Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

gereja tidak ada gunanya

zen's picture

saudara-saudariku,

saudara kristen pasti sering ke gereja. saudara mungkin setiap hari datang ke gereja. tapi saudara. gereja zaman sekarang semakin sedikit memperhatikan masyarakat di sekitarnya.kalau dibandingkan dengan perusahaan rokok gereja mungkin lebih sedikit memperhatikan masalah masyarakat. ada sampoerna yang punya foundattion yang programnya jelas dan membantu tapi gereja tidak pernah zen dengar ada yayasan yang sebesar itu padahal omsetnya tidak lebih kecil zen percaya.masalah social masyarakat dianggap selesai dengan mengadakan bazar murah atau makan bersama. gereja lain yang besar Cuma memiliki program anak asuh yang dibiayai sedikit sekali.kalau gereja lebih suka memperingatkan jemaat bahwa harus menjaga dari pornografi dan perzinahan daripada menjaga dari anak-anak indonesia yang stres dan rendah diri karena dipaksa belajar yang tidak berguna. gereja membuka sekolah tapi sekolahnya sama saja dengan sekolah lain yang membuat anak-anak stres.gereja juga suka bicara tentang televisi tapi adalah siaran porno atau gosip yang dikecam habis-habisan. padahal masih ada berita yang mensiarkan kemiskinan gereja seperti diam saja paling-paling disinggung di khotbah. ada yang pakai alasan manusia hidup bukan dari roti saja. pendetanya saja suka makan sampai badannya gemuk penuh kolesterol dan kalau ada pendeta tamu pasti ramah tamahnya dengan makan di restoran mewah.gereja di kota juga pendetanya putih-putih wangi halus kulitnya padahal yang dilayani kotor dan miskin.jemaat yang keadaannya seperti itu dan pendetanya seperti itu lebih baik tidak usah ke gereja saja.zen sudah menulis tentang jangan takut pada pendeta saudara. biar pendeta bilang kalau keluar gereja itu keliru tapi kalau pendeta saudara itu memiliki cuek terhadap kesusahan jemaat dan masyarakat zen bilang tinggalkan saja tidak usah takut!!!

saudara gereja tidak ada gunanya kalau begitu saja.kita bisa mendengarkan nasihat moral dari lain tempat. sering lebih bagus dan lebih bijak dan lebih penuh kasih. kalau Cuma membaca arti ayat alkitab jemaat tidak buta huruf bisa membaca sendiri di rumah dari pinjam macam-macam buku.gereja kristen seharusnya berbeda dari agama lain karena memang beda. kalau lain saja melahirkan tokoh-tokoh yang punya bukti nyata untuk orang kecil. contohnya romo-romo dari katolik atau partai pks. gereja tidak tertarik pada menolong petani atau membuka lokakarya atau memberi kredit untuk membuka usaha kecil. yang dibicarakan gereja sering hanya ajaran sesat, sex atau cara bisnis untu pengusaha besar. itupun zen bilang bisa didapat dari banyak tempat lain.ada yayasan katolik saja banyak punya tanah untuk dikelola petani dan menyediakan bantuan. pks islam memberikan kredit atau koperasi untuk umatnya membuka wartel atau warung.zen sepertinya tidak pernah dengar gereja punya koperasi atau memberikan kredit tanpa bunga.tapi minta sumbangan membangun gereja atau perayaan natal rajin sekali. gereja kristen lebih suka bilang kalau carilah dulu kerajaan allah dan jangan kuatir akan hari esok.tapi zen tidak yakin gereja yang seperti itu tahu cara menemukan kerajaan allah. satu-satunya cara yang zen merasa bisa praktis dari nasihat ini adalah jadi pendeta. kalau jadi pendeta siapa tahu bisa punya hidup tidak kekurangan. karena ini zen sebelumnya bilang pendeta itu jabatan. coba lihat ktp pendeta kan ditulis pekerjaan pendeta. saudara ini akibatnya banyak jemaat di luar gereja hidupnya pakai cara sendiri. memang masih berdoa tapi untuk melancarkan usahanya seperti mimnta pada dukun saja. yesus saja memberi makan 5000 orang atau membuat air jadi anggur dulu atau mungkin menunggu saudaranya dewasa sehingga bisa menafkahi maria sebelum melayani atau menyampaikan ajaran soal rohani. zen tahu ini sudah banyak dipikirkan gereja. baru dipikirkan saja. tapi gereja mungkin belum pernah dengar langsung ada jemaat seperti zen yang bilang gereja tidak ada gunanya karena alasan tadi.zen tidak kepaitan zen geregetan.

tobing79's picture

Syalom

Horas wah...Knapa mesti Gereja yang dipermasalahkan?Padahal Gereja itu suci pd awalnya.Dia tidak ada cela.Hanya saja didalam Tubuh Gereja itulah.Yang jadi lumpur.Emang sich,seperti yg zen ceritain ada betulnya.Tapi menurutku säat ini dan kedepannya,bagaimana membersihkan lumpur dalam gereja itu.Kan kasian tuh kita punya Gereja.Padahal jemaatnya dah kayak lumpur.Ngak pendetanya.Pengurusnya.Jemaatnya.Dll?Tapi gmn ya?Manusia sekarang dah aneh2x sich?Ato haruskah menunggu sakratul maut,manusia jd sadar?Kira 2x begitu lah menurutku.Entahlah menurut org laen.Thank.Gbu
__________________

Horas

erick's picture

gereja di kota juga

gereja di kota juga pendetanya putih-putih wangi halus kulitnya padahal yang dilayani kotor dan miskin.jemaat yang keadaannya seperti itu dan pendetanya seperti itu lebih baik tidak usah ke gereja saja.

*Erick garuk-garuk alis, kucek-kucek mata,.....

zen, kalo pendetanya di masukin ke ter panas supaya kulitnya hitam, nanti matilah dia, b'gimana nanti dia melayani, mengajarkan firman Tuhan, mengayomi jemaatnya yang kotor dan miskin?

zen-zen, kulit pulih itu sulit loh di hitamkannya! percaya deh.... temenku yg org b'landa, mau hitamin kulit, mengajak aku ke pantai.... yang ada kulitnya rusak!

Pernah denger ga jika kita bersuka dalam Tuhan maka kulit tubuh akan bersinar? sedang jika kita bermuram durja, rasa sakitnya sampai ketulang.

Gereja itu punya Tuhan. Jika ada "lumpur" disana, jemaat akan menanganinya. Jikapun lumpur itu sulit di bersihkan, "Pemiliknya" akan membersihkannya.

Percalah zen

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

Samuel Franklyn's picture

Tidak paham maksud dan tujuan Gereja

Zen, kamu sepertinya tidak paham maksud dan tujuan Gereja.

Zen, sebelum melanjutkan tanggapan saya maka saya tanya dulu 1 hal yang paling penting dalam hidup ini. Zen, apakah kamu mengenal Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kamu? Tolong kamu jawab dengan jujur.

Zen, saya akan jelaskan dahulu bahwa Gereja itu :

  1. Bukan yayasan sosial.
  2. Bukan partai politik.
  3. Bukan organisasi masyarakat.
  4. Bukan perusahaan.
  5. Bukan lembaga pendidikan.
Lalu apakah gereja itu?
  1. Gereja adalah sekelompok orang yang mengakui bahwa Yesus adalah Mesias (Juruselamat), Anak Allah yang hidup:
    Mat 16:15-17
    (15)  Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
    (16)  Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
    (17)  Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
  2. Gereja adalah tubuh Kristus. Maksudnya wakil dari Kristus di muka bumi:
    Eph 1:22-23
    (22)  Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada.
    (23)  Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.
  3. Gereja adalah sekelompok orang yang dipanggil oleh Tuhan:
    1Pe 2:9
    (9)  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Tugas gereja bukan melakukan tugas-tugas sosial. Tugas gereja adalah bersaksi bahwa Yesus adalah Juruselamat. Yesus Kristus yang bisa menyelamatkan umat manusia dari dosa dan akibat dosa. Apa akibat dosa? Sakit penyakit, kemiskinan dan kematian adalah akibat dosa. Dan yang bisa menyelamatkan umat manusia dari hal-hal tersebut bukan manusia lainnya ataupun suatu organisasi manusia. Yang bisa menyelamatkan hanyalah Yesus Kristus.

Tugas gereja yang utama adalah bersaksi bahwa Yesus sudah bangkit dari kematian dan akan datang kembali sebagai Hakim dan Raja.

Act 17:30-31
(30)  Dengan tidak memandang lagi zaman kebodohan, maka sekarang Allah memberitakan kepada manusia, bahwa di mana-mana semua mereka harus bertobat.
(31)  Karena Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati."

Tugas gereja adalah bersaksi dan bukan memperbaiki kondisi sosial masyarakat. Tentu saja kalau dalam suatu masyarakat banyak orang bertobat, mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat maka akan terjadi perubahan sosial. Tapi perubahan sosial ini dimulai dari perubahan pribadi dan terjadi bukan karena adanya program sosial melainkan karena mereka yang bertobat menghasilkan buah pertobatan yaitu perbuatan baik yang memuliakan namaNya.

gkmin's picture

@zen, ya itulah gunanya gereja: untuk jadi bahan diskusi...

ya...begitulah gereja..., dikritik tapi tetap dirindukan, dicela, tapi tetap 'diapeli' tiap minggu minimal 1x, karena dengan demikian, orang berharap Tuhan tetap setia memberikan berkat-berkatNya. Orang takut tidak datang ke gereja, karena takut dicemooh teman-temannya dan lebih takut lagi, nanti tidak akan mendapat berkat Tuhan...ke gereja, untuk mencari berkat Tuhan... Padahal.. bukankah ke gereja cukup 1x saja? bukankah diakhir kotbah, pada waktu pengucapan berkat, pendeta bilang, "semoga damai sejahtera Tuhan melingkupi saudara sekarang dan selama-lamanya..." khan tidak "semoga damai sejahtera Tuhan melingkupi saudara sekarang dan sampai minggu depan..." Silakan baca tulisan sy yang juga menyinggung hal ini di sini

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

jesusfreaks's picture

@gkmin : Mari permasalahkan

1. Gereja, gedung atau orangnya ? 2. Ke gereja atau ke persekutuan ? 3. Persekutuan antar manusia atau dengan Tuhan ? Jikalau ada yang menghubungkan dengan berkat, BISA SAJA. Karena ke gereja merupakan salah satu cara MENGHORMATI TUHAN, yaitu MENGUDUSKAN HARI SABAT. Saya yakin anda paham HARI SABAT, TAHUN SABAT, TAHUN YOBEL. Nah soal tetek bengek motivasi orang ke gereja ataupun motivasi orang melayani digereja, bukankah firman berkata MEREKA SUDAH MENDAPAT UPAHNYA. Keberadaan gereja, justeru sangat membantu kita manusia2 kurang ajar yang TIDAK BERANI MELAKSANAKAN AMANAT AGUNG TUHAN YESUS KRISTUS. Hahaha...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

zen's picture

saudara-saudariku,

sering orang kristen ada beberapa hobi takut menghadapi kenyataan jadi lebih suka memakai perumpamaan. sekarang mau lebih terus terang saja. kulit halus putih wangi sudah jelas tentang orang hidup enak jadi masih bisa memikirkan pakai minyak wangi dan tidak mau bekerja kasar tunjuk itu langsung mendapat. bukan saudara erick bilang tentang temannya orang belanda. zen orang yang realistis tidak suka bicara dalam bahasa muluk dan rumit. pendapat tentang tugas gereja adalah yang benar melanjutkan pekerjaan yesus di dunia melayani orang miskin dianiaya dan memberi harapan keselamatan. gereja harus mencontoh cara yesus yang memang tidak seperti partai politik yang ingin memerintah tapi karena yesus saja tidak pernah membuat murid-muridnya kelaparan selama mengikutinya bukan ingin dilayani kalau perlu gereja sampai mati untuk sesamanya seperti yesus. demikian semoga dimengerti.
erick's picture

Zen, saya ada disana, silahkan mulai baca blog2 saya

Silahkan zen saudaraku terkasih dalam nama Yesus Kristus bermimpi, tidak akan ada lagi orang miskin di dunia, agar anda kegereja ada gunanya.

Saya tak akan pernah mengerti bila anda menuliskan gereja tidak ada gunanya!

Yesus datang kedunia tidak untuk mengubah orang miskin menjadi kaya!

Baca ulang kalau boleh 100.000.000.000 kali! Yesus tidak datang kedunia tidak untuk menghentaskan orang miskin!

Sebelum Yesus lahir ada orang miskin. Ketika yesus hidup di dunia, ada orang miskin, ketika Yesus tidak ada lagi di dunia, ada orang miskin.

Ketika erick ada di dunia, ia melihat banyak orang miskin! Ini bukan dongeng, yang dalam sekejap hadir banyak orang miskin didunia dikarenakan ekonomi Amerika morat-marit saat ini kawan. Dan saya tidak mempergunakan bahasa kiasan, metaphora, atau puitis maupun perumpamaan!

Yesus tidak pernah membuat murid-muridnya kelaparan. Tetapi ingat ia menyuruh muridnya bekerja, membuang jala ke kearah yang benar!

Kawanku sayang yang ber nick zen di ss ini, saya kutip tulisan mu:

pendetanya saja suka makan sampai badannya gemuk penuh kolesterol dan kalau ada pendeta tamu pasti ramah tamahnya dengan makan di restoran mewah.gereja di kota juga pendetanya putih-putih wangi halus kulitnya padahal yang dilayani kotor dan miskin.

Dalam kalimat mu mempergunakan sebuah kata yang kontra, yaitu: PADAHAL. ....padahal yang dilayani kotor dan miskin.

Hebat sekali pendeta itu bukan?????

Dari gajinya yang minim, ia menjamu tamunya yang mau bergandengan tangan dengannya melayani "yang kotor dan miskin"

Hebat sekali pendeta itu bukan?????, ia hadir disana, di tempat ia di utus melayani "yang kotor dan miskin"

Dear zen yang aku harap mau dengan terbuka belajar rendah hati untuk memberikan sedikit kridit untuk sang pendeta yang mau diutus Tuhan bekerja dengan memperkenalkan apa, siapa itu Yesus Kristus. Mengajarkan apa itu baik dan apa itu buruk.

Bacalah berulang-ulang komentar ini, mengertilah baik-baik mengapa saya tidak akan pernah setuju jika anda menuliskan gereja tidak ada gunanya.

 

Oh ya, 1 hal terpenting yang kamu harus tahu, pendeta tidak bertanggung jawab atas perekonomian.

Pergilah kegereja kawan. Bersuka citalah, agar kulitmu bercahaya, mata mu berbinar, dan mulutmu bersenandung lagu indah.

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

andryhart's picture

Tidak semua gereja itu mewah

Saya pernah pada malam Natal tahun lalu diajak seorang pendeta GPIB untuk merayakan kebaktian di Bringin, sebuah desa kecil di dekat Salatiga. Umatnya ternyata kurang dari 20 orang (termasuk saya dengan isteri dan anak-anak). Gerejanya kecil dengan dua ruangan, satu untuk kebaktian dan lainnya ruangan kecil untuk pendeta ganti pakaian. Musiknya cuma gitar. Umatnya penduduk desa sederhana seperti para petani dan pemuda desa. Tidak ada makan minum dan kue Natal. Ketika saya tanya kepada pendeta, "siapa yang membiaya kebaktian ini?". Jawabnya "seorang umat gereja yang mampu di Jakarta memberinya 50 ribu rupiah untuk transpor pada setiap kebaktian." Meskipun sangat sederhana, saya sekeluarga amat tersentuh dengan kebaktian di malam Natal tersebut apalagi setelah mengetahui bahwa hari itu juga merupakan hari ulang tahun pak pendeta. Cerita lain disampaikan oleh teman saya. Pada suatu hari dia pergi ke desa kecil jauh di kota. Di tengah-tengah pematang sawah, dia menemukan sebuah gereja kecil dan ketika dia masuk ke dalamnya hanya ditemukan beberapa bangku tua dengan warna cat yang suram. Di dekat gereja itu ada rumah kecil dengan kios untuk jualan bensin eceran. Teman saya datang ke rumah tersebut untuk membeli bensin mobilnya dan bertanya di mana rumah pendetanya. Penjual bensin yang melayani menjawabnya, "Pendetanya ya saya sendiri." "Lho biasanya pendeta kan punya duit dari perpuluhan untuk membiayai hidupnya?" tanya teman saya. "Ya. Tapi umat di sini sedikit dan mereka juga miskin-miskin. Uangnya hanya cukup untuk bayar listrik bagi penerangan gereja saat ibadah. Untuk hidup saya sendiri, ya saya harus jualan bensin." Jadi di desa juga ada pendeta yang idealis meskipun mereka sebenarnya juga para sarjana yang dapat membuka gereja di tempat lain yang lebih menjanjikan. Di desa kecil terpencil dengan penduduk yang miskin dan mayoritas beragama lain, perjuangan mereka sungguh-sungguh menyerupai perjuangan Rasul Paulus, yaitu menginjil dan juga bekerja mencari makan (Paulus bekerja sebagai tukang memperbaiki kemah). Karena itu, Rasul Paulus juga mengajarkan "Siapa tidak bekerja, tidak makan." andryhart
__________________

andryhart

y-control's picture

jesuit

Zen, anda seperti orang jesuit kesasar di gereja karismatik deh.. (maaf penyebutan dua aliran di atas adalah generalisasi, dimaksudkan bukan untuk pembahasan serius :=). Tapi saya yakin Anda tidak kesasar masuk ke klewer. HA HA HA!
gkmin's picture

@andryhart: Bringin... ya begitulah keadaannya...

Saya pernah pada malam Natal tahun lalu diajak seorang pendeta GPIB untuk merayakan kebaktian di Bringin, sebuah desa kecil di dekat Salatiga Saya di salatiga, kira2 8-10 km dari Bringin. Beberapa kali ke Bringin... (Anda tinggal di mana?) ya begitulah keadaan gereja di desa.... nggak cuma di Bringin, di desa-desa lain juga sama, keadaan gedung gereja memprihatinkan apalagi dibandingkan dengan gereja2 besar di kota yang 'luar biasa' kadang saya merasa gimana gitu, jika merasakan hal ini, tapi ya cuma bisa mengelus dada.. untung dada saya rata..... mbok coba baca kemegahan ini

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

johajes's picture

@Zen-Perlu di pahami

Bro Zen, Pls baca dan pahami komentar2 dari rekan2 di atas terutama dari bro erick & SM . gereja bkn bangunan saja tp setiap individu kita. supaya bro jgn apatis apalagi kepaitan.. *Oleh kasih setiaNya
zen's picture

untuk memahami

saudara-saudariku, ada cerita gajah mengamuk di kampung-kampung. orang bilang gajah itu mengamuk karena liar dan ganas tapi ada yang bijaksana bilang itu karena hutan tempat tinggalnya dirusak dan digunduli. zen berkata gereja tidak ada gunanya kalau tidak perhatian pada jemaat miskin dan terus bikin kaya pendetanya saja.saudara-saudariku engkau bilang zen kepaitan dan tidak paham gereja dan kesasar masuk gereja seperti orang bilang gajah itu mengamuk karena memang ganas.gereja kristen itu harus dimengerti sebagai hidup saudara yang kristen!!! kalau tidak orang gereja banyak di luar gereja pakai cara hidupnya sendiri yang tidak seperti orang kristen!! ini omong kenyataannya saja. omong gereja itu artinya omong gereja yang dipimpin pendeta atau bangunan bukan kiasan kita adalah gereja.saudara erick kalau bilang pendeta tidak bertanggung jawab untuk perekonomian padahal minta minimal 10 prosen bagian dari gaji jemaat itu namanya sudah campur tangan dalam perekonomian. itu enaknya sendiri saudara. berani berbuat berani bertanggung jawab!! hebat sekali pendeta makan-makan enak padahal jemaatnya miskin karena diperas diminta minimal sepersepuluh gajinya.bayangkan itu dibilang hebat saudara!! zen bilang itu tidak tahu maluk. tahu sendiri gereja banyak pecah karena ekonomi juga bermusuhan karena ekonomi rebutan jemaat kaya, saudara. itu banyak saudara! yang kepaitan disini adalah saudara erick yang kepaitan sama humanitaraian. orang sudah kepaitan jadi sulit dipercaya. tapi zen tidak kepaitan.
Samuel Franklyn's picture

Diperas?

Diperas? Zen, apa kamu yakin bisa mempertanggung jawabkan pernyataan kamu?

"hebat sekali pendeta makan-makan enak padahal jemaatnya miskin karena diperas diminta minimal sepersepuluh gajinya."

Pemerasan itu harus ada unsur menggunakan kekerasan. Coba kasih tahu saya siapa pendeta yang gebukin jemaatnya karena jemaat nggak ngasih perpuluhan. Saya juga mau gebukin tuh pendeta. Nama dan lokasi harus jelas lo Zen. Juga harus ada saksi. Kalau cuma pendeta cuma ngomong jemaat akan kena kutuk kalau tidak memberikan perpuluhan maka itu cuma ancaman. Ancaman itu bukan pemerasan. Kenapa? Karena ancaman bisa diabaikan tapi kekerasan nggak bisa di abaikan.

 

zen's picture

saudara samuel franklin

kalau menemui seorang preman di gang-gang sempit atau anak nakal suka minta uang pada anak lain tidak selalu harus dipukuli. bicara mengancam sudah akan membuat orang takut karena yang bicara adalah yang lebih besar badannya atau kalau di gereja adalah pendeta yang ditakuti seperti dukun bisa membaca pikiran dan mengutuk orang. mungkin samuel franklin tidak pernah diperas karena badannya sendiri besar tapi kalau bisa merasakan jadi orang yang dimana-mana diinjak-injak itu akan mengerti. gereja khotbah kita kuat pemenang jemaat percaya bersorak sorak. tapi lain waktu bilang kalau tidak memberi nanti akan tambah miskin dan bangkrut seperti tulisan saudara. itu pemerasan saudara! buka mata buka telinga. 
Samuel Franklyn's picture

Manusia normal punya akal sehat

Manusia normal punya akal sehat, Zen. Setahu saya nggak ada pendeta yang memaksa jemaat datang ke gereja. Jemaat datang ke gereja tidak dibawah ancaman senjata, Zen. Kalau kamu bilang jemaat di tipu oleh pendeta yang mengajarkan perpuluhan maka saya setuju 100%. Tapi kalau kamu bilang diperas maka saya tidak setuju 100% juga. Jemaat datang ke gereja kan nggak dipaksa. Kalau jemaat merasa diperas maka sebagai manusia normal yang punya akal sehat maka jelas mereka tidak akan datang ke gereja lagi. Zen, mari kita jangan menganggap rendah sesama, Zen. Semua yang datang ke gereja saya anggap sebagai manusia normal, Zen. Nggak ada manusia normal yang mau diperas. Kalau mau diperas itu artinya tidak normal, bodoh dan kesalahan ada di diri sendiri. Lain halnya kalau di tipu. Apa maksud kamu pendeta menipu? Kalau iya saya setuju. Kalau kamu bilang memeras maka saya akan bilang jemaatnya pasti kabur. Kalau nggak kabur maka jemaatnya yang goblok dan nggak normal.
zen's picture

saudara samuel frankyn

menjawab saudara samuel franklyn zen merasa telah mempersempit persoalan kepada masalah memeras atau membohongi yang intinya adalah sama-sama negatip. ke gereja tidak selalu karena kemauan sendiri saudara. tapi banyak orang datang karena keluarga suka ke sana. datang ke gereja bisa karena kebiasaan sejak anak-anak atau diajak didatangi setiap minggu dengan teman atau gerejanya sendiri.kalau tidak datang sudah ditanya macam-macam dan kalau keluar gereja akan dimusuhi. bagaimana kalau begitu saudara?pergi ke gereja  yang jemaatnya dibutakan itu banyak.apa gunanya disebutkan nama gereja dan pendetanya. tidak akan berguna apakah mau didatangi dan demo.kalau jauh dari tempat tinggal saudara-saudari apalagi. kalau zen protes disini karena mengira  orang kristen di sini lebih  pintar dan mau buka mata buka telinga.

Samuel Franklyn's picture

Menjawab Zen

Kalau seseorang ke gereja bukan karena kemauannya sendiri maka itu adalah kesalahan orang itu. Adam makan buah pohon pengetahuan karena diberikan Hawa. Lalu Adam menyalahkan Hawa. Apakah Adam lolos dari hukuman? Sama sekali tidak.

Zen saya bukannya tidak tahu bahwa banyak gereja yang ngaco dan dipimpin oleh nabi palsu dan penjahat. Tapi zen orang ke gereja tidak dibawah ancaman senjata dan orang punya akal sehat. Orang yang mempergunakan akal sehatnya akan meninggalkan gereja yang tidak sehat. Tidak semua gereja ngaco. Apa kamu berani bersaksi bahwa semua gereja dan 100% dari gereja ngaco? Kalau kamu tidak berani maka silahkan cari gereja yang sehat menurut pandangan kamu dan berbakti disana. Gereja yang tidak sehat dan dipenuhi penjahat akan ditangani oleh Tuhan. Tuhan berkata penghakiman adalah haknya. Yang pertama akan dihakimi adalah gereja.

1Pe 4:17
(17)  Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?

Zen kamu juga harus buka mata kamu terhadap Firman dan memahami bagaimana cara Tuhan berurusan dengan gereja. Cara Tuhan sungguh berlainan dengan pemikiran kamu.

zen's picture

menjawab saudara samuel

saudaraku keadaan disekitar kita semakin hancur dan banyak orang seenaknya memakai gereja untuk menguntungkan diri sendiri dan merugikan orang lain. saudaraku samuel apakah saudaraku hanya akan diam dan bilang ayo tetap kita dukung mereka tapi biar tuhan membalas. itu bisa disebut menusuk dari belakang atau seperti pengkhianat untuk gereja. mungkin samuel hanya takut tapi ingat kalau kita hanya boleh takut pada tuhan. zen tidak menyuruh membakar gereja atau memukuli pendeta yang suka menakut-takuti jemaat harus meberikan semua yang dipunya kepada gereja. zen ajak jemaat berhenti datang di gereja seperti itu supaya kapok!!!

Samuel Franklyn's picture

Bagus. Saya setuju

Bagus. Saya setuju. Gereja yang ngaco ya jangan didukung. Saya sih nggak pernah takut sama manusia, Zen. Tapi sebelum bilang suatu gereja ngaco dan menuduh dosa seorang pimpinan gereja maka Firman berikut harus dipatuhi.

1Ti 5:19-21
(19)  Janganlah engkau menerima tuduhan atas seorang penatua kecuali kalau didukung dua atau tiga orang saksi.
(20)  Mereka yang berbuat dosa hendaklah kautegor di depan semua orang agar yang lain itupun takut.
(21)  Di hadapan Allah dan Kristus Yesus dan malaikat-malaikat pilihan-Nya kupesankan dengan sungguh kepadamu: camkanlah petunjuk ini tanpa prasangka dan bertindaklah dalam segala sesuatu tanpa memihak.
 

erick's picture

Greja ada gunanya

Baiklah zen, saya tidak akan ngamuk. Tetapi saya akan tetap menyuh kamu kegereja walaupun kamu menulis 

"zen berkata gereja tidak ada gunanya kalau tidak perhatian pada jemaat miskin dan terus bikin kaya pendetanya saja."

Jika situasi yang kamu rasakan demikian, berdoalah agar waktu pelayanan  si pendeta di tempat yang kamu gambarkan cepat berlalu.

Saya dapat mempertanggungjawabkan tulisan saya bahwa pendeta tidak bertanggung jawab atas perekonomian  pribadi jemaatnya.

Masalah perpuluhan, itu untuk operasional gereja.

Perpuluhan itu sebenarnya dapat di salurkan kembali bagi jemaat yang tertimpa musibah, bahkan bagi mereka yang dalam kesulitan keuangan. Tetapi itu yang urus gereja, bukan tugas utama pendeta.

 

Aku hanya tertepa betapa nyata humanitarian membawa kita lebih kepada belas asih, bukan membawa kita lebih dekat kepada Tuhan, haus akan firman Tuhan, dan takut akan Tuhan.

 

Kalo kamu m'rasa pendeta bisa menyebabkan greja ga ada gunanya, aku akan tetap bilang kamu tetap pergi gereja. Kegreja pasti ada gunanya!


 

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

zen's picture

saudara erick

kalau pernah bertanya mengapa zen banyak membandingkan gereja dengan perusahaan adalah karena memang itu.saudara kalau lihat banyak gereja adalah didirikan oleh satu orang mulai dari persekutuan dan sering membuat jabatan pendeta diwariskan pada anak-anaknya.tidak seperti ditugaskan karena atasannya adalah pendeta itu sendiri. saudara tahu kalau begitu pendeta itu yang paling berkuasa dan apalagi kalau masalah keuangan karena pendeta itu butuh makan mobil atau gedung yang lebih bagus untuk dibanggakan kepada pendeta lain.menulis gereja tidak ada gunanya dibilang kalau begitu. memang banyak yang begitu. lihat ada kalaunya saudara! menulis di sini adalah ajakan untuk meninggalkan gereja yang begitu supaya mereka tidak begitu lagi.

erick's picture

Gunanya ke gereja zen,

kalau pernah bertanya mengapa zen banyak membandingkan gereja dengan perusahaan adalah karena memang itu. (itu disini, makdus kamu apa yah?)

saudara kalau lihat banyak gereja adalah didirikan oleh satu orang mulai dari persekutuan dan sering membuat jabatan pendeta diwariskan pada anak-anaknya. (gimana? gereja didirikan karena sebuah persekutuan maksud kamu?, persekutuan itu diprakarsai 1 orang ?, terus dia mentabiskan diri menjadi pendeta? dan kemudian mentahbiskan anaknya juga menjadi pendeta?)

tidak seperti ditugaskan karena atasannya adalah pendeta itu sendiri. saudara tahu kalau begitu pendeta itu yang paling berkuasa dan apalagi kalau masalah keuangan karena pendeta itu butuh makan mobil atau gedung yang lebih bagus untuk dibanggakan kepada pendeta lain. (pendeta itu juga pegang kas greja, menjadi bendahara greja gitu?

menulis gereja tidak ada gunanya dibilang kalau begitu. memang banyak yang begitu. lihat ada kalaunya saudara!

menulis di sini adalah ajakan untuk meninggalkan gereja yang begitu supaya mereka tidak begitu lagi. (kamu yang mengalaminya, saya tdk tahu jika tdk baca!)

Zen, kegereja ada gunanya:

  1. Dengar-dengaran Firman Tuhan
  2. Berdoa bersama-sama dgn teman seiman
  3. Mengakui dan menyatakan pengakuan iman
  4. Bertemu teman seiman
  5. Saling menyapa dan mengingatkan, dan tahu bahwa memiliki saudara seiman.

Gunanya ke gereja seharusnya tidak hilang karena masalah yang kamu tulis ini khan.....

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

zen's picture

saudara erick maksud sudah

saudara erick

maksud sudah jelas kalau zen bilang banyak gereja dijadikan seperti perusahaan. sudah dijelaskan di sebelumnya. kalau saudara erick memang belum tahu atau tidak mau tahu tentang gereja yang seperti itu sarannya adalah jangan cepat komentar menuduh bermacam-macam dulu. nomor satu sampai lima itu bisa diadakan di rumah teman-teman dan tuhan juga bisa datang di rumah biasa tidak perlu di gereja. zen menyarankan saudara erick melihat ini seperti bangsa israel ingin raja. alasannya supaya ada yang memimpin mengorganisasi lalu teratur sebagai gantinya bangsa israel mau menurut pada raja yang dianggap bisa mengatur kehidupan bidang-bidang mereka yang terutama ekonomi. gereja seperti raja itu simbol karena yang kuasa adalah tuhan. rajanya lalim atau gereja pendetanya brengsek berarti diganti saja.

erick's picture

Zen, baiklah bila demikian,

Dear Zen,

Mungkin saya kurang byk tahu apa yg anda alami dengan "gereja" yg anda tuliskan.

Tinggalkanlah "peusahaan" itu, tebaskanlah debu kakimu dari sana.

Satuhal tetap ku ingatkan pada mu zen, tetaplah bergereja.

Carilah gereja yg AM.

Bertumbuhlah, berjemaatlah disana, dan milikilah persekutuan dengan teman seiman disana.

Semoga engkau menemukan sebuah gereja yang bertumpu dan hidup dari kebenaran firman Tuhan.

Sekali lagi, pergilah ke greja, karena ke gereja banyak gunanya.

 

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

jesusfreaks's picture

@zen : JANGAN GENERALKAN

Ada baiknya kamu sebutkan gereja yang kamu maksud. gak usah takut, terbuka saja. katanya rela mati...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Josua Manurung's picture

adakah Gereja yang ideal?

zen... adakah Gereja yang ideal?

masing-masing Gereja punya salibnya sendiri...

justru kita yang dimampukan TUHAN untuk membuatnya ideal...

kita yang harus terjun ke dalamnya...

dan melayani DIA sepenuh hati...

walaupun sekeliling kita tidak ideal adanya....

saya mengerti kesesakan hatimu...

kegundahan hatimu....

tapi TUHAN ijinkan itu terjadi....

bukankah ada tertulis...

DIA membiarkan gandum dan ilalang tumbuh bersamaan...

kalau kau masih bersusah hati... berdoalah...

kau tidak mau ke gereja ... itu pilihanmu...

sehabis itu kau tahu apa yang harus kau perbuat bukan....

itu urusan paling pribadimu dengan TUHAN ALLAH...

 

TUHAN KUASA!

BIG GBU!

__________________

BIG GBU!