Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Penjelasan oleh Benny

Pertama-tama, saya mohon maaf sebesar-besarnya karena baru memberi respon sekarang. Pada rapat hari Jumat 28 Jan 2011, saya secara resmi diminta bu Yulia untuk tidak memberi jawaban/komentar apa pun di SS atas nama Admin. Baru dari hasil rapat 8 Februari 2011 saya diminta untuk berbicara pada core user SS, tapi atas nama pribadi. Karena itu, izinkan saya memberikan beberapa pernyataan:

1. Saya telah melakukan penurunan/penghapusan komentar tanpa memberitahukan terlebih dahulu kepada user pemberi komentar. Dari 7 user yang komentarnya dihapus, hanya dua yang saya kirimi surat sebelumnya. Karena itu saya telah menyalahi aturan prosedur yang selama ini diterapkan di SS. Seharusnya saya memberikan 'warning' terlebih dahulu.

2. Pemasangan fitur laporkan yang saya lakukan pada Jumat jam 9 malam, tidak tepat waktu sehingga memperkeruh masalah yang sedang terjadi. Pemasangan tersebut saya lakukan tanpa terlebih dahulu direview/disetujui oleh Admin yang lain. Oleh karena itu saya telah menyalahi prosedur yang seharusnya. Jadi isi blog itu adalah pandangan saya semata.

Atas kesalahan yang disebutkan di atas saya menyampaikan maaf kepada seluruh anggota core user SS.

Saya secara resmi juga akan menyampaikan pernyataan seperti di atas pada forum SS dan atas nama Admin saya akan minta maaf kepada komunitas SS karena telah melakukan pelanggaran prosedur. Semoga di masa yang akan datang saya sebagai Admin bisa bertindak lebih bijaksana.

hai hai's picture

Admin, Menyelesaikan Masalah

Admin yang terhormat,

Saya secara resmi juga akan menyampaikan pernyataan seperti di atas pada forum SS dan atas nama Admin saya akan minta maaf kepada komunitas SS karena telah melakukan pelanggaran prosedur. Semoga di masa yang akan datang saya sebagai Admin bisa bertindak lebih bijaksana.

Untuk apa anda umumkan kepada para BLOSAS (blogger SABDA Space)? Urusan KITA ada di FORUM Core User bukan di pasar Klewer. Jadi mari kita SELESAIKAN di Forum Core User bukan di pasar Klewer. Tolong, jangan BUKA peluang bagi BLOSAS untuk MENGEJEK dan MEMAKI Admin. Hal itu bukan cara yang BIJAKSANA.

Admin yang terhormat,  masalahnya bukan melanggar aturan atau tidak namun apakah yang dilakukan BIJAKSANA atau TIDAK. Menyelesaikan MASALAH atau justru MENAMBAH masalah?

Sebagai BLOSAS kita berbicara tentang BENAR atau SALAH dengan POLICY sebagai STANDARD kebenaran. Namun sebagai Admin dan CORE User kita tidak bicara tentang hal itu lagi namun bicara BAGAIMANA membangun KOMUNITAS? TUJUANNYA adalah untuk mencari cara guna menyelesaikan masalah bukannya mencari siapa yang salah dan siapa yang benar. Itu sebabnya ada FORUM CORE User. Itu sebabnya disebut FORUM CORE User. Itu sebabnya Admin disebut TUHAN. Itu sebabnya Core User disebut Malaikat. Itu sebabnya Forum core User disebut SORGA pasar Klewer.

Admin yang terhormat, silahkan anda memperteimbangkan POLICY anda ini:

Admin: Segala jenis serangan terhadap gereja maupun individu tidak akan ditolerir.

Saya copy paste komentar sebelumnya sebagai bahan masukkan.:

Segala jenis serangan artinya SEGALA jenis serangan. Apa yang menjadi STANDARD? Perasaan TERANCAM dari orang yang MERASA diserang.

Anda menulis komentar di blognya si tonypaulo yang menyatakan: PARETO adalah PRINSIP, bukan HUKUM. Yang anda tulis itu BENAR. Pareto adalah PRINSIP, bukan HUKUM. Namun, walaupun BENAR, anda telah MELAKUKAN segala JENIS serangan terhadap INDIVIDU yang bernama Tonypaulo.

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, dengan POLICY demikian, berarti BUNUH diri dengan cara yang KONYOL.

Seharusnya POLICY menggunakan istilah:

PENCEMARAN NAMA BAIK:

Secara hukum PIDANA, yang disebut PENCEMARAN nama baik adalah:

PENCEMARAN NAMA BAIK:Mencemarkan nama baik/reputasi seseorang dengan mengeluarkan pernyataan yang tidak benar yang secara lisan (slander) atau tertulis (libel).

Itulah yang dianut oleh Hukum dan PERS indonesia yaitu PENCEMARAN nama BAIK.

PENCEMARAN NAMA BAIK:adalah delik ADUAN. Artinya bila yang bersangkutan tidak MENUNTUT maka yang lain tidak bisa MENYALAHKAN apalagi menuntut. Selama belum diputuskan BERSALAH oleh pengadilan, terdakwa belum dianggap BERSALAH.

Delik aduan artinya, bila saya mencemarkan nama Joli, maka yang berhak menuntut hanya joli. Tanpa pengaduan dari Joli, Polisi tidak bisa bertindak.

bennylin's picture

Terima kasih

Terima kasih, saya akan membicarakan dulu komentar Anda dengan yang lain.

joli's picture

pencemaran nama baik vs serangan

Benny terima kasih, akhirnya dikau muncul juga..
Jadi agak jelas, kenapa admin nggak respond  dan diam

Bener kata hai-hai lebih baik di rembung di forum core user ini aja dulu..

Ayo sekarang kita sama-sama bahas lagi tentang policy..

Jadi usulan hai-hai, lebih baik menuliskan yang spesifik spt pencemaran nama baik plus definisinya, dibandingkan tulisan serangan.

 

Rusdy's picture

Kesalahan Prosedur

Setelah membaca policy SS lagi, terus terang saya tidak bisa menemukan prosedur apa yang admin langgar. Penurunan komentar, pemasangan fitur, dll oleh admin itu adalah hak admin. Kalau itu memang tidak biasanya dilakukan di SS, itu tetap hak admin, para pengguna pasar paling cuman bisa menyarankan.

Jadi, menurut saya, admin tidak perlu menggugah pernyataan publik akan kesalahan prosedur. Karena, walaupun ada kesalahan prosedur, itu hanya antara admin YLSA, bukan antara admin-pengguna, juga bukan antara admin-Core User (sejak kapan Core User memiliki hak tentang policy YLSA / SS? Core User hanya berhak menyarankan, bukan menerapkan, yang saya mengerti dari undangan PM pertama kali dari admin).

Sejauh ini, yang admin lakukan hanyalah sesuatu yang tidak biasa dilakukan oleh admin SS (pembredelan komentar berdasarkan penilaian admin), yang mana bikin pengguna pasar kagok. Ini memang melanggar assumed value di pasar (value dimana tak ada kontrol dari admin), tapi bukan pelanggaran policy.

Rusdy's picture

Definisi Pencemaran Nama Baik

OK, issue yang selalu bikin gempar di pasar memang tentang pencemaran nama baik. Menurut saya, topik ini sepertinya perlu dikomunikasikan officially dari admin, apa posisi Sabda Space tentang hal ini.

Saran saya (subjektif), admin mungkin perlu menggugah tentang penerapan policy ini. Somewhere in the line of:

"Dalam masalah tuduhan atas pencemaran nama baik akan diteliti lebih lanjut oleh tim admin (bersama Core User?). Secara garis besar, tulisan yang berisi tuduhan tak berdasar akan diturunkan. Tuduhan yang disertai penjelasan tidak belum tentu akan diturunkan, dan dibiarkan terbuka di Sabda Space untuk dikritis oleh pengguna lain."

Tentunya akan ada pencemaran nama baik agama lain, ini perlu ditindak lanjuti ketika masalahnya muncul. Sementara ini, antar sesama saudara dulu saja.

Note: Fitur 'Laporkan' masih perlu, ini tahap pertama dalam komunitas yang bertumbuh. Kalo hai2 tiba2 nggak bisa online hari itu gimana? (nyalahain hai2 yang online 18jem sehari)

Daniel's picture

bicara bicara

Saya sudah baca, so, apa yang harus dibicarakan?

(Seperti pesan Ari di FB: Mohon dengan hormat kepada anggota core user, ada informasi terbaru di forum core user. mohon kesediaannya meluangkan waktu untuk membicarakannya di forum tersebut. Terima kasih.)

 

Begitu juga dengan pernyataan bennylin yang ini:

Terima kasih, saya akan membicarakan dulu komentar Anda dengan yang lain.

 

Maksudnya "yang lain" itu apakah Admin yang lain atau core user yang lain?

 

 

Ari_Thok's picture

Yang Dibicarakan Adalah ...

@Mas Daniel : yang harus dibicarakan adalah apa-apa yang terjadi di SABDA Space akhir-akhir ini mas.  Mari diuraikan satu per satu, diharapkan bisa tuntas dan komunitas yang selama ini sudah dibangun di SS bisa bertahan dan dilanjutkan.

Untuk saat ini akan dimulai dari pembicaraan tentang perubahan Policy. Tim YLSA sedang mempersiapkan policy yang baru yang tentu saja mempertimbangkan poin-poin masukan (yang selama ini sudah diusulkan) dari core user serta perkembangan yang terjadi di SS. Policy yang baru tidak akan langsung dipasang, tapi akan disharekan dulu ke forum ini.

Daniel's picture

bukan yang ini

kalau begitu, seharusnya bukan post ini yang akan dibicarakan, bukan?

karena post ini hanya berisi permintaan maaf saja

lalu yang mana?

Ari_Thok's picture

Bagian Dari ..

Posting Benny ini adalah bagian juga dari masalah yang ada di SABDA Space. Silakan dicermati mas. Ini baru akan melangkah akan membicarakan yang berikutnya yaitu Policy.

Daniel's picture

can we move on?

Baiklah, saya sudah mencermati dan menurut saya tidak perlu komentar lagi, tapi kalau memang tanggapan saya diharapkan, ya inilah respon saya:

Untuk pernyataan 1: Terus terang saya agak malas menanggapi karena sejak awal saya sudah wanti-wanti, bahkan tidak cuma sekali, agar jangan gegabah. Penertiban memang perlu, tapi ada aturan dan caranya. Tapi rupanya, entah karena emosi atau apa, yang tidak dijelaskan di sini, Admin main hapus komentar. Tapi ya sudah, yang sudah terjadi, terjadilah. Silakan Admin meminta maaf secara pribadi dan dengan cara yang benar kepada pihak-pihak yang sudah disalahi. Lakukan dengan segera dan rendah hati. Tapi tidak perlu diumumkan ke semua blogger, itu overrated dan menjatuhkan wibawa Admin.

Untuk pernyataan 2: Ini permohonan maaf yang tidak perlu. Soal prosedur approval itu adalah urusan intern Admin dan pemasangan fitur apapun juga kewenangan mutlak Admin. Tidak ada urusannya dengan core user. Soal bad timing, ini memang resiko yang harus dipertimbangkan, tidak ada yang salah dalam hal ini. Jadi, sekali lagi, ini juga overrated.

Personally, pesan saya untuk Benny: jangan mengecilkan persoalan apapun, semua penting, jika aturan dibuat pasti ada alasannya, dan selalu komunikasikan apapun dengan baik.

Sudah itu saja komentar saya. Sekarang, bisakah kita maju dan membicarakan esensinya?

Viesnu's picture

Mau dibawa kemana

Sebelum bahas soal policy.

Saya mau tanya sebenarnya gambaran SS yang dicita-citakan itu seperti apa? baru bahas soal policy

Daniel's picture

penafsiran yang benar

ya, ide bagus, karena seperti dikatakan oleh Admin sendiri dalam salah satu blog/pengumuman terakhir:

Beberapa waktu terakhir ini semakin banyak blogger yang semakin bebas menafsirkan komunitas SS ini sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Oleh karena itu Admin merasa perlu meluruskan kembali semangat pelayanan YLSA dan khususnya komunitas SS ini. 

Selama ini saya juga mencoba meluruskan, tapi melihat apa yang terjadi akhir-akhir ini, dan sikap serta respon Admin terhadap semuanya itu, saya mencoba introspeksi, jangan-jangan penafsiran saya selama ini yang salah, dan saya termasuk orang yang bebas menafsirkan komunitas SS ini sesuai dengan apa yang [saya] inginkan...

Jadi silakan Admin memulai lebih dulu dengan menjelaskan, bagaimana sebenarnya penafsiran kanonik yang benar sesuai dengan visi dan misi YLSA selama ini? Dari situ baru kita bicara policy untuk mewujudkannya. Kalau perlu di thread lain, karena judul thread ini rasanya sudah tidak cocok, begitu pula dengan kategorinya (mosok "User"? bukannya seharusnya "Policy"?)

joli's picture

silahkan admin..

Setuju,

Jadi silakan Admin memulai lebih dulu dengan menjelaskan, bagaimana sebenarnya penafsiran kanonik yang benar sesuai dengan visi dan misi YLSA selama ini? Dari situ baru kita bicara policy untuk mewujudkannya.

di thread baru..

Silahkan admin..

Viesnu's picture

satu lagi

nah satu lagi tugas admin adalah mengajak para core user yang sudah ga login supaya mau login dan membahas hal ini... yuk mareee

Samuel Franklyn's picture

Absen

Aku sudah login lagi

joli's picture

hug hug

duh seneng nya Joli :)

mau hug SF nggak nyampe :p

ni thema-nya hug-hug ikutan status daniel hari ini ha..ha..

Daniel's picture

ikutan

hus, gak boleh ikut2an, hugnya cuma buat seorang, dah gak bisa nambah yang lain lagi :p

bennylin's picture

Sedang menyusun draf

Terima kasih untuk tanggapan core user sekalian. Saat ini kami, para admin sedang menyusun draf policy yang terbaru, dengan memperhatikan poin-poin seperti yang sudah diutarakan di atas. Terima kasih juga untuk SF yang sudah mau login kembali. Salam.

Samuel Franklyn's picture

It's water under the bridge

It's water under the bridge

joli's picture

kapan?

kapan draft nya policy jadi?

bennylin's picture

Udah selesai draf

Draf policy sudah dibuat. Kalau tidak ada masalah lagi, dalam waktu dekat akan kita bahas bersama-sama dengan core user

bennylin's picture

Sedang dilihat BY [updated]

Sejak Senin kemarin sudah dimasukkan ke BY, namun berhubung BY masih sibuk, ini baru sekitar setengah yang sudah dikoreksi (drafnya cukup panjang). Doakan supaya BY bisa meluangkan waktu untuk menyelesaikannya.

Update: ini sudah dikembalikan oleh bu Yulia. Kemungkinan hari senin sudah bisa dirembugkan bersama

joli's picture

besok dah maret

besok dah ganti bulan maret ^.^

Daniel's picture

AADM?

ada apa dengan maret?

joli's picture

kok luama :)

cek suwe-ne, policy-ne he..he..

Daniel's picture

harap maklum

ooo, hehehe... judulnya 'harap maklum' cik... :p

lha itu sudah ada update, katanya hari senin sudah bisa dibahas, tapi hari senin yang mana ya? ada banyak hari senin je.... :)

bennylin's picture

Maaf lama [update]

Iya, maaf hingga kemarin masih belum selesai.

[update] Draf sudah selesai dan dapat dilihat serta dikomentari di http://www.sabdaspace.org/draf_kebijakan_baru

joli's picture

admin nya ganti waluyo?

eh ada pertanyaan, apakah admin nya ganti waluyo?? atau ada 2 admin??

http://www.sabdaspace.org/user/admin --->waluyo (tak ada histori blog, data persis punya admin lawas)

http://www.sabdaspace.org/blog/admin_0 -----> admin lawas dengan tulisan blog2 yang selama ini ada..

 

Ari_Thok's picture

Pengamanan

User admin sedang dipindah levelnya (roles-nya), dengan alasan keamanan (URL nya sedang dinormalkan kembali). Kemampuannya di SS akan sedikit diturunkan, namun tidak mempengaruhi apa yang dikerjakannya.