udah dekat mati baik2 melayani Tuhan ...masa muda dosa dulu yang penting udah mulai bauk tanah maka harus baik baik kembali pada Tuhan atau yang penting detik terakhir aku berkesempatan bertobat.

ORANG KRISTEN SEJATI ADALAH yang lahir baru dan memiliki Roh Kudus:

-Pernah merasakan kasih Tuhan yang dalam ...hatinya cita kepada Tuhannya.....kalau berdosa hati tidak damai ,gelisah ,minta pengampunan makin di ampuni makin takut berbuat dosa...........tahu dan pernah merasakan Tuhan marah jika dia berdosa .........yang makin maju maka makin kudus makin nikmat.dsb

Jadi ngak tergantung doktrinnya tetapi tergantung adakah Kristus di hatinya

Cont: Domba dan babi:

domba binatang yang takut dengan yang kotor tetapi babi ,sekalipun dari lahir di pelihara di rumah mewah tetapi sekali di lepas dekat lumpur ,dia akan kelumpur juga karena jenis hidup yang ada di dalam dirinya suka kotor.

sekali lagi sudahkah Kristus hidup didalam anda ,sudah tahu ngak kalau tahu maka akan tahu kalau tahu maka akan tahan uji 

 

sound's picture

mau numpang tanya

Saya tidak tertarik untuk masuk dalam perdebatan, maaf bukan mengejek, bagi saya terlalu banyak dan rumit :p, meskipun sepertinya menarik. mengutip kata terahkir anda "Pemahaman lain yaitu orang Kristen yang tetap berdosa hingga akhir hidupnya akan diselamatkan karena pada saat percaya sudah mendapat hidup yang kekal adalah pemahaman yang salah dan sesat. Perhatikan betapa konsistennya kebenaran Alkitab, ini adalah ajaran Alkitab yang sejati !"  Jadi agak galau juga, Semoga masih ada waktu buat saya belajar kebenaran firman Tuhan dari anda, dengan memberikan pertanyaan. 

Pertanyaan saya:

Kondisi [1] : Jika seorang Kristiani, dia sudah mengikuti ajaran Kristiani dengan rentang waktu tertentu. Kemudian beberapa saat sebelum meninggal, hal terahkir yang seseorang lakukan adalah perbuatan dosa, secara kondisional orang ini tidak sempat bertobat, kira-kira orang ini menurut firman diselamatkan atau masuk surga tidak?

Kondisi [2] : Jika seorang Kristiani, dia sudah mengikuti ajaran Kristiani dengan rentang waktu tertentu. Kemudian beberapa saat sebelum meninggal, melakukan perbuatan yang, dia belum menyadari bahwa hal diperbuat terahkir kalinya adalah dosa, kira-kira dalam kasus ini orang tersebut menurut firman Tuhan diselamatkan atau masuk surga gak?

Saya pikir mungkin orang lain atau saya memiliki resiko terjebak didalam kondisi ini, coba saja selesaikan bulan ini tanpa dosa. dan disetiap saat setiap orang didunia berpotensi mengalami kematian,

Setelah terima Kristus, pernahkah mengalami tindakan yang dilakukan sepertinya benar, setelah beberapa waktu disadarkan ternyata itu tindakan salah atau berdosa. sangat mungkin jika sebelum kita disadarkan dan bertobat kita meninggal.

Saya setuju dengan anda, sebuah penghinaan jika seorang Kristen mempermainkan keselamatan dengan percaya dalam hati, tetapi dalam bersikap bukan seperti orang percaya, saya pikir segenap iblis, setan, hantu juga tau dan percaya Kristus itu Tuhan, kecuali mereka kurang pergaulan.

Pertanyaan terahkir :

5:5 orang itu harus kita serahkan dalam nama Tuhan Yesus kepada Iblis, sehingga binasa tubuhnya, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan.

Bagaimana caranya menyerahkan orang berdosa ini dalam nama Tuhan Yesus kepada iblis? sehingga binasa tubuhnya? sepertinya tidak harafiah artinya. saya tidak paham arti sesungguhnya... , mohon petunjuk. Maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan.

Terimakasih,

Tuhan Memberkati

 

__________________

ingatkan jika saya salah! terimakasih. Smile

lapan's picture

@sound & jlwijaya

@sound: Gw tau lu bukan nanya ke gw, tapi berhubung belum ada yang jawab, gw mo numpang jawab, sekalian nambah pertanyaan wkwkwkkw

1&2. Gak tau, bisakah kita memutuskan/mengetahui nasib seseorang walaupun itu berdasarkan firman? Menurut gw gak. Kita gak tau pergumulan orang itu, jadi ya gak bisa tau.

Di alkitab juga nyuruhnya untuk menguji diri sendiri, menyelidiki hati sendiri.

Deta bilang orang kristen bisa murtad selama masih hidup di dunia.
Jlwijaya bilang yang murtad itu bukan kristen, hanya status aja kristen tapi aslinya lalang. Sedangkan gandum asli uda pasti selamat walaupun masih di dunia.

Tapi, apakah memang manusia itu dari awal adalah 2 jenis gandum dan lalang, atau apakah perumpamaan itu hanya menjelaskan mengenai cara penghakiman dunia dan gandum lalang itu hanya 2 jenis kasus yang akan ditemui?

Seperti juga perumpamaan penabur. Apakah 4 jenis tanah itu menunjukkan bahwa memang ada 4 jenis manusia yang sudah begono dari sononya, atau itu hanya menjelaskan ada 4 jenis manusia yang bisa ditemui?

Manusia memang terlahir sebagai lalang/gandum, atau manusia bisa menjadi lalang/gandum?

Yang pasti perumpamaan lalang gandum bilang, tunggu sampai waktu tuai. Kenapa, karena takut gandum kecabut kalo dicabut skrg. Itu berarti gak bisa tau sampai akhir.

Gw setuju sama jlwijaya selamat pasti selamat, tapi gak setuju klo memutuskan manusia lalang atau gandum sejak masih hidup di dunia.

Istilah murtad itu kan hilang iman yang tdnya dipegang, mungkin aplikasinya ya pindah agama atau jadi atheis. Apa tu berarti orang yang murtad udah pasti lalang? Belum tentu, sapa tau memang keyakinan sekarang yang salah, sapa tau nanti balik lagi ke keyakinan itu.

Apakah anjuran untuk teguh berpegang pada iman itu adalah peringatan atau penghiburan? Kali2 aja maksudnya begini: jangan menyerah. Jangan berpaling. Tetap pada sukacita bahwa kamu udah diselamatin sama Yesus Kristus.

Kemarin itu kayanya jlwijaya pernah nanya ke gw, apakah ada Roh Kristus dalam diri gw, jawaban gw: "wewww mau tauuu aja" kwkwkwkwk

Daripada itu, gw bilang ini pertanyaan yang lebih asyik. Sudahkah jlwijaya mengasihi sesamanya manusia? Soalnya dbilang, klo mengasihi manusia aja gak bisa, boro2 mengasihi Allah yang gak keliatan. wkwkwkwk

Gak perlu dijawab, i dont need it. Kalo ditanya balik juga gw gak mao jawab =p

3. Coba baca di sini. Di bagian paling bawah ada penjelasannya. Smoga puas dgn penjelasan itu hehehe

 

__________________

imprisoned by words...

jlwijaya's picture

LAPAN: ADA ALLAH DI BATIN (ROH/HATI) KOK NGAK TAHU?

-masalah utama hari ini  adalah tidak tahu sudah memiliki Roh Kristus atau tidak1 ,masalahnya hari ini sudah tahu Kristus Yesus ada di dalam kamu ATAU tidak!,masalahnya hari ini adalah :Allah ada di dalam kamu atau tidak?.masalahnya hari ini orang berpikir kalau yang menayakan bahwa:apakah anda sedah menerima Roh Kudus? selalu arahnya ke karikmatiklah, pentakosta lah dsb ...........semua ini karena saat ini pikiran kita sudah di rusak oleh pemahaman yang salah dari orang pentakosta dan karismatik yang OON(SEPERTI MUJIZAT) YANG  MENYANGKA MENERIMA ROH KUDUS PASTI BAHASA ROH ,DAPAT PENGELIHATAN ATAU BERNUBUAT (YANG NGAK TERJADI ) DSB.........

LAPAN KAMU BACA BUKUNYA THEOLOG REFORMED ABAD 16-20 (YANG BUKAN THEOLOG DI ATAS KERTAS DAN PENA )SEPERTI A.B.SIMPSON ,ANDREW MURREY,JONATHAN EDWARD ,GOERGE WHITEFIEL,MULLER ,CHARLESS H SRURGEON

KAMU BACA PENGALAMAN ROHANI SEJATI TERBITAN MOMENTUM .

Alkitab mengajar kita :

 

1Jn 3:9  Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah. 

 

1Jn 5:18  Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya. 

orang yang lahir dari Allah ada benih ilahi di dalam dirinya dan benih ini melindungi orang yang lahir dari yang jahat dan membuatnya tak dapat kontinue di dalam dosa( terjemahan yang benarnya adalah bukan tak dapat berbuat dosa lagi tetapi ngak bisa kontinue di dalam dosa yang yang bisa berdosa adalah benih ilahinya.)
saya ngak uash menafsirkan bahwa benih ilahi itu apa karena nanti debat panjang tetapi perhatikan  penterjemah menggunakan huruf besar di 1yoh5:18 ??
Ayat2 alkitab dengan jelas menyatakan orang percaya yang sejati ada Roh Kudus diam di dalam dirinya.........bagaimana dengan kamu pribadi lapan?(kamu ngak usah jawab saya tetapi untuk itu paulus memperingatkan orang percaya di korintus 2KOR 13;5)
N.B: ADA HP DI CELANA AJA BERASA ............KOK ADA PENCIPTA LANGIT DAN BUMI DI BATIN KAMU BISA NGAK TAHU??ATAU SETIDAKNYA HANYA TAHU2 NGAK TAHU.

 

 

 

lapan's picture

@jlwijaya, yah taulah HP di celana wkwkkw

-masalah utama hari ini  adalah tidak tahu sudah memiliki Roh Kristus atau tidak1 ,masalahnya hari ini sudah tahu Kristus Yesus ada di dalam kamu ATAU tidak!,masalahnya hari ini adalah :Allah ada di dalam kamu atau tidak?.masalahnya hari ini orang berpikir kalau yang menayakan bahwa:apakah anda sedah menerima Roh Kudus? selalu arahnya ke karikmatiklah, pentakosta lah dsb ...........semua ini karena saat ini pikiran kita sudah di rusak oleh pemahaman yang salah dari orang pentakosta dan karismatik yang OON(SEPERTI MUJIZAT) YANG  MENYANGKA MENERIMA ROH KUDUS PASTI BAHASA ROH ,DAPAT PENGELIHATAN ATAU BERNUBUAT (YANG NGAK TERJADI ) DSB.........

Sante aja jlwijaya, gw gak mendefinisikan bahwa ada Roh Kudus berarti harus bisa bahasa roh, dapat penglihatan, bisa bernubuat, dsb. Dan gw yakin banyak juga yang punya pengertian berbeda. Kalo lu teliti, dari komen gw di atas keliatan kok kalo menurut gw itu standar ada gaknya Roh Kudus/Roh Kristus itu apa.

N.B: ADA HP DI CELANA AJA BERASA ............KOK ADA PENCIPTA LANGIT DAN BUMI DI BATIN KAMU BISA NGAK TAHU??ATAU SETIDAKNYA HANYA TAHU2 NGAK TAHU.

HP di celana tau lah, karena secara fisik terbukti (bisa dilihat, dipegang, bisa didengar scr indrawi) kalo benda HP itu eksis. Kok menyamakan Roh Kristus yang "dibilang di Alkitab ada di hati orang percaya"?

Mana buktinya? Coba belek hatimu jlwijaya, lihat ada Roh Kristus atau tidak di dalamnya. Paling artinya secara figuratif aja, dan dasarnya iman. Kalo mo buktiin HP ada, tinggal keluarin aja tuh HP dari celana.

Bisakah memaksakan iman? Kalau gak percaya bisa dipaksa percaya? Adanya kamu dikira tukang doktrin atau tukang brainwash atau lebih parah cuman orang fanatik yang meracau hal2 nonsense hehehe

__________________

imprisoned by words...

teograce's picture

@ lapan : tntg jlwijaya

jlwijaya itu "kecanggihan" jadi dia bisa baca pikiran orang..

mo tau, jlwijaya itu seperti apa.. coba aja tanya sama dia hal yang simple, hati itu ada dimana? g pengen tau jawabannya apa.. n yg g maksud dengan hati itu bukan organ hati secara harfiah, tetapi hati dalam kalimat "undang Yesus masuk ke dalam hatimu"..

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

lapan's picture

@jlwijaya, cc: teograce

Jlwijaya, gw dapet pertanyaan titipan dari teograce :p

Hati itu ada di mana? Bukan organ hati secara harafiah tapi hati dalam kalimat "undang Yesus masuk ke dalam hatimu"

__________________

imprisoned by words...

jlwijaya's picture

Lapan and teograce:Hati ada di bawah kulit.he he he

-Hati di alkitab mencakup pikiran,kehendak dan emosi serta hati nurani ,hati ini bukan jasmani yang kelihatan tetapi bersifat roh dan hati ini adalah diri kita .orang lebih suka menyatakan hati dalam aspek perasaan batin baik itu perasaan ,keinginan atau nurani dalam hal ini pasti bukan di jempol kaki tetapi di badan ,di mana?ini mistery .

-teo and lapan ,hati ini ada di dalam tubuh kita ,di bawah kulit.hehehe.............Yesus di hati bisa di artikan banyak tetapi adalah fakta Dia ada di dalam kita ,menyertai roh kita bahkan bersatu dengan roh manusia kita adalah apa yang di nyatakan oleh alkitab.

2Ti 4:22  Tuhan menyertai rohmu. Kasih karunia-Nya menyertai kamu! 

 

1Co 6:17  Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia. 

 

Rom 8:16  Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. 

 

Rom 8:14  Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. 

 

Rom 8:9  Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. 

 

2Co 13:5  Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji. 

 

Gal 2:20  namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. 

 

Col 1:27  To whom God would make known what is the riches of the glory of this mystery among the Gentiles; which is Christ in you, the hope of glory: 

iik j's picture

Galau yah teo...

Hi hi hi hi hi hi hi hi hi hi hi.. perhatikan komen kamu jadi geli lho... keinget "galau - galauan" yang lagi ngetrend di anak2 'kimcil'

#kamu suka menjahit ya? Kok tahu? karena setiap kali  melihatmu hatiku seperti tertusuk - tusuk jarum#

#Bapakmu tukang las ya? kok tahu? karena kamu telah menge-las hatiku#

hi hi hi hi hi hi hi....

dibikin galau sama jlwijaya ya teo...

 

teograce's picture

@ iik, you made me laugh

hahaha...

bukan galau sih tepatnya..  cm berniat ngajuin pertanyaan singkat aja, untuk membuktikan otaknya jlwijaya itu ga pada tempatnya.. ngaku co tapi kq ga logis.. :D :P

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

Debu tanah's picture

@ Lapan, definisi murtad

[Istilah murtad itu kan hilang iman yang tdnya dipegang, mungkin aplikasinya ya pindah agama atau jadi atheis. Apa tu berarti orang yang murtad udah pasti lalang? Belum tentu, sapa tau memang keyakinan sekarang yang salah, sapa tau nanti balik lagi ke keyakinan itu. ]

 

Murtad yang diajarkan oleh Alkitab adalah tadinya beriman, lalu dengan sadar melepaskan imannya. Murtad adalah dosa yang tidak terampuni, karena tidak bisa lagi dibaharui hingga bertobat. (Ibrani 6:6).

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

lapan's picture

@deta, mosok sih...?

Kan yang dibilang: tidak bisa diperbaharui sekali lagi HINGGA bertobat.

BUKAN dibilang: tidak bisa diperbaharui sekali lagi WALAUPUN sudah bertobat

Dalam kalimat sebelumnya, itu orang2 yang sudah:
1. Diterangi hatinya
2. Mengecap karunia sorgawi
3. Mendapat bagian dalam Roh Kudus
4. Mengecap firman Allah dan karunia yang akan datang

Apa yang membuat orang murtad dari keyakinannya semula? Gimana dengan domba yang hilang?

__________________

imprisoned by words...

Debu tanah's picture

@ Lapan, iya

Dalam bahasa Inggris lebih jelas:

6:4 For how can those who abandon their faith be brought back to repent again? They were once in God's light; they tasted heaven's gift and received their share of the Holy Spirit;
6:5 they knew from experience that God's word is good, and they had felt the powers of the coming age.
6:6 And then they abandoned their faith! It is impossible to bring them back to repent again, because they are again crucifying the Son of God and exposing him to public shame.

Empat point yang kamu kutip adalah tanda orang yang sudah beriman (sudah bertobat).

Penyebab murtad, kl menurut perumpamaan penabur: penindasan, kekuatiran dan tipu daya kekayaan dan kenikmatan hidup.

Soal domba yang hilang, menurut saya adalah orang yang BELUM percaya (Mat 15:24).

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

lapan's picture

@deta, oke

Iya lebih jelas di bahasa inggris dan terjemahan lain.

Banyak juga ayat yang bilang bahwa lebih buruk orang murtad daripada orang tidak beriman.

Kayanya gw terlalu menyepelekan arti kata murtad :D

 

__________________

imprisoned by words...

Debu tanah's picture

@ Sound, jawaban

Pertanyaan saya:

Kondisi [1] : Jika seorang Kristiani, dia sudah mengikuti ajaran Kristiani dengan rentang waktu tertentu. Kemudian beberapa saat sebelum meninggal, hal terahkir yang seseorang lakukan adalah perbuatan dosa, secara kondisional orang ini tidak sempat bertobat, kira-kira orang ini menurut firman diselamatkan atau masuk surga tidak?

Firman berkata, bila kita percaya dan memohon ampun maka Allah adalah setia dan adil sehingga Dia akan mengampuni kita dan menyucikan kita (1 Yoh 1:9). Maka orang yang tidak (sempat) mengakui kesalahannya tentu tidak akan diampuni oleh Tuhan.



Kondisi [2] : Jika seorang Kristiani, dia sudah mengikuti ajaran Kristiani dengan rentang waktu tertentu. Kemudian beberapa saat sebelum meninggal, melakukan perbuatan yang, dia belum menyadari bahwa hal diperbuat terahkir kalinya adalah dosa, kira-kira dalam kasus ini orang tersebut menurut firman Tuhan diselamatkan atau masuk surga gak?

Kl ini mungkin agak "abu-abu" jawabnya. Tetapi inilah ajaran Alkitab:

I Yohanes  3:20 sebab jika kita dituduh olehnya, Allah adalah lebih besar dari pada hati kita serta mengetahui segala sesuatu.

Patokannya adalah hati nurani. Firman berkata bahwa hati kita tidak menuduh kita, maka bolehlah kita berkata bahwa kita tidak berdosa (dosa yang "tidak disadari" itu). Maka ini tentu tidak menjadi halangan untuk diselamatkan dong ya?

Tetapi ini tidak bicara dosa yang jelas2 melanggar 10 perintah Allah lho ya. Cool Kl sudah jelas-jelas melanggar 10 perintah Allah, tetapi ngaku-ngaku tidak dituduh oleh nuraninya, wah ini sih bobrok sekali. Embarassed

 

Pertanyaan terahkir :

5:5 orang itu harus kita serahkan dalam nama Tuhan Yesus kepada Iblis, sehingga binasa tubuhnya, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan.

Bagaimana caranya menyerahkan orang berdosa ini dalam nama Tuhan Yesus kepada iblis? sehingga binasa tubuhnya? sepertinya tidak harafiah artinya. saya tidak paham arti sesungguhnya... , mohon petunjuk. Maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan.

 

Saya sependapat dengan seorang hamba Tuhan berkata bahwa "menyerahkan kepada Iblis" maksudnya : "tidak mendoakan orang tsb", sehingga dia diserang oleh iblis, supaya semoga orang itu bertobat sehingga diselamatkan.

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

jlwijaya : deta saya tahu

deta bukan pro predestinasi menurut doktrin calvin, saya pro TULIP calvin, tapi TULIP calvin belum mekar. Bagaimana doktrin calvin bagimu ?

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jlwijaya's picture

JF: Deta and calvin

-Kalau deta aku bingung dia percaya alkitab adalah firman Tuhan atau berisi firman Tuhan ,karena kalau ayatnya ngak cocok dengan doktrinnya dia marah dan menghindar .

-Kalau john calvin karena aku belum pernah baca institutio jadi ngak bisa mengatakan gimana??karena sebagian ngomong begini sebagian ngomong begitu/ tetapi kalau kamu tanya westminster and reformed  dalam hal doktrin pilihan ,predestinasi dan kedaulatan Allah saya 100% ngak setuju bahkan menurut saya salah total.

Bagi saya Theology reformed itu fisafat Kristen bukan ajaran alkitab tetapi ajaran filsafat yang pakai2 ayat alkitab .dasarnya 100% logika dari world view yang salah tentang Allah ........Allah jadi Allah yang semau gue kayak raja2 jaman kono karena pemikir awalnya ialah manusia yang hidup di jaman monarki .sifat2 Allah yang di nyatakan oleh doktrin reformed hanya merendahkan kesempurnaan Allah.memang mereka berusaha meninggikan Allah tetapi karena itu dari otak yang terbatas maka hasilnya malah merendahkan Allah.

jesusfreaks's picture

@jlwijaya : saya tidak suka GENERALISASI

saya tidak suka mendiskreditkan doktrin secara umum. buat saya theology reformed banyak isinya. jadi jangan diskreditkan semuanya.

menurut saya pertentangan kamu sama deta sangat lucu. karena kalian berdua sepaham, menentang predestinasi.

sebagaimana dalam berbagai perdebatan, kalau kamu tersesat dalam perdebatan. mulailah dari awal lagi.

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jlwijaya's picture

jf;

saya tidak suka mendiskreditkan doktrin secara umum. buat saya theology reformed banyak isinya. jadi jangan diskreditkan semuanya.

SETUJU ..........DAN SAYA SETUJU BUANGET DALAM CORE BELIEVENYA .KALAU KAMU BACA TELII YANG SAYA SALAHKAN 100% DAN ANGGAP SEBAGAI FILSAFAT ADALAH DALAM DOKTRIN KEDAULATAN ALLAH,PREDESTINASI ,PILIHAN ,TULIP ,ORDO SALUTIS ,PROVIDENSI TETAPI YANG MENGENAI HISTORIA SALUTIS SAYA SETUJU....MAAF KALAU KALIMAT SAYA SALAH

menurut saya pertentangan kamu sama deta sangat lucu. karena kalian berdua sepaham, menentang predestinasi.

SAMA2 MENENTANG PREDESTINASI TATAPI BELUM TENTU SAMA DALAM HAL  YANG LAINNYA ..............DETA MENENTANG PREDESTINASI TETAPI DIA TAK MUNGKIN BISA MENENTANG AYAT2 DARI REFORMED ...DIA PASTI MENENTANGNYA DENGAN MARAH2 DAN MAKI2 DAN MENUNJUKKAN AYAT YANG BERTENTANGAN SAJA......DETA NGAK MUNGKIN BERANI DI AJAK EKSPOSISI AYAT PER AYAT OLEH ORANG CALVINIS,BENAR NGAK jF?

sebagaimana dalam berbagai perdebatan, kalau kamu tersesat dalam perdebatan. mulailah dari awal lagi.

THANK YOU,.........MAKANYA SEBENARNYA LISAN LEBIH ENAK .......TAPI DIA NGAK ADA ALAT KATANYA.YA SUSAH ............SAYA BANYAK KERJAAN JADI BACA NGAK KONSEN DAN SAYA MEMANG ORANG YANG NGAK ADA KEMAMPUAN MENCURAHKAN PENDAPAT LEWAT TULISAN KARENA HATI SAYA KEINGIN YANG CEPAT DAN PRAKTIS.

 

jesusfreaks's picture

@jlwijaya : jujur saja saya tidak suka lisan

kenapa Tuhan menulis di loh batu, kenapa ada alkitab.

saya yakin Tulisan jauh lebih matang dibandingkan lisan.

 

dan kamu punya banyak waktu memahami maksud "perkataan" orang lain.

saya lebih mudah memahami deta dibandingkan kamu.

 

mungkin kamu kurang bersabar atau merasa tulisan itu harus proper.

tuliskan saja apa yang terlintas dipikiranmu.

 

tulisan disini tidak mengharuskan menggunakan kaidah kaidah tata bahasa yang baik dan benar. tapi kalau kamu bisa menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, itu lebih baik, tapi tidak harus.

 

kalau kamu lisan berdua sama deta saja, lalu kapan kami kami ini paham. apakah kamu tidak lelah harus memberi pemahaman ke JUTAAN DETA lainnya satu per satu secara lisan. cepeee dehhh...

 

Selamat menulis ya...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jlwijaya's picture

Jf:balance

-segalanya perlu balance ,jangan ekstrim ke satu hal tertentu

-kalau mukul pakai tangan kalau nendang pakai kaki

-saya setuju tulisan tapi kadang ada hal yang lebih efektif pakai lisan

-seperti Deta kalau aku lisan aku akan tanya hanya ke satuhal agar dia jangan banyak sayapnya. 

-ngak mungkin bukan perkara pengadilan hanya dengan tulisan ,pemeriksaan di polisi hanya dengan tulisan?

-Tuhan pun memberi alkitab yang di luar dan Roh yang di dalam:

2Ti_3:16  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. 

Joh 16:13  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 
1Jn 2:27  Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu--dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta--dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia. 
-saya aneh dengan sikap ekstrim orang di SS .......sempat saya berpikir kalian seperti pegawai SS yang tak boleh melanggar peraturan SS
jlwijaya's picture

Deta dan teograce:kita beda pengertian.

 

-lalang secara luaran sama dengan gandum sebelum ada buahnya.yang membedakan keduanya adalah jenis kehidupan yang ada di dalam dirinya.yang membedakan seorang kristen atau bukan juga sama yaitu dalamnya :apakah dia sudah memiliki Roh Kristus atau tidak memiliki Roh Kristus?jika tak memiliki Roh Kristus sekalipun dia doktor theologi maka pada hakekatnya dia bukan Kristen ngak aneh kalau dia bisa murtad.

-doktor theologi bisa di dapat melalui studi dan pendeta juga demikian sehingga ngak aneh kalau suatu saat mereka murtad.........kristen bukan masalah luaran tetapi manusia batiniahnya.

 

-Bagi saya hanya orang yang memiliki Roh Kristus dan memiliki Roh Allah diam dalam dirinya barulah orang Kristen .....orang yang memiliki Roh Kristus bisa mengetahui bahwa Kristus ada di dalam dirinya bahkan bisa hidup oleh Kristus yang ada didalam dirinya gal2:20 ;yoh 15:5 dan Kristus di dalam dirinya menjadi hidupnya yang baru (kol3:4) .....saya tahu kalian tak tahu apa yang saya katakan ini .

dan satu hal yang saya katakan memiliki Roh Kristus bukan seperti yang di katakan mereka yang ada di pentakosta atau karismatik yang indentik dengan berbahasa lidah dsb.

Kamu baca buku PENGALAMAN ROHANI SEJATI tulisan jonathan edward terbitan momentum.aku rasa kalian tekah salah mengerti tentang apa itu essensi kristen sehingga kalina berpikir bahwa kristen sama dengan agama lain yang pengikutnya adalah orangnya tetapi kristen beda tanpa lahir baru sekalipun dia pendeta senior tetap bukan kristen andai di katakan kristen itu hanyalah kristen KTP....bacalah buku2 rohani dari tokoh2 yang tuhan bangkitkan sepanjang jaman seperti D.L. MOODY ,JONATHAN EDWARDS, ANDREW MURREY ,CHARLES H SPURGEON ,WATCHMAN NEE ,MADAM GUYON DSB.

 

teograce's picture

@jlwijaya

-Bagi saya hanya orang yang memiliki Roh Kristus dan memiliki Roh Allah diam dalam dirinya barulah orang Kristen .....orang yang memiliki Roh Kristus bisa mengetahui bahwa Kristus ada di dalam dirinya bahkan bisa hidup oleh Kristus yang ada didalam dirinya gal2:20 ;yoh 15:5 dan Kristus di dalam dirinya menjadi hidupnya yang baru (kol3:4) .....saya tahu kalian tak tahu apa yang saya katakan ini .

saya baru tahu, kamu itu antara bisa membaca pikiran orang, atau kamu = Tuhan, atau kamu pikir saya n deta itu balita, atau orang asing... hahaha...

TOLONG, tunjukin ke saya, KALIMAT MANA yang saya ucapkan YANG MENYATAKAN pikiran saya bahwa apa yang saya pikirkan berbeda dengan apa yang alkitab katakan? TUNJUKKAN JUGA, di sebelah mana saya menyanggah kalimat anda?

fiuh.. cape ngomongnya.. g udah tulis explisit aja masih kaga ngarti.. cape g di-preach.. dipikirnya g kaga pernah baca alkitab x yah.. kalo ngomong ma deta, kek orang sambil berhadapan yg ngekeeh2an, sebelah sini yang kanan.. kalo ngomong ma jlwijaya, g serasa seperti ini :

A : ini kanan lho..

B : kiri itu lawannya kanan

A : ini kanan lho bukan kiri, kenapa loe bilang kiri?

B : g cuma bilang, kiri itu lawannya kanan..

A : ini kanan tau, g tau loe kaga ngerti maksud g yang kanan yang mana..

B : capcay d... ngomong ma tembok d.. hihihihi....

 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

jlwijaya's picture

teograce :lihat

 

TOLONG, tunjukin ke saya, KALIMAT MANA yang saya ucapkan YANG MENYATAKAN pikiran saya bahwa apa yang saya pikirkan berbeda dengan apa yang alkitab katakan? 

membaca statement jlwijaya, rasanya lugu dan naif sekali.. secara teoritis dan praktis, apa yang jlwijaya sampaikan mang bener.. tapi, faktanya banyak kq orang-orang yang mengaku rohani, akhirnya pindah haluan.. pernah dgr kan, ketua stt, pindah ke agama sebrang, dan mengutuki kitab suci dan Tuhan yang dulu dia sembah? ini salah satu contohnya.. 

faktanya adakah orang yang mempunyai iman yg bulat kepada Kristus? bagaimana saat tiba-tiba tidak punya kerjaan, sementara anak butuh uang, istri butuh uang, kontrakan harus dibayar, saat itu bimbang atau tenang? bukankah kebimbangan atas kehidupan atao secuil permasalahan itu adalah bukti tidak bulatnya iman? saat itu teori apapun yang diberi dan diketahui tidak ada gunanya lagi.

tentu tepatnya menurut saya bertentangan.

TUNJUKKAN JUGA, di sebelah mana saya menyanggah kalimat anda?

membaca statement jlwijaya, rasanya lugu dan naif sekali.. secara teoritis dan praktis, apa yang jlwijaya sampaikan mang bener.. tapi, faktanya banyak kq orang-orang yang mengaku rohani, akhirnya pindah haluan.. pernah dgr kan, ketua stt, pindah ke agama sebrang, dan mengutuki kitab suci dan Tuhan yang dulu dia sembah? ini salah satu contohnya..

faktanya adakah orang yang mempunyai iman yg bulat kepada Kristus? bagaimana saat tiba-tiba tidak punya kerjaan, sementara anak butuh uang, istri butuh uang, kontrakan harus dibayar, saat itu bimbang atau tenang? bukankah kebimbangan atas kehidupan atao secuil permasalahan itu adalah bukti tidak bulatnya iman? saat itu teori apapun yang diberi dan diketahui tidak ada gunanya lagi.

 

-teograce menurut tangkapan saya :

kamu memang tak menyanggah secara teoritis tetapi waktu ......bilang tapi,faktanya ...berarti kamu anggap yang benar itu hanya secara teoritis bukan fakta yang berarti juga, kamu menyatakan bahwa realita tak sama dengan teorinya ....bukan?apa saya salah?

fiuh.. cape ngomongnya.. g udah tulis explisit aja masih kaga ngarti.. 

kamu bilang ekplisist itu kapan bu? ....sesudah aku beri tanggapan bukan sebelumnya bukan?

teograce's picture

@jlwijaya : cape d

loe di awal kan ga ada ngomong tentang lalang gandum? n g ga membantah ucapan itu, tapi loe ngomong itu berulang kali, i'm not deaf nor blind, you know.

"Mematuhi peraturan itu memang baik dan benar, tapi faktanya banyak orang melanggar peraturan yang ada..." -> apa menyanggah bahwa peraturan itu memang baik dan benar? cuma ngasih tau kan faktanya gimana..

kalimat loe yg g comment apa sih? ini kan :

-Menurut saya kekuatan bukan pada diri kita ,daging kita tetapi dari Tuhan.

-Dialah yang bisa berjalan di atas badai dan membawa kita sampai ke seberang.

lalu g bilang :

membaca statement jlwijaya, rasanya lugu dan naif sekali.. secara teoritis dan praktis, apa yang jlwijaya sampaikan mang bener.. tapi, faktanya....

g udah membenarkan loe loh di awal, mananya yang menyanggah?

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

manguns's picture

Mat 13:1-23=Perumpamaan tentang seorang penabur

PENABUR adalah gembala bukan domba.

Ayat bisa dibaca dari berbagai sudutpandang. Buat sy, perumpamaan itu pengajaran bagi seorang gembala, pendeta, theolog, penatua, pelayan firman. Kagak ada relevansinya dg jemaat/bakal jemaat atau para domba. Kalau perumpanaan Tuhan Yesus ditransilerasi  kemasa kini di pulau jawa:

Tuhan Yesus: "Hai hamba-hambaku yang mewartakan kabar baik dan menggembalakan dombaku,  kalau kerja yang bener yach!!!!! Awas (sambil ngancem). Ini contoh (perumpamaan): Petani kalo nanem padi tidak nanam dijalan aspal bakalan dipatok ayam. Tidak tanam di tanah keras bakalan susah tumbuh. Tidak dilapangan bola, kalah ama rumput. Petani yang baik menanam benih di sawah yang diolah, dipupuk, diairi. Disiangi dengan rajin, kalo ada hama beri obat. Waspada hewan pengganggu. Yang paling penting: gunakan benih yang bermutu, bernas dan murni. Jangan pakai benih sembarangan. OO iya... sukur-sukur ada yang bisa menghasilkan padi organik."

Komen ane golongan domba/jemaat:

  1. Banyak pengajaran Tuhan Yesus sebenarnya ditujukan bagi hamba tuhan, bukan bagi jemaat/calon jemaat/domba. Perumpamaan itu minim artinya bagi jemaat. Lha buat apa pendeta ngabisin waktu khotbah yang sebenarnya adalah pengajaran bagi kaumnya sendiri?
  2. Dijaman sekarang masalah tanam padi makin rumit. Demikian juga mewartakan kabar baik. Kalau jaman dulu ... benih sesuatu yang nggak relevan, dijaman sekarang benih yang bernas dan murni, faktor penting ketahanan hama, iklim dan produktivitas. Artinya .... isi khotbah/firman bernas dan murni...
Debu tanah's picture

@ Manguns , perumpamaan penabur untuk siapa

[PENABUR adalah gembala bukan domba.
Ayat bisa dibaca dari berbagai sudutpandang. Buat sy, perumpamaan itu pengajaran bagi seorang gembala, pendeta, theolog, penatua, pelayan firman. Kagak ada relevansinya dg jemaat/bakal jemaat atau para domba. ]

Iya betul Penabur adalah gembala bukan domba. Tetapi benih adalah Firman dan tanah adalah domba / jemaat. So what gitu loh ?

Karena Yesus sedang menceritakan perumpamaan tentang KERAJAAN SORGA.

Dimana Penabur (bisa pengkotbah, gembala, dll) yang sedang menabur kan benih (Firman) ke atas  tanah (pendengar / jemaat). Lalu tanah yang berbeda-beda itu memberikan hasil yang berbeda-beda pula.

Jadi sangat relevan bagi jemaat kan?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

manguns's picture

@DT, maksa relevan bisa saja, nggak ada yg larang

Kalau mau maksa, sy (jemaat) bisa ngomong ... penabur.. mbok jangan goblok2 amat. Kalo tanah berbatu, congkelin dulu batunya dung. Kalo tanahnya keras bajak dulu. Kalo mo efektip kasih urea tsp. Kalo jaman sekarang  jaman pupuk organik-tai sapi.

Sedikit lebih pntar lagi, soil test dulu... tuh tanah cocok utk benih (firman) yg apa? Apa mo tanam padi, singkong, jambu mete

Lebih intens lagi, pakai benih super (firmannya dimurnikan dulu???).

So:... krn yg ngomong dimimbar, maen gampang aja selalu nuntut gembala/jemaat. Spt sarjana pertanian baru lulus sok tahu saat KKN.

Yohanes Paulus's picture

model saya soal pekabaran injil

Karena kasih kepada sesama manusia, maka orang mengabarkan injil.

Kalo ga mengasihi orang itu, jangan diinjili. Ga usah sok peduli keselamatan orang tersebut jika memang tidak mengasihinya. Jika kita mengabarkan injil kepada orang yang tidak kita kasihi, maka kita sedang memperalat orang itu. Kita tak peduli tanahnya masih berbatu, ga peduli firman asal dilempar ke tepi jalan, diumbar sembarangan, memboroskan persediaan milik Sang Pemilik Benih. Kejar target banyak-banyakan umat? Kejar target "berjasa bawa jiwa" supaya berjasa menolong Tuhan?

Karena kasih kepada Allah, maka orang memperjuangkan kemanusiaan

Manusia adalah Citra Allah. Ketika terjadi pemiskinan dan penindasan, citra Allah dirusak oleh ilah-ilah kematian. Orang kristen karena kasihnya kepada Allah, turun tangan merawat Wajah-Wajah Allah yang dirusak setan dalam diri orang tertindas dan terbuang.

Jadi, hukum kasih pertama dan kedua berlaku menyilang dan timbal-balik. Cocok dengan pendapat manguns, seorang penabur melakukan kerja menabur adalah untuk kepentingan si tanah.  Kalo dia peduli dengan tanahnya, ia akan mengolah tanah itu dulu.

Namun banyak penabur malas, dan bermotto: "menabur di tempat subur." Alias menaburi tanah yang sedang digarap orang, alias nyolong jemaat.

Debu tanah's picture

@ Manguns, kebablasan

Wah, jangan terlalu jauh nih pemahaman perumpamaan penabur seperti yg anda lakukan.

Kl terlalu jauh, jadi aneh nih: Koq petani jaman Yesus goblok banget ya, kenapa nabur benih koq sampe ke pinggir jalan, tanah berbatu dan bersemak gitu? Pinteran petani di Indonesia dong ya Embarassed

Tanah tidak 100% mewakili manusia, karena tanah adalah benda mati, tetapi manusia yg diumpamakan tanah itu ternyata punya kehendak dan tanggung jawab bukan?

Pada kasus petani, benih & tanah, maka petani lah yang bertanggung jawab pada hasil pertanian, tetapi pada jemaat, mosok gembala nya yg bertanggung jawab? Gembala pada masuk neraka dong kl jemaatnya banyak yang bodoh-bodoh?

Tetapi ajaran Alkitab, setiap orang bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Yohanes Paulus's picture

Allah main dadu

sedang menikmati asas ketidakpastian

manguns's picture

@DT Nggak kebablasan, tp penabur yg cari kambing hitam

Koq petani jaman Yesus goblok banget ya, kenapa nabur benih koq sampe ke pinggir jalan, tanah berbatu dan bersemak gitu?

Karena goblok Tuhan Yesus beri pengajaran. Hmm... mungkin kata goblok (b ind) memang multi tafsir. Katakanlah masih 'novice'.

mosok gembala nya yg bertanggung jawab? Gembala pada masuk neraka dong kl jemaatnya banyak yang bodoh-bodoh?

Buat saya terbalik boz: jemaat banyak yang masuk neraka karena gemala yang bodoh eh novice nggak mau upgrade, self righteousness.

Khotbah ke org yang yakin dunia itu datar tentu beda, dg yg yakin dunia itu bulat. Demikian juga khotbah ke yg yakin bumi pusat alam semesta vs atau matahari sbg pusat, atau no pusat att all. Khotbah ke yg yakin budak adalah berkah dg budak adalah bukan kehendak Allah.

Khotbah ke white collar tentu beda ke blue collar. Intelektual vs awam. Khotbah ke warga depotism/monarki beda dg demokrasi. Khotbah di penjara beda dg di panti jompo. Kalau Bpk Martin Luther khotbah antisemit di amerika sekarang, bakalan di sue.

Tetapi ajaran Alkitab, setiap orang bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Setuju. 

Debu tanah's picture

@ Manguns, maksud nya

[Buat saya terbalik boz: jemaat banyak yang masuk neraka karena gemala yang bodoh eh novice nggak mau upgrade, self righteousness.]

 

Iya maksudnya gituu, jemaat yang bodoh masuk neraka laa… 

Tetapi jemaat yang masuk neraka karena bodoh (dengerin gembala upahan) ya salah sendiri ...

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

manguns's picture

@DT yaa .. nggak gitu ..

Iya maksudnya gituu, jemaat yang bodoh masuk neraka laa…

YP: Jadi, hukum kasih pertama dan kedua berlaku menyilang dan timbal-balik. .., seorang penabur melakukan kerja menabur adalah untuk kepentingan si tanah.  Kalo dia peduli dengan tanahnya, ia akan mengolah tanah itu dulu.

Nah tuh uraian YP lebih alkitabiah. Ilustrasi si Penabur mengajarkan saatnya nanti gembala bekerja akan menghadapi jemaat yg berbeda2 sikonnya. Jangan main gampang menyalahkan jemaat (tanah keras, berbatu, lalang) sbg jemaat bodoh.

Banyak pengajaran Tuhan Yesus lain, yg memang ditujukan bagi jemaat. Jadi kalo ada pendeta khotbah ttg pasal itu, jangan salahkan ane yg langsung tidur. Nich pasal cocok dikhotbahkan saat sidang sinode, yg dihadir para pelayan terutama pendeta gereja.

Jadi pengen, posting ilustrasi yg .. tp khawatir diomelin

 

Progressive Faith's picture

Kembali soal tulisan sdr. 

Kembali soal tulisan sdr.  Debu Tanah

Banyak sekali pembual yang meyakini dan mengajarkan ajaran “KRISTEN INSTAN”. Semboyan mereka adalah sekali selamat tetap selamat. Mereka mengajarkan kesesatan bahwa orang Kristen yang telah mengaku percaya pada Yesus TELAH menerima hidup kekal saat ini juga. Wong namanya hidup kekal, ya pasti tetap selamat, begitu argumentasi-nya. Mereka mendasarkan ajaran mereka dengan mengutip ayat berikut:

Yohanes 10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

Benarkah ayat di atas berkata orang beriman sudah memperoleh hidup yang kekal pada saat itu juga, pada saat orang itu percaya? Ini adalah pemahaman yang ngawur dan sesat. Pemahaman demikian akan kontradiksi dengan kebenaran pada bagian lain dalam Alkitab. Tetapi yang benar, ini adalah janji Yesus kepada domba-domba Nya yang setia sampai akhir akan dikaruniakan hidup yang kekal di Sorga ! Kebenaran sejati tidak diperoleh dengan mengutip-ngutip sepotong ayat yang menyenangkan hati saja, tetapi bacalah keseluruhan Alkitab maka intisari dari keseluruhan itu lah yang merupakan kebenaran sejati! Sebaliknya kebenaran yang diperoleh dari sepotong ayat tetapi bertentangan dengan ayat yang lain bukanlah kebenaran sejati.

Dengan demikian mereka telah mengajarkan ajaran iblis, karena iblis akan berusaha untuk membinasakan domba-domba Tuhan Yesus yang bisa diterkamnya. (Yohanes 10:12)
Mari kita baca dengan teliti dan pahami mulai dari ayat 27 - 29.

-------------------

Sebenarnya Anda hanya berkoar...tong kosong nyaring bunyinya..Anda tidak mengeksegesa alkitab sama sekali Anda hanya berprasangka...Sebenarnya cara Anda menilai ajaran jaminan keselamatan dan menudingnya ajaran Iblis..itulah gaya Iblis.

__________________


Allah adalah benar, dan semua manusia pembohong



 

Debu tanah's picture

@ Progresive, saking tololnya

[Sebenarnya Anda hanya berkoar...tong kosong nyaring bunyinya..Anda tidak mengeksegesa alkitab sama sekali Anda hanya berprasangka...Sebenarnya cara Anda menilai ajaran jaminan keselamatan dan menudingnya ajaran Iblis..itulah gaya Iblis. ]


Ya ampun, saking tololnya anda: langsung kelihatan tololnya !

Ayo baca lagi Alkitab kamu ! Orang yang baca Alkitab  dan TIDAK TOLOL tahu kl gaya iblis adalah menyamar jadi malaikat terang, sama seperti pekerja-pekerja curang (pelayan iblis) menyamar sbg rasul Kristus

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Progressive Faith's picture

Deta: Makin jelas faktanya

Ya ampun, saking tololnya anda: langsung kelihatan tololnya !

Ayo baca lagi Alkitab kamu ! Orang yang baca Alkitab  dan TIDAK TOLOL tahu kl gaya iblis adalah menyamar jadi malaikat terang, sama seperti pekerja-pekerja curang (pelayan iblis) menyamar sbg rasul Kristus

-----------------------------

Koment Anda memperjelas fakta tentang diri Anda...   Saya tidak kenal Anda tetapi dari koment2 Anda menunjukkan  kekristenan Anda adalah palsu.  Waspadalah...waspadalah..waspadalah.

__________________


Allah adalah benar, dan semua manusia pembohong



 

Debu tanah's picture

@ Progresif Tolol, semakin jelas

Semakin progresif saja TOLOL nya anda ! Anda ngaku tidak kenal saya, tetapi anda tahu bahwa saya Kristen palsu?

Anda belum membahas apa yang saya tulis dengan baik, tapi anda sudah menyimpulkan bahwa saya hanya berkoar, tong kosong nyaring bunyinya dan ngomong tulisan saya bergaya iblis ?

Anda lah tong kosong itu, anda sendiri lah yang bergaya iblis ! Iblis pasti tidak suka kl saya membongkar muslihatnya yang banyak terjadi di gereja-gereja Kristen saat ini!

Wahai pembaca Sabda, waspadalah pada si Progresif Tolol ini. Dia adalah seorang antek Iblis !

Saya adalah orang jujur yang terus belajar Alkitab. Alkitab adalah buku yang JUJUR. Ya, Alkitab harus jujur, karena Alkitab adalah firman dan kebenaran ! Kl sesat Alkitab akan bilang sesat, kl bodoh, Alkitab akan bilang bodoh, kl tolol alkitab akan bilang tolol. Sebagai orang Kristen yang mengamalkan ajaran Alkitab maka saya HARUS jujur pada anda:

Hai Progresif TOLOL, belajarlah supaya kamu tidak tolol lagi dan supaya tidak diperalat oleh iblis !!

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Progressive Faith's picture

@Beta:Ngecap

Gaya ngecap Anda tuh udah kuno....

Semua tulisan Anda di atas jelas-jelas deduktif...diperjelas dgn koment2 Anda....semua deduktif.  Anda belum benar-benar belajar Alkitab...Sebenarnya Anda seorang yang malas mempelajari Alkitab.  Terlihat dari koment2 Anda...

Parahnya...koment2 makin memperlihatkan kepalsuan kekristenan Anda.

 

__________________


Allah adalah benar, dan semua manusia pembohong



 

Debu tanah's picture

@ Beta, Silakan menanggapi koment si progresif tolol

@ Beta, Silakan menanggapi komentar si Progresif Tolol di atas !!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Yohanes Paulus's picture

nonton tinju

Udah beli gorengan, udah bikin kopi, gelar tiker... nonton

AYo tarung yang benerrr.

Yohanes Paulus's picture

penonton kecewa

Ga seru nih cuma shadow boxing.

Mana calvinisnya yg biasanya banyak di forum-forum? Semua sibuk nyiapin KKR akhir tahun kayaknya.

teograce's picture

binun

g bingung sih sama si deta.. udah tau si progresif lagi bohong, ngapain dilanjutin.. wakakkakaka....

*baca sigginya*

 

**watching**

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

Debu tanah's picture

@ Teograce, tidak saya tanggapi lg

Yah tadinya sih mencoba jadi tuan rumah yang baik.

Tp sudah tidak saya tanggapi lg karena dia maunya diskusi sama si Beta, bukan saya. Hahaha... Cool

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...