Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Kita Telah ditebus dan LUNAS---Refleksi tentang kaum pilihan

Vantillian's picture

 I Korintus 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

 
I Korintus 7:23 Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia.
 
Ketika kita percaya kepada Kristus, itu berarti bahwa kita telah ditebus. Kepercayaan kita menunjukkan tentang penebusan Allah. Allah menebus dan membeli kita. Karena itu kita menjadi percaya. Dan harga tebusan telah selesai dibayar. Itu berarti bahwa Allah hanya menebus sebagian manusia. Allah hanya menebus umat pilihanNya. Ketika Alkitab menyatakan bahwa kita telah dibeli dan telah lunas dibayar, itu tandanya bahwa kita adalah MILIK Allah. Dan, karena kita adalah milik Allah, siapa yang dapat memisahkan kita dari kasih Kristus? Karena kita adalah milik Allah, maka kita adalah hamba kebenaran, bukan hamba manusia. Bukan pula hamba dosa lagi. Karena itu penebusan Allah dimateraikan dengan Roh Kudus, yang membantu dan memimpin kita dalam kebenaran. Dan karena itu, kita tidak akan terhilang. Siapa yang membantah ajaran ini, berarti menghina darah Yesus yang telah dicurahkan.
 
Yesus mati menebus semua manusia? Itu artinya semua harga sudah dilunaskan. Itu berarti pada akhirnya semua akan diselamatkan. Itu berarti semua akan didamaikan dengan Allah. Itu berarti mengingkari adanya penghukuman kekal bagi manusia yang terhilang. Karena pada akhirnya semua orang akan diselamatkan. Inilah universalisme Injil. Jelas bertentangan dengan kebenaran Alkitab.
 
I Petrus 1:18-19 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
 
Apakah Rasul Petrus mengalamatkan suratnya kepada semua orang? Tidak, tentu kepada yang percaya. Kepada setiap orang yang dilahirkan oleh Allah. Kepada setiap jemaat yang lahir baru. Supaya mereka yakin mereka akan menerima bagian yang tidak dapat binasa dan telah tersedia bagi kita di sorga. Apakah bagian ini dapat hilang? Apakah Allah akan kehilangan milikNya? 
 
I Petrus 1:23,14 Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal, untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.
 
Karena kita telah lunas dibeli, maka kita adalah 100% milikNya. Dan kalau kita berpikir milik Allah akan dibeli oleh Iblis atau bahkan akan dibatalkan oleh perbuatan kita sendiri ( murtad ), maka itu berarti Allah kembali menjualkita. Itu berarti mengingkari Injil keselamatan.
 
 
Sola Scriptura
DEDE WIJAYA's picture

to vantilian tanya???

sekali selamat, walaupun berubah iman, tetap selamat?

dede wijaya

__________________

dede wijaya

Vantillian's picture

@Dede...siapa yang memelihara iman?

 Dede, Siapa yang memelihara iman? Anda sendiri atau Allah? Itulah jawaban saya. Allah telah menebus dan Allah akan meyelesaikan. Apakah anda pikir Allah menjual kita kembali dengan menyerahkan ke perbuatan iman kita sehingga kita murtad? 

Sola Scriptura

Debu tanah's picture

@ Vantillian, ayat yang anda kutip..

Anda betul sekali berpendapat bahwa  I Korintus 6:2,  I Korintus 7:23, I Petrus 1:18-19; I Petrus 1:23,14 ditujukan kepada jemat. Karena menurut konteksnya anda betul, saya juga setuju dengan anda, rasul Paulus dan Petrus memang sedang memperingatkan dan meneguhkan jemaat, bukan sedang berbicara kepada orang yang tidak beriman.

Rasul Paulus dan Petrus menuliskan ayat itu, karena dalam jemaat pun terdapat orang-orang yang belum mengerti KEDUDUKAN mereka sebagai JEMAAT ALLAH, banyak yang tidak mengerti bahwa mereka sudah ditebus dengan darah yang mahal, sehingga banyak jemaat yang tetap tekun berbuat dosa & hidup dalam daging. Untuk itulah rasul Paulus dan Petrus memperingatkan dan meneguhkan jemaat supaya mereka mengerti posisi dan kedudukan mereka dan kembali ke jalan yang benar supaya mereka tidak menyia-nyiakan anugerah Allah. Dengan kata lain supaya mereka jangan binasa karena murtad!

Tetapi ayat yang anda kutip itu tidak membuktikan bahwa Allah hanya memilih orang tertentu saja, karena kepada SIAPA SAJA yang akhir nya bertobat, ayat ayat itu berlaku bagi mereka.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, justru memang Rasul Paulus dan Petrus

 Deta, saya berpendapat justru Rasul Paulus dan Petrus menuliskan kepada jemaat SUPAYA mereka diteguhkan dalam panggilan mereka sebagai anak-anak Tuhan, dalam arti sebagai orang pilihan Allah.

Dalam ayat yang lain Rasul Paulus menyatakan :

II Timotius  2:10 Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal.

Dan Rasul Petrus menyatakan :

II Petrus  1:10 Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.

Nah, untuk apa orang Kristen bersungguh2? Supaya panggilannya menjadi makin teguh. Kalau dia tidak bersungguh2, apakah panggialnnya bisa teguh? Kalau panggilannya tidak teguh, apakah dia orang pilihan? Kalaupun orang kristen KADANG bisa tidak sungguh2, ia akan tersandung, tetapi tidak akan terhilang.

Petrus melanjutkan,

I Petrus 1:12 Karena itu aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu akan semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan telah teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima.

Nah, deta, mengapa saya sering bilang ayat peringatan dalam Alkitab adalah sebagai alat dan jalan bagi orang percaya? Karena ayat2 tersebut memperingatkan kita. Ketika kita diperingatkan, kita akan bersungguh2. Ketika kita tidak bersungguh2, kita kembali diperingatkan. Dengan jalan anugerah inilah maka orang kristen dipelihara. Petrus bermaksud mengingatkan, meskipun jemaat sudah teguh dalam kebenaran, Mengapa?

KARENA, dalam I Petrus 1:13 : Aku menganggap sebagai kewajibanku untuk tetap mengingatkan kamu akan semuanya itu selama aku belum menanggalkan kemah tubuhku ini.

Jadi, mengakui doktrin orang pilihan, tidak membuang kewajiban untuk menginjili dan memperingatkan satu dengan yang lain. Petrus telah menulis dengan jelas tentang panggilan dan pilihan orang percaya. 

Jadi, saya tetap berpegang bahwa Rasul Paulus dan Petrus menuliskan surat mereka kepada orang pilihan Allah. Memang kita tidak akan pernah tahu siapa yang menjadi orang pilihan, tetapi jelas, surat ini untuk meneguhkan iman orang pilihan.

Sola Scriptura

 

 

 
sinar's picture

vantilan

salam kenal vantilan menanggapi blog anda diatas ijinkan saya bertanya:

sebenarnya apakah maksud orang pilihan menurut anda?  jika melihat vantilan yg kunilai kuat rohaninya pasti sukar mengatakan vantilan bukan orang pilihan atau akan murtad tp bagaimana dg orang2 kristen yg biasa2 saja yg tak pernah sekolah teologi dsb.............. yg bahkan mereka tak tau adanya doktrin pemilihan dsb.... apakah pengetahuan kita ttg pemilihan akan menguatkan iman kita adakah hubungannya ? thx

The only fear is only fear itself

__________________

The only fear is only fear itself

Vantillian's picture

Sinar, kita tidak tahu siapa orang pilihan

Sinar, meskipun Alkitab banyak mencatat tentang orang pilihan, tetapi sayang, kita tidak akan tahu, siapa saja orang pilihan Allah. Hanya Allah yang berdaulat yang mengetahui. Ada yang melayani di masa muda dengan luar biasa, seakan-akan hidupnya sangat suci, tetapi pada akhirnya ia menjadi berpaling. Ada yang acuh tak acuh dan menentang kekristenan, sepertinya tidak ada harapan bagi dia untuk bertobat, tetapi pada akhirnya ia percaya dan menyerahkan hidupnya untuk Tuhan.

Alkitab jelas menyatakan hanya orang pilihan yang percaya, dan hanya orang percaya yang selamat. Jadi siapakah yang diselamatkan? Yang percaya. Siapakah yang percaya? Yang dipilih. 

Orang percaya dan masuk ke kerajaan sorga bukan masalah apakah dia gigih belajar doktrin dan teologi, tetapi masalah pertobatan, dan penerimaan anugerah Allah. Saya sendiri bukan orang yang kuat rohani, saya sering terjatuh, dan sering bergumul dalam dosa, tetapi karena anugerah Allah, saya selalu diingatkan dan diperingatkan kembali oleh FirmanNya..Orang yang tidak belajar doktrin pemilihan, bukan berarti dia tidak dipilih. Ada yang dipilih, tetapi tidak punya pengetahuan memadai tentang doktrin pilihan. Ada yang mengajarkan doktrin pilihan, tetapi akhirnya dia akan terhilang.

Doktrin pemilihan tentu akan menguatkan iman kita, sekaligus memperingatkan kita supaya kita tidak sombong dan mengandalkan diri sendiri, sehingga kita tetap akan bertekun dalam anugerah Allah. Allah yang memulai, Dia yang akan mengakhirinya. Itulah anugerah. Itulah iman. From faith to faith. Semoga membantu.

Sola Scriptura

 

jesusfreaks's picture

@vantilian : ada gak perbedaannya

Ada gak perbedaan antara penebusan dengan pemilihan ? Bisa saja Yesus menebus semua, tapi tidak semua selamatkan ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, menebus berarti membeli secara total..

 JF, ketika kita menebus kembali barang yang kita gadaikan, dan sesudah membayar dengan uang tebusan, itu artinya kita telah mendapatkan kembali semua milik kita. Itu arti menebus. Setelah menjadi milik kita, maka kemungkinan ada tiga : DICURI atau DIJUAL kembali atau TERHILANG. Masalahnya adalah ketika ALlah menebus kita dan kita telah menjadi milik Allah, apakah kita bisa DICURI (oleh Iblis atau realitas lain) atau DIJUAL oleh Allah kembali? Ataukah milik Allah bisa terhilang kembali?

Atas dasar inilah, saya mengaitkan penebusan dengan pilihan. Orang yang ditebus Allah adalah orang yang dipilih Allah. Bagaimana mungkin Allah menebus orang tanpa memilih? Kalau Allah menebus tanpa memilih, berarti semua manusia akan ditebus. Mengapa? Karena harganya telah lunas. Harga lunas menunjukkan keseriusan dalam menebus, dalam arti sudah kembali menjadi milik Penebus.

Sola Scriptura

M23's picture

@Vantilian, penebusan

Salam sejahtera,

Saudara Vantilian, penebusan dalam ayat 1 Kor 6:20 dan 1 Kor 7:23 yang anda kutib diatas; dapatkah dikaitkan kepada penebusan dari kutuk hukum Taurat? (Gal 3:13)

Apabila dapat dikaitkan sebagai penebusan dari kutuk hukum Taurat; bukankah penebusan dalam 1 Kor 6:20 dan 1 Kor 7:23 ditujukan untuk orang-orang yang menuruti hukum Taurat?

Bila demikian, maka tidak akan ada transaksi business lagi (jual-beli) seperti yang anda nyatakan diatas, karena orang-orang tersebut tidak lagi diperbudakan tetapi telah di "merdekakan".

 

 

Tuhan aku percaya; tolonglah aku yang tidak percaya ini.

Vantillian's picture

M23, kita ditebus dari kutuk Hukum Taurat

 M23, Kristus telah menebus kita dari kutuk Taurat, itu benar..Apa itu kutuk Taurat? Yaitu semua perbuatan manusia yang TIDAK MEMENUHI standar Hukum Taurat telah berada di bawah kutuk MURKA Allah. Jika kita telah ditebus, maka kita tidak terikat dengan standar penghukuman hukum taurat yaitu siapa yang tidak melakukannya akan dihukum. Karena itu, banyak orang percaya menyalahgunakan kebebasan ( akibat ditebus) dan kemerdekaan Kristen, sehingga tidak memuliakan Allah dan kembali menjadi hamba kedagingan. 

Karena itu, Paulus harus memperingatkan jemaat Korintus, yang kemungkinan menyalahgunakan tubuhnya dalam hal seksualitas. Kita telah ditebus, tetapi kita masih hidup di dunia dan mengalami pergumulan. Sebab itu, kita kadang harus diperingati oleh Firman dalam hal kebebasan kita. Kita telah ditebus, tetapi bukan BEBAS dalam memilih antara hamba kebenaran dan hamba dosa. Kita HARUS hidup dalam kebenaran. Tidak ada pilihan bagi orang yang ditebus.

Sola Scriptura

M23's picture

@Vantillian, sudut pandang?

Salam sejahtera,

Saudara Vantillian, saya mengajukan tentang penebusan dari kutuk hukum Taurat, bukan dalam hal terminologinya, tetapi untuk menyamakan pandangan terhadap ayat 1 Kor 6:20 dan 1 Kor 7:23 yang menjadi acuan dalam blog anda ini.

Penebusan dari kutuk hukum Taurat yang tersirat dalam ayat-ayat tersebut, menekankan pada kematian Yesus, yang telah menjadikan dirinya sendiri sebagai tebusan untuk menggenapi hukum Taurat dan memperbaharui perjanjian keselamatan yang berdasarkan pada "Iman dan Anugerah". Sehingga oleh "Perjanjian Keselamatan Baru" ini, kita boleh diterima sebagai "anak".(Gal 4:4-7)

Jadi, Rasul Paulus hendak menyatakan/mendeklarasikan kepada "umat Tuhan" untuk beriman kepada janji keselamatan dalam karya penebusan Kristus Yesus; bukan kepada hukum Taurat.

Demikian pengertian saya terhadap ayat 1 Kor 6:20 dan 1 Kor 7:23 ini. Saya tidak melihat adanya kaitan antara ayat-ayat tersebut dengan pemilihan/predestinasi seperti yang terangkum dalam tulisan anda ini. Tuhan Yesus Memberkati.

 

 

Tuhan aku percaya; tolonglah aku yang tidak percaya ini.

Vantillian's picture

M23, ada hubungannya...

 M23, penebusan tentu berhubungan dengan pemilihan. Allah menebus orang yang dipilihannya dari kutuk hukum Taurat. Kesimpulannya semua manusia berada di bawah kutuk hukum Taurat, ada sebagian ditebus oleh Allah untuk menjadi umat pilihanNya. Kita telah ditebus dan dibeli dengan darah Yesus, artinya kita telah dipilih. Bacalah I Korintus dari awal, anda akan mendapati Rasul Paulus mengalamatkan suratnya kepada orang pilihan yaitu umat Allah.

I Korintus 1:2 kepada jemaat Allah di Korintus, yaitu mereka yang dikuduskan dalam Kristus Yesus dan yang dipanggil menjadi orang-orang kudus, dengan semua orang di segala tempat, yang berseru kepada nama Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Tuhan mereka dan Tuhan kita.

Konsep saya sederhana, penebusan Yesus mensyaratkan adanya pemilihan Allah terlebih dahulu. Hal yang hendak saya tekankan adalah HARGA LUNAS, yang mensyaratkan penebusan kita telah SELESAI. 

Sola Scriptura

 

M23's picture

@Vantillian

Salam sejahtera,

Saudara Vantillian, sesungguhnya, konsep pemikiran kita tidak jauh berbeda. Apabila anda menyimak komentar saya diatas, tentu anda memahami apa yang saya maksud dengan "umat Tuhan".

Saya melihat bahwa ayat-ayat yang anda gunakan (1 kor 6:20; 7:23) tidak relevan terhadap isi dari tulisan anda. Ini bukan berarti saya tidak sependapat dengan isi dari tulisan anda tersebut.

Mungkin apabila anda membaca buku, Paulus: Pemikiran Utama Theologinya oleh Herman Ridderbos, hal. 199-211; anda dapat memahami maksud saya ini. Terima kasih. Tuhan Yesus Memberkati.

 

 

Tuhan aku percaya; tolonglah aku yang tidak percaya ini.

Vantillian's picture

M23, saya sudah membaca bukunya

 M23, saya sudah membaca bukunya. Tetapi saya tidak memakai alur pemikirannya untuk konteks kali ini. Memang agak riskan menggabungkan dan menyelaraskan konsep penebusan dengan pemilihan. tetapi setelah merenungkan ayat, saya mengambil kesimpulan ada hubungannya. Konteks "dibeli" dan "ditebus" memang harus digali lebih dalam. Bagi saya, keduanya merujuk pada hal yang sama, yaitu harus ada harga tebusan. Melalui blog ini, saya sedang mengembangkan konteks ini, bukan membela doktrin penebusan terbatas. Bagi saya, kata LUNAS sangat luar biasa. Apakah harga lunas, berarti semua manusia akan selamat? Apakah kata lunas berarti Allah TINGGAL menunggu manusia percaya kepadaNya? Apakah kata lunas berarti sudah selesai semuanya? Trims untuk masukannya.

Sola Scriptura

M23's picture

@Vantillian, salut !

Salam sejahtera,

Hehehehehehe, ternyata anda orang yang berani mengambil resiko, saya angkat topi buat anda. Sampai bertemu di tulisan-tulisan anda berikutnya. Tuhan Yesus Memberkati.

 

 

Tuhan aku percaya; tolonglah aku yang tidak percaya ini.

jesusfreaks's picture

@vantilian : pedang bermata dua

Seperti memisahkan hikmat dan pengertian. Begitu pula memisahkan penebusan, dan pemilihan, dan keselamatan. Menurut gw orang yang dipilih, PASTI SELAMAT DAN "MENYELAMATKAN". Sedangkan orang yang ditebus, ADA YANG SELAMAT ada YANG TIDAK. Seberapa dalam lo memaknai PERUMPAMAAN YESUS, yang berbicara tentang hamba-hamba. 1. Matius 18 : 21-35 2. Matius 20 : 1-16 3. Matius 21 : 33-46 4. Matius 22 : 1-14 Gw pernah bilang, TULIP CALVIN belum mekar. Gw pernah bilang, orang hanya memahami CALVIN lewat tulisannya. Mungkin ini bisa jadi petunjuk lebih dalam mengenai PREDESTINASI, Silahkan merenungkan WAHYU 14, bacalah berulang ulang, berulang ulang, dan berulang ulang.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, Tulip Calvin tidak akan mekar sampai kedatanganNya

JF, kalau pemahaman penebusan anda begitu, saya mungkin tidak begitu paham kaitannya dengan perumpamaan Yesus yang anda berikan, serta kaitan predestinasi dengan wahyu 14. Bisakah anda jelaskan atau menuliskannya dalam blog anda? Memang tulip Calvin tidak akan mekar sampai kedatanganNya.

Sola Scriptura

 

jesusfreaks's picture

@vantilian : error

Pernah gw udah tulis, eh tiba tiba error. Gini brow, ketika lo bicara penebusan. Gw anggap penebusan hamba atau budak. Padamulanya adalah hamba dosa, hamba dosa jelas bukan hamba Allah. Perumpamaan2 yang gw maksud adalah tentang hamba hamba dosa yang LO BILANG sudah ditebus LUNAS. NAMUN ternyata, SUDAH DITEBUS, EH TUH HAMBA KURANG AZAR. Paham dong maksud gw. DITEBUS belum tentu SELAMAT. Soal wahyu 14, perhatikan ayat 3-4, ADA BERBICARA TENTANG ORANG YANG DITEBUS DAN MENJADI KORBAN KORBAN SULUNG. Kalau lo masih gak paham, ya gitu deh.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Kita Tidak TAhu

Berapa kali anda harus mencuri untuk disebut maling? SATU kali! Barapa kali anda harus berdosa untuk disebut orang berdosa? SATU kali!  Berapa kali anda harus MENYANGKAL untuk disebut MURTADOR (orang yang murtad)? SATU kali!

Manusia hanya punya SATU kesempatan. Setelah menggunakannya, tidak ada KESEMPATAN lagi.

Yesus Kristus mati menebus manusia dari MURKA Allah. Apakah kematian Kristus CUKUP untuk menebus SEMUA manusia? LEBIH dari CUKUP. Apabila cukup, kenapa Dia TIDAK menyelamatkan SEMUANYA? Karena Dia MEMILIH untuk HANYA menyelamatkan orang-orang yang DIPILIHNYA. Bukankah itu berarti Dia Tidak berlaku adil? Itu tergantung apa yang menjadi STANDARD keadilannya. apabila anda menggunakan HIKMAT anda sebagai standard keadilan, dan menilai Allah tidak adil, maka itu berarti Allah memang tidak adil menurut HIKMAT anda. Silahkan menghujat Allah atau MENCIPTAKAN Allah sesuai hikmat anda untuk disembah, oh ya, anda juga bebas memberi nama Allah ciptaan anda itu. Atau anda memilih untuk HANYA memahami Allah berdasarkan firman-Nya yang tercatat di dalam Alkitab? Bila itu pilihan anda, maka anda HARUS menaklukkan HIKMAT anda di bawah bimbingan Roh Kudus.

Ha ha ha ha ... Namun, sayangnya kita WALAUPUN punya pilihan namun sesungguhnya tidak punya PILIHAN sama sekali karena kita adalah orang-orang berdosa. Allah yang memilih dan kita sama sekali tidak tahu PASTI apakah kita orang pilihan? Itu sebabnya kita hanya bisa BERIMAN bahwa kita adalah orang pilihan lalu kekeh jumekeh hidup seolah orang pilihan.

Yesus Kristus mati menebus DOSA manusia dari murka Allah. Itu berarti SEMUA dosa ditebusnya. Apabila SEMUA dosa ditebusnya, bukankah itu berarti orang-orang Pilihannya PASTI selamat? TENTU saja. Namun masalahnya kita tidak tahu PASTI apakah kita orang pilihan? Itu sebabnya kita hanya bisa BERIMAN dan berprilaku seolah-olah orang pilihan sambil meyakinkan diri, "SAya pasti orang pilihan, karena saya TEROBSESI untuk menjadi orang baik dan menaati firman-Nya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@vantilian : jangan ngelecein M23 donk

Bagaimana dengan roma 2:12. Kata lo semua orang dibawah kutuk taurat. Atau SEMUA lo ini beda lagi ya.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, hukum taurat

 JF, semua manusia berada di bawah kutuk Taurat. Taurat tertulis dan tidak tertulis. Semua manusia jelas akan binasa. Yesus datang dan menebus, tetapi hanya menebus orang pilihanNya. Apakah Yesus SANGGUP menebus semua orang? Sanggup. Apakah Yesus AKAN menebus semua orang? Tidak. Saya rasa tidak ngelecein M23, mungkin anda yang tidak mengerti. Bagaimana mungkin Yesus menebus semua tetapi hanya memilih sebagian? Jadi yang ditebus tetapi tidak dipilih apa namanya? Orang tebusan tanpa dipilih? Apakah mereka tergantung di tengah2 neraka dan surga? Wahyu 14 jelas memberitahukan orang yang ditebus adalah orang pilihan.

Wahyu 14:4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.

Allah hanya menebus orang pilihanNya.
 
Sola Scriptura
jesusfreaks's picture

@vantilian : kenapa cuma BOLD sebagian.

Kenapa cuma TIDAK BOLD "korban korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba.

Korban apa lagi kah Mereka ?

Biar simple... INILAH PREDESTINASI GW.

PREDESTINASI MEMILIH PARA KORBAN-KORBAN SULUNG.

 

Kenapa lo bingung dengan mempertanyakan Yesus Menebus semua dan memilih sebagian ?

pertanyaan yang sama kenapa Yesus memilih sebagian, tidak semua ?

simplenya kenapa Yesus memilih ?!?!?!

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, sulung dalam Alkitab

 Yesus kadang disebut yang sulung dari korban penebusan dosa. Supaya semua yang percaya bisa disebut yang sulung dari orang percaya. Kesulungan Yesus diwakilkan kepada orang yang percaya kepadaNya. Hanya yang sulung yang akan disebut orang percaya. Apa itu kesulungan? Itulah perbedaan yang ditegaskan antara orang percaya dan tidak percaya. ( bandingkan Yakub dan Esau dalam Roma 9 ).Siapakah korban sulung? Orang percaya. Mengapa disebut korban? karena TERWAKILI dalam korban penebusan dosa oleh Yesus, Sang Sulung. Kalau tidak menjadi korban sulung, anda tidak dipilih dan bukan orang percaya. 

Mengapa Yesus memilih sebagian? Haha...Mungkin anda adalah penasehat Allah, sehingga anda bisa menjawabnya. Bahkan untuk mengerti jalan pikir saya, anda harus bertanya kepada saya. Mustahil anda menjadi penasehat saya. Apakah anda mengerti hubungannya?

Sola Scriptura

jesusfreaks's picture

@vantilian : kelucuan lo mulai terlihat

Coba baca lagi deh soal korban korban sulung itu. Lo bilang kalau bukan korban sulung, TIDAK SELAMAT. HAHAHA... Cuma 144rb orang donk HAHAHA... LO MULAI KELIHATAN LUCU YA. Kelucuan kedua : Gw cuma pengen tahu kenapa TUHAN memilih ? Gw bukan PROTEST kenapa TUHAN memilih. Jadi disini, gw bukan hendak MENASEHATI TUHAN. Cuma pengen tahu ADA GAK ALASANNYA DIA memilih ? Kelucuan ketiga : Justeru lo lah yang PROTEST, kalau manusia yang DIA tebus, diinjak injak kek, diludahin kek, dibunuh kek, terserah DIA dong. Hebat juga lo bisa nasehatin TUHAN. Hahahahahaha

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, anda juga lucu...

 JF, kalau anda mau menafsir wahyu, tafsirlah dengan benar. Kelucuan yang anda tulis benar-benar menelanjangi anda sendiri. Seakan-akan CUMA anda yang tahu SIAPA 144rb orang kudus tersebut, haha...sungguh lucu...Apakah anda termasuk di dalamnya? Haha...Ketiklah kata sulung dalam alkitab elektronik dan belajarlah menafsir dengan benar. Mengapa kita bisa disebut yang sulung? 

JUSTRU saya tidak menganggap TAHU tentang orang pilihan, bukankah saya sudah menulis saya tidak tahu. Mungkin anda yang tahu, hehe....Siapa yang nasehati Tuhan, JF? Bukankah anda yang bersikukuh membedakan penebusan dengan pemilihan. Seakan anda mengetahui siapa yang ditebus Tuhan dan siapa yang dipilih Tuhan. Nah, apakah termasuk 144rb? Hoho..Anda sudah menangkap maksud saya? JF, apa maksud korban sulung? Apakah itu orang yang selamat dengan cara lain? Anda juga sudah mulai lucu..

Sola Scriptura

jesusfreaks's picture

@vantilian : makin lucu

Kalau gw lucu, itu wajar. Kalau lo lucu, wajar juga sih. Lo mulai membuat kesimpulan kesimpulan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Soal sulung, gw masih berkutat sekitar koment lo yang mengatakan : KALAU BUKAN KORBAN SULUNG, ANDA TIDAK DIPILIH DAN BUKAN ORANG PERCAYA. Dari kata kata lo diatas, gw rujuk ke ayat itu, dimana ayat itu berbicara tentang 144rb orang. Soal menafsir, silahkan lo berikan pencerahan. Kalau cuma bilang, SALAH TAFSIR, gw juga bisa. Tapi lo makin lucu juga.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, bukankah saya sudah bilang..

JF, bukankah saya sudah katakan, silakan cari arti dari SULUNG dan 144rb orang apa maksudnya. Mungkin hanya anda yang tahu. Silakan DISINGKAPKAN kepada kita di SS ini, apa maksudnya? Mengapa orang percaya disebut juga sulung dan apakah itu termasuk 144rb orang? Silakan diwahyukan kepada kita, karena kelihatannya anda SANGAT YAKIN andalah satu-satunya yang tahu tentang 144rb orang itu...Hehe,..Saya akan memberikan pemahaman saya, tetapi sepertinya anda sudah ada jawabannya. Mungkin anda yang SKSD dengan Tuhan yang tahu hal ini. PENEBUSAN 144rb orang. LUAR BIASA

Sola Scriptura

jesusfreaks's picture

@hai2 : nanggung dan gak keren

Perhatikan kata kata lo yang gak keren ini. Karena DIA MEMILIH, untuk HANYA menyelamatkan orang orang yang DIPILIHNYA. Kenapa DIA MEMILIH ?!?!

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

JF, Nti Kita Tanya ...

JF, nti klo ketemu Yesus face to face kita tanya ya? Karena sampai sekarang klo nanya kita hanha bisa dapetin jawabannya di Alkitab. Dan jawabannya adalah, "Karena Dia MEMILIH!"

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@CALVINIST : ROMA 2 : 6-7

Dimanakah posisi penebusan Yesus ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, Roma 2:6-7

Roma 2:6 Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya,

Roma 2:7 yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan,
 
Apakah dengan ayat ini, Allah mengubah standarNya dengan memberi keselamatan kepada orang yang berbuat baik? TIDAK. Allah tidak mengubah standarNya. Allah AKAN menerima semua manusia yang bisa berbuat baik sesuai hukum Taurat. MASALAHNYA tidak ada yang bisa begitu. Akibatnya semua manusia di bawah kutuk Taurat. Itu artinya. Kita akan dihakimi oleh hukum Taurat, baik yang tertulis maupun dalam hati nurani kita. Allah TETAP akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. Itulah penghakiman untuk semua orang yang tidak percaya. Bagi yang ditebus, merekalah yang percaya. Dan mereka yang percaya, tidak berada di bawah kutuk lagi. Begitu, bro...
 
Tidak ada yang aneh pada Roma 2, justru Roma 2 adalah pengantar bagi ayat-ayat Roma lainnya, yaitu ORANG PILIHAN di Roma 9-11. Ok?
 
Sola Scriptura
jesusfreaks's picture

@hai2 : makin gak keren

Makin gak keren aza jawaban lo. Kenapa lo mesti sok tahu tentang keberadaan orang orang pilihan. Kalau gw bilang, kenapa DIA memilih, salah satunya SUPAYA ADA YANG CEMBURU.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

Untuk Cemburu ...

Untuk cemburu orang harus punya cinta kasih. Yang tidak punya cinta kasih, mustahil cemburu. Untuk cemburu orang harus mampu membedakan, yang tidak membedakan mustahil cemburu.

Tidak punya cinta kasih dan tidak bisa membedakan yang baik dan yang jahat, itu sebabnya tidak pernah cemburu.

Yang bisa cemburu hanya BERHALA ciptaan elu doang JF. Percuma, hanya berhala, tidak punya nyawa, tidak punya roh apalagi kuasa dan akal budi. Ha ha ha ha ha ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hai2 : ALLAH LO LUCU JUGA

Untuk bisa MEMILIH orang seharusnya membedakan. Ternyata ALLAH LO dan BERHALA gw, sama sama lucu dan menggelikan. Syukurnya ITU BARU BERHALA GW, BELUM ALLAH gw. HAHAHA...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

@ Vantillian, Kapan anda diselamatkan?

Saya tidak setuju dengan konsep anda bahwa karena ORANG PILIHAN telah dibayar lunas maka artinya MEREKA OTOMATIS SELAMAT!

Menurut saya, keselamatan memang tidak otomatis. Hai hai (sepertinya anda sepaham) menuduh pandangan bahwa Fundamentalis dan saya yang berpendapat bila keselamatan adalah untuk SEMUA orang itu sama dengan mengatakan bahwa bahwa SEMUA orang pasti SELAMAT. Tapi itu adalah tidak benar sama sekali. Fundamentalis dan saya tidak berpendapat begitu! Karena keselamatan memang tidak otomatis, tetapi melalui IMAN! Ini adalah ajaran Alkitab lho!

Nah konsep anda yang berkata bahwa Yesus hanya menebus umat tertentu, apa kah terjadi pada SAAT yang bersamaan? Supaya lebih jelas tolong jawab saya: Kapan Vantillian SELAMAT?


1.    Waktu anda mengaku percaya Yesus selama anda hidup, ATAU

2.    Pada waktu Yesus disalibkan sekitar 2000 tahun yang lampau?

 

Bila konsep dalam blog anda ini yang betul bahwa SEMUA ORANG PILIHAN TELAH DIBAYAR LUNAS, dibayarnya tentu waktu Yesus disalib 2000 tahun yang lalu bukan? Bukankah itu artinya Vantillian (bila Vantillian orang pilihan) sudah diselamatkan pada sekitar 2000 tahun yang lampau? Bagaimana bisa? Vantillian kan belum lahir ?

Padahal konsep yang Alkitabiah adalah bahwa orang yang selamat dibenarkan karena IMAN kepada Yesus Kristus bukan? Jadi bukan seperti konsep anda dalam blog ini, bahwa BILA sudah DIBAYAR LUNAS maka OTOMATIS SELAMAT??

Bagamana penjelasan anda?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, keselamatan itu otomatis?

 Deta, anda sendiri yang menyatakan Allah mengetahui seseorang AKAN percaya, baru Dia memilih. Jadi berdasarkan pemahaman anda, Allah sudah memilih sebelum kita lahir berdasarkan FOREKNOWLEDGEnya Allah. Benar? Koreksi saya kalau saya salah. Berarti anda juga sudah PASTI selamat karena Allah SUDAH TAHU anda AKAN memilih percaya kepada Yesus. Jadi, anda sudah selamat sebelum anda lahir? Atau anda baru selamat setelah anda percaya? Kalau anda baru selamat setelah percaya, berarti Allah TIDAK MAHA TAHU donk. Atau Allah baru memilih anda SAAT anda memutuskan jadi orang percaya? 

Allah memakai cara penebusan (bagi Yesus) untuk menebus manusia dari murka Allah, dan Allah memakai cara iman (bagi manusia) untuk masuk dalam penebusan Allah. Apakah orang percaya sudah ditebus sebelum percaya? IYA. Apakah orang percaya dipilih dan ditebus Allah sebelum ia lahir? IYA. Apakah keselamatan itu OTOMATIS? Maksud otomatis apa? Otomatis dipilih, langsung percaya, dan langsung ke surga? Saya tidak menggunakan kata otomatis untuk menggambarkan karya keselamatan. Itu bisa bias arti.

Sola Scriptura

Debu tanah's picture

@ Vantillian, maksudnya gini

Anda kan nulis:

Karena kita telah lunas dibeli, maka kita adalah 100% milikNya. Dan kalau kita berpikir milik Allah akan dibeli oleh Iblis atau bahkan akan dibatalkan oleh perbuatan kita sendiri ( murtad ), maka itu berarti Allah kembali menjualkita. Itu berarti mengingkari Injil keselamatan.

 

Deta:

Anda kan yang bilang bahwa orang PILIHAN sudah LUNAS dibeli, itu berarti tidak ada yang perlu dilakukan lagi. Itukan arti LUNAS? Orang pilihan setelah LUNAS maka OTOMATIS menjadi MILIK yang membeli. Yang dibeli tidak perlu melakukan apa-apa lagi kan? Itu artinya orang pilihan OTOMATIS SELAMAT setelah LUNAS dibeli! Gitu loh.

Setuju gak kesimpulan saya atas pendapat anda itu?

Harusnya setuju karena anda menulis: Karena kita telah lunas dibeli, maka kita adalah 100% milikNya

 

Padahal Alkitab tidak bilang gitu. Alkitab bilang ada SYARAT, saya sebutkan ya antara lain:

1. PERCAYA (BERIMAN)

2. MENGAMPUNI ORANG LAIN

Jadi yang anda bilang bahwa ORANG PILIHAN sudah LUNAS dibayar, artinya OTOMATIS SELAMAT memang SALAH bukan?

Coba aja anda TIDAK PERCAYA atau TIDAK MENGAMPUNI? Apa masih selamat juga? Gimana nih?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, yang dibeli harus percaya..yang percaya harus sadar...

 Deta, apakah ketika seseorang percaya, ITU dianggap melakukan sesuatu? Bukankah iman itu juga berasal dari Allah? Bukankah percaya itu adalah anugerah? Siapa yang mengatakan Alkitab tidak mengajarkan penebusan menjadikan kita MILIK Allah?

Efesus  1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Kita telah dibeli dan ditebus, karena itu kita adalah milikNya. Objek yang dibeli dan lunas adalah MILIK pemilik, bukan Milik yang lain. Akibatnya hanya pemilik yang berhak memiliki, membuang atau menjualnya kembali.

Sola Scriptura

Debu tanah's picture

@ Vantillian, itu lah bedanya..

Judul koment anda:

yang dibeli harus percaya..yang percaya harus sadar...

 

Deta:

Itulah beda pemahaman kita, kaum penganut predestinasi memang berpendapat seperti judul komentar anda itu. Jadi memang betul anda berfikir bahwa orang yang dibeli OTOMATIS selamat, apapun yang terjadi.

Itu sebabnya saya bertanya sebelumnya kapan anda selamat? Tetapi anda tidak mau jawab..

Btw kenapa anda hanya koment syarat pertama saja, gimana syarat ke 2 ? Saya tebak deh: Anda pasti bilang bahwa orang PILIHAN pasti MENGAMPUNI ! (atau dipaksa MENGAMPUNI? Hahaha...)

Hahaha.. emang pemahaman yang aneh ya? It's okay lah.. Semoga dagangan anda laris ya...

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

triji's picture

@Deta&Vantilian

Sorry, ikut ngomong,

Deta Wrote :

"Padahal Alkitab tidak bilang gitu. Alkitab bilang ada SYARAT, saya sebutkan ya antara lain:

1. PERCAYA (BERIMAN)

2. MENGAMPUNI ORANG LAIN

Jadi yang anda bilang bahwa ORANG PILIHAN sudah LUNAS dibayar, artinya OTOMATIS SELAMAT memang SALAH bukan?"

Triji :

  1. Menurut saya syarat bagi setiap orang untuk dapat selamat hanya percaya/beriman kepada Tuhan Yesus(yoh 3:16)

  2. Untuk dapat percaya/beriman, seseorang harus mendapat karunia/anugerah dari Allah.

  3. Anugerah pada butir 2 diberikan Allah dengan cara melahirkan kembali orang tersebut, sehingga dengan kehendak bebasnya orang itu dengan rela hati memilih untuk percaya.

  4. Dengan dilahirkan kembali maka hati manusia juga diubah sehingga mampu melakukan perbuatan baik misalnya mengampuni orang lain.

Demikian timbrungan saya, semoga ndak OOT. GBU ALL

Debu tanah's picture

@ Triji, tidak oot sama sekali..

Halo Triji,

Anda penganut PREDESTINASI sejati atau bukan? Kl Vantillian itu memang penganut predestinasi sejati.

Penganut predestinasi tidak mengakui bahwa ada MURTAD.

Sedang kan menurut saya Alkitab berkata bahwa orang BERIMAN bisa MURTAD. Silakan baca blog saya tentang topik ini.

Orang beriman masih bisa murtad dengan misalnya dengan PAHIT HATI tidak mau mengampuni orang lain. Alkitab bilang orang yang tidak mengampuni tidak akan selamat. Dengan kata lain orang beriman yang tidak mau mengampuni disebut murtad.

PERCAYA dan MURTAD itu sikap hati, bukan perbuatan.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

triji's picture

@Deta

Halo juga Deta. . .

Ini adalah silogisma saya berkaitan dengan orang kristen yang murtad:

1. Orang Kristen sejati dijaga oleh Tuhan.

    Hal ini ditulis dalam Yoh :10 ayat 27 sampai 29, "Domba-domba-Ku

    mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka

    mengikut  Aku; dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka

    dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan

    seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa".

    Karena dijaga sendiri oleh kuat kuasa-Nya maka orang Kristen sejati

    tidak akan hilang dari tanganNya.

2. Pada kenyataannya ada orang Kristen yang hilang/murtad karena kecewa

    dan pahit hati dan tidak mau mengampuni dan sebab lainnya.

    Dengan kenyataan ini saya percaya bahwa orang Kristen mungkin

    bisa murtad.

3. Berdasar premis pada premis 1 dan realita pada butir 2 maka saya

    mengambil kesimpulan bahwa orang kristen yang murtad adalah

    bukan orang Kristen yang sejati.

Demikian kiranya dapat menjadi bahan pertimbangan.

 

 

 



hai hai's picture

@Trijii, Perumpamaan Tentang Penabur

Trijii, bila anda membaca dan memahami tulisan ini, saya yakin anda tidak akan ragu lagi tentang orang-orang Kristen murtad itu. Untuk membacanya silahkan klik di sini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Ari_Thok's picture

Iman dan Harga Penebusan

Iman adalah adalah anugerah / pemberian Tuhan, karena tanpa Roh Kudus, manusia tidak akan percaya kepada Kristus. Kalau iman adalah dari Tuhan, mustahil Tuhan gagal menjaga dan memelihara iman yang sudah ditanam dalam diri seseorang. 

Nah, masalahnya apakah yang ada dalam diri kita ini iman yang dari Tuhan atau iman yang semu? Orang yang mengaku-ngaku percaya kepada Kristus belum tentu memiliki iman yang dari Tuhan, itu sebabnya dia bisa kapan saja berpaling dari Tuhan. Kalau iman dalam diri kita adalah dari Tuhan, mustahil kita berpaling atau "murtad" sebab mustahil Tuhan gagal menjaganya. Meski dalam pertumbuhannya seseorang yang dikaruniai iman sesekali bisa ragu-ragu atau bimbang, tetapi karena Tuhan yang menaruh iman tersebut, mustahil pada akhirnya iman itu gagal.

Lalu bagaimana kita bisa tahu bahwa iman yang ada dalam diri kita adalah benar-benar iman dari Tuhan? Misalnya, kita dianiaya dengan hebat bahkan sampai mati, tetapi kita tetap percaya dan menolak untuk menyangkal Yesus, apakah itu bisa menjadi bukti bahwa iman dalam diri kita adalah dari Tuhan? Haruskah kita menunggu sampai akhir untuk bisa tahu dan membuktikan bahwa kita dianugerahi iman tersebut?

Sedikit meresponi tentang penebusan kepada orang pilihan. Kalau Tuhan Yesus mati untuk semua orang, seharusnya memang semua orang pasti selamat, karena harga yang dibayar adalah untuk semua orang. Tetapi ternyata di Alkitab dicatat banyak orang yang tidak selamat. Dengan ini berarti kematian Yesus akan sia-sia, karena pembayaran yang dilakukan terlalu mahal, yang ditebus harusnya semua, tetapi yang selamat tidak semua. 

Kali ini mungkin benar-benar OOT, bisa diresponi di blog lain.

Terlanjur menyinggung masalah adil. Melebar sedikit tentang prinsip keadilan Allah dan keadilan di mata manusia. Apakah adil jika satu orang menebus banyak orang? Dosa dan pelanggaran banyak orang apakah cukup impas/adil dibayar dengan penyiksaan dan kematian satu orang? Seharusnya dosa satu orang ya ditebus oleh satu orang, mungkin diperlukan jutaan dan milyaran "Yesus" untuk bisa menebus dengan adil. Hehe, pertanyaan ini pernah aku ajukan saat diskusi soal iman dan kesalamatan. Adil menurut Allah tidak berarti adil menurut manusia. Allah yang jadi manusia apakah itu juga adil bagi Allah? Saya tunggu responnya. :)

*yuk comment jangan hanya ngeblog*


*yuk ngeblog jangan hanya comment*

 

__________________

*yuk komen jangan cuma ngeblog*


*yuk ngeblog jangan cuma komen*

Vantillian's picture

@Ari...Blog lain

 Ari, ketika membaca pernyataan dan komentar anda, saya memutuskan untuk menuliskan dalam blog lain. Anda bisa membacanya disini. Komentar anda yang panjang membuat saya mesti berpikir keras, haha...Semoga blog ini dapat menjadi tempat saling diskusi dan sharing. 

Tentang komentar anda mengenai hubungan keadilan Allah dengan tebusan, saya akan menuliskan dalam blog  tersendiri..

Bagi saya, orang yang ditebus adalah orang yang dipilih. Itulah mengapa Alkitab menggunakan kata tebusan, karena menebus artinya semua telah ditebus. Allah tidak mungkin menebus sebagian, kemudian baru memilih. Atau menebus semuanya, kemudian memilih sebagian. Allah menebus orang yang dipilihNya dan memilih orang yang akan ditebusNya. 

Sola Scriptura

jesusfreaks's picture

@ari : ini bukan JAWABAN loh...

ini bukan JAWABAN terhadap koment lo loh...

sekedar bikin lo makin "LIAR" aza...

 

YESUS itu MENEBUS DOSA MANUSIA dengan SISTEM "MENJALAR".

perhatikan ayat berikut :

1. Roma 5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

Akibat dosa adalah maut

Akibat penebusan adalah keselamatan

Bagaimana SEMUA orang bisa berdosa ?

Bagaimana SEMUA orang bisa ditebus ?

caranya dengan MENJALAR.

 

2. Wahyu 14:3 Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorangpun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu. 

14:4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu. 
 

Dari Yesus, penebusan menjalar ke 144 ribu orang, lalu menjalar ke seluruh dunia.

 

Materi ini, juga akan masuk dalam Blog gw soal predestinasi gw, yang rencananya akan press release diakhir maret ini, tepat hari ultah gw yang ke 29.

Mohon doanya, bukan atas ultah gw, tapi atas blog tersebut.

gw ingin mematangkan tulisan gw, biar gak dipahami dengan cara sesat.

hahaha... apalagi sampai di JIPLAK...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Ari_Thok's picture

Ditunggu Blognya Deh

Dikarenakan komentarmu bukan jawaban dari komentarku, aku tunggu deh release blog kamu. Soal adil nanti bisa dilanjut lagi, aku masih kembangkan dan renungkan, nunggu respon dari Bang Vantilian dulu. Masalah 144 ribu belum bisa komentar, karena memang belum menyelidiki lebih dalam, informasi dan tafsiran yang aku tahu masih simpang siur. 

Ha ha ha .. untung sudah diunpublish, coba kalo belum, pasti rame tuh berebut :D

 

*yuk comment jangan hanya ngeblog*


*yuk ngeblog jangan hanya comment*

 

__________________

*yuk komen jangan cuma ngeblog*


*yuk ngeblog jangan cuma komen*

sandman's picture

@JF

gw ingin mematangkan tulisan gw, biar gak dipahami dengan cara sesat.

hahaha... apalagi sampai di JIPLAK...

Broo bukannya emang niat elo begitu... memutar2kan orang.. sehingga orang berpikir kamu sesat?

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

jesusfreaks's picture

@sandman : jangan buka kartu donk...

dikasih taurat malah bikin dosa...

SEKALIAN AZA DIKASIH SESAT... SIAPA TAHU JADI BENARRR...

 

HAHAHA...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sandman's picture

@JF

Dikasih kopi gak mau, dikasih tuak malah mabuk.. maksud loe suruh minum racun siapa tahu jadi kebal racun... ada ada saja ... hahahah

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

jesusfreaks's picture

@sandman : koment gw alkitabiah loh...

Roma 3:20 Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa. 
 
Roma 5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah, 
 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sandman's picture

@JF

gw suka cara elo beputar2 bikin orang kritis, mencari bahan, buka alkitab, merenung, menggumulkan.  Hukum taurat? versi simplenya aja susahnya minta ampun...

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

jesusfreaks's picture

@sandman : itulah cara orang malas belajar

Itulah cara gw belajar...

orang lain yang mikir, gw cuma terima beres.

daripada disuruh baca tebelnya minta ampun,

apalagi kalau pake referensi sana sini...

ditambah lagi pake bahasa roh dan bahasa inggris...

 

ampunnn, kapan gw pintarnya ?

entah butuh berapa tahun ?

 

dengan cara ini, kan tinggal serep aza tuh ilmu...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sandman's picture

@JF Merendah ..

Enak yah tinggal menyerap saja..

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

jesusfreaks's picture

@sandman : suerrr

Bukan merendah bro...itu ada benarnya kok...

buku yang paling banyak gw baca adalah bobo & donal bebek.

dibandingkan buku kuliah atau novel atau buku buku referensi lainnya.

 

itu mungkin sebabnya gw suka nonton, orang lain yang baca atau belajar, nah gw tinggal tangkap aza.

 

gw langganan koran tiap hari, tapi jarang nyimak...

coba kalau nonton, wah lebih nangkep dan lebih nyimak, padahal beritanya sama dengan yang dikoran.

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sandman's picture

@JF setuju

Dulu aku juga begitu, sebelum ujian aku tanya Jawab ( aku bertanya dia yang jawab, dia bertanya aku bilang gak tahu karena emang gak belajar) sama temenku sekitar bahan yang akan diujikan... ternyata lebih cepet nempel dan ingat daripada kita baca...

kata seniorku dulu:

Banyak membaca banyak lupa, sedikit membaca sedikit lupa, tidak membaca gak ada yang lupa.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

jesusfreaks's picture

PASAL2 : SENIOR SELALU BENAR... WALAU GENDENG...

LA IYA LAH...

tidak membaca, JELAS gak ada yang lupa.

apanya yang mau dilupain...

hehehe...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-