Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Misteri Nama YESUS

hai hai's picture

Kaum Namais MENIPU jemaat dengan mengajarkan bahwa YHWH tidak boleh diganti atau diterjemahkan. Menerjemahkan YHWH berarti menghujat nama Sang Pencipta dan menyembah berhala. Mari kita membongkar BUALAN mereka.

Untuk mendukung penipuannya, kaum namais membangun teori Nama Pribadi (proper name) dan Nama Sebutan (given name). Mereka mengajarkan bahwa Nama Pribadi TIDAK boleh diterjemahkan sementara Nama Sebutan boleh. Nama pribadi tidak boleh diterjemahkan karena:

1.    Si empunya nama tidak akan mengizinkannya.
2.    Bila diterjemahkan bukan nama pribadi lagi.
3.    Bila diterjemahkan itu berarti pribadi lain

Apabila Paijo adalah nama pribadi, maka anda tidak boleh menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris menjadi Father Green. Bila anda menerjemahkannya juga, maka Paijo akan marah atau dia tidak akan menyahut ketika dipanggil Father Green, karena menyangka anda sedang memanggil orang lain yang nama pribadinya Father Green.

Apabila Paijo adalah nama sebutan yang diberikan kepadanya karena kegiatan penghijauan yang selama ini digelutinya, maka anda boleh menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris menjadi Father Green. Paijo akan menyahut ketika anda memanggilnya Father Green, karena dia tahu itu adalah nama sebutannya dalam bahasa Inggris.

Andai kata nama pribadinya adalah Hai hai sementara nama sebutannya adalah Paijo. Itu berarti anda boleh menerjemahkan Paijo menjadi Father Green namun tidak boleh menerjemahkan Hai hai menjadi HI HI.

Kaum Namais memberi toleransi. Andai kata nama pribadinya Bo beng cu, maka apabila anda orang Jawa, anda boleh menyebutnya "Mbo mbeng Nju". Apabila anda orang yang berbahasa mandarin, maka anda juga boleh mengucapkan Bo beng cu sebagai Po peng tzu.  

Kaum Namais membual bahwa YHWH adalah NAMA PRIBADI Sang Pencipta, itu sebabnya tidak boleh diterjemahkan. Elohim adalah NAMA SEBUTAN itu sebabnya boleh diterjemahkan menjadi Tuhan. NAMA PRIBADI tidak boleh diterjemahkan namun NAMA SEBUTAN boleh diterjemahkan. Benarkah YHWH adalah nama Pribadi dan BUKAN nama Sebutan?

Paijo NAMANYA hai hai. Hai hai SEBUTANNYA Paijo.

Dari kalimat tersebut di atas kita dapat menyimpulkan bahwa hai hai adalah nama pribadi sementara Paijo adalah nama sebutan.

Elohim NAMANYA YHWH. YHWH sebutannya Elohei.

Dari kalimat tersebut di atas kita dapat menyimpulkan bahwa YHWH adalah nama pribadi sementara Elohei adalah nama sebutan.

Misteri Nama YHWH

Studi tentang nama Sang Pencipta dianggap kurang penting, itu sebabnya literatur tentang nama-nama Sang Pencipta jumlahnya relatif sedikit dibandingkan dengan study bidang yang lainnya. Study tentang nama Sang pencipta mulai marak dilakukan guna menguji ajaran kaum NAMAIS bahwa YHWH adalah nama Pribadi Sang Pencipta dan YHWH tidak boleh diterjemahkan atau diganti; Mengganti YHWH dengan kata lain berarti menyembah ilah lain dan menghujat YHWH.

Awalnya kaum Namais hanya menggunakan ayat-ayat Alkitab untuk membenarkan ajaran mereka. Namun ketika beberapa orang Kristen menunjukkan kesalahannya, maka mereka pun lalu membabibuta menggunakan berbagai cara untuk membenarkan ajarannya. Hal demikian membuat beberapa orang Kristen Indonesia muak lalu melakukan study tentang nama Sang Pencipta secara sistematis agar dapat mengajarkannya dengan sistematis kepada orang-orang Kristen Indonesia agar tidak tertipu oleh kaum Namais yang bebal itu.

Nama Pribadi tidak boleh diterjemahkan dan tidak boleh diganti. Itulah doktrin utama kaum Namais. Berikut ini adalah ayat-ayat yang biasanya digunakan sebagai DASAR ajaran mereka.

Selanjutnya berfirmanlah Elohim kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN (YHWH), Allah (Elohim) nenek moyangmu, Allah (Elohim) Abraham, Allah (Elohim) Ishak dan Allah (Elohim) Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun. Keluaran 3:15

Aku ini TUHAN (YHWH), itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung. Yesaya 42:8

Jangan menyebut nama TUHAN (YHWH), Allahmu (Elohim), dengan sembarangan, sebab TUHAN (YHWH) akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan. Keluaran 20:7

"Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, supaya sekaliannya mereka memanggil nama TUHAN (YHWH), beribadah kepada-Nya dengan bahu-membahu. Zefanya 3:9


Kaum Namais MEMBUAL bahwa bahasa Ibrani adalah bahasa Sang Pencipta. Manusia pertama, Adam dan Hawa menggunakan bahasa Ibrani. Selanjutnya mereka mengajarkan bahwa sejak awal Adam dan Hawa sudah tahu bahwa Sang Pencipta nama-Nya YHWH. Berdasarkan kalimat "itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun." Di dalam Keluaran 3:15 mereka mengajarkan bahwa YHWH adalah nama Sang Pencipta dari kekal hingga kekal. Mereka juga menggunakan ayat di bawah ini untuk mendukung ajaran mereka:

Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: "Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN." Kejadian 4:1

Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN. Kejadian 4:26


Tentu saja teori sejak Adam dan Hawa Sang Pencipta sudah menyatakan diri kepada manusia dengan nama YHWH adalah BUALAN belaka. Kejadian 2:6 justru mengajarkan bahwa manusia baru MEMANGGIL nama Tuhan sejak zaman Enos. Itu berarti sebelumnya Manusia belum memanggil Tuhan atau belum memberi Tuhan nama.  
 
Selanjutnya berfirmanlah Allah (Elohim) kepada Musa: "Akulah TUHAN (YHWH). Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa (El Shadday), tetapi dengan nama-Ku TUHAN (YHWH) Aku belum menyatakan diri. Keluaran 6:2-3

Ayat tersebut di atas menyatakan dengan GAMBLANG bahwa sebelum menyatakan diri kepada Musa, Sang Pencipta menyatakan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub dengan nama El Shadday yang artinya Allah Yang Mahakuasa. Kepada Musalah El Shadday menyatakan diri dengan nama YHWH.

ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN. Kejadian 13:4

Sesudah itu Ishak mendirikan mezbah di situ dan memanggil nama TUHAN. Ia memasang kemahnya di situ, lalu hamba-hambanya menggali sumur di situ. Kejadian 26:25

Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN. Kejadian 12:8

Karena Sang Pencipta baru menyatakan diri kepada Musa dengan nama YHWH lalu dengan NAMA apakah manusia-manusia zaman Enos sampai Abraham memenggil nama Sang Pencipta? Alkitab tidak menyatakannya dengan gamblang, namun dengan mudah kita dapat menarik kesimpulan, bahwa mereka TIDAK memanggil-Nya YHWH. Dan itu berarti Sang Pencipta punya nama Lain. Mungkin mereka memangil-Nya dengan NAMA El atau El Shadday.

Keluaran 6:2-3 mengajarkan dengan GAMBLANG bahwa kepada Abraham, Ishak dan Yakub Tuhan menyatakan diri dengan nama El Shaday. Karena belum pernah menyatakan diri dengan nama YHWH, mustahil Abraham, Ishak dan Yakub memanggil Sang Pencipta dengan YHWH. Mereka memanggilnya El Shadday yang artinya Allah Yang Mahakuasa.  El Shadday adalah nama Sang Pencipta.

Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengharubirukan laut, sehingga gelombang-gelombangnya ribut, -- TUHAN semesta alam nama-Nya. Yesaya 51:15
 
Tidaklah begitu Dia yang menjadi bagian Yakub, sebab Dialah yang membentuk segala-galanya, dan Israel adalah suku milik-Nya; nama-Nya ialah TUHAN semesta alam! Yeremia 10:16

Sebab sesungguhnya, Dia yang membentuk gunung-gunung dan menciptakan angin, yang memberitahukan kepada manusia apa yang dipikirkan-Nya, yang membuat fajar dan kegelapan dan yang berjejak di atas bukit-bukit bumi--TUHAN, Allah semesta alam, itulah nama-Nya. Amos 4:13

Berkali-kali melalui Yesaya dan Yeremia Sang Pencipta menyatakan bahwa nama-Nya adalah YHWH Tsaba yang artinya TUHAN semesta Alam. Sementara melalui nabi Amos, dia menyatakan bahwa nama-Nya YHWH Elohim Tsaba. Berdasarkan ayat-ayat Alkitab tersebut di atas kita menyimpulkan bahwa Sang Pencipta nama-Nya:

  1. El artinya Allah
  2. El Shadday artinya Allah Yang Mahakuasa
  3. YHWH
  4. YHWH Tsaba
  5. YHWH Elohim Tsaba

Kaum Namais MENYATAKAN bahwa YHWH adalah satu-satunya NAMA PRIBADI Sang Pencipta. Namun, dengan CARA berpikir kaum Namais, kita menemukan bahwa Sang Pencipta memiliki EMPAT bahkan LIMA nama pribadi. Bukankah itu berarti kaum Namais membual ketika kekeh jumekeh mengajarkan bahwa YHWH adalah satu-satunya nama Sang Pencipta?

Nama berguna untuk membedakan seseorang dengan yang lainnya atau sesuatu dengan sesuatu yang lainnya. Di dalam kehidupan manusia, pada hakekatnya hanya manusia yang memerlukan nama. Tumbuhan tidak memerlukan nama namun manusia perlu memberi nama kepada tumbuhan untuk membedakannya dari yang lainnya. Binatang tidak memerlukan nama, namun manusia perlu memberinya nama untuk membedakannya dari yang lainnya. Sang Pencipta tidak memerlukan nama, namun manusia memerlukan nama bagi Sang Pencipta untuk membedakan-Nya dari yang lainnya. Nama diberikan oleh manusia yang ingin membedakan sesuatu dengan sesuatu yang lainnya. Nama diberikan oleh manusia yang ingin menyatakan dirinya berbeda dari yang lainnya. Ketika manusia ingin membedakan Sang Pencipta dari yang lainnya, dia memberi-Nya nama. Ketika Sang Pencipta ingin menyatakan diri-Nya berbeda dari yang lain, Dia menamakan diri-Nya.

Sebelum menciptakan alam semesta, Sang Pencipta tidak memerlukan nama untuk membedakan diri-Nya dari ciptaan-Nya. Setelah menciptakan alam semesta, Sang Pencipta tidak memerlukan nama untuk membedakan diri-Nya dari ciptaan-Nya. Namun, ketika hendak menyatakan diri kepada manusia, Sang Pencipta memerlukan NAMA untuk membedakan diri-Nya dari yang lainnya. Bukan karena Dia butuh namun karena manusia yang membutuhkannya.

NAMA Sang Pencipta ada AWALNYA namun tidak ada AKHIRNYA. Artinya, sebelum ada manusia Sang Pencipta tidak punya nama karena tidak memerlukannya namun sekali BERNAMA, maka nama-Nya adalah untuk selamanya, untuk turun temurun sampai kekal KARENA manusia sejak diciptakan akan ada selamanya.

YHWH Bukan Nama Pribadi

Saya sering berkata, Sang Pencipta punya selera humor yang luar biasa. Nampaknya Sang Pencipta sudah menetapkan bahwa suatu hari kaum Namais akan dipermalukan oleh seorang bo bengcu alias no body.

Dengan PRASUPOSISI bahwa TEORI nama pribadi tidak boleh diganti yang diajarkan oleh kaum namais adalah BENAR, maka kita sepakat bahwa NAMA pribadi tidak boleh diganti atau diterjemahkan namun nama sebutan BOLEH diganti atau diterjemahkan. Apabila YHWH adalah nama pribadi, maka YHWH tidak boleh diganti atau diterjemahkan. Namun, bila YHWH bukan nama pribadi maka YHWH boleh diganti dan diterjemahkan. Apakah YHWH adalah nama pribadi?

Apabila Paijo adalah nama pribadi, MUSTAHIL menyatakan bahwa Paijo NAMANYA hai hai. Dengan menyatakan Paijo NAMANYA hai hai, itu berarti Paijo bukan nama pribadi. Apabila YHWH adalah nama pribadi, MUSTAHIL Alkitab mencatat bahwa YHWH nama-Nya Si Anu. Apabila Alkitab mencatat bahwa YHWH nama-Nya Si Anu, itu berarti YHWH bukan nama pribadi, namun Si Anu-lah nama pribadi YHWH. Apabila kaum Namais tidak MEMBUAL dan KONSISTEN dengan ajarannya, maka mereka HARUS menerima KENYATAAN ini. YHWH bukan NAMA PRIBADI karena Alkitab mengajarkan bahwa YHWH memiliki NAMA. Inilah yang tercatat di dalam Alkitab. 

YHWH shem QANNA El Qanna

Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu. Keluaran 34:14

YHWH … shem SAGAB

Pada waktu itu kamu akan berkata: "Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, beritahukanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah, bahwa nama-Nya tinggi luhur! Yesaya 12:4

YHWH Echad shem ECHAD

Maka TUHAN akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya satu-satunya. Zechariah 14:9


YHWH shem ELOHEI TSABA

dan Aku akan membawa kamu ke dalam pembuangan jauh ke seberang Damsyik," firman TUHAN, yang nama-Nya Allah semesta alam. Amsal 5:27

Ayat-ayat tersebut di atas dengan GAMBLANG mengajarkan bahwa YHWH nama-Nya Qanna alias Sagab alias Echad alias Elohei Tsaba. Apabila YHWH adalah nama PRIBADI, kenapa Alkitab mengajarkan bahwa YHWH memiliki nama? Nama pribadi MUSTAHIL memiliki nama. Nama yang memiliki nama adalah nama sebutan. Keempat ayat tersebut di atas mengajarkan bahwa YHWH bukan nama PRIBADI itu sebabnya YHWH MEMILIKI nama. Kaum Namais tidak tahu bahwa mereka tidak tahu.

YHWH adalah Nama Sebutan

-- yakni TUHAN, Allah semesta alam, TUHAN nama-Nya -- Hosea 12:5

That is, the LORD God of hosts. The LORD is His memorable name. Hosea 12:5

Di dalam Alkitab, kata NAMA diterjemahkan dari kata SHEM dalam bahasa Ibrani. Kata "nama-Nya" atau "His memorable name" dalam ayat tersebut di atas diterjemahkan dari kata Ibrani ZEKER. Di dalam kamus bahasa Ibrani kata ZEKER artinya: Ingatan, Kenangan, gelar, SEBUTAN. YHWH Zeker artinya YHWH adalah nama SEBUTAN.

Hosea 12:5 dengan GAMBLANG mengajarkan bahwa YHWH adalah nama SEBUTAN. YHWH bukan nama PRIBADI. Karena kaum Namais mengajarkan bahwa nama sebutan boleh diganti dan diterjemahkan, bukankah itu berarti YHWH boleh diganti dan diterjemahkan karena YHWH bukan nama PRIBADI namun NAMA sebutan.

Namais BEBAL

Kita sudah mempelajari bahwa mengganti nama Sang Pencipta bukan penghujatan dan penyembahan berhala. Untuk membacanya silahkan klik di sini. Kita juga sudah mempelajari bahwa manusia diberi KUASA untuk memberi nama kepada Sang Pencipta. Untuk membacanya silahkan klik di sini. Di dalam tulisan ini kita bahkan MERENDAHKAN diri dengan menganggap TEORI nama pribadi adalah STANDARD kebenaran. Namun kita menemukan KEBENARAN bahwa YHWH bukan nama Pribadi karena YHWH adalah nama SEBUTAN.
  
Kaum Namais tidak belajar Alkitab dengan cara yang benar, itu sebabnya mereka tidak memahami ajaran Alkitab dengan benar. Walaupun menyebut dirinya pencari kebenaran namun mereka tidak lebih dari orang-orang BEBAL. Apabila memang pencari kebenaran, bukankah seharusnya mereka BERTOBAT setelah kita  MENUNJUKKAN ajaran Alkitab yang benar? Mereka justru KEKEH JUMEKEH membenarkan diri dengan jumawa dan mengajarkan ajaran SESATNYA dengan congkak.

Ada seorang Namais TOLOL. Saya sebut dia tolol karena, walaupun sudah berkali-kali menunjukkan kesalahannya dan menasehatinya untuk belajar namun dia tetal berlaku BEBAL. Bukan saja tidak mau BERTOBAT dia justru mengagul-agulkan ketololannya dengan congkak. Dia menulis:

Dalam blog SS ini, hanya Hai2 yg tidak terima YHWH itu nama Pribadi Tuhan, beliau menganggap YHWH itu nama Marga, dan kata berikutnya yg ada ayatnya, TUHAN yg Nama-Nya Cemburuan, dll..... itulah nama YHWH yaitu Cemburuan=QANNA, dll yg bisa dia kutip penuh dari Alkitab LAI. Sayangnya beliau tdk mau mengakui bahwa QANNA, JIREH, Tsidkenu, dll itu Keterangan dari YHWH, atau saya sebut attribut atau sifat atau karya, tergantung kata dibelakang YHWH. Jadi kira-kira begini.

YHWH yg NAMANYA CEMBURUAN, Tuhan yg Pencemburu

YHWH ha shem QANNA, El-Qanna bisa kita artikan sebagai YHWH yg namaNya Cemburuan/Pencemburu, atau YHWH yg Pencemburu


Handai taulan sekalian, anda tahu kenapa saya menyebut orang yang menulis kalimat-kalimat tersebut di atas TOLOL? Karena, bila tidak menyebutnya TOLOL, maka saya harus menyebutnya GOBLOK. Bila tidak menyebutnya GOBLOK maka saya harus menyebutnya BEBAL. Bila tidak menyebutnya BEBAL, maka saya harus menyebutnya Nabi Palsu alias ANAK IBLIS yang mencoba menyesatkan umat Kristen. Saya menyebutnya TOLOL karena dia benar-benar tolol.

Bila tidak TOLOL mustahil dia sembarangan menyatakan, "Dalam blog SS ini, hanya Hai2 yg tidak terima YHWH itu nama Pribadi Tuhan."

Bila tidak TOLOL musthil dia nekad MEMFITNAH, "beliau menganggap YHWH itu nama Marga."

Bila tidak TOLOL mustahil dia berani MENGAJARKAN, "Sayangnya beliau tdk mau mengakui bahwa QANNA, JIREH, Tsidkenu, dll itu Keterangan dari YHWH, atau saya sebut attribut atau sifat atau karya, tergantung kata dibelakang YHWH."

Ha ha ha ha … Siapa bilang hai hai adalah satu-satunya orang di Komunitas Blogger Kristen SABDASpace ini yang tidak terima YHWH itu nama PRIBADI Tuhan? Kaum Namais yang menegakkan TEORI nama Pribadi dan Alkitab dengan GAMBLANG mengajarkan bahwa YHWH bukan nama pribadi.

Ho ho ho ho … Kapan hai hai mengajarkan bahwa YHWH adalah MARGA? Marga dari hongkong? YHWH adalah nama Tuhan. Namun, Alkitab degan gamblang mengajarkanbahwa YHWH bukan nama pribadi namun nama sebutan. Sang Pencipta TIDAK memiliki NAMA pribadi. Itulah yang diajarkan Alkitab.

Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung TUHAN, akan disediakan." Kejadian 22:14

Pada waktu itu Yehuda akan dibebaskan, dan Yerusalem akan hidup dengan tenteram. Dan dengan nama inilah mereka akan dipanggil: TUHAN keadilan kita! Yeremia 33:16

Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu. Keluaran 34:14

YHWH Raah atau YHWH Jireh atau YHWH Yireh. Raah artinya MELIHAT. Kenapa para Theolog dan penerjemah Alkitab memahami dan menerjemahkannya menjadi MENYEDIAKAN? Baiklah saya akan menjelaskannya. Sebelum menyediakan makanan untuk pesta, saya harus tahu berapa jumlah orang yang akan makan. Pengetahuan sebelum pesta berlangsung itu saya peroleh karena MELIHAT pesta itu sebelum pelaksanaannya. Pemikiran demikianlah yang mendasari para Theolog dan penerjemah memahami YHWH Raah sebagai YHWH Menyediakan atau YHWH Yang Menyediakan.

YHWH Tsedeq atau YHWH Tsikenu. Tsedeg artinya keadilan dan kebenaran.

Silahkan perhatikan kalimat yang saya beri warna MERAH.

YHWH Raah = YHWH Yang Menyediakan
YHWH  Tsedeq = YHWH Yang Adil dan Benar
YHWH Shem Qanna = YHWH nama-Nya Qanna
El Qanna =  Tuhan Yang Cemburu

Handai taulan sekalian, apa yang dilakukan oleh orang yang menulis kalimat di bawah  ini sebagai tafsiran dari Keluaran 34:14?

YHWH ha shem QANNA, El-Qanna bisa kita artikan sebagai YHWH yg namaNya Cemburuan/Pencemburu, atau YHWH yg Pencemburu

Dia MENGEDIT ayat Alkitab tersebut! Dia mengubah kalimat YHWH shem Qanna menjadi YHWH Qanna. Dia MEMBUANG kata SHEM seenak jidatnya. Dengan apa anda menyebut orang demikian? Mungkin anda menyebutnya PENYESAT namun saya lebih suka menyebutnya orang TOLOL nekad.

Misteri Nama IESOUS

Alkitab Perjanjian Baru di tulis dalam bahasa Yunani. Di sana tercatat dengan GAMBLANG bahwa nama Sang Juruselamat adalah IESOUS. Kaum Namais NEKAD mengajarkan bahwa NAMA Sang Juruselamat adalah Yeshua Hamashia. Prilaku demikian kembali menunjukkan betapa SESAT namun TOLOL-nya kaum Namais. Saya sebut SESAT karena mereka mengajarkan hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Alkitab namun saya sebut TOLOL karena bualan mereka menyangkal bualannya sendiri. Baiklah saya akan tunjukkan kesesatan dan ketololan mereka kepada anda.

Dari catatan sejarah kita tahu bahwa IESOUS hidup pada zaman di mana orang-orang Yahudi menggunakan bahasa ARAM sebagai bahasa ibu dan bahasa YUNANI sebagai bahasa pergaulan atau lingua franca. Pada saat itu bahasa Ibrani hanya digunakan oleh para ahli agama. Sesuai dengan kebudayaan Yahudi saat itu, hanya lelaki yang boleh mempelajari kitab-kitab Taurat, dengan demikian, jarang sekali ada wanita yang mampu berbahasa Ibrani.

Alkitab mencatat: Malaikat menyampaikan perintah Sang Pencipta agar Maria menamakan anaknya IESOUS. Bahasa apakah yang digunakan oleh malaikat ketika memberitahu bunda Maria tentang nama Sang Juruselamat? Apabila dia menggunakan bahasa Ibrani, maka Sang Juruselamat nama-Nya adalah YESUA atau YEHUSUA. Apabila menggunakan bahasa Aram, maka nama-Nya adalah EASHOA. Bila menggunakan bahasa Yunani, maka nama-Nya adalah  IESOUS.

Karena mereka sudah berkumpul di sana, Pilatus berkata kepada mereka: "Siapa yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu, Yesus Barabas atau Yesus, yang disebut Kristus?" Matius 27:17  

Ketika menghakimi Sang Juruselamat, bahasa apakah yang digunakan oleh Pontius Pilatus? Dengan nama apa dia menyebut Sang Juruselamat? Yesua atau Yehusua atau EASHOA atau IESOUS? Dengan bahasa apakah dia menyebut gelar Sang juruselamat? Hamashia (bahasa ibrani) atau M'sheekha (bahasa aram) atau Kristos (bahasa Yunani)?

Dan Pilatus menyuruh memasang juga tulisan di atas kayu salib itu, bunyinya: "Yesus, orang Nazaret, Raja orang Yahudi." Banyak orang Yahudi yang membaca tulisan itu, sebab tempat di mana Yesus disalibkan letaknya dekat kota dan kata-kata itu tertulis dalam bahasa Ibrani, bahasa Latin dan bahasa Yunani. Yohanes 19:19-21

IESOUS NAZORAIOS BASILEUS (Yunani), Iesus Nazarenus, Rex Iudaeorum (Latin), Yeshua` HaNotsri U'Melech HaYehudim. Yesus orang Nasareth raja orang Yahudi. Nama apakah yang tertulis di atas kayu salib? IESOUS atau Iesus atau Yeshua atau EASHOA?

Simon huios Ioannes atau Simon bar Jonah atau Simon bar Jochanan (Aram) atau Shimhone ben Yoenah (Ibrani (?)). Yesus memberinya nama Kefas (Aram) artinya Petros (Yunani) artinya Batu. Ketika Yesus menyapa Simon, apakah Dia menyapanya Simon huios Ioannes atau Simon bar Jonah atau Simon bar Jochanan atau Shimhone ben Yoenah? Alkitab mencatat Yesus menyapa Simon dengan nama: Simon huios Ioannes dan memberinya nama baru Kefas yang dalam bahasa Aram artinya batu. Selanjutnya Alkitab lebih banyak mencatat namanya Simon Petros.

Andreas adalah nama Yunani. Judas juga nama Yunani. Alkitab sama sekali tidak mencatat apakah Andreas dan Judas Iscariot serta Judas Tadeus memililiki nama Aram atau Ibrani. Sementara itu catatan sejarah menunjukkan bahwa pada zaman itu banyak orang-orang Yahudi yang memberi anak-anak mereka nama Yunani.

Alkitab sama sekali tidak pernah mencatat bahwa Sang juruselamat memiliki nama Aram atau nama Ibrani. Apakah itu berarti Sang Juruselamat memang diberi nama IESOUS, nama Yunani, nama yang diwahyukan melalui malaikat kepada bunda Maria? 

Apabila Sang Juruselamat nama-Nya IESOUS, bukankah itu berarti kaum Namais menjilat muntahnya sendiri ketika menerjemahkanya menjadi YESUA atau YEHUSUA?

Apabila Sang Juruselamat nama-Nya EASHOA, bukankah itu berarti kaum Namais juga menjilat muntahnya sendiri karena menerjemahkanya menjadi YESUA atau YEHUSUA?

Apabila Sang Juruselamat nama-Nya YESUA atau YEHUSUA bukankah kaum Namais menjilat muntahnya sendiri karena Alkitab Perjanjian Baru menerjemahkannya menjadi IESOUS?

Nama PRIBADI tidak boleh diterjemahkan atau diganti, bukankah itu ajaran kaum Namais? Kaum Namais mengajarkan bahwa Sang Juruselamat nama-Nya Yeshua. Alkitab Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani. Nama Sang Juruselamat yang tercatat di dalamnya adalah IESOUS. Apabila Nama Sang Juruselamat adalah Yeshua bukankah itu berarti nama pribadi BOLEH diterjemahkan, karena itulah yang DIAJARKAN oleh para rasul dan itulah yang tercatat di dalam Perjanjian Baru? Bukankah itu berarti kaum Namais HARUS menjilat muntah sendiri karena mengajarkan ajaran yang bertentangan dengan Alkitab? Saya menyebut mereka PEMBUAL, anda lebih suka menyebut mereka PENYESAT atau NABI PALSU? Menjilat muntahnya sendiri, mang enak?

Kebenaran yang tidak konsisten bukan kebenaran sejati.

Biarkan para PEMBUAL terus membual hingga MENYANGKAL bualan mereka sendiri.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bertzzie's picture

[Ask] Zekher

 Gw pensaran, soalnya dari e-sword, kata "zekher" itu terjemahannya :

 
a memento, abstractly recollection (rarely if ever); by implication commemoration: - memorial, memory, remembrance, scent.
 
(kamus strong's)
 
Ko Hai Hai dapet dari kamus apa ya yang ada gelar, sebutan dalam terjemahan untuk kata Zekher ?
hai hai's picture

bertzzie, kamus strong

-- yakni TUHAN, Allah semesta alam, TUHAN nama-Nya -- Hosea 12:5

a memento, abstractly recollection (rarely if ever); by implication commemoration: - memorial, memory, remembrance, scent.

Saudara bertzzie, sebenarnya dari kata-kata bahasa Inggris yang anda kutip tersebut di atas anda dapat menyimpulkan hal yang sama. Anda hanya perlu memahami kata-kata tersebut dalam bahasa Indonesia.

Untuk melihat dari mana saya mengambil ayat tersebut, silahkan klik di sini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Anak El-Shadday's picture

Mana Pwi??????

baru inget: PL ditulis dalam bahasa ibrani, PB dalam yunani.

Hayooooo pwi..... Iesous apa Yeshua????? hayoooooo............

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

__________________

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

GODARMY's picture

Duh ternyata kemarin feeling

Duh ternyata kemarin feeling gua bener nih bahas ini lagi HAHAHAHAHA.....

emang kalo doa, gak pakai YHWH.... Tuhan gak ngerti ya ko hai:D:D:D....

kudu pakai GUIDE/PENERJEMAH  dong di surga kayaknya....hehehe..

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

hai hai's picture

godarmy, Kita Hajar ...

godarmy, satu-satunya cara untuk membungkam kaum Namais adalah membuat mereka tidak berkutik dengan jurus mereka sendiri.

Sebenarnya saya sudah malas menulis tentang hal ini, karena dari dua tulisan saya sebelumnya, ini dan ini sudah jelas sekali. Namun ya namanya juga kaum Namais, mereka kembali lagi seolah olah kedua tulisan itu belum perrnah ditulis. Itu sebabnya saya membuat tulisan ini lagi. Dengan demikian, di masa depan, bila mereka macam macam lagi, saya tinggal menghajarnya dengan menunjukkan link.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DEDE WIJAYA's picture

@ Hai2 tt nama YESUS

Malaikat sangat mungkin berbicara dalam bhs Ibrani dan bukan yunani kepada Maria. Kebiasaan zaman itu mereka bicara dalam bhs Ibrani dan sedikit bhs Aram. Memang para murid Menulis Kitab2 dalam bhs Yunani menurut keyakinan hampir sebagian besar Teolog.

Nama Yesus yg disampaikan Malaikat itu  bhs Ibraninya YAH-Shua, kalo bhs Aram Yeshua. Saya berasumsi Malaikat bicara tdk dalam bhs Yunani kepada Maria, mengingat percakapan masyarakat zaman Alkitab di masa Yesus, mereka menggunakan bhs Ibrani dan Aram.

Nah, nama YAS-Shua (Ibrani), Yeshua (Aram), ditransliterasikan oleh para murid Yesus ketika menulis PB dalam bhs Yunani IESOUS. Ini bukan menerjemahkan (Translasi) tapi Transliterasi, dalam artikel blog saya, saya sudah menekankan bedakan "Transliterasi"  (Adopsi dg ubah dikit, kira2 arti simplenya gitu) dengan kata "Translasi" (menerjemahkan).

Kaum NAMAIS atau Gerakan Nama Suci, sebagian besar tdk terlalu memusingkan soal cara lafal, selama masih bentuk TRANSLITERASI ya gpp. Sebagian kecil lain, tdk mempersoalkan bhw nama "YHWH" ketika Para murid menulis PB mereka menggantinya dg "KURIOS" (bhs Yunani), meski ada Alkitab2 yg tetap terjemahkan di kemudian hari di PB mereka menulis YAHWEH=YHWH=JEHOVAH dan bukan "Kurios"

Saya kuatir Hai2 menarik kesimpulan dan melebih2kan, bisa2 orang Kristen seperti saya, dll dicap abis KAUM NAMAIS (Baca paragraf I dan 2 Hai2, caranya menulis dan menarik kesimpulan bisa menyesatkan orang2).

dede wijaya

__________________

dede wijaya

Samuel Franklyn's picture

@Dede: Pergunakanlah akal budi anda

Malaikat sangat mungkin berbicara dalam bhs Ibrani dan bukan yunani kepada Maria. Kebiasaan zaman itu mereka bicara dalam bhs Ibrani dan sedikit bhs Aram. Memang para murid Menulis Kitab2 dalam bhs Yunani menurut keyakinan hampir sebagian besar Teolog.

Nama Yesus yg disampaikan Malaikat itu  bhs Ibraninya YAH-Shua, kalo bhs Aram Yeshua. Saya berasumsi Malaikat bicara tdk dalam bhs Yunani kepada Maria, mengingat percakapan masyarakat zaman Alkitab di masa Yesus, mereka menggunakan bhs Ibrani dan Aram.

Apakah Tuhan Yesus ingin kita memanggil Dia memakai nama IbraniNya? Kalau Dia ingin manusia memanggil Dia dengan nama IbraniNya bukankah Yesus seharusnya mengatur sehingga PB ditulis dalam bahasa Ibrani? Ini pemikiran sederhana berdasarkan akal sehat semata-mata. Apakah Yesus berkuasa atas segala sesuatu? Ya dan amin Yesus memang berkuasa atas segala sesuatu. Kalau Dia ingin dipanggil dengan nama IbraniNya maka adalah hal yang mudah sekali bagi Yesus untuk mengatur supaya PB ditulis dalam bahasa Ibrani. Tapi faktanya PB ditulis dalam bahasa Yunani. Apa alasannya para rasul menulis PB dalam bahasa Yunani? Mari pergunakan akal budi anda.

DEDE WIJAYA's picture

@ SF anda salah mengerti

Saya hanya meluruskan artikel yg ditulis Hai2 tt IESOUS, dimana beliau menulis Malaikat pasti ngomong ke Maria, namakan anakmu IESOUS (bhs Yunani), dg asumsi Hai2 malaikat ngomong pake bhs Yunani, karena dia pikir PB ditulis bhs Yunani. Padahal sangat mungkin bukan Yunani, karena msayarakat waktu bhs sehari2nya itu bicara pake bhs Ibrani dan Aram.

Saya dari dulu menyebut IESOUS ya YESUS, tdk pusing kok, anda silahkan saja tetap panggil YESUS, ini kan Transliterasi bukan Translasi, mohon dimengerti saya tdk pernah ngotot, bhw harus panggil YESUS itu YAHSHUA  (Ibrani) atau YESHUA (Aram)..

Oh ya SF, dalam respon anda atas pertanyaan Petrus Wijayanto, anda menulis:

"siapa nama Bapa itu? YHWH atau ALLAH?

Nama Bapa adalah Bapa dari Yesus. Bapa dari Yesus adalah nama. Kalau misalkan saya ditanya siapa nama Samuel Franklyn maka jawabnya adalah Samuel Franklyn. Siapa nama Bapa? Bapa dari Yesus. Anda paham kan definisi nama? Nama adalah sesuatu yang kita gunakan untuk membedakan antara pribadi yang satu dengan pribadi lainnya. Kalau kita menyebut nama Bapa sebagai Bapa dari Yesus. Maka sudah jelas sekali siapa pribadi yang kita maksud. Jadi Bapa dari Yesus adalah nama. Dan nama ini jelas dipakai oleh para Rasul dan dipakai oleh Tuhan Yesus sendiri. Saya mengikuti teladan Yesus dan para Rasul. Siapa teladan yang kamu ikuti?"

dede Jawab: anda mempermalukan diri anda sendiri dg cara menjawab demikian. Baca saja Alkitab kita, ketika kata "TUHAN" , jelas buanyak ayat, berkata Nama Bapa itu YHWH. kok bisa2nya anda menulis seperti di atas, nama Bapa adalah Bapa dari Yesus. Ehm ada apa dg SF?

dede wijaya

__________________

dede wijaya

Samuel Franklyn's picture

@Dede: Kapan Yesus berkata nama BapaNya adalah YHWH

anda mempermalukan diri anda sendiri dg cara menjawab demikian. Baca saja Alkitab kita, ketika kata "TUHAN" , jelas buanyak ayat, berkata Nama Bapa itu YHWH. kok bisa2nya anda menulis seperti di atas, nama Bapa adalah Bapa dari Yesus. Ehm ada apa dg SF?

Dede sebaiknya anda tunjukkan ayat dalam Firman dimana Yesus menyebutkan bahwa nama BapaNya adalah YHWH. Kalau tidak ada dalam Firman bukankah anda yang mempermalukan diri anda sendiri? Yesus selalu berkata BapaKu. Para rasul berkata Bapa dari Tuhan Yesus. Nggak ada Firman dimana Yesus berkata nama BapaKu adalah YHWH. Dede anda tidak berpedoman Firman melainkan pemikiran anda sendiri maka bertobatlah dan akui kesalahan anda.

DEDE WIJAYA's picture

@ SF anda salah mengerti2

statement anda yg saya bilang salah itu ini lho:

anda mempermalukan diri anda sendiri dg cara menjawab demikian. Baca saja Alkitab kita, ketika kata "TUHAN" , jelas buanyak ayat, berkata Nama Bapa itu YHWH. kok bisa2nya anda menulis seperti di atas, nama Bapa adalah Bapa dari Yesus. Ehm ada apa dg SF?

lalu anda lari ke Yesus. yg saya kritisi itu Nama Bapa = Bapa dari Yesus. ini ya naeh banget toh. Mari kita lihat dan baca Alkitab LAI.

 Yes 63:16

Bukankah Engkau Bapa kami? Sungguh, Abraham tidak tahu apa-apa tentang kami, dan Israel tidak mengenal kami. Ya TUHAN (YAHWEH), Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "Penebus kami" sejak dahulu kala. 1 2

(0.52)

ORANG ISRAEL berkata"

Yoh 8:41

Kamu mengerjakan pekerjaan bapamu sendiri." Jawab mereka: "Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah."

 Yoh 12:28

Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga: "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!"

 Yoh 17:11

Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

(0.67)Yoh 17:12

Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

(0.60)Yoh 17:6

Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu. 1

(0.60)Yoh 17:26

dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."

(0.60)Rm 15:9

dan untuk memungkinkan bangsa-bangsa, supaya mereka memuliakan Allah karena rahmat-Nya, seperti ada tertulis: "Sebab itu aku akan memuliakan Engkau di antara bangsa-bangsa dan menyanyikan mazmur bagi nama-Mu."

(0.60)Why 15:4

Siapakah yang tidak takut, ya Tuhan, dan yang tidak memuliakan nama-Mu? Sebab Engkau saja yang kudus; karena semua bangsa akan datang dan sujud menyembah Engkau, sebab telah nyata kebenaran segala penghakiman-Mu."

(0.48)Why 11:18

dan semua bangsa telah marah, tetapi amarah-Mu telah datang dan saat bagi orang-orang mati untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi."

dede wijaya

__________________

dede wijaya

sandman's picture

DEDE anda nakal..

saya klik ayatnya .. kok gak ada YAHWEHNYA yah??

Yesaya 63:16

Bukankah Engkau Bapa kami? Sungguh, Abraham tidak tahu apa-apa tentang kami, dan Israel tidak mengenal kami. Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; nama-Mu ialah "Penebus kami" sejak dahulu kala.

Enak yang merubah ayat seenak udel sendri, hanya demi kepentingan pemahaman kamu..   JIJIK saya melihat cara ANDA...

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

DEDE WIJAYA's picture

@ Sandman tt Anda Nakal

TUHAN di Alkitab LAI itu bhs aslinya YHWH (Ibrani). Jadi saya tdk nakal. Btw mohon dunk dg kata2 sopan. Ntar kalo teman2ku baca, dia pikir ada Roh Kebencian yg sangat dalam dlm diri anda. GBU Sandman.

Jika anda bingung, baca kata "Yahweh" di Kamus Alkitab LAI bagian belakang.

dede wijaya

__________________

dede wijaya

sandman's picture

DD apa di alkitab sabda tertulis begitu?

silahkan memakai alkitab elektronik ILT saja DD, tulislah sesuai dengan apa yang anda copy paste jangan maen tambah2 seenaknya dong,  toh jika ada orang yang teliti juga akan tahu jika  anda merekayasa sendiri.. untuk kepentingan pemahaman anda toh? Benci? untuk apa saya benci kepada anda? Pernah bikin salah kepada saya? Aneh anda ini...

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Samuel Franklyn's picture

@Dede: Jawab dulu pertanyaan saya

Anda berkata nama Bapa adalah YHWH. Sedangkan PB ditulis dalam bahasa Yunani dan tidak ada kata YHWH didalamnya. Bukankah anda membuat kesalahan fatal? Lihat semua ayat dalam PB bukankah tidak ada kata YHWH didalamNya? Nama Bapa adalah Bapa dari Yesus adalah pernyataan yang sangat wajar dan logis kalau ditinjau dari makna kata nama. Nama digunakan untuk membedakan pribadi yang satu dengan pribadi lainnya. Dengan menggunakan nama Bapa dari Yesus maka jelas sekali siapa pribadi yang saya maksud. Kenapa Bapa dari Yesus bukanlah nama Bapa yang valid? Bagi saya nama Bapa dari Yesus sangatlah wajar dan logis dan sesuai dengan makna kata dari nama.

Samuel Franklyn's picture

@Dede: Anda memfitnah Hai-hai

Dede berkata:

Saya hanya meluruskan artikel yg ditulis Hai2 tt IESOUS, dimana beliau menulis Malaikat pasti ngomong ke Maria, namakan anakmu IESOUS (bhs Yunani), dg asumsi Hai2 malaikat ngomong pake bhs Yunani, karena dia pikir PB ditulis bhs Yunani. Padahal sangat mungkin bukan Yunani, karena msayarakat waktu bhs sehari2nya itu bicara pake bhs Ibrani dan Aram.

Hai-hai berkata:

Alkitab mencatat: Malaikat menyampaikan perintah Sang Pencipta agar Maria menamakan anaknya IESOUS. Bahasa apakah yang digunakan oleh malaikat ketika memberitahu bunda Maria tentang nama Sang Juruselamat? Apabila dia menggunakan bahasa Ibrani, maka Sang Juruselamat nama-Nya adalah YESUA atau YEHUSUA. Apabila menggunakan bahasa Aram, maka nama-Nya adalah EASHOA. Bila menggunakan bahasa Yunani, maka nama-Nya adalah  IESOUS.

Dede anda memfitnah Hai-hai. Hai-hai tidak berkata malaikat pasti ngomong ke Maria dalam bahasa Yunani. Hai-hai cuma mengemukakan kemungkinan-kemungkinan bahasa apa yang digunakan oleh malaikat. Malaikat pasti menggunakan bahasa yang dimengerti Maria. Ada tiga kemungkinan bahasa yang dipakai malaikat: Yunani, Aram atau Ibrani. Dede anda harus minta maaf kepada Hai-hai dan mengakui kesalahan anda. Dede saya lihat kelakuan anda makin hari makin bejat. Mungkin ini saatnya anda introspeksi diri kenapa bisa begitu? Apakah karena doktrin yang anda pegang?

1 Korintus 11:31
(31)  Kalau kita menguji diri kita sendiri, hukuman tidak menimpa kita.
 

DEDE WIJAYA's picture

@ Hai2 dan SF, SAya Minta maaf

Maafkan saya, kata PASTI membuat saya jadi menfitnah Hai2, kepada Hai2 saya minta maaf. oke semoga SF puas. Mari kita lanjutkan diskusi dg kata saopan dan santun. GBu all

dede wijaya

__________________

dede wijaya

hai hai's picture

Dede, Lain Kali ....

Dede Wijaya, lain kali baca tulisan saya dengan teliti sebelum memberi komentar. Bila tidak, maka anda akan kembali dipermalukan.

Bila boleh memberi saran, menulislah tentang hal-hal yang benar-benar anda kuasai. Belajar dulu sampai paham benar baru mengajar. Lambat sedikit tidak masalah selama yang anda ajarkan benar.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Pniel's picture

@Dede, anda reinkarnasi dari Charles Darwin.

De, semua teori anda tidak ada yang berdasar kitab suci, tetapi pakai ilmu kira-kira. Apakah ini yang anda maksud dengan 'Alkitabiah'? Alkitabiah cap kura-kura?? hahaha....

Pertanyaan : darimana anda tahu bhw Malaikat tsb berbicara dalam bahasa Ibrani?

Jawab : pake ilmu kira-kira

Pertanyaan : darimana anda tahu bhw Malaikat tsb berbicara tidak dalam bahasa Yunani ?

Jawab : pake ilmu kira-kira

Pertanyaan : dasar Alkitabnya mana?

Jawab : tidak ada, hanya pake ilmu kira-kira.

Hahaha....De, melihat anda saya teringat dengan Charles Darwin yang mengira-ngira nenek moyang manusia berasal dari kera/monyet.

Rupanya roh Charles Darwin ber-reinkarnasi ke tubuh loe dan mulai menyebarkan BUALAN ala agamais. Atau bisa jadi roh para cenayang yang memberi ilham NAMA kepada loe.

Dede menulis : Sebagian kecil lain, tdk mempersoalkan bhw nama "YHWH" ketika Para murid menulis PB mereka menggantinya dg "KURIOS" (bhs Yunani), meski ada Alkitab2 yg tetap terjemahkan di kemudian hari di PB mereka menulis YAHWEH=YHWH=JEHOVAH dan bukan "Kurios"

Kalau diperhatikan, ulah sesat DEDE ini sangat halus didalam berargumentasi. Argumentasi PB (Autograph) yang asli YUNANI yang menggunakan kata KURIOS, TIBA-TIBA DIBELOKKAN ke arah terjemahan PB dalam bahasa IBRANI (YHWH). Ini merupakan pola umum dari para PEMBUAL didalam berargumentasi agar orang lain ikut-ikutan terseret didalam PEMBELOKAN argumentasinya.

Jadi kalau para pendekar SS mau menghajar PEMBUAL sekiranya lebih baik kalau mengamati jurus-jurus MABOKnya terlebih dahulu agar tidak ikut-ikutan teler...hehehe.....

Pertanyaan untuk Dede :

Autograph PB aslinya dalam bahasa apa?

Apakah anda percaya bahwa autograph PB adalah ILHAM ROH KUDUS yang INNERANT dan INFALLIBLE?

Kalau kedua jawaban anda diatas adalah 'Yunani' dan 'ya', maka adalah PUKULAN TELAK bagi teori BUALAN kalian mengenai keharusan penggunaan nama YHWH, dan yang pastinya larangan kata ALLAH juga akan segera ikut musnah bersama BUALAN yang pertama.

Dan perlu diingat bahwa Perjanjian Lama yang dibaca oleh Tuhan Yesus di Synagoge adalah Perjanjian Lama versi YUNANI yang dikenal dengan 'SEPTUAGINTA' / LXX  sehingga semua kata YHWH diganti dengan KURIOS. Sehingga Yesus dan para murid tidak pernah menggunakan kata YHWH semasa hidup mereka. Ilhan Roh Kudus didalam PB (autograph) menyatakan kebenaran ini dengan tidak ada satupun menulis YHWH. Pun di SEPTUAGINTA yang mulai terkenal abad 3 SM (300 tahun sebelum Kristus) dimana kitab tsb menjadi kitab PL resmi dari Yudaisme tidak mencantumkan YHWH selain BUALAN NAMAISME.

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

DEDE WIJAYA's picture

@ Pniel Gaya Bhs anda

Pniel yg penuh hikmat,

Saya pikir tdk berlebihan bagi saya menafsirkan bhs Malaikat ke Maria itu bhs Ibrani atau Aram, mengapa? Mengingat bhw percakapan sehari2 masyarakat Israel waktu itu pake bhs Ibrani atau Aram.

Katakanlah, saya SALAH dalam hal ini. Argumen Hai2 pun juga kira2 lho, Saya pikir asumsi beliau karena PB dalam bhs Yunani, kita sepakat hal ini, maka Malaikat pake bhs Yunani. Ehm ini asumsi juga.

Pniel, gaya bicara anda penuh kesombongan, roh keangkuhan, dan menggiring orang2 di SS ini maybe dg tujuan "MENJATUHKAN CITRA" Pembunuhan Karakter. Orang2 yg bicara seperti ini, amat saya sayangkan. Dia pastilah bukan orang Kristen dewasa dalam karakter. Bandingkan dengan Aditya Kusno, pemuda GRII Karawaci yg santun dalam berbahasa. Jauh sekali, kebanyakan orang2 reformed dan GRII yg ditemui teman2 saya dalam berdebat/bertukar pendapat/diskusi, cara bicaranya seperti anda. Ada Apa ya?

Semoga saya tdk membunuh Karakter orang2 reformed dan GRII, karena saya masih temukan satu dua orang Reformed dan atau GRII yg berbhs dg sopan dan baik.

Soal PB Yunani, saya sepakat dg anda, dan sepakat dg sebagian besar Teolog dan peneliti, bhw PB ditulis dalam bhs Yunani, sbg Kristen Fundamental, hal ini tdk perlu anda ragukan, kami percaya bahkan sampai MT dan TR (Naskah salinan dari Naskah Asli/Autograf) dipelihara tanpa salah sedikitpun oleh YAHWEH. Kami percaya Verbal Plenary Inspiration dan Verbal Plenary Presevervation. Namun tdk KJV only-ism, tapi KJV Superior.

Saya pernah baca bhw yg Yesus baca itu Septuaginta (PL dalam bhs Yunani). Apakah benar atau tdk, maybe butuh penelitian pakar.  Mengingat Bhs sehari2 Aram dan Ibrani. Kita misalkan bahwa ini BENAR. Yesus menyebut YHWH=YAHWEH dengan ganti KURIOS, gpp toch,

Saya kan meyakini YHWH=YAHWEH sbg Nama Diri (Proper Name), dan tdk mengatakan bhw saya MENENTANG terjemahan kata YHWH ke Kurios. yg pasti meluruskan saja bhw Nama Pribadi itu YHWH=YAHWEH.

banyak kutipan PB bersumber dari PL, dan kutipan2 PL itu jelas2 PL ada kata YAHWEH. soal kemudian PB ditulis dalam bhs Yunani menggantinya dengan KURIOS, bg saya no problem. Toch orang2 Yahudi yg baca surat2 PB tahu pasti itu YHWH.

Orang yg berseru kepada Nama KURIOS dia akan diselamatkan, (ayat PB dari kuitpan ayat PL), pada waktu khotbah Petrus kalo ndak salah. orang Yahudi tahu KURIOS di situ maksudnya YAHWEH. Kurios nama panggilan/general name/general appelation, sedang YAHWEH Proper Name, nama Diri.

dede wijaya

__________________

dede wijaya

jesusfreaks's picture

@dedew : LEBAY LOE

Halah dedew, gw rasa lo pantas diperlakukan dengan JUNGLE way.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Pniel's picture

@Dede, kalau salah mengakulah..jangan BEBAL.

Anda kira saya tidak tahu bahwa maksud anda mengira-ngira adalah untuk melebih-lebihkan argumentasi anda bhw bahasa asli PB adalah Ibrani sehingga menggiring argumentasi ke isue bhw Yesus dan para rasul juga menggunakan nama itu ??

Anda hanya membatasi bhw bahasa resmi saat itu adalah Ibrani dan Aram, padahal YANG BENAR ADALAH bahwa bahasa Ibrani (campuran bahasa Kasdim dan Aram / Syro Chaldaic) HANYA dipergunakan oleh para imam dalam ibadah. Pun bahasa Ibrani tsb sudah bercampur dengan Yunani dikarenakan Kitab PL yang mereka pakai adalah SEPTUAGINTA/LXX dan bukannya PL Ibrani. Sedangkan untuk bahasa pergaulan dipakai bahasa Aram dan Yunani. Untuk yang terakhir ini lebih dipastikan sering digunakan mengingat saat itu Israel ada didawah penindasan bangsa Romawi yang menggunakan full Yunani sebagai bahasa pergaulan. Dan tulisan PB (autograph) menguatkan hal ini bhw bahasa pergaulan maupun tulisan adalah Yunani.

Tuhan mengatur jalannya sejarah sehingga dengan adanya penjajahan Romawi atas Israel menyebabkan secara luas penggunaan Bahasa Yunani dipergunakan diwilayah tsb. Dan ini memungkinkan penyebaran Injil diseluruh kekaisaran Romawi. Bayangkan apa jadinya kalau Injil ada dalam bahasa Ibrani/Aram, tentunya akan menjadi kesulitan yang besar dan Israel menjadi terasing di wilayah kerajaan Romawi yang luas shingga Injil tidak bisa diberitakan.

Memangnya ada apa dengan gaya bahasa saya, kawan? Anda tak sanggup menjawab argumentasi2 saya lantas anda tuduh saya sombong? Anda mau alihkan perhatian dari ketidakmampuan anda membela BUALAN anda ke issue karakter? Kalimat mana dari argumentasi saya yang mengindikasikan sombong? TUNJUKKAN! Kalau anda tidak bisa tunjukkan , maka saya hanya bisa mengatakan bahwa ini adalah BUALAN anda yang lain di SS selain issue YHWH ini.

Tujuan saya berargumentasi di SS ini sama dengan tujuan yang ingin anda capai, yaitu sama-sama menggiring orang ke tujuan tertentu. BEDANYA saya dengan anda adalah : saya berusaha menggiring orang di SS agar TIDAK TERSESAT dengan bualan anda, sedangkan tujuan anda adalah agar orang di SS menganggap anda punya wangsit mengenai nama kudus (sacred name) ini...ya HANYA anda saja yang dapat wangsit sedangkan orang2 di SS yang non NAMAIS dapetnya cuman pangsit. Ha...Hahaha...

Kalau saya tidak heran bahwa orang SESAT pasti BEBAL tetapi masih berani ngaku ALKITABIAH tanpa pernah berhasil melalui ujian Alkitab. Anda jengkel dengan saya? SILAHKAN. Kalau anda lihat postingan saya di SS ini, saya tidak selalu bicara 'keras' spt ini kecuali pada orang BEBAL. Dan segera akan diketahui bahwa kekerasan saya DIDASARI pada sikap MENCINTAI KEBENARAN lebih daripada PERDAMAIAN DENGAN KESESATAN.

Silahkan bantah argumentasi yang ada.  Apakah amunisi anda sudah habis? Kenapa tidak menyerah saja? Apa mau menerapkan prinsip 'LEBIH BAIK MATI DARIPADA MENYERAH'? Ok..terserah anda. Itu urusan anda dengan TUHAN. Kalau HARDIKAN saya tidak anda hiraukan, kelak anda akan berhadapan dengan KEHANGATAN AMARAH TUHAN, dimana tidak ada seorangpun yang sanggup bertahan dihadapannya.

Dede menulis : Saya pernah baca bhw yg Yesus baca itu Septuaginta (PL dalam bhs Yunani). Apakah benar atau tdk, maybe butuh penelitian pakar.  Mengingat Bhs sehari2 Aram dan Ibrani. Kita misalkan bahwa ini BENAR. Yesus menyebut YHWH=YAHWEH dengan ganti KURIOS, gpp toch,

Saya kan meyakini YHWH=YAHWEH sbg Nama Diri (Proper Name), dan tdk mengatakan bhw saya MENENTANG terjemahan kata YHWH ke Kurios. yg pasti meluruskan saja bhw Nama Pribadi itu YHWH=YAHWEH.

Eerdman's Family Ensiklopedia of the Bible menuliskan : Salah satu terjemahan yang paling penting adalah versi Yunani dari PL, yaitu Septuaginta. Orang-orang Yahudi yang berbicara bahasa Yunani dan banyak orang-orang Kristen menggunakan Septuaginta pada abad-abad awal Kristen. Dokumen awal lainnya , Surat Aristeas, memberikan kesan bahwa Septuaginta disusun bagi orang -orang Yahudi yang hidup di Mesir selama pemerintahan Firaun Ptolemy P (285-246 SM). Yunani adalah bahasa utama dri kekaisaran Romawi  dan beberapa versi  Yunani lain dari PL digunakan pada abad-abad awal Kristen (hal.66).

Halley's Bible Handbook : Suatu terjemahan bahasa Yunani dari PL disebut SEPTUAGINTA dibuat pada abad ke 3 SM, digunakan secara umum pada zaman Yesus. Yunani adalah bahasa yang digunakan secara umum diseluruh dunia Romawi (hal 753-754).

dll...

Beberapa bukti dari Alkitab sendiri adalah bahwa PB banyak kali mengutip PL dari Septuaginta bukan dari kitab PL Ibrani, diantaranya

- Kis.7:14 = 75, PL Ibrani = 70 tetapi Septuaginta= 75

- Mat.12:17-21menterjemahkan dari versi Septuaginta bukan PL Ibrani.

- Mat.13:14-15 mengutip Yes.6:9-10 versi Septuaginta bukan PL Ibrani.

- Mat.13:35 mengutip Mazmur.78:2 versi Septuaginta bukan PL Ibrani.

- Kis.8:32 mengutip Yes.53:7-8 versi Septuaginta bukan PL Ibrani.

-dll...

Kalau dengan argumentasi Biblical dan dari para ahli ini anda anggap masih kurang valid maka benarlah bahwa NAMAIS ADALAH ORANG SESAT YANG BODOH.

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

DEDE WIJAYA's picture

@ Hai2 tt Nama Ibrani, Yunani, Aram

meluruskan sedikit dari artikel hai2 diatas. Ada info dari Alkitab bahwa:

Bebrapa tokoh PB punya beberapa nama, mulai dari nama Ibrani dan atau Aram dengan nama Yunani, misalnya Simon, Petrus, Kefas,

salah satu kandidat murid pengganti Yudas punya 3 nama, dll.

dede wijaya

__________________

dede wijaya

GODARMY's picture

Hehehe...gua cerita dikit..

Hehehe...gua cerita dikit.. beberapa tahun yg lalu,gua lupa kapan persisnya...di seluruh gereja di kota saya(Jatim),
mendapat buku gratis judulnya"WHO IS THIS ALLAH" karangan G.J.O MOSHAY, sampulnya warna hijau,tebalnya 235 halaman...
bayangkan jika seumpama seluruh jemaat di kota ada 1000 orang berapa yg udah membaca? anggap saja 50 persen sudah 500 orang...
mereka berani menyebarkan ini secara gratis tisss, apa tujuannya?...kan agar kita ikut ajaran kek gitu toh?bener gak..
gua dah baca buku itu...dan banyak jemaat yg percaya, tapi selang beberapa bulan kemudian dah gak ada kabarnya lagi.
waktu gua baca tuh buku gua juga mikir...gua tobat bukan karena nama Allah tapi nama Yesus..bahkan masih banyak nyanyian yg pakai nama Allah..
dan hasilnya juga kita sukacita kok..hehehe...
kalo mo ngomongin nih ajaran( yg katanya ko hai kaum NAMAIS):D....waktu itu mereka mengatakan "ITULAH AJARAN KEBENARAN SEJATI"...
gua jadi mikir kek gini berarti ajaran Yesus gak sejati dong kalo nurutin ajaran mereka,kita kan udah dimerdekakan oleh Kristus...dan lagi gak harus pakai nama YHWH kan kalo mau doa/ngusir setan
kan diajarkan pakai nama Yesus.
Apakah Yesus itu bukan Tuhan?...Apakah Roh Kudus itu bukan Roh Tuhan?...itu yg jadi pertanyaan gua..Jadi gak harus kan mo ngapain(doa,baca alkitab dll),DIWAJIBKAN/ DIHARUSKAN PAKAI NAMA YHWH..bener gak.hehehe..
Gua juga mikir Kalo mereka mengatakan ajaran sejati/kebenaran sejati....kenapa gak sekalian jadi kaum PERBUATANIS?...nurut aja ama alkitab kayak gereja mula-mula antara lain: Perjamuan tiap hari kek, menjual harta mereka bersama-sama kek, lalu ngumpul jadi satu kayak gereja mula-mula,nyebarin ajaran dengan jalan kaki(jangan pakai kendaraan, naik keledai aja ky Tuhan Yesus/naik onta)...mau nggak kira-kira?.kenapa cuma nama Allah saja yg dipersoalkan? kenapa mereka gak ngajarin sekalian hidup seperti gereja mula-mula?
itu yg jadi pertanyaan gua saat itu...kalo soal kumpul mengumpul juga sudah dilakukan SIBUEYA/SIBUAYA, David Koresh dll....tapi apa hasilnya?hehehe...
Akhir jaman ini kan banyak kaum ,mulutis yang katanya dapat nubuat dari Tuhan selalu diawali dengan"SAUDARA-SAUDARA SAYA MENDAPAT NUBUAT INI ITU DARI TUHAN...."...,kaum kupingis yg katanya bisa mendengar suara Tuhan selalu diawali"SAUDARA-SAUDARA SAYA MENDENGAR TUHAN BERBICARA.....",...kaum matais yg katanya bisa melihat roh yg selalu diawali"SAYA MELIHAT ANDA PUNYA ROH DUSTA,ROH ZINAH,ROH NAJIS,ROH MELARAT,ROH KUTUK DLL,DLL,DLL..."...kalo dapat bencana katanya Perpuluhannya kurang hahahahahaha...
nah saya dan saudara yg lain yg berposisi hanya sebagai jemaat(domba yg bodoh) bukan tidak percaya, tapi kadang kalau kita tanya jadi kita harus ngapain pak...mereka kerap kali nggak memberi solusi hanya mengatakan "YA HANYA ITU YG DISAMPAIKAN TUHAN.....HIDUPLAH MENURUT ALKITAB" duh cuma ngomong gitu aja nggak jawab pertanyaan masalah kita-kita/dikonseling kek/didoain kek ato apa aja...ditinggalin begitu aja:D:D:D,paling disuruh baca buku referensi.....Kalo nggak nurut katanya DOSA ngelawan pendeta..Kalo nggak nurut katanya ngelawan Tuhan yg sudah memakai dia hahaha....
jadi gimana tentang ajaran kek gini?...kembali aja pada kita akan Iman kepada KRISTUS(Karena Dia jalan kebenaran dan hidup dan tidak ada seorangpun sampai kepada Bapa tanpa melalui Yesus) gitu aja..Namakah yg Tuhan pentingkan? ato ajaranNya dan perbuatan kita yg diinginkan Tuhan untuk menjadi sepert DIA?
hehehe...biar aja mo ngomong apa kek ato mbulet muter-muter kaya ular kek..yg diselamatkan dan bertobat pakai nama Yesus banyak kok... mo pakai Tuhan/Bapa/Allah dll, Tuhan ngerti kok tujuan dan motivasi kita ke DIA...makanya kata gua kalo gak ngerti ya bukan Tuhan namanya,kudu pakai penerjemah di sorga hahaha..Jadi ya bener juga Ko hai pakai link-link aja...,biar yg baca aja mutusin percaya kita apa mereka gitu aja..kan udah dikasih penjelasan(Biarlah Roh Kudus yg membimbing) pembaca...dijelasin terus capek deh..:D:D:D
    

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

Pniel's picture

@Dede, tambahan argumentasi saya :

Dede menulis : Saya pernah baca bhw yg Yesus baca itu Septuaginta (PL dalam bhs Yunani). Apakah benar atau tdk, maybe butuh penelitian pakar.  Mengingat Bhs sehari2 Aram dan Ibrani. Kita misalkan bahwa ini BENAR. Yesus menyebut YHWH=YAHWEH dengan ganti KURIOS, gpp toch,

Saya kan meyakini YHWH=YAHWEH sbg Nama Diri (Proper Name), dan tdk mengatakan bhw saya MENENTANG terjemahan kata YHWH ke Kurios. yg pasti meluruskan saja bhw Nama Pribadi itu YHWH=YAHWEH.

Kalau YHWH adalah nama diri, lalu Kristus mengubahnya menjadi KURIOS bukankah itu merupakan OTORITAS ILAHI untuk TIDAK MEMPERTAHANKAN YHWH lagi? Trus kenapa anda tetap KEKEH JUMEKEH dengan YHWH dan melarang kata 'ALLAH' ? Pasti karena issue tolol (issuenya yang tolol, bukan anda lo. Ngerti?) bhw Allah adalah nama dewa!

Saran saya : silahkan pelajari argumentasi saya kepada PWijayanto mengenai kata 'Allah'.

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

jesusfreaks's picture

@dedew : YHWH atau YHVH

Simple aza : 1. YHWH atau YHVH ? 2. Bagaimana membaca atau melafalkannya, jangan ditambah tambah ? 3. Mana lebih dulu ada, nama YHWH atau BAHASA ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

IESOUS Transliterasi dari y@shuw`ah?

Alkitab mencatat: Malaikat menyampaikan perintah Sang Pencipta agar Maria menamakan anaknya IESOUS. Bahasa apakah yang digunakan oleh malaikat ketika memberitahu bunda Maria tentang nama Sang Juruselamat? Apabila dia menggunakan bahasa Ibrani, maka Sang Juruselamat nama-Nya adalah YESUA atau YEHUSUA. Apabila menggunakan bahasa Aram, maka nama-Nya adalah EASHOA. Bila menggunakan bahasa Yunani, maka nama-Nya adalah  IESOUS.

Walaupun kaum Namais yang paling nekad mengajarkan bahwa Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Ibrani namun  apa yang mereka ajarkan tersebut hanya menjadi bahan olok-olok para ilmuwan dan para Theolog. Alkitab Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani. Alkitab Perjanjian Lama ditulis dalam bahasa Ibrani, sebagian kitab ditulis dalam bahasa Aram. Saat ini kita tidak akan membahas hal itu panjang lebar. Bila waktunya tiba, kita akan membahasnya suatu saat nanti.

Walaupun kaum Namais yang paling nekad mengajarkan bahwa pada zaman Kristus, bahasa Ibrani digunakan secara luas di Israel, namun hanya orang-orang seperti Dede Wijaya yang mempercayainya membabi-buta. Para ilmuwan dan Theolog Yahudi yang paling fanatik sekalipun mengajarkan bahwa pada zaman Kristus di dunia, bahasa Ibrani hanya dikuasai oleh sedikit sekali ahli taurat Yahudi. Bahasa yang saat itu digunakan orang-orang  Yahudi adalah bahasa Aram sementara bahasa Yunani adalah bahasa lingua franca.

Mungkin anda bertanya, apabila pada zaman Kristus di dunia bahasa Ibrani hampir musnah, kenapa digunakan secara luas oleh orang-orang Yahudi saat ini? Hal itu terjadi karena pada abad ke 19 ada gerakan untuk menghidupkan kembali bahasa Ibrani oleh bangsa Yahudi guna mendukung gerakan Zionisme, gerakan kembali ke Israel.

Alkitab Perjanjian Baru hanya mencatat bahwa Sang Juruselamat nama-Nya IESOUS. Tidak ada catatan sama sekali bahwa nama-Nya adalah Yesua atau Y@howshuwa. Apabila Alkitab tidak mencatatnya, kenapa banyak ilmuwan dan Theolog mengajarkan bahwa Sang Pencipta, dalam bahasa Ibrani bernama Y@howshuwa atau Yesua?

Itulah nama orang-orang yang disuruh Musa untuk mengintai negeri itu; dan Musa menamai Hosea bin Nun itu Yosua. Bilangan 13:16

Y@howshuwa, itulah nama yang diberikan Musa kepada Hosea. Y@howshuwa artinya YHWH adalah Keselamatan. Sebelum Kristus lahir, Alkitab Perjanjian Lama sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani. Terjemahan itu disebut Septuaginta, karena ditejemahkan oleh tujuh puluhan orang. Di dalam Septuaginta, nama Y@howshuwa diterjemahkan menjadi IESOUS.

anak Yesua, anak Eliezer, anak Yorim, anak Matat, anak Lewi, Lukas 3:29

Yesua dalam ayat tersebut di atas diterjemahkan oleh LAI dari kata IESOUS. Leluhur yang bernama Iesous tersebut di dalam Perjanjian Lama tercatat namanya Y@howshuwa.

Para Theolog mengajarkan bahwa IESOUS adalah TRANSLITERASI dari Y@howshuwa atau Yeshuwa. Transliterasi (Transliterate) artinya menyalin huruf dari satu abjad ke huruf abjad lain. Apakah IESOUS adalah Transliterasi atau terjemahan dari Y@howshuwa? Apapun yang kita percayai, tetap meninggalkan pertanyaan tak terjawab. Apabila itu adalah transliterasi, apa yang menjadi dasarnya? Apabila itu adalah terjemahan, apa pula yang menjadi dasarnya? Saya belum pernah membaca sumber pustaka yang mengajarkan tentang transliterasi dan atau penerjemahan nama-nama baik di dalam Septuaginta maupun dalam Perjanjian Baru.

Menurut para Theolog, pada zaman Kristus di dunia, saat itu bahasa Ibrani hampir punah, kitab-kitab yang dibacakan di sinagoga adalah kitab Septuaginta. Apabila pendapat para Theolog itu benar, maka itu berarti oarang-orang Yahudi generasi itu sudah terbiasa dengan nama IESOUS. Itulah alasan kenapa saya menulis: Bahasa apakah yang digunakan oleh malaikat ketika memberitahu bunda Maria tentang nama Sang Juruselamat? Dengan nama Apa Sang Juruselamat di sapa dalam keseharian? Apakah Dia di sapa Y@howshuwa namun ditransliterasi menjadi IESOUS ketika para rasul menulis Perjanjian Baru? Apa tujuannya? Apakah abjad Yunani tidak mampu menulis kata Y@howshuwa atau Yeshuwa?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Purnawan Kristanto's picture

Bukti Empiris

Saya tidak punya kapasitas penguasaan bahasa Ibrani dan Yunani seperti yang dimiliki. Saya juga tidak mampu menganalisis teks seperti yang dilakukan Hai Hai.

Saya hanya ingin mengajukan bukti empiris bahwa Sesembahan kita itu tidak keberatan dengan nama Yesus dan Allah. Buktinya, ketika ada orang kerasukan setan, ketika diusir dalam "nama Tuhan Yesus", ternyata roh jahat itu lari terbirit-birit. Itu artinya dengan di dalam nama "Tuhan Yesus" ada kuasa yang dashyat.

Pun ketika saya berdoa kepada Gusti Allah, ternyata Beliau juga menjawab doa-soa saya. Dia juga memberikan damai sejahtera dan memberkati kehidupan saya dengan berlimpah.

Kalau ada orang lain ingin memanggil Allah saya dengan sebutan lain, silakan saja. Kalau ada orang yang ngotot memanggil Juruselamat dengan "Yeshua" ya monggo kemawon.

Saya kira enerji kita sudah terkuras untuk memperdebatkan soal ini. Kebanyakan argumentasi yang dilontarkan juga berputar-putar pada soal-soal itu saja dan masing-masing tetap kekeh jumekeh dengan prinsip masing-masing.

Alangkah baiknya kalau enerji itu kita manfaatkan untuk memenuhi Amanat  Agung yang telah ditetapkan oleh Tuhan. Malu tuh dengan tetangga sebelah. Mereka sudah menetapkan agenda bagaimana cara memperbaiki Indonesia, sementara kita masih bertarung berebut tulang tanpa isi.

 

 


“Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang berkomentar kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.”

Wawan

 

__________________

------------

Communicating good news in good ways

Pniel's picture

@Pak Pur

Salam kenal, Pak. Ini pertama kalinya kita bertegur sapa.

Alangkah baiknya kalau enerji itu kita manfaatkan untuk memenuhi Amanat  Agung yang telah ditetapkan oleh Tuhan. 

Yang sedang kita lakukan saat ini adalah 'penginjilan' juga koq. Cuma sifatnya 'internal' bukan 'external'. Karena ada banyak juga orang-orang yang didalam Gereja yang ternyata bukan 'warga Gereja' tetapi 'orang luar' yg lagi indekos di Gereja. Tujuan kita adlah memberitakan Injil kebenaran kepada mereka agar mereka boleh turut menjadi warga sejati Gereja. Ini BUKAN membuang energi TETAPI JUSTRU memanfaatkan energi untuk hal-hal yang juga BERGUNA.

Malu tuh dengan tetangga sebelah. Mereka sudah menetapkan agenda bagaimana cara memperbaiki Indonesia, sementara kita masih bertarung berebut tulang tanpa isi.

Haha..haha...kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang ada di pikiran saya ketika pertama kali mendengar issue ini. Saya pikir NAMAIS ini orang-orang pengangguran rohani yang kurang gawe sehingga perlu bikin gawe bagi kekristenan di Indonesia agar punya gawe. Tetapi ini PERLU ditanggapi, karena biasanya hal-hal besar BERMULA dari hal-hal kecil. HANYA persoalan NAMA bisa MENYERET ke persoalan lain yang lebih besar, spt : innerancy of the bibble, kristologi, soteriologi, dll yang pada akhirnya akan membuat orang kristen terbelenggu dalam adat istiadat Yudaisme dan meninggalkan kebebasan oleh kebenaran didalam Kristus. Kalau sudah merembet ke hal2 ini, ini namanya KRUSIAL. Makanya 'mulut' mereka perlu 'dibungkam' dan tidak bisa dibiarkan menggonggong.

Masalah nasib bangsa, kita juga memikirkannya. Apa buktinya? berdoa, bekerja dan ikut pemilu (hehehe...kebetulan pemilu legislatif kemarin saya ada acara luar kota sehingga jadi golput). Untuk 'menetapkan agenda', wah saya se tidak punya kapasitas dan kapabilitas untuk itu, karena memang saya bukan seorang politikus atau orang yang kerjaannya HANYA melulu mikirin itu, saya pegawai kantoran level rendah yang juga mikirin nasib kerjaan kantor dan TERUTAMA keluarga saya. Kalau urun rembug...ok aja.

Wah..jadi OOT ne....abis yang atas nyangkutnya disini juga...hehehe....

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

jesusfreaks's picture

@pniel : NEW SENTINEL

Gw rasa lo pantas, disebut SENTINEL. Selamat BERTUGAS brow !!! Watch your self !!!

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Pniel's picture

@JF, saya hanya...

Terus terang saya tidak mengerti kosakata yang anda usung diatas ('sentinel'). Ketika saya googling, saya mendapati beberapa definisi. Terlepas dari apa yang anda maksudkan, perlu saya jelaskan posisi saya HANYA sebagai pemberita kebenaran. Tentu saja saya BUKAN kebenaran itu sendiri. Saya hanya memberitakan kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus melalui Kitab Suci. Berbahagialah mereka yang mau memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar didalam hatinya.

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

hai hai's picture

@ Pniel, SENTINEL

Serigala adalah binatang berkelompok (pack animal). Itu sebabnya serigala hidup di dalam kelompok. di dalam kelompok serigala ada sistem kasta yang mengatur kehidupan anggota kelompok. Sang Alfa adalah pemimpin kelompok serigala. Sementara SENTINEL adalah serigala penjaga perbatasan. Bila ada serangan, sentinel yang akan bertarung duluan. Bila ada serigala lain yang ingin bergabung, sentinel yang akan menguji apakah dia layak atau tidak layak diterima di dalam kelompok. Di samping itu, Sentinel juga yang akan melatih anak-anak serigala tentang sistem kasta kelompok serigala dan menghajar duluan bila ada serigala yang melanggar sistem kasta. Sang Alfa dan Sentinel adalah dua hal yang paling penting di dalam kehidupan binatang berkelompok, misal, hyna, serigala dan anjing.

Anda memelihara seekor anjing dan kecewa karena anjing tersebut nggak galak seperti harapan anda. Anda menyebutnya anjing yang malas menggonggong. Coba tambahkan satu ekor anjing lagi, maka anjing anda akan rajin menggonggong. Yang satu menjadi Sang Alfa yang satu menjadi Sentinel. Sentinel mengonggong dan menerjang, sang Alfa mengawasi dari belakang. Sang Alfa menyerang, sentinel tidak pernah ketinggalan

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Pniel's picture

@Hai, SANG ALFA

Hahaha...lucu juga melihat bagaimana para blogger sini mengumpamakan seorang dengan yang lain...hahaha....

Saya hanya bisa menggonggong, gigi saya terlalu tumpul untuk menakut-nakuti lawan. Mungkin Suhu Hai Hai yang lebih senior disini yang layak untuk jadi SANG ALFA, karena punya taring yang tajam dan mengkilap...cling...hahahaha...

Terima kasih untuk leluconnya pada hari pertama kerja -setelah libur panjang- yg penuh banyak kerjaan ini. Diberkatilah kalian yang telah membuat saya bahagia...hahaha...

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

hai hai's picture

@Pniel, Kristuslah Sang Alfa

Saudara Pniel, Kristuslah Sang Alfa, saya hanya sentinelnya. Mari kita bersama-sama menjadi sentinel, penjaga perbatasan. Saya sering menyebut diri sentinel, Sang Anjing Allah, bila ada yang merasa ucapan itu terlalu kasar, ganti saja dengan KALEB Allah. artinya podho wae! Sawa kene! Sama saja!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DAN-DAN's picture

@HAI-HAI, sentinel...

Om HAI-HAI, saya mau tanya nih...

Syarat menjadi sentinel atau syarat biar bisa desebut sentinel tuh apa sih om?

 

DAN-DAN

 

saya suka bebek panggang...

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

Pniel's picture

@Hai Hai & Dan Dan, Sentinel & Bebek.

@Hai...senang jadi rekan serigala sentinel Allah yang bisa bersama-sama membuat kafilah berlalu tanpa basa-basi.

@Dan, apakah memungkinkan sepotong bebek menjadi seekor serigala sentinel? Bukankah bebek merupakan santapan lezat bagi para sentinel? hahaha...haha

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

DAN-DAN's picture

@PNIEL, bebek tidak mungkin jadi srigala...

Bebek tidak mungkin jadi srigala om...

Bebek memang santapan lezat serigala... anda mau menyantap saya? kan anda serigala, ya silakan saja, memang itu naturnya srigala makan bebek hehehe...

 

DAN-DAN

 

saya suka bebek panggang...

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

Pniel's picture

@Dan Dan, tetaplah jadi bebek

Dan Dan, tetaplah jadi bebek yang meramaikan SS ini dengan kwek-kweknya. Kelak suara itu akan sangat saya rindukan kala saya menginginkan sepotong bebek panggang. Sedangkan saya akan jadi sebagaimana adanya saya : Clark Kent yang siap melepaskan kacamata dan ganti kostum untuk terbang tinggi di angkasa raya melintasi ribuan gunung dan samudera.....hahaha....

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

DAN-DAN's picture

@Pniel, iya pak...jangan lupakan saya dan kirim2 surat.

Iya pak Clark Kent, saya sangat banyak belajar dari masukan2 dan pandangan2 anda. Setiap orang memang menjadi dirinya masing2 dengan apa yang mereka punya dan dengan perjuangan nya masing2 dan di luar semua komen dan kwek kwek saya disini, di dalam hati yang dalam saya sangat2 menghargai PERJUANGAN anda di sini...saya mengacungkan jempol tanda Sportifitas

Saya sebagai bebek mungkin tidak bisa terbang secepat anda sebagai Clark Kent yang Superman, yaahhhh...nanti jangan lupakan saya dan kirim2 surat yah pak.

Saya pasti juga akan merindukan anda dengan tanda ''S" besar di dada anda..inisial Superman

 

DAN-DAN

 

saya suka bebek panggang...

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

DAN-DAN's picture

Setuju dengan pak PUR...

Saya mendukung pak PUR...!!!!

 

DAN-DAN

 

saya suka bebek panggang...

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

Anak El-Shadday's picture

lha iya

lha iya tho, wong Tuhan aja nyante, ngapain kita ribut????

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

__________________

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

bayem's picture

Oe setuju sama Mas Pur. Hari

Oe setuju sama Mas Pur.

Hari Minggu yang lalu di Gerejaku ada kotbah mengenai kesatuan tubuh Kristus. Seringkali kita-kita orang memandang bahwa kesatuan tubuh Kristus pada GerejaNya haruslah dari kesamaan tatacara ibadah, kesamaan ajaran, kesamaan pengertian, dogma, dll. Dari berbagai macam Gereja yang ada di Indonesia bahkan di seluruh dunia, berbagai macam suku dan etnis yang ada yang juga turut mempengaruhi, dan juga watak dan kebiasaan manusia yang berbeda-beda tentu akan mempengaruhi perkembangan keKristenan seseorang atau sekumpulan orang.

Marilah kita memandang perbedaan-perbedaan itu sebagai kekayaan Tubuh Kristus, dimana ada Gereja yang menjadi tangan, ada yang menjadi kaki, ada yang menjadi mata, ada yang menjadi telinga, dsb. Ada gereja yang berperan sebagai penabur benih, ada juga yang berperan sebagai penyiram, ada yang sebagai penuai. Tapi dari semua perbedaan tersebut yang memberi pertumbuhan adalah Yang Maha Kuasa Sang Pencipta Raja di atas segala Raja...

Selama Dia mengizinkan kita memanggil namaNya, selama Dia mengizinkan kita mendapatkan rahmatNya, selama Dia mengizinkan kita mendengarkan Dia dan mengenal Dia... seyogyanya kita menikmati hubungan kita dengan Dia...

Berdiskusi begini sebenarnya bagus... kita jadi semakin kaya dengan banyak pandangan dan pemahaman...

Ndak perlu salah-salahan... tapi ya objektif saja... kemukakan saja pendapat Anda... tapi gak perlu ngotot juga untuk membuat orang lain sama seperti anda atau sependapat dengan anda... Saya kira Beliau pasti menyapa setiap orang dengan cara-caranya yang unik... Tapi ada baiknya juga kita tidak mengeraskan hati ketika membaca atau mendengar pendapat dan pemahaman orang lain... buka saja pikiran dan hati kita lebar-lebar... sambil minta hikmat dari Beliau... dan minta Beliau menyapa kita secara pribadi...

Sebab besi menajamkan besi dan orang menajamkan sesamanya.

Cuman mu bilang Lanjutkan!!!!   Tapi jangan saling melukai... heuheuheu...

There is no fear in love, but perfect love casteth out fear

__________________

Ecc 2:24 There is nothing better for a man than that he should eat and drink, and make his soul enjoy good in his labor. This also I saw, that it is from the hand of God.

DAN-DAN's picture

s'tuju dengan pak PUR...

Saya setuju dengan pak PUR...

 

DAN-DAN

 

saya suka bebek panggang...

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

DEDE WIJAYA's picture

@ Hai2 bin YHWH

Dalam nama Hai2, beliau menulis "Hai2 bin YHWH" jadi sejatinya Hai2 tahu nama Diri Tuhan adalah YHWH.

sama seperti Dede Wijaya bin Shindo Wijaya.

so dibelakang BIN adalah nama DIRI.

so sejatinya, Hai2 adalah Kaum NAMAIS. kalo tdk, dia akan menulis kira2 begini, Hai2 bin QANNA, Hai2 bin Tsebaot, Hai2 bin Echad.

Tapi Halelu-YAH alias Puji YAHweh, hai2 ternyata menulis "Hai Hai bin YHWH"

Selamat Hai2, anda menjadi kaum NAMAIS, dan anda sudak mengakui nama DIri Tuhan itu YHWH. GBU:)

dede wijaya

__________________

dede wijaya

hai hai's picture

@ Dede, Anda Benar-Benar

Dede Wijaya yang terhormat, tanpa mengurangi rasa hormat, tolong pahami saya. Berpikirlah logis dan sistematis serta hati-hati. Sebelum anda paham sebaiknya jangan ngaco belo nggak karu-karuan, agar anda tidak disebut bodoh.

Alkitab Perjanjian Lama mencatat, ada 200 lebih nama Sang Pencipta, YHWH hanya salah satunya. Dalam satu kesempatan saya menggunakan YHWH dalam kesempatan lain saya menggunakan Elohim dalam kesempatan lain lagi saya menggunakan nama yang lain lagi.

Teori  YHWH adalah nama PRIBADI bertentangan dengan ajaran Alkitab. Teori mengganti YHWH dengan TUHAN akan menyebabkan orang Kristen tidak mengenal nama-nama Sang Pencipta dalam bahasa Ibrani dan Aram sama sekali tidak MASUK akal.

Dede Wijaya, selamat belajar, semoga Roh Kudus memberi pengertian kepada anda untuk memahahi ajaran Alkitab yang benar. Bila setelah belajar anda tidak paham juga, jangan putus asa. Belajar lagi. Cepat atau lambat anda akan mengerti. Namun, sebelum anda mengerti, tolong jangan mengajar sembarangan agar anda tidak dianggap TOLOL. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DEDE WIJAYA's picture

@ Pak Hai2 kalo gitu

Kalo gitu hai tolong nickname anda diralat "Hai2 bin QANNA" atau "Hai2 bin Tsebaot" atau "Hai2 bin Echad", karena hanya Hai2 yg menyimpulkan YHWH bukan Nama Diri (Proper Name), sedang yg proper name itu adalah QANNA, Echad, dll  ini kata Hai2 lho:) bukan begitu pak, menurut Teori Hai2.:)hehehe

Reformed, Fundamental, Injili, Karismatik dan Pentakosta, siapa lagi lag, udah tahu bahwa Proper Name/ Nama Diri Tuhannya orang Yahudi dan Kristen itu YHWH. GBU

dede wijaya

__________________

dede wijaya

hai hai's picture

@ Dede, Anda Mengenaskan

Dede wijaya, anda benar-benar mengenaskan. Bukankah saya sudah minta tolong agar anda belajar baik-baik? Kenapa terus mempermalukan diri sendiri?

bukankah saya mengutip ayat-ayat Alkitabnya dengan jelas? Kenapa anda tidak mempelajarinya dengan baik? Kenapa tidak menggunakannya sebagai dasar untuk menyatakan pendapat anda?

Anda pikir ini warung kopi tempat debat kusir tanpa fakta?

Dede Wijaya, PEDULI setan siapa yang mengajarkan YHWH adalah nama pribadi Sang Pencipta. Ayat-ayat Alkitab yang saya kutip MENYANGKAL ajaran demikian. Apa bila anda tidak mampu menyangkalnya dengan cara yang benar, silahkan BUNGKAM!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DEDE WIJAYA's picture

@ Hai2 Nama Marga YHWH

Coba anda baca lagi komentar2 anda di blog2 terdahulu, saya pernah ingat, waktu komentarnya JOLI bilang YHWH tuch ya kayak nama Marga. dan anda sepakat dalam komentar anda. Nah siapa yg TOLOL, BEBAL, dll?

dede wijaya

__________________

dede wijaya

hai hai's picture

Dede, Bukankah Saya ...

Dede, bukankah saya sudah menjelaskan dengan panjang lebar siapa yang TOLOL, BEBAL dll? Masak anda nggak ngerti juga sich?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

Shaloom semua,... Ko Hai

Shaloom semua,...


Ko Hai Hai, saya aja yang masih hijau, tahu maksudnya ko Hai Hai pake Nama Hai Hai bin YHWH...

Seperti yang ko Hai Hai bilang :

Ko hai Hai menulis :

Dede Wijaya, PEDULI setan siapa yang mengajarkan YHWH adalah nama pribadi Sang Pencipta.................

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

semoga Dede W juga mengerti yah,...maaf kalo saya salah nulis....

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Belajar dari yang baik akan membuat kita makin baik

Belajar dari yang pintar akan membuat kita makin pintar

Belajar dari yang teliti akan membuat kita makin teliti

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

JB Us

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

@Smile, Syukur Kepada Allah

Saudara Smile, selain berdoa agar Dede wijaya mengerti, kita juga harus bersabar untuk mengajarinya berulang-ulang. Setiap kali kehilangan rasa sabar, saya memejamkan mata dan mengingat berapa kali Roh Kudus harus mengajari saya sehingga mengerti. Saya pun menjadi sabar lagi. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak