Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Harus Memyembah Nya Dalam Roh Dan Kebenaran

restikamanise's picture

Ada tertulis dalam Yohanes 4 : 23-24 ;

"Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran;sebab Bapa menghendaki penyembah demikian . Tuhan ( BAPA) itu Roh dan barang siapa menyembah Dia ,harus menyembah Dia dalam roh dan kebenaran."

Kalau kita perhatikan firman Tuhan ini, ada disebut bahwa penyembah-penyembah benar harus menyembah dalam roh dan kebenaran. Kalau ada penyembah-penyembah benar, tentu ada penyembah yang tidak benar.

Tuhan tegas menggariskan, bahwa umatNya ,harus menyembah BAPA dengan roh dan kebenaran, ini syarat yang diperlukan. Semua kita memiliki syarat itu, ada didalam setiap orang, hanya maukah kita melakukannya? karena itu sangat mudah  untuk dikerjakan. Masalahnya terbukakah hati kita untuk melakukannya?

arti "dalam roh" disini roh disebut huruf kecil bukan roh huruf besar;

Manusia teridiri dari ; Tubuh, jiwa dan roh. Khusus untuk menyembah Bapa, Dia mau supaya kita , mengaktifkan roh kita untuk menyembahNya,  dapat artikan ; sikap menyembah dengan segenap hati, sebulat hati, fokus pada Tuhan.

"dalam kebenaran" ;

kita harus  berusaha tetap menyesuaikan dengan firman Tuhan (..firmanMu adalah kebenaran Yoh. 17 : 17). Kita harus tetap membaca dan merenungkan firmanNya setiap saat ( Yohua 1 : 8, Mazmur 1 :2).

Dalam kitab Mazmur juga ada tertulis tentang "sikap penyembahan ini " yaitu dalam Mazmur 2 : 11 dikatan :

" Beribadahlah kepada Tuhan dengan takut , dan ciumlah kakiNya dengan gemetar"

Kita bisa melihat disana ada "perintah" untuk mencium kaki Tuhan dengan gemetar. Dengan gemetar artinya dengan sikap amat hormat, amat merendah,sikap hati yang sangat meninggikan Tuhan, karena Dia Pencipta Yang Maha Mulia, Agung, Dialah Raja Diatas segala Raja , Tuan Diatas segala Tuan, sedangkan kita hanya ciptaan. Jadi sebagai bahan perenungan kita dalam diri kita " apakah pantas dikatakan kepada setiap kita kalau setiap kita HARUS MENYEMBAH TUHAN dengan sungguh-sunguh? Tuhan tidak pernah GILA DISEMBAH, tetapi LAYAKLAH DIA MENDAPAT PENYEMBAHAN DARI KITA ,yang mengakui ke Maha KuasaanNya.

Memang banyak anak-anak Tuhan , tidak mau menyembah Tuhan karena kurang memahami firman Tuhan ini. Tetapi untuk meneguhkan kita , kita dapat meihat, bagaimana Yairus sang kepala rumah ibadat "tersungkur "dikaki Yesus ketika ia datang memohon padaNya untuk menyembuhkan anaknya yang sakit, bagaimana perempuan "mantan pendosa" yang sujud dikaki Yesus didepan orang banyak, dengan memecahkan buli-buli berisi minyak wangi dikaki Yesus , dan menciumi nya, menyeka kaki Yesus  dengan dengan rambut , semuanya dilakukan dengan penuh kasih tanpa rasa malu  . Semuanya adalah wujud penyembahan yang benar yang Bapa kehendaki.

Dalam salah satu lagu rohani daerah dari gereja tertentu (bukan Kharismatik) ada juga lagu yang menggambarkan suasana penyembahan sejati , petikannya kira-kira seperti ini;

"Husomba Ho Tuhan, tangihon au

sanggkapMu ma tontong , pasaut di au" ,

kalau diterjemahkan arinya kira-kira seperti ini :

"Kusembah Kau Tuhan, dengarkanlah (dengarkan ku)

kehendakMu lah slalu, jadi(kan) padaku"

Kalau dinyanyikan dengan segenap hati, sungguh akan menciptakan suasana yang menghadirkan hadirat Tuhan, karena lagu ini , sungguh sangat memuiakan Dia.

Sedikit tentang "dalam roh" dalam konteks ini kita tidak sedang membahas "dalam Roh atau dalam Kuasa Roh".

Marilah kita kembali kepada firman Tuhan, maka firman Nya akan  mengatur segala sesuatu , termasuk ibadah kita. Karena dari firmanNya lah kita tahu kalau kita harus beribadah kepada yang punya firman.

Terimasih semoga tulisan ini menjadi berkat bagi kita semuanya...hanya Yesus yang dimuliakan.........tpkm restikamanise.....shaloom

5p Arta's picture

@restikamanise

Salam kenal.

Silahkan baca blog saya berikut komentar-komentarnya (Silahkan klik di sini)

Semoga setelah membaca blog saya, mata anda terbuka sehingga tidak lagi anda menuliskan :

 arti "dalam roh" disini roh disebut huruf kecil bukan roh huruf besar;

Manusia teridiri dari ; Tubuh, jiwa dan roh. Khusus untuk menyembah Bapa, Dia mau supaya kita , mengaktifkan roh kita untuk menyembahNya, dapat artikan ; sikap menyembah dengan segenap hati, sebulat hati, fokus pada Tuhan.

Kenapa ? 

Karena kata roh, walaupun ditulis huruf kecil tetaplah mengacu kepa Roh Kudus.

GB 

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

Kiem's picture

Tulisan sebelumnya Topik yang sama

Salam dalam Kasih Yesus Kristus

Ada tulisan sebelumnya :

KLIK DISINI

renungan_menyembah_dalam_roh_dan_kebenaran_penyembahan_akhir_jaman_yang_dikehendaki_oleh_tuhan

kocak humor's picture

Kiem, Sparta dan Restikamanise

Sparta dan Kiem jangan membuat ORANG BARU BINGUNG Dengan link-link blog kalian yang saling bertentangan, selesaikan urusan kalian berdua dulu baru

PROMOSI
Asal tau saja
pembahasan tentang bahasa roh tidak akan pernah selesai karena yg pro maupun yg kontra sama2 mempertahankan pendapatnya, PAHAM????

TIDAK PENTING bicara tentang Bahasa Roh, Mujizat, & Nubuatan dalam iman Kristen SEKARANG ini, KARENA ALKITAB SUDAH LENGKAP! Kita tidak perlu MENAMBAHKAN APAPUN DALAM ALKITAB ATAUPUN MELENGKAPINYA DENGAN BAHASA ROH, NUBUATAN, PENGLIHATAN, MUJIZAT MAUPUN PENGALAMAN PRIBADI.

 Iman Kristen yang sejati TIDAK LAHIR DAN BERTUMBUH DARI BANYAKNYA MUJIZAT, TAPI IMAN KRISTEN YG SEJATI LAHIR DAN BERTUMBUH DARI FIRMAN TUHAN.

Roma 10:17 berkata : “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.”

2 Timotius 3:15-16 : “Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran”

Yohanes 20:31 : “tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya”

KARENA  itu janganlah kita menjadi orang Kristen yang hanya mengharapkan mujizat. Mujizat tidak melahirkan iman yang sejati. mujizat  bisa menyesatkan, KALAU PAK MUJI terserah KALIAN!!!!!!!!!!!!!

__________________

Jangan Bikin Dosa Lagi KALAU TIDAK kamu Akan http://kocakhumor.wordpress.com/ http://www.facebook.com/kocakhumor http://www.twitter.com/kocakhumor Melihat & MENANGKAP Yudas Iskariot BARU !!! Klik SEKARANG !!! http://teswordpress.wordpress.com/2010/10/20/untuk-pengkhianat-888/

restikamanise's picture

Untuk sdr "kocak humor" dari restikamanise

Terimakasih, tulisannya, tetapi saya percaya, mau oranglama atau orang baru pun kita tidak harus bingung membaca tulisan-tulisan di "ss" ini , pada prinsipnya saya tidak  perlu debat sampai dua tiga kali, disini kan cari kawan. FT kan kebenaran .  Kita tahu "kebenaran kan tidak bertentangan dengan kebenaran", kalau ada debat yang berkepanjangan itu hanya dua-duanya merasa benar saja. Terimakasih "kh" 

Kiem's picture

@Kocak Humor, anda tidak sedang berhumor bukan?

TIDAK PENTING bicara tentang Bahasa Roh, Mujizat, & Nubuatan dalam iman Kristen SEKARANG ini, KARENA ALKITAB SUDAH LENGKAP! Kita tidak perlu MENAMBAHKAN APAPUN DALAM ALKITAB ATAUPUN MELENGKAPINYA DENGAN BAHASA ROH, NUBUATAN, PENGLIHATAN, MUJIZAT MAUPUN PENGALAMAN PRIBADI.

 

KIEM :

Alkitab anda itu yang mana maksudnya, karena tulisan saya itu murni ayat menerangkan ayat, dari Alkitab yang satu itu juga.

Kalaupun ada kesaksian pribadi, itu hanya memperjelas Firman itu sendiri, dan pengalaman itupun ALKITABIAH JUGA.

Tuhan Yesus memberkati

Geadley Lian's picture

syalom

Berbahasa roh bukan utk di "main2kan" kecuali seseorang itu memiliki karunia utk berbahasa roh.Saya pikir semua orang kristen sudah tau kebenarannya,mana mungkin tidak.Orang bisa saja berbicara soal roh tapi ada yg belum memiliki karunia berbahasa roh,jika ada orang yg coba2 berbahasa roh berarti sedang acting.

Perdebatan yg positif akan menghasilkan penyelesaian positif,manakala yg negetif akan menimbulkan suasana negetif antara pihak yg terlibat.Apa gunanya jadi anak Tuhan kalo tidak bisa berpikir positif dalam suatu perbicaraan.

Perbedaan pendapat memang sentiasa ada antara ssers,tapi tidak perlu dijadikan sebagai "isu panas".

Restikamanise,salam dalam kasih Tuhan.Yesua abasia.

__________________

geadley