Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Benarkah Tuhan Yesus disalib pada hari Rabu?

kristenberea's picture

Pada tahun 1988 saya pernah
membaca buku “Jawaban bagi Keraguan Anda” tulisan R.A Torrey. Pada bab 20 dalam
buku itu dinyatakan bahwa sebenarnya Tuhan Yesus disalib pada hari Rabu, bukan
pada hari Jumat seperti yang tekah diyakini oleh mayoritas orang Kristen. Walaupun
R.A Torrey menjelaskan hal itu dengan tafsiran dari berbagai sumber Alkitab,
saya justru semakin ragu-ragu mengakui kebenarannya. Ya, bagaimana mungkin
orang-orang Kristen dari gereja mula-mula sampai saat ini bisa keliru mengenai
saat kematian Tuhan Yesus. Kebimbangan itu akhirnya hilang karena saya yakin
Tuhan tetap memelihara umat-Nya dan tidak mungkin membiarkan umat-Nya tinggal
di dalam ketidakbenaran.

Namun, dua puluh tahun kemudian kebimbangan itu
muncul lagi ketika ada sebuah gereja
yang merayakan peristiwa penyaliban Tuhan Yesus pada hari Rabu dan gereja itu
mengaku sebagai gereja yang paling menjungjung tinggi Alkitab!
Atas
dasar inilah saya mulai menyelediki Alkitab tentang penyaliban Tuhan Yesus dan hasilnya
akan saya uraian pada artikel ini.

 Benarkah Tuhan Yesus disalib pada
hari Rabu?

Berikut ini adalah beberapa alasan / dasar bagi
mereka yang meyakini Tuhan Yesus disalib pada hari Rabu.

 

1)     

Tuhan
Yesus diadili dan disalibkan pada “hari persiapan Paskah” atau menjelang hari “Sabat
Paskah”. Karena pada waktu itu Paskah jatuh pada hari Kamis, maka hari penyaliban
Tuhan Yesus harus pada hari Rabu.  Ayat
yang dijadikan dasar adalah (Yohanes 19: 14, 31)

 

2)     

Kematian
Tuhan Yesus pada hari Rabu (tgl. 14 bulan Nisan) akan menggenapi lambang domba yang
disembelih pada saat bangsa Israel akan keluar dari Tanah Mesir.

 

3)     

Sesuai dengan pernyataan Tuhan Yesus
bahwa “seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian
juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam”
(Matius 12:40 )

Mereka meyakini bahwa tiga hari tiga malam
harus ditafsirkan sebagai 3 x 24 jam, sehingga kalau Tuhan Yesus bangkit pada
hari Minggu pagi , maka tidak mungkin disalibkan pada hari Jumat sore karena
waktunya tidak sesuai dengan 3 x 24 jam.

 Apakah benar tafsiran yang
demikian itu?

Sebenarnya tanpa membahas ketiga hal di atas,
kita dapat dengan mudah merontokkan /
menggugurkan ketiga alasan di
atas dengan dua fakta sebagai berikut.

 

1)       

Para
murid menyiapkan perjamuan Paskah pada hari pertama dari  hari Roti Tidak Beragi
yang jatuh pada tgl. 15 bulan Nisan.

Matius 26:17  Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi
datanglah murid-murid Yesus kepada-Nya dan berkata: "Di mana Engkau
kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?
"  

 

Markus 14:12  Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi,
pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid Yesus berkata
kepada-Nya: "Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk
mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?"

 

Imamat 23: 4 - 7  Inilah hari-hari
raya yang ditetapkan TUHAN, hari-hari pertemuan kudus, yang harus kamu
maklumkan masing-masing pada waktunya yang tetap. Dalam bulan yang pertama, pada
tanggal empat belas bulan itu
, pada waktu senja, ada Paskah bagi TUHAN.  Dan pada hari yang kelima belas
bulan itu ada hari raya Roti Tidak Beragi bagi TU
HAN
; tujuh hari
lamanya kamu
harus makan roti yang tidak beragi.  Pada hari yang pertama kamu harus
mengadakan pertemuan kudus
, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan
berat.

        

Perlu dijelaskan bahwa Paskah biasanya
diperingati oleh bangsa Israel pada senja
akhir tgl. 14 bulan Nisan, dan dirayakan
pada senja akhir tgl. 15 bulan Nisan yaitu pada hari pertama Roti Tidak Beragi.
Sehingga tidak heran jika pada zaman Tuhan Yesus Perayaan Paskah
digabung dengan Perayaan hari Roti Tidak Beragi (Markus 14:1, Lukas 22:1).  

 

Pada hari pertama dari Hari Roti
Tidak Beragi diisi dengan kegiatan perjamuan Paskah dan menyembelih domba
Paskah (Markus 14: 12, Lukas 22:7)

        

Nah, pertanyaannya,
kalau pada malam awal tgl. 15 bulan Nisan (hari
pertama dari Hari Roti Tidak Beragi) Tuhan Yesus dan para murid baru melakukan Perjamuan
Paskah, bagaimana mungkin tgl. 14 bulan Nisan (sehari sebelum perayaan Paskah)
Tuhan Yesus sudah disalib? Lalu Yesus mana yang disalib? Ini hal yang aneh bin
menggelikan!
JJ

 

2)       Tuhan Yesus sering menyatakan bahwa
Ia akan
bangkit pada hari ketiga dari saat kematian-Nya, dan ini juga diteguhkan oleh
kesaksian para rasul.

        
Matius 16:21  Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada
murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak
penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu
dibunuh dan dibangkitkan pada hari
ketiga
.
 

        
Matius 20:19  Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang
tidak mengenal Allah, supaya Ia diolok-olokkan, disesah dan disalibkan, dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan."

        
Kisah 10:40  Yesus itu telah
dibangkitkan Allah pada hari yang ketig
a, dan
Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri.

        
1 Korintus 15:4  bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga,
sesuai dengan Kitab Suci
;

 

        
Kalau Tuhan Yesus bangkit pada hari Minggu, dan hari Minggu adalah hari ketiga
dari kematian-Nya, apakah hari Rabu dapat disebut sebagai hari pertama? Ini
adalah hal yang aneh bin lucu lagi!
JJJJJJ

 Nah,
sekarang mari kita lihat tafsiran mereka yang seolah-olah Alkitabiah itu!

 

1)    Apakah
“hari persiapan Paskah” di dalam di Yoh. 19:14 adalah hari persiapan sebelum
hari Paskah?  

      Yohanes
19: 14  
 Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam
dua belas. Kata Pilatus kepada orang-orang Yahudi itu: "Inilah rajamu!"

 

      Dalam
Alkitab bahasa aslinya tidak ada kata yang menunjukkan hari.
Perhatikan
terjemahan lainnya di bawah ini

 

     Now it was the
Preparation of the passover
: it was about the sixth hour. And he
saith unto the Jews, Behold, your King! (ASV)

 

     
Kalau dilihat dari konteksnya, jelas bahwa “hari persiapan Paskah” yang
dimaksud adalah bukan hari sebelum hari Paskah, tetapi hari (tepatnya waktu)  untuk mempersiapan Perayaan Paskah (seperti persiapan untuk
perjamuan Paskah dan menyembelih domba Paskah - Markus 14: 12, Lukas 22:7)

 

     
Mari kita lihat fakta-faktanya sebagai berikut:

-      
Hari Kamis Malam, ( awal  tgl 15 bulan Nisan  – Hari
Pertama Roti Tidak Beragi. )

     
Tuhan Yesus dan para murid-Nya
melakukan Perjamuan Paskah yang telah dipersiapkan oleh para murid sebelumnya.  

      Matius
26:17  Pada hari pertama dari
hari raya Roti Tidak Beragi
datanglah murid-murid Yesus kepada-Nya dan
berkata: "Di mana Engkau kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah
bagi-Mu?
"  

 

-      
Jumat pagi (tgl 15 bulan Nisan)  – hari untuk mempersiapkan
perayaan Paskah – Tuhan Yesus dibawa ke gedung pengadilan. Kayafas dan orang
Yahudi tidak masuk ke gedung pengadilan karena mereka baru mempersiapkan diri untuk makan Paskah.

 

      Joh 18:28  Maka
mereka membawa Yesus dari Kayafas ke gedung pengadilan. Ketika itu hari masih
pagi. Mereka sendiri tidak masuk ke gedung pengadilan itu, supaya jangan
menajiskan diri, sebab mereka hendak
makan Paskah
.

 

     
Jadi, jelas bahwa persiapan Paskah yang dimaksud dalam ayat 19: 14 adalah
persiapan untuk Perayaan Paskah bukan hari sebelum hari Paskah, fakta
berikutnya akan lebih memperjelas.

 

-      
Saat dimana Tuhan Yesus diadili adalah hari Paskah – bukan
menjelang hari Paskah.

      Johanes 18:39 
Tetapi pada kamu ada kebiasaan, bahwa pada Paskah aku
membebaskan seorang bagimu. Maukah kamu, supaya aku membebaskan raja orang
Yahudi bagimu?"

Jelaslah,
bahwa “hari persiapan Paskah” yang dimaksud dalam Yoh 19: 14 adalah waktu
persiapan Perayaan Paskah, karena perayaan Paskah biasanya dilaksanakan pada
senja akhir tgl 15 bulan Nisan yang pada waktu itu jatuh pada hari Jumat Sore,
dengan
menyembelih domba Paskah.

 

      It was the day when they
made ready for the Passover
; and it was about the sixth hour.
And he
said to the Jews, There is your King!
(BBE)

 

   
Untuk ini, LAI perlu merevisi terjemahan Alkitab dalam Bahasa Indonesia
Sehari-hari (BIS) karena telah “menafsirkan” waktu persiapan Paskah sebagai
hari sebelum hari
Paskah, sebab hal ini kan bertentangan dengan fakta yang ada di bagian yang
lainnya.

2)   
Apakah kematian Tuhan Yesus sebagai lambang dari domba yang
dikorbankan pada   senja tgl. 14 bulan
Nisan atau sebagai domba yang dikorbankan pada senja pada akhir tgl. 15 bulan
Nisan?

 

     
Sejak awal Tuhan Yesus dikenal sebagai Anak Domba Allah yang menghapus dosa.

     
Yohanes 1:29  Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang
kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia
.

               

      Jelas bahwa
Tuhan Yesus adalah “Domba Allah” penghapus dosa  untuk  menguduskan umat-Nya,
bukan hanya
sekedar domba untuk melambangkan  bebasnya umat dari kutukan Allah atas kekerasan
hati Firaun.

 

     
Kapankah kambing / domba penghapus dosa harus disembelih / dikorbankan?

      Jawabannya
ada di Kitab Bilangan:

      Bilangan
28: 16-24  "Dalam bulan yang
pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, ada Paskah bagi TUHAN. Pada hari yang kelima belas bulan itu ada
hari raya; tujuh har lamanya harus dimakan roti yang tidak beragi. Pada hari
yang pertama ada pertemuan kudus
, maka tidak boleh kamu melakukan
sesuatu pekerjaan berat, dan haruslah
kamu mempersembahkan kepada TUHAN
sebagai korban api-apian, sebagai
korban bakaran: dua ekor lembu jantan muda, seekor domba jantan dan tujuh ekor
domba berumur setahun; haruslah kamu ambil yang tidak bercela. Sebagai korban sajiannya haruslah kamu
olah tepung yang terbaik diolah dengan
minyak, yakni tiga persepuluh efa untuk seekor lembu jantan dan dua persepuluh
efa untuk seekor domba jantan; sepersepuluh
efa harus kauolah untuk setiap domba dari ketujuh ekor domba itu. Selanjutnya seekor kambing jantan sebagai
korban penghapus dosa untuk mengadakan pendamaian bagimu;
selain dari
korban bakaran pagi yang termasuk korban bakaran yang tetap haruslah kamu
mengolah semuanya itu. Secara demikian haruslah setiap hari selama tujuh hari
kamu olah santapan berupa korban api-apian yang baunya menyenangkan bagi TUHAN:
 di samping korban bakaran yang tetap
haruslah itu diolah, serta dengan korban curahannya.

 

      Dari Firman Tuhan di atas jelaslah, bahwa
korban penghapus dosa dan korban-korban yang lainnya dipersembahkan pada tgl.
15 bulan Nisan atau hari pertama dari hari Raya Roti Tidak Beragi. Memang benar
bahwa pada mulanya korban Paskah disembelih pada senja tgl. 14 bulan Nisan,
tetapi untuk waktu-waktu berikutnya korban Paskah dipersembahkan pada tgl. 15
bulan Nisan bersamaan dengan hari raya Roti Tidak Beragi.  Pada zaman
Tuhan Yesus juga demikian:

     
Markus 14:12  Pada hari pertama
dari hari raya Roti Tidak Berag
i, pada waktu orang menyembelih domba Paskah,

 

      Lukas
22:7 Maka tibalah hari raya Roti
Tidak Beragi
, yaitu hari di mana
orang
harus menyembelih domba Paskah
.

     

      Rasul
Paulus juga menguatkan bahwa darah Tuhan Yesus tercurah pada hari raya Roti
Tidak Beragi:

1Kor  5:7,8   Buanglah
ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak
beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.  
Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula
dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi,
yaitu kemurnian dan kebenaran.

 

      Jadi, sebagai korban penghapus dosa dan pendamaian,
dan juga sebagai korban
Paskah, maka Tuhan Yesus harus dikorbankan / (disalib) pada akhir tgl. 15 bulan
Nisan, pada hari pertama hari raya Roti Tidak Beragi, dimana pada waktu itu
jatuh
pada Jumat sore,
bukan pada awal tgl 14 bulan Nisan (Hari Rabu Sore)
seperti pendapat Torrey di atas!  (Kalau ingin menyamakan saat domba
Paskah pertama kali dikorbankan (seperti yang dimaksud) seharusnya bukan hari
Rabu Sore, tetapi hari Kamis sore yaitu akhir Tgl. 14 bulan Nisan.)

 

      Selanjutnya,
benarkah hari Sabat dalam Yoh. 19:31 adalah Sabat Paskah sehingga hari persiapan
yang dimaksud adalah persiapan sebelum hari raya Paskah?

      Sudah
jelas di atas, bahwa tidak mungkin Tuhan Yesus disalib pada  hari
menjelang hari raya Paskah, karena pada awal perayaan Paskah (Kamis malam)
Tuhan Yesus masih melakukan Perjamuan Paskah, dan saat Tuhan Yesus diadili
adalah waktu persiapan untuk mengorbanan domba Paskah (Jumat Pagi – Siang)

      Bahwa
Hari Sabat yang dimaksud pada Yoh 19: 31 adalah hari sabat biasa (Hari Sabtu)
dapat dijelaskan sebagai berikut:

      Yohanes
19:31  Karena hari itu hari persiapan
dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu
salib--sebab Sabat itu adalah
hari yang besar
--maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan
meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya
diturunkan.

 

Bandingkan dengan terjemahan ASV

The
Jews therefore, because it was the Preparation, that the bodies should not
remain on the cross upon the sabbath (for the day of that sabbath was a high
day
), asked of Pilate that their legs might be broken, and that they might
be taken away

     

     
Terjemahan pada kalimat yang saya tebalkan kurang tepat, yang tepat adalah karena hari Sabat itu adalah hari yang besar”
.

 

      Jadi
kata besar menerangkan “Hari Sabat” bukan menerangkan Sabat-nya

      (kalau
ada kalimat : “ Ayah saya adalah petani” maka petani menerangkan “ayah saya”
bukan menerangkan “saya”)

 

      Memang
benar bahwa hari Sabat bagi Yahudi adalah hari yang besar, untuk itulah hari
Sabat juga disebut Hari Kudus Tuhan, Hari yang Mulia, dsb ( Yesaya 58: 13).

      Keterangan
itu perlu ditambahkah oleh Yohanes agar orang-orang non Yahudi dapat memahami mengapa
mayat Tuhan Yesus harus segera diturunkan karena biasanya orang  yang
disalib akan dibiarkan cukup lama agar dapat dilihat oleh orang-orang yang
melewati daerah itu.

 

      Mungkin
Yohanes tahu bahwa hari Sabat yang dimaksud pada ayat 31 akan menjadi polemik,
maka iapun menjelaskan bahwa hari persiapan yang dimaksud adalah hari persiapan
Sabat biasa yaitu hari Jumat :

Karena hari
itu hari persiapan orang Yahudi
, sedang kubur itu tidak jauh
letaknya, maka mereka meletakkan mayat Yesus ke situ
. (Yohanes 19:42)

Hal ini juga dikuatkan oleh Lukas :

Hari itu adalah hari persiapan dan sabat hampir
mulai.
(Luk
23:54  )

 

Jelas, bahwa hari Sabat yang dimaksud jelas
adalah sabat biasa karena hari
persiapan orang Yahudi adalah hari menjelang sabat  atau hari Jumat menjelang
Sabtu.

 

3)    Benarkah “tiga hari tiga malam” harus diartikan
sebagai 3 x 24 jam?

     
Matius 12:40  Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari
tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga
hari tiga malam
.

 

      Sebenarnya
ayat inilah yang menjadi batu sandungan dan “memaksa” R.A. Torrey dkk meyakini bahwa
Tuhan Yesus disalib pada hari Rabu bukan pada hari Jumat. Karena kalau Tuhan
Yesus disalib pada hari Jumat sore dan bangkit pada Minggu pagi maka hal itu
belum genap 3 x 24 jam.

 

     Untuk memahami
perkataan Tuhan Yesus di atas satu  hal yang harus diperhatikan bahwa
dalam tradisi Yahudi, ungkapan “tiga hari tiga malam” merupakan suatu idiom
yang artinya sama dengan “selama tiga hari berturut-turut ” walaupun
hanya berlangsung 30 jam. Jadi, suatu peristiwa yang terjadi selama tiga
hari, dan  walaupun hari pertama dan hari ketiga hanya berlangsung
beberapa jam tetap dapat disebut sebagai tiga hari tiga malam.  

Contoh dalam Alkitab:  

Ester 4:15-17
-  5:1

 Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab
ini kepada Mordekhai:  "Pergilah,
kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk
aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu
malam, baik waktu siang.
Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa
demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja
, sungguhpun berlawanan
dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku
mati."   Maka pergilah Mordekhai dan diperbuatnyalah tepat seperti
yang dipesankan Ester kepadanya. Pada hari yang ketiga Ester mengenakan
pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja
,tepat di
depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana,
berhadapan dengan pintu istana itu.

 

Pada hari pertama Ester meminta agar orang
Yahudi di Susan berpuasa tiga hari tiga
malam, dan ia juga akan berpuasa demikian, dan setelah itu ia akan menghadap
raja. Kalau kita menghitung  satu hari satu malam sebagai 1 x 24 jam, maka
seharusnya pada hari kelima Ester harus menghadap raja. Tetapi mengapa pada
hari ketiga ia sudah menghadap raja? Apakah ia salah menghitung hari? Ataukah
ia mengingkari perintahnya sendiri? TIDAK!

 

Karena memang menurut tradisi orang Yahudi, peristiwa
yang terjadi selama tiga hari
berturut-turut tanpa memperdulikan apakah hari pertama dan hari ketiga
berlangsung hanya sebagian hari, tetap dapat disebut sebagai tiga hari (siang)
dan  tiga malam.  

 

Jadi, walaupun Tuhan Yesus disalib Jumat sore
dan bangkit pada Mingu pagi,  maka berdasarkan tradisi Yahudi percatan Tuhan
Yesus bahwa Ia akan berada di rahim selama 3 hari 3 malam, dapat diterima dan
dibenarkan.

 

Hal ini mungkin tidak bisa diterima oleh orang
modern seperti kita pada saat ini,
tetapi itulah kenyataannya. Karena  Tuhan memakai tradisi itu untuk
menyatakan kebenaran-Nya, maka kita harus mau menerimanya walaupun tidak sesuai
harapan dan pikiran kita. Dalam tradisi Jawa juga ada hal yang demikian. Setiap
pagelaran wayang kulit selalu disebutkan waktunya sebagai semalam suntuk. Walaupun
saat ini banyak pagelaran wayang yang dimulai jam 10 malam  dan diakhiri
jam 3 pagi,
tetap saja disebut semalam suntuk (sedalu natas), dan tidak ada yang protes!

 

Jadi, sebenarnya masalahnya terletak pada sikap
kita terhadap Alkitab. Maukah kita
menerima berita Alkitab apa adanya? Maukah kita menerima Allah memakai adat /
tradisi / budaya / idiom dari orang-orang Yahudi untuk menyatakan kehendak-Nya
atas kita? Karena Allah memakai orang-orang Yahudi beserta adat, budaya, dan
tradisinya untuk menyampaikan Firman-Nya, maka untuk dapat mengerti Firman
Allah tersebut kita harus mau belajar dan mengerti adat, budaya, dan tradisi
orang Yahudi pada zaman Tuhan Yesus – termasuk  tradisi / budaya dalam
soal waktu / hari.  Saya yakin banyak
yang tidak puas dengan jawaban seperti ini.  R.A Torrey juga tidak puas
sehingga ia membuat jalan keluar yang justru bertentangan dengan bagian Alkitab
yang lainnya. Sekali, kita harus dengan rendah hati menerima bahwa Allah
memakai tradisi orang Yahudi pada zaman Tuhan Yesus, walaupun tradisi itu
bertentangan dengan pola pikir kita pada zaman modern ini.

 

Sebenarnyalah kita pada saat ini juga memiliki
“tradisi” yang  tidak sesuai dengan fakta atau tidak ilmiah, namun oleh
umum / orang banyak sudah dinyatakan sebagai
kebenaran. Contoh: Ungkapan “Matahari terbit dari timur, bergerak dan tenggelam
di barat” sebenarnya tidak sesuai dengan fakta bahwa bumilah yang berputar dari
barat ke timur.
Tetapi hampir semua orang tetap membenarkan matahari
bergerak
dari timur ke barat. Kalau kita bisa menerima hal itu sebagai kebenaran (karena
sudah menjadi tradisi berbahasa kita) mengapa kita tidak bisa menerima
pernyataan Tuhan Yesus di atas sebagai kebenaran berdasarkan tradisi Yahudi?

 

gkmin's picture

Yesus disalib hari Rabu atau Jumat ya...??

Dulu saya pernah menterjemahkan sebuah tulisan yang memberikan argumentasi bahwa Yesus disalib hari Rabu, Saya tidak akan berdebat panjang lebar mengenai hal itu, dan sekarang sudah tidak saya tampilkan di http://gkmin.net, namun bagi yang menginginkan tulisan itu, dapat mendownloadnya dari s_i_n_i saya ingin menyampaikan bahwa saya tidak mau lagi berdiskusi tentang hal ini, silakan dengan pemikiran kita masing-masing kita berpendapat dengan argumentasi. Jika (misalnya) saya percaya bahwa Yesus disalib pada hari Rabu, ya mungkin tulisan terjemahan saya itu menjadi argumentasinya, Jika (misalnya) saya percaya bahwa Yesus disalib hari Jumat, mungkin saya punya argumentasi sendiri. (dan itu yang memang turun-temurun diajarkan di banyak gereja) Saya tidak hendak membuka lagi wacana ini, karena saya sekarang lebih "berminat" menyampaikan tentang nama Tuhan, yaitu YHWH. tks,

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

__________________

gkmin.net -salatiga-jawa tengah