Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

APAKAH KEHIDUPAN ANDA DITENTUKAN OLEH TAKDIR?

phrack's picture

 

Pernyataan-pernyataan seperti “ajalku belum tiba/ ajalnya sudah tiba”,“Itu sudah kehendak Tuhan”, “kalau sudah jodoh takkan lari”, “nasib sudah menentukan demikian”, dsb sudah sering kita dengar. Banyak orang percaya bahwa kejadian – kejadian dalam kehidupan mereka beserta akibatnya telah ditakdirkan dan tidak ada yang dapat mereka lakukan untuk mencegahnya.

 

Kepercayaan Hindu dan Budha percaya bahwa apa yang dialami seseorang sekarang adalah akibat dari perbuatannya di masa sekarang akan menentukan apa yang dialaminya di kehidupan mendatang. Gereja juga banyak menganut kepercayaan doktrin Predestinasi/ Takdir. Begitu juga kepercayaan umat Muslim tentang Takdir. Lalu adakah kehendak bebas manusia/ Frewill?

 

Harapan gue tulisan ini dapat mengerucutkan pemikiran2 takdir/predestinasi terutama pembaca setia bloger Sabda Space (SS) dari pengalaman gue berdiskusi dengan penganut Saksi Yehuwe (SJ) minggu lalu, bukan mengerucut keatas ye(makin gak jelas gitu)… Sapa tau abis tulisan gue ini masalah Predestinasi Calvin bisa selesai, amin.. Btw tulisan diatas diinspirasikan dari majalah Menara Pengawal 1 Maret 2009 yang katanya demi memuliaan Allah Yehuwe. Curhat ah..

 

Berawal dari niatan untuk PERANG MELAWAN KERAJAAN KEGELAPAN <- klik yg blon baca..

Seorang petinggi SJ yang rajin dateng kerumah, namun tidak dianggap orang sama ortu tapi masih bisa gue anggap orang. Akhirnya berjanji untuk bertemu melakukan diskusi/perang dilapangan 3 otak untuk saling membobol kubu2/benteng pertahanan pemikiran2 yang salah. Topik yg akan dibahas sesuai kesepakatan adalah tentang takdir/predestinasi (sesuai topic di majalahnye tapi topic baru ditentukan sehari sebelum hari H diskusi waduh)..Gak kaya bengcu yang ga berani ketemu sang pengkotbah api karena takut digebukin.. qqqq.. gue adepin di rumahnye bos ‘SJ’ tanpa rasa takut digebukin. Tapi si bengcu jelas lebih hebat dari gue lah.. jauh gue jauuhh.. cuman..

 

Lagi2 ga kaya bengcu yg udah mantep dengan macem2 ilmu pengetahuan melawan ilmu pengetahuan mantan dukun. Gue gak sama sekali… ya cuma mengandalkan pertolongan roh kudus yang moga2 mau mampir. Lho kok ‘moga-moga’? coz mata, otak, lidah masih nempel di daging gue…  Saksi Yehuwe anti predestinasi gue gak ngerti predestinasi Calvin... si ken kasi copy instituto calvin aja gue liatnye ude pusing duluan.. SS ribut2 predestinasi gue yakin gak yakin ini itu… gemana? Padahal kepercayaan protestan percaya predestinasi.. bisa kacau/malu kalo gak bisa jawab.. malu2in Kristen aje kalo guenye bego..

 

Hari H peperangan belom kuasai topic, jam 9 pagi boz SJ telp.

SJ: ‘Gimana jadi ketemu?’

Jwb. ‘Oh ya jadi dong! (sok PD aje padahal).. gimana kalo jam 3 sore?’

SJ: ‘Jam tiga ya.. gimana kalo jam stgh 3 aja karena jam 5 ada acara bertema ‘apakah semua agama sama’ di *** mo ikut?’

Jwb: sori gak bisa ikut tp ok jadi jam stgh 3 aja’

 

Hehehe masih ada waktu 8 jam lagi, jadi masih bisa belajar… eh ga taunye sampe jam stgh 3 sore masih blon kuasai topik predestinasi coz’ ga sempet belajar... akhirnya gue ke warnet cari bahan2, pas ketemu John Calvin MENANTANG! <-klik trus gue print ada 8 lembar kasi ke ‘SJ’ sampe dirumahnye jam 4 sore (mulur sejam). Trus gue suruh baca dulu biar nanti dia bisa bantah tu bahan, trus gue janji ketemu lagi jam 8 malem (karena dia jam 5 ada acara). Jam 5 s/d jam 7 malem gue tongkrongin lagi SS. Pulang, mandi, makan, berangkat, sampe rumah ‘SJ’ jam 8.45 malem. Kata ‘SJ’ kirain ga jadi dateng (coz gw janji jam 8). Selanjutnye ‘SJ’ kontak temennye biar nemenin, trus dateng dah 1 ‘SJ’ lagi. Jadi sendiri lawan 2 orang SJ.

Obrolan  dibuka santai. Yang banyak diskusi yang agak muda (yg dikontak). Bukan si pemilik rumah. Usia ‘SJ 1’ si pemilik rumah sekitar kepala 5an yg ‘SJ 2’ sekitar kepala 3an. Diskusi ini berlangsung dengan rasa hormat satu sama lain (respect). Pake kata ‘saya’ bukan ‘gue’.  Ga kaya di SS! Asal ngomong ‘goblok’, ‘pentang bacot’, ‘otak didengkul’,’bebal’, ck ck ck ck..    

 

Peperangan/diskusi dibuka dengan ayat : Yoh 17:17, Wah 22: 18 – 19. dan  II Tim 3:16. Bahwa Firman adalah dasar dari pertemuan ini, tanpa penambahan dan pengurangan dari Firman dan Firman bermanfaat untuk mengajar. Trus gue bilang tentunya bisa ditambahin ilustrasi2 agar memperjelas konteks.

 

Selanjutya diskusi dimulai dengan nama ‘pribadi’ Allah di Kel 3:14.

Pertanyaan SJ 2: Ketika ditanya siapakah nama Tuhan oleh Musa, dijawab Tuhan yaitu TUHAN. (Lalu gue diajak membuka kamus Alkitab yang dibelakang Alkitab terjemahan ‘TUHAN’ yaitu Yahweh). Apakah alkitab anda enak didengar/mudah dimengerti? Dan apakah tidak menyesatkan?.

Jawab gue: Kalau orang teliti maka akan mengerti. Karena disitu tertulis Tuhan dengan huruf besar semua, itulah namanya. Di Alkitab terjemahan lama ada sebutan untuk Yehuwa tapi diterjemahan baru tidak ada pasti ada penjelasannya dari LAI. Karena kalau begitu ada 3 sebutan untuk Tuhan=Pencipta, Allah=Pencipta yang berada di Surga, Yehuwa=nama pribadi Tuhan yg kudus??. Lagipula ketika Tuhan menyebut nama ‘pribadi’nya dengan ‘Yhwh’ dijaman dahulu huruf mati semua dan tidak ada padanan katanya dengan sekarang untuk Alfabet. Juga ketika nama Adam ada nama ‘pribadi’ kenapa tidak diributkan.

Kej 2:7 TUHAN Allah membentuk manusia [Adam] ‘TUHAN’ dalam huruf besar semua adalah nama ‘pribadi’ Allah. Dan kita sebut Yehuwa. Para ahli mengatakan kemungkinan adalah YHWH. Dan tentunya manusia [Adam] adalah nama pribadi Manusia lalu bacanya?

Jadi ketika ditanya mana lebih baik Yehuwa atau TUHAN dengan huruf besar semua? Lebih baik mengartikan kata YHWH menjadi TUHAN karena memang itulah yang dimaksudkan Tuhan. AKU ADALAH AKU.

Pertanyaan SJ 2: Ketika Tuhan mempunyai nama lalu disebut nama lain apakah tidak marah?

Jawab gue: Menurut gue Tuhan tidak akan marah. Contohnya kalau gua disebut ‘Kacab’ atau ‘Phrack’ tidak akan marah karena gua tau panggilan itu untuk gue. Kecuali nama panggilan gue gak pernah disebut cuma ‘cuy’, ‘cing’, ‘thong’ kesiini!.  Dan gue misalkan jadi Tuhan gak akan marah asal nama itu bukan sembarang nama tetapi juga nama jabatan atau suatu posisi/ tingkatan yang pada ‘jabatan’ itu orang menyebutnya. Misalkan begini (contohinnya pake 5 jari); Pada kepangkatan TNI posisi pertama Prajurit, dua sersan, tiga kopral dst. Dan posisi tertinggi yang kelima disebut jenderal. Nah kalau gue panggil sersan pasti gue marah. Karena pangkat gue gak pada posisi itu. Tapi kalau gue lagi jalan ke Amrik disebut ‘General’ gue gak marah karena sebutan itu memang pada posisi kelima itu. Juga ketika gue ke Thailand disebut ‘Thong’ pasti gue Tanya orang ‘Thong’ urutan posisi kelima bukan? Kalau ya gue gak akan marah.

Pertanyaan SJ 2: Pada hukum taurat ketiga Kel 20:7 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan seharusnya kita menyebut nama TUHAN yang kudus dengan benar bukan dengan nama yang salah

Jawab gue: Memang sebenarnya nama Tuhan tidak boleh disebut dengan sembarangan. Yang dimaksudkan hukum ini hargailah Tuhan, jangan asal demi Allah/ Tuhan karena orang yang berjanji, bukan Tuhan.

 

Tentang nama pribadi Allah tidak kita lanjutkan’Skip’ dengan kesimpulan memang agak bingung TUHAN dengan huruf besar semua. Gue setuju’‘agak bingung’ bukan berarti kitab gue salah tapi karena mengalah sekaligus menunjukkan sikap terbuka gue. 

 

Selanjutnya diskusi kita tentang keTuhanan Yesus. Awalnya gue gak setuju diskusi ini tentang keTuhan Yesus karena persetujuan awal tentang masalah takdir /predestinasi /sudah ditentukan dari awal kenapa sekarang nama Pribadi Allah dan KeTuhanan Yesus yang didiskusikan? Tidak berhubungan. Tapi karena menurut mereka penting & berhubungan ya sudah.

Pertanyaan SJ2: Coba kita baca Firtu Wah 3; 14 Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah. Jadi siapakah ‘Amin, Saksi yang setia dan benar’ Yuk kita baca lagi Wah 1: 5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia. Jadi Saksi yang setia itu adalah Yesus. Bahwa Yesus adalah permulaan dari ciptaan Allah. Yesus juga adalah suatu ciptaan. Ciptaan pertama dari semua ciptaan Allah.

Jawab Gue; Gue belon ngerti bener tentang perikop ini tapi yang jelas kita harus membaca satu perikop sampai habis dan nggak bisa asal comot perikop. Kalau begitu umat Muslim juga bisa benar karena asal mencomot ayat Aklitab. Kenapa Allah bisa berdoa kepada Allah ketika di Taman Getsemani? Gue akan jawab pada pertemuan berikutnya karena untuk perikop ini gue gak ngerti siapa lagi ‘Amin’? Jadi ini diskip aja biar jadi PR untuk gue.

 

( Emang jujur pertanyaannya lumayan menjebak ya gak? Memang Amin adalah untuk Yesus tapi yang dimaksudkan dengan ‘permulaan dari ciptaan Allah’ bukan berarti Yesus adalah hasil ciptaan pertama, yang dimaksudkan adalah permulaan dari semua ciptaan Allah, artinya sebelum adanya suatu ciptaan dia sudah ada, atau jika dibalik semua ciptaan bermula dari dia berarti semua yang diciptakan tidak ada jika tidak ada Dia yang dari semula ada. Jawaban ini akan gue kasi tau pada pertemuan selanjutnya.  

 

Akhirnye diskusi kite tentang Predestinasi…

Pertanyaan SJ2: Coba kita baca 1 Yoh 4:16 Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Allah adalah kasih lalu jika anda percaya Allah juga menentukan mana yang buruk berarti Allah bukan kasih. Apakah anda setuju Allah itu kasih?

Jawab Gue: Gue setuju pasti Allah itu kasih. Allah memang adalah kasih begitu juga pada penciptaanya Allah tetap menerapkan kasih. Ilustrasinya begini suatu Negara membuat penjara, membuat lampu merah sehingga kendaraan harus berhenti apa berarti Negara itu jahat? Negara mempunyai tujuan menciptakan warganya bahagia. Apa berarti Negara itu jahat? Lalu Ilmu Biologi. Bahwa para ahli/ ilmuan biologi menyimpulkan bahwa semua yang dipelajari tentang biologi pada akhirnya bertujuan hanya demi manusia. Lalu apakah biologi jahat karena ada kijang yang dimakan macan? Padahal itu merupakan rantai makanan. Maksud dari ilustrasi ini bahwa semua ada tujuan yang utama. Nah Allah juga mempunyai tujuan pada ciptaanya. Allah bertujuan untuk menciptakan suatu ciptaan yang mengasihinya dengan setia dan benar sampai pada akhirnya ciptaanya itu yaitu manusia dapat menang dan duduk bersama Allah di takhta-Nya. (Gue waktu itu lupa ayatnya tapi ini dia ayat dimaksud Wahyu  3:21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.)

Pada mulanya Allah menciptakan Malaikat namun ternyata Malaikat pun dapat berbuat dosa. Padahal diSurga tidak ada hukum taurat yang melarang ini itu. Malaikat juga hidupnya sudah kudus dan suci. Tapi karena kesombongan Lucifer si penghulu Malaikat jatuh dan berhasil membujuk sepertiga malaikat jatuh juga kedalam dosa juga karena ingin menyamai ALlah. Lalu diciptakan Manusia yang secara special diciptakan Allah dengan nafasnya dan lewat bentukkan tangannya sehingga segambar dengan rupa Allah secara kualitas lebih baik dari Malaikat. Manusia di Taman Eden bahwa kehidupannya sudah jauh lebih enak dari manusia sekarang ini. Tidak banyak aturan mereka sudah saling mengasihi hanya satu saja larangan jangan makan buah ‘itu’ namun karena dosa kesombongan ingin menyamai Allah manusia jatuh juga. Lalu Iblis menuntut keadilan Allah bahwa manusiapun harus dilempar kedalam maut seperti Iblis juga diperlakukan begitu. Iblispun protes apa kelebihan manusia disbanding Iblis? Lalu menuntut untuk mencobai Ayub! Hasilnya terbukti Ayub tetap setia dan terbukti juga bahwa Manusia mempunyai kelebihan. Lewat suatu proses dibumi manusia diciptakan agar kesetiaannya lebih baik dari malaikat dan begitupun nanti disurga akan juga diproses sampai dapat menang dan duduk bersama di takhta-Nya. Oleh karena itu kita harus sangat menghargai proses itu. Sehingga begitu banyak yang harus dikorbankan untuk suatu proses demi mencapaian tujuan akhir yang indah itu.

(Trus gue ambil majalahnye SJ ada ‘untuk segala sesuatu ada waktunya’ karena gue dah baca dikit gue bacain semua ayatnye) Pengkotbah 3:1-9  Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya. Semua ada prosesnya semua sudah ditetapkan. Itulah yang Allah maksudkan jadi untuk apa manusia Allah berbuat demikian, (Peng 3:14). supaya manusia takut akan Dia. Supaya Manusia menjadi tidak sombong. Karena Allah juga sudah menetapkan dari awal Peng 3:15 Yang sekarang ada dulu sudah ada, dan yang akan ada sudah lama ada; dan Allah mencari yang sudah lalu Tapi memang manusia tidak dapat menyelami pekerjaan Allah dari awal sampai akhir (Peng 3: 11) Pada perikop ini semua adalah tentang ‘pekerjaan’ Allah bukan manusia. Pada pekerjaan ini juga ada perbuatan ‘negatif’ seperti  ada waktu untuk meninggal ada waktu untuk mencabut yang ditanam; ada waktu untuk membunuh; ada waktu untuk membuang batu; ada waktu untuk membiarkan rugi; ada waktu untuk membuang ada waktu untuk merobek. Jadi dalam pekerjaan Allah ada suatu proses seperti yin & yang. Ibarat kata kita kerja tentu ada tujuan dan tentu tau bagaimana cara kite akan kerja. Tukang patung tau akan dibentuk seperti apa batu berbentuk kotak. Apakah pekerjaan Allah itu? contohnye: 2Ptr. 2:9maka nyata, bahwa Tuhan tahu menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan dan tahu menyimpan orang-orang jahat untuk disiksa pada hari penghakiman, Tahu disini bukan dimaksudkan Allah tahu apa yang akan terjadi kemudian tapi tahu disini artinye Allah ‘mengerti’ dalam pekerjaannye. Dan dalam pekerjaanye Allah tidak menghilangkan kehendak bebas manusia tapi kehendak bebas manusia tetap dibawah otoritas kehendak Allah.

Pertanyaan SJ 2: Jadi maksud anda kasih Allah itu mencakup seluruh pekerjaan Allah dari awal sampai nanti akhirnya. Seperti yin & yang? Jadi kasih Allah seperti yin & yang?

Jawab gue: bukan begitu maksudnya kasih Allah tetap yang putih. Seperti lingkaran luar yin & yang berwarna putih. Tujuannya adalah putih. Kasih Allah pada ciptaanya ditetapkan dari awal kejatuhan malaikat sampai ujungnya manusia duduk bersama dengan Allah di takhta-Nya.

SJ 2 bertanya pada sj1: Bagaimana mau menambahkan?

SJ1 jawab: Lanjutkan..

Pertanyaan SJ: Kite baca Kej 1:25 Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik Jadi Allah menjadikan segala seuatu itu baik.. apa anda setuju? Itu berarti kehendak bebas manusia berlaku sehingga membatalkan kehendak Allah dari semula yang menciptakan segala sesuatunya baik.

 

Jawab gue: Setuju bahwa Allah menjadikan semuanya itu baik! Allah menjadikan manusia dan alam semesta itu sungguh amat baik! Tapi bukan berarti Allah gagal dalam pekerjaannya, hanya karena kehendak manusia yang salah pekerjaan Allah gagal. Tidak, Allah tidak pernah gagal. Pada ayat itu tidak ditambahkan kata sempurna atau segala sesuatu akan baik2 saja.. coba lihat ada tidak kata sempurna disitu?  

Allah tetap akan menyempurnakan manusia, bahwa Allahpun mengetahui manusia pun tidak luput dari dosa kesombongan karena itu Allah tetap memerlukan proses itu. Kenapa ayat mencatat ‘Allah melihat bahwa semuanya itu baik’ ternyata berakhir tidak baik? apakah sebaiknya tidak usah dicantumkan saja? karena untuk apa dicatat di Alikitab bila ternyata berakhir tidak baik? Jawabanya agar generasi selanjutnya mengerti bahwa segala perbuatan Allah itu baik, namun manusia merusaknye karena itu manusia tidak boleh sombong..  Kejatuhan manusia pertama dalam dosa juga menunjukkan bahwa kehendak bebas manusia tetap dibawah otoritas Allah akan tujuan dari pekerjaan Allah. Dengan kejatuhan manusia pertama itu telah menghilangkan kemungkinan kesombongan manusia, karena dosa kesombongan telah dinyatakan oleh Allah agar manusia jangan mengulanginya lagi dan sadar. Itu adalah salah satu pekerjaan Allah. Kan tujuan Allah atas manusia agar manusia dapat duduk bersama diatas tahkta-Nya dalam kemenangan melewati proses pekerjaan-Nya.

 

SJ 2 bertanya pada SJ 1; Bagaimana menurut bapak? Barangkali ada yang mau ditambahkan?

SJ 1: Jadi ……(kesimpulannye dia menyepakati kasih Allah sesuai konsep gue)Kita orangnye terbuka kok senang menggali isi Alkitab.

SJ 2: Kita dalam diskusi ini senang menemukan orang yang mau belajar dan terbuka seperti anda..

SJ 1: Iyalah kalau tidak mana ada orang yang mau berdiskusi Alkitab sampai tengah malam begini.

Selanjutnya SJ 1 curhat tentang pengalamannya yang dulu mantan preman dan menceritakan suka duka kehidupanya bersama ‘gele’/ ganja. Gue pun menimpali dengan pengalaman lucu gue bersama gele. Akhirnya kita bertiga ngobrol tentang pengalaman pribadi yang lucu2 bersama gele. SJ 2 Cuma bingung karena sepertinya dia anak yang alim. SJ 1 juga menceritakan pengalamannya menerima Saksi Yehuwa dengan perdebatan2 dan akhirnya banyak coretan2 di Alkitabnya yang lama dari terbitan LAI. Gak kaya SJ 2 yang memang dari Ortunye itu Saksi Yehuwe. SJ 1 mulai menyukai gue dengan sanjungan2. Nular juga ke SJ 2. Gue seneng mereka menyukai gue.

 

Dengan demikian paling tidak gue berhasil membobol prasangka/kubu2 kerajaan kegelapan yaitu:

  1. Tidak semua orang Kristren jahat. Karena mereka selama ini diperlakukan dengan jahat dengan berbagai penolakan.
  2. Orang Kristen pun mau mengajarkan kebenaran tidak menyimpanya sendiri seperti yang mereka pikirkan tentang orang Kristen. Karena mereka membandingkan banyaknya pekerjaan kesaksian mereka dengan kesaksian kita.
  3. Doktrin Predestinasi yang majalah menara pengawal tuduhkan kesalahan fatal ternyata mereka dapat memahami predestinasi. Walaupun gue tidak menyimpulkan kesalahan mereka.
  4. Kesalahan2 dalam mengartikan Alkitab yang diajarkan oleh Saksi Yehuwe.   

 

Pertempuran dari jam 9 malem sampe jam 1 pagi.

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

Huanan's picture

@phrack

artikelnya ..panjang banget yahhh..

__________________

Huanan

DEDE WIJAYA's picture

Predestinasi YHWH dan Kehendak Bebas Manusia

Ada beberapa PDF yg bisa didownload tt Tema ini di SINI,

Masuk juga ke SINI

Baca juga respon terhadap artikel JOHN CALVIN MENANTANG di SINI dan di SINI dan SINI

dede wijaya

__________________

dede wijaya

phrack's picture

Phrack menjawab Dede wijaya

 

Ini diambil darisalah satu 'SINI' yg Ko Dede kasi:

"Ini berarti bahwa Allah-lah yang
menetapkan agar Adam dan Hawa makan buah yang Ia larang. Bukankah lucu bila Allah melarang mereka makan buah
itu, tetapi Ia pula yang menetapkan agar mereka makan buah itu?
Lebihmengerikan lagi adalah pemikiran bahwa Allah yang menetapkan semua pembunuhan yang pernah terjadi.
Jika Allahmenetapkan segala sesuatu,maka tindakansemua pemerkosa ditentukanolehAllah." 

"Apakah anda terganggu dengan semua itu? Saya tahu bahwa saya terganggu, karena saya tidak bisa
membayangkan bahwa Allah yang MAHAKUDUS menetapkan satu dosa pun untuk terjadi, jangankan semua dosa yang
pernah dan akan ada! Oleh karena itu, saya berulang mengecek, apa benar itu yang dipercayai para Kalvinis?
Boettner menegaskan: “Bahkan kejatuhan Adam, dan melaluinya kejatuhan umat manusia, bukanlah suatu
kebetulan atau kecelakaan, tetapi sudah ditetapkan demikian dalam keputusan rahasia Allah.”

"Jika Tuhan sudah menetapkan segala sesuatu, termasuk tindakan, pikiran, dan keputusan semua makhlukNya,
sebagaimana diajarkan Kalvinisme, maka secara logis tidak ada satupun makhluk yang memiliki kehendak bebas.
Manusia pun tidak memiliki kehendak bebas"

"Dengan kata lain,manusia tidak lebih dari robot, yang harus melakukan ketetapan Allah"

Jawab:

Kita sama-sama belajar ya.. Sama juga Saksi Yehuwe bilang mo belajar..

Ko Dede suru gua baca sini, sini, sini, sini, nisi, si.., si

tp ga nyadar pertanyaan2 diatas ude dijawab di blog ini!

gemana ini ko Dede???? sori kalo kebanyakan????

Gue Kalvinis yg secara kebetulan, karena sepertinya pandangan kalvin sama dengan pandangan gue! Itu hanya karena Kalvin lahir lebih dulu! makanya gue bisa dibilang kalvinis. Gue kalvinis yg gak ngerti T.U.L.I.P. Gw pernah baca tapi gak gue pahamin TULIP itu..

Trus ada penyataan "ArgumenKalvinis bahwa “walaupunAllahmenentukan, tetapimanusia
melakukannya dengan kemauan sendiri,” adalah suatu tipuan!"

Jawab; Eiiiiiit coba dipikir sampeyan ngomong. Apa gunanya gue nipuuu?? supaya gue banyak nyesatin orang biar ikut Kalvin???

Inget ye gue mo bikin suatu doktrin tapi terpaksa gak jadi karena ternyata udah keduluan Kalvin!

Intinye ye.. " Proses tujuan ALLAH atas ciptaanya"

gak tau de kalo si Kalvin bilang begitu..

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

DEDE WIJAYA's picture

@Phrack Predestinasi

Gue Kalvinis yg secara kebetulan, karena sepertinya pandangan kalvin sama dengan pandangan gue! Itu hanya karena Kalvin lahir lebih dulu! makanya gue bisa dibilang kalvinis. Gue kalvinis yg gak ngerti T.U.L.I.P. Gw pernah baca tapi gak gue pahamin TULIP itu..

Para Kalvinis tidak percaya "secara kebetulan", Anda sudah bukan Kalvinis lagi kalo percaya "yg secara kebetulan"

Pak Tong pernah berkata "Yang menetapkan membuat dosa lebih jahat dari yang melakukan karena telah ditetapkan."

Sayangnya Calvinis Sejati percaya Tuhan sudah menetapkan segala-galanya sampai yg terkecil sekalipun, kamu hari ini pake baju apa, Tuhan sudah tetapkan, hari ini makan ikan, ayam, atau cap cay, Tuhan juga sudah tetapkan.

Saya memberikan link SINI, SINI, SINI untuk anda belajar/membandingkan apakah pandangan anda sudah tepat.

dede wijaya

__________________

dede wijaya

phrack's picture

Dede: Ralat Kebetulan

 


Makasi ko atas si, sini, sini nya... semoga Tuhan memberkati berkali2 lipat..

Dengan adanya si, sini, ni gue jadi ngerti kalo sepertinya pandangan gue sama kalvin matching.. jadinya gue bukan cuman asal metjhing2ngin..

RALAT untuk tulisan diatas gue gak percaya kebetulan.. cuma kebetulan salah tulis...Tuhan sudah menetapkan kok kalo 3 hari yg lalu gue makan capcay kuah seafood..

Walaah salah nulis lagi..

Btw gimana Ko tulisan ane kalo ada yg gk setuju diomongin aje.. Gue orangnye sangat terbuka kok.. tapi bukan suka ngeliat yg buka2an kaye maria ozawa ye.. hiik dosa! kecuali buat cuci mata gpp..

note :maksudnye kalo cuci mata ya mata harus dibuka dulu masa merem aje

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

udalama's picture

si buta dari gua hantu…

 

maklum phrack…
bukan’ne merem tapi buta,
si buta dari gua hantu…
pakaiannya kulit ular, senjata’ne tongkat,
ditemenin monyet yang setia hehehe
udalama's picture

PERNAHKAH kamu mendengar cerita DAMARWULAN?

 

sahabat phrack…
aku seneng melihat tulisanmu,
bagiku berarti kamu masih mau terus berjuang,
salut untuk persiapan kamu dalam berjuang.
 
phrack…
senengku kamu disini…
biar ada teman untuk sharing… phrack,
 
belajar dari alkitab yuk…
 
kehendak bebas manusia tetap dibawah otoritas Allah?
 
Menurut aku SEBAIKNYA kita MEMANG HARUS begitu.
kehendak bebas manusia TETAP dibawah otoritas Allah!
Itu YANG DIKEHENDAKI Allah,
TAPI manusia diberi hak PILIHAN 100% oleh TUHAN,
mau nurut kehendaknya sendiri atau KEHENDAK TUHAN.
karena Allah ADALAH kasih!
 
Kitab Bilangan 20:7-13
Tentang KESALAHAN Musa
>>>yang mengakibatkan Musa tidak dapat masuk tanah Kanaan
 
20: 7-8
TUHAN berfirman kepada Musa:
"Ambillah tongkatmu itu dan engkau dan Harun, kakakmu, harus menyuruh umat itu berkumpul; katakanlah di depan mata mereka kepada bukit batu itu supaya diberi airnya; demikianlah engkau mengeluarkan air dari bukit batu itu bagi mereka dan memberi minum umat itu serta ternaknya."
 
20:9
Lalu Musa mengambil tongkat itu dari hadapan TUHAN, seperti yang diperintahkan-Nya kepadanya.
>>>sampai pada ayat ini Musa MELAKUKAN dengan benar.
 
20:10
Ketika Musa dan Harun telah mengumpulkan jemaah itu di depan bukit batu itu, berkatalah ia kepada mereka: "Dengarlah kepadaku, hai orang-orang durhaka, apakah kami harus mengeluarkan air bagimu dari bukit batu ini?"
>>>dari ayat ini Musa melakukan KESALAHAN.
 
Kesalahan Musa apa?
Musa tidak mengatakan seperti yang difirmankan TUHAN (lihat lagi ayat 7-8)
harapanku phrack DAPAT menggali lebih dalam lagi…
(kalau MENCARI dan MENDAPATkannya… kasih TUHAN menjadi SEMPURNA)
karena itulah SUKACITA kita didalam TUHAN
 
Kenapa Musa sampai ketrucut mengatakan itu?
MUNGKIN keadaan waktu itu mempengaruhi hati/perasaan Musa
 
Hauslah bangsa itu akan air di sana; bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa dan berkata: "Mengapa pula engkau memimpin kami keluar dari Mesir, untuk membunuh kami, anak-anak kami dan ternak kami dengan kehausan?"
Lalu berseru-serulah Musa kepada TUHAN, katanya: "Apakah yang akan kulakukan kepada bangsa ini? Sebentar lagi mereka akan melempari aku dengan batu!" 
Keluaran 17: 3-4
 
ayat ini yang MENGINGATKAN aku...
Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu.
I Petrus  1: 14-15
 
Kembali ke Bilangan 20
20:11
Sesudah itu Musa mengangkat tangannya, lalu memukul bukit batu itu dengan tongkatnya dua kali, maka keluarlah banyak air, sehingga umat itu dan ternak mereka dapat minum.
>>>dari ayat ini Musa melakukan tindakan yang ia ANGGAP benar.
 
20:12
Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun:
"Karena kamu tidak percaya kepada-Ku dan tidak menghormati kekudusan-Ku di depan mata orang Israel, itulah sebabnya kamu tidak akan membawa jemaah ini masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepada mereka."
>>>dari ayat ini AKIBAT yang didapat Musa karena KESALAHAN itu.
 
20:13
Itulah mata air Meriba, tempat orang Israel bertengkar dengan TUHAN dan Ia menunjukkan kekudusan-Nya di antara mereka.
>>>dari ayat ini MENYATAKAN bahwa TUHAN itu kudus.
 
 
 
phrack…
aku menulis ini untuk kamu…
dengan harapan, AGAR kamu TIDAK SALAH PAHAM dengan aku,
coba kamu berikan saran kepadaku…
BAGAIMANA aku harus mengatakan/menulis kepadamu,
bahwa aku mengasihimu phrack…
 
phrack…
aku juga berasal dari keluarga PAS-PASan,
bedanya aku dengan kamu MUNGKIN
aku MAU mendengarkan bapakku,
sedang kamu ENGGAN mendengarkan bokap kamu…
 
phrack…
aku juga mempunyai cita-cita…
TAPI aku MERASA harus mendengar bapakku,
karena bapakku TELAH banyak “makan garam” didalam hidupnya,
sedangkan aku, anak baru “kemarin sore”,
aku belajar PRAKTEK juga dari TEORI phrack,
TIDAK SEMUA teori itu keliru.
PERNAHKAH kamu mendengar cerita DAMARWULAN?
 
phrack…
aku menulis ini untuk kamu…
dengan harapan kamu TIDAK SALAH PAHAM dengan aku.
titip salam buat bokap kamu ya…
SEMUA kar’na kasihNYA
 
TUHAN YESUS MEMBERKATI
I Korintus 13: 4-7
 
 
Nb:
 
phrack…
yang COCOK dibilang kefas kayak’e lebih cocok kamu deh hehehe
Bukan begitu bapak alfian? :)
 
sahabat kaswan
KAPAN kamu menulis blog lagi?
GBU :)
phrack's picture

@ udalame..

 

Bro udalame..

Gue bukan enggan dengerin bokap gue.. gue mendengarkannya! Dan karena itu gue suka tukar pikiran juga!  tapi pendapatnya tidak selalu benar! dan  sebaliknya pendapat gue juga tidak selalu benar!

Maaf kan gue jika pernah menganggap lu sesat! Tidak penting orang dianggap sesat!  yg paling penting buktikanlah siapa yang sesat!

ini perbandingan udalame terhadap (nama bukan pribadi) gue! 

harapanku phrack DAPAT menggali lebih dalam lagi…(kalau MENCARI dan MENDAPATkannya… kasih TUHAN menjadi SEMPURNA)

aku MAU mendengarkan bapakku,
sedang kamu ENGGAN mendengarkan bokap kamu…

Jadi gue SALAH lo BENAR??!!! Itu maksud lo??? JADI BEGINI CARA LO MENUNJUKKAN KASIH LO SAMA GUE!!??  Hebat lo!! sudah SAMA seperti Ortu GUA! Hebat juga lo ckckck... sudah menjadi orang tua yg baik, Selamat anak anda akan berbahagia punya bokap seperti anda! Dan karena lo sama sepert ortu gue berarti gue juga mengasihi lo.. Ok gue kasi saran cara buat membuktikan lo mengasihi gue! transfer duit.. bcanda bro..

qqq sori bro gue cuman bikin sedikit ketegangan dikit biar dramatis... qqqq.. orang yg anehye gue...

Ok senang gue mengajarkan doktrin Kalvin... (qqq...lucu... karna padahal gue ga prnh mendalami ajaran kalvin... apa2 jgn2 gue punya doktrin baru???) ya dah..ijinkan gue ngutip tulisan lo:

kehendak bebas manusia tetap dibawah otoritas Allah? 

Menurut aku SEBAIKNYA kita MEMANG HARUS begitu.

Bro nulisnye pake tanda tanya "?" sebaiknya kita harus begitu...

bener gak kalo gue mangartikan maksud lo dengan:

otoritas Allah = kehendak Allah, contohnye Tuhan berkata kepada Musa blablabla... dan seandainya Manusia menuruti otoritas/ kehendak  Allah itu maka kejadiannya tidak akan buruk! 

sori mo bikin memperjelas dulu nih... kalo begitu kalvin sesat? karna doktrin kalvin mengatakan Allah sudah menentukan kesalahan yang dilakukan Musa?? sori nih jawab dengan tanya... kalau begitu Allah kejam ye... 

tenang bro gue masih punya rasa PD atas ajaran kalvin ini... inget gue buka kalvinis sejati cuma metching... SALAH lagi nulis kebetulan..

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

udalama's picture

Dear phrack, LALU siapakah yang menghendaki???

Dear phrack,
 
otoritas Allah = kehendak Allah???
 
bagiku
yang DIKEHENDAKI ALLAH adalah BAIK semata-mata,
TUHAN, Allahku, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan.
TUHAN, Allahku adalah Bapa segala terang;
daripada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.
:. Jadi bagiku PRESDITINASI Allah adalah baik semata-mata.
 
LALU siapakah yang menghendaki/melakukan kejahatan?
dialah ilaH dialah anaK-anaK IBLIS,
YANG penuh dengan rupa-rupa tipu muslihat dan kejahatan,
YANG adalah musuh dari segala kebenaran,
yang TIDAK akan PERNAH berhenti membelokkan Jalan Tuhan!!!
>>> yen bocah-bocah pengen ngerti contone…
>>> maca wae goelungan” ayu bbab satunggal lan kalih.
Masih KURANG???
baca lagi tentang “berang-berang” didalam…
http://www.sabdaspace.com/are_you_really_love_indonesia#comment-32985
:. Jadi bagiku PRESDITINASI iBL!Z adalah JAHAT semata-mata.
:. yang dilakukan oleh anak-anak iBL!Z!
 
 
phrack,
apa yang phrack kehendaki KETIKA menulis blog ini?
APAKAH phrack MENGHENDAKI kejahatan?
apa yang phrack kehendaki KETIKA memasang gambar diblog ini?
APAKAH phrack MENGHENDAKI kecelakaan?
 
karena…
aku TELAH melihat beberapa kecelakaan,
kalau kecelakaan itu yang MENYEBABKAN aku,
AMAT SANGAT tidak mungkin!!!
karena aku PERNAH jadi sopir,
dan aku juga pengendara sepeda motor!
aku DAPAT merasakan kesusahan,
KESUSAHAN bapak sopir dan pengendara sepeda motor.
APAKAH phrack MENGETAHUI penyebab kecelakaan itu???
 
phrack,
apa yang phrack kehendaki KETIKA menulis blog ini?
APAKAH phrack MENGHENDAKI kejahatan?
apa yang phrack kehendaki KETIKA memasang gambar diblog ini?
APAKAH phrack MENGHENDAKI kecelakaan?
 
JIKA ya dan ya,
maka SESUNGGUHNYA engkau tidak mempunyai belas KASIH.
 
BUKANKAH ada FIRMAN tertulis?
janganlah merancang kejahatan dalam hatimu seorang terhadap yang lain,
dan janganlah mencintai sumpah palsu.
Sebab semuanya itu Kubenci, demikianlah firman TUHAN
 
phrack…
bagiku kamu TELAH MENGAMBIL keuntungan
KETIKA aku dalam kebodohan.
 
 
bagiku
kehendak bebas manusia TETAP dibawah otoritas Allah!
Itu YANG DIKEHENDAKI Allah,
TAPI manusia diberi hak PILIHAN 100% oleh TUHAN,
mau nurut kehendaknya sendiri atau KEHENDAK TUHAN.
karena ALLAH adalah BAIK semata-mata!
 
 
sebab itu haruslah phrack ketahui bahwa,
siapakah yang phrack sembah?
apa ratu chur GAGAH!?!
apa itu ratu kasih? apa itu dewi kasih?
: ) : )
 
phrack,
BERTOBATLAH!!!
phrack BUKAN Yudas Iskariot,
karena BUKAN Yudas Iskariot, phrack masih MEMPUNYAI pilihan!!!
aku TAHU karena diberitahu,
BUKANKAH phrack yang MENGHENDAKI kejahatan itu?
BUKANKAH phrack yang MENGHENDAKI kecelakaan itu?
kenapa phrack TIDAK TAHU sorga?
kenapa phrack TAHUnya hanya neraka?
phrack, BERTOBATLAH!!!
SEHINGGA apabila phrack mati, matinya TIDAK SIA-SIA! : ) : )
karena engkau masih MEMPUNYAI pilihan untuk BERTOBAT!!!
Kiranya TUHAN menjawab phrack pada waktu kesesakanmu!
 
teriring salam ci’ku dari cing,
dengan suara gemerincing,
sekian dulu cing.
: ) : )
 
>>> karena BIBIR “mereka” ADALAH
>>> BIBIR ih’SEBELL yang melakukan TOAst
 
supaya kita kang padha santosa,
murih becike nyabari karingkihaning wong kang ora santosa,
lan aja supaya ngupaya kasenegan kita dewe.
 
siji-sijine panunggalan kita,
NGLEGAKNA atine sapadha-padha,
murih becike supaya MBANGUN.
 
 
 
>>>>>>
dene supaya kowe lan aku, padha oleh sinau sarta oleh panglipuran...
kayadene nggatekake damar kang madhangi panggonan kang peteng,
nganti gagat raina sarta jumedhule lintang panjer esuk
kang sumunar ana ing sajroning atimu,
kekasihku iku putih menthur lan abang sumringah.
udalama's picture

belajar dari "ciluar" bukan "cidalam"

 

Maaf deh phrack…
bukan maksud aku nyakitin elo…
 
aku dah capek phrack…
kalo ngomongin doktrin melulu.
 
Jadi gue SALAH lo BENAR??!!! Itu maksud lo???
 
SEMUA kar’na kasihNYA,
bukan benar tapi dibenarkan.
SEMOGA engkau bisa mengerti.
 
aku juga belajar dari "ciluar" bukan "cidalam"
 
karena aku PERCAYA,
TUHAN YESUS MENGASIHIMU.
 
terimakasih
phrack's picture

  aku dah capek

 

aku dah capek phrack…
kalo ngomongin doktrin melulu.

Gue gak anggap ini doktrin brurr... pelajarann

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

udalama's picture

@sahabat phrack... agar kendaraannya tetap terus melaju

@sahabat phrack...
 
untuk pelajarann...
(apel-apel ajaran?)
MARILAH kita SAMA-SAMA belajar phrack...
 
aku masih berharap kamu mau menulis disini...
He wong kang padha tresna marang Sang Yehuwah padha sengita marang piala! Panjenengane kang ngreksa nyawane para wong kang kinasihan, bakal ngluwari wong-wong iku saka ing tangane para wong duraka. Pepadhang wus sumunar tumrap para wong mursid, lan kabungahan tumrap wong kang burus atine. He para wong mursid, padha bungah-bungaha marga Pangeran Yehuwah, lan ngrepekna kidung pamuji sokur kagem asmane kang suci.
 
 
sahabat phrack...
untuk mengenal kamu...
aku membaca tulisan2mu,
BIASANYA aku membaca yang MUDAH aku mengerti,
(tidak SEMUA tulisan2mu HARUS aku mengerti)
baru setelah aku membaca tulisan2mu,
tulisanmu aku pilah-pilah bagiku...
kupilih... mana yang MUDAH bagiku terlebih dahulu,
aku pilih kemudian BERUSAHA untuk MENGERTI dan MEMAHAMI...
setelah yang MUDAH aku MENGERTI dan MEMAHAMI...,
aku baru belajar tulisan2mu yang SULIT.
 
jika membaca tulisanmu yang MUDAH saja,
aku tidak dapat MENGERTI dan MEMAHAMI...
kenapa aku HARUS MENGERTI dan MEMAHAMI tulisanmu yang SULIT?
ada yang TIDAK BISA mengerti…
ada yang BISA mengerti…
yen ngerti berarti uwis jodho tho ya ti :)
 
 
sahabat phrack...
aku menulis SEPERTI ini kepadamu...
bukan BERMAKSUD membuat kamu bingung...
karena disini...
aku MERASA harus menulis SEPERTI ini....
TAHU atau TIDAK TAHU aku harus MENULIS,
kalau aku MERASA bahwa harus MENULIS.
 
untuk MENGURANGI kebingunganmu...
berdoalah kepada TUHANmu...
agar Roh Kudus yang didalammu...
MEMBERI sahabat phrack PENGERTIAN.
belajarlah dari DAUD melalui Alkitab,
tidak ada salahnya bertanya kepada bapak sopir.
Bapak sopir dalam menjalankan kendaraannya,
BIASANYA bapak sopir mencari .....
agar kendaraannya tetap terus melaju,
sesuai dengan yang diperintahkan Tuannya.
kenapa bapak sopir mencari …..?
karena MUNGKIN ada hambatan2 bagi kendaraannya.
 
SIAPA Tuannya?
semoga sahabat phrack mengerti.
 
Barangsiapa mengasihi saudaranya, ia tetap berada di dalam terang, dan di dalam dia tidak ada penyesatan. I Yohanes  2:10
 
terimakasih...
TUHAN YESUS memberkati...
sahabat phrack dan keluarga.
 
 
Nb:
Untuk hal-hal yang tidak engkau mengerti disini…
saranku bertanyalah kepada…
sahabat Rusdy… atau sahabat kaswan
MUNGKIN juga sahabat Josua Manurung
Aku menulis ini BUKAN bermaksud mengguruimu,
tapi karena aku mengasihimu sahabat phrack.
 
 
 
SUPADOS manawi kawula tuwuk, sampun ngantos selak dhateng Paduka kaliyan wicanten: Pangeran Yehuwah iku sapa? Utawi manawi kacingkrangan sampun ngatos purun nyolong, SATEMAH nyawiyah dhateng asmanipun Gusti Allah kawula.

phrack's picture

gaya bahasa ning kayangan

 

Gaya bahasa lo kaya di kayangan... kulo ora ngartozzz...

Yo wis kowe sih arep sinau ra? si rep? dijawab sik sing nang ngisor.. ojo nggo basa jawa yo... kulo sih ngartoz B.inggris supados b jawa..

bener gak kalo gue mangartikan maksud lo dengan:

otoritas Allah = kehendak Allah, contohnye Tuhan berkata kepada Musa blablabla... dan seandainya Manusia menuruti otoritas/ kehendak  Allah itu maka kejadiannya tidak akan buruk! 

sori mo bikin memperjelas dulu nih... kalo begitu kalvin sesat? karna doktrin kalvin mengatakan Allah sudah menentukan kesalahan yang dilakukan Musa?? sori nih jawab dengan tanya... kalau begitu Allah kejam ye... 

yen ra ngerti maksud kulo aku sih iso memperjelas ake..

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

udalama's picture

@sahabat phrack... aku belum pernah dikayangan…

@sahabat phrack...
biar kecil tapi BERANI... OK?
 
 
sahabat phrack...
Gaya bahasa lo kaya di kayangan... kulo ora ngartozzz...
aku sendiri BELUM TAHU… aku belum pernah dikayangan…
TAPI…
aku SENENG BANGET phrack MASIH mau berjuang...
SEMANGATmu ini jangan sampai HILANG ya…
tetaplah disini bersama-sama berJUANG ya...
TUNJUK'IN and BUKTI'IN sama diri phrack sendiri,
bahwa phrack BENAR-BENAR BERJUANG...
biar kecil tapi BERANI... OK?
 
sahabat phrack...
MOHON pengertianmu dong...
tulung sahabat phrack keliling SS...
liat... SERASA semakin banyak TUGAS buat aku...
aku akan KERJAKAN semampu aku...
 
JADI sahabat phrack...
untuk PERTANYAAN kamu...
BAGAIMANA kalau sahabat phrack simpan dulu?
aku TIDAK mau BELAJAR doktrin dulu...
DENGAN kamu...
aku INGIN membicarakan yang ringan-ringan...
misal BERBAGI cerita BERSAMA sahabat phrack...
atau BERSAMA-SAMA ngerjakan TUGAS di SS...
 
JADI sahabat phrack...
"ngiras-ngirus" SAMA-SAMA belajar...
kita jalan bareng aja...
BIAR SUPAYA sahabat phrack...
mengenal dan memahami aku LEBIH lagi...
BAGIku cara MUDAHnya seperti seperti ini...
kalau sahabat phrack masuk SS...
cari namaku... liat dulu tracknya...
track itu MENUNJUKKAN aku menulis dimana aja...
BEGITUPULA aku kalau masuk SS juga lihat track kamu...
atau kalau mau ngobrol di SS...
sahabat phrack NINGGAL'in pesen buat aku...
atau BAGAIMANA menurut sahabat phrack?
 
 
Apakah sahabat phrack MASIH berani BERJUANG?
biar kecil tapi BERANI... OK?
 
 
Terimakasih…
TUHAN Yesus Memberkati
 
 
 
Dhuh gantilaning nalaningwang, kawula mugi Paduka wartosi, wonten ing punti anggen Paduka angen menda, wonten ing pundi anggen Paduka mlegungaken pepanthan Paduka ing wanci dalu? Awit punapaa dene kawula ngantos kados tiyang nglembara celak pepanthanipun mendamitra-mitra Paduka?
aku iki kagungane kekasihku, lan kekasihku iku darbekku, kang ….. 4-2

phrack's picture

Brur yg menghendaki Manusia

 

 

Halo Brur… hehehe masih penasaran nih ye…

 

Ga papa brur gw seneng lu masih lanjutin.. dengan bgini lu w anggap sodara krn msh mo cari kebenaran…

 

Brur yg menghendaki manusia atas otoritas Allah dem Tujuan Allah.

 

Brur lu nulis

 

belajar dari alkitab yuk…

 

kehendak bebas manusia tetap dibawah otoritas Allah?

 

Menurut aku SEBAIKNYA kita MEMANG HARUS begitu.

kehendak bebas manusia TETAP dibawah otoritas Allah!

Itu YANG DIKEHENDAKI Allah,

TAPI manusia diberi hak PILIHAN 100% oleh TUHAN,

mau nurut kehendaknya sendiri atau KEHENDAK TUHAN.

karena Allah ADALAH kasih!

 

Kehendak manusia memang semua terkontrol oleh otoritas Allah… kehendak manusia memang 100% kehendak manusia tapi tetap dalam rancangan Allah.

 

Kali udalame pikir.. kali ye.. Lho kehendak manusia ato kehendak Allah nih yg menentukan kejadian buruk? Ingatlah Allah adalah kasih!!!

 

Mang bener! Kasih bukan kasur! Sbenernya dah gw jawab diatas ya dah w copy nih:

 

Gue setuju pasti Allah itu kasih. Allah memang adalah kasih begitu juga pada penciptaanya Allah tetap menerapkan kasih. Ilustrasinya begini suatu Negara membuat penjara, membuat lampu merah sehingga kendaraan harus berhenti apa berarti Negara itu jahat? Negara mempunyai tujuan menciptakan warganya bahagia. Apa berarti Negara itu jahat? Lalu Ilmu Biologi. Bahwa para ahli/ ilmuan biologi menyimpulkan bahwa semua yang dipelajari tentang biologi pada akhirnya bertujuan hanya demi manusia. Lalu apakah biologi jahat karena ada kijang yang dimakan macan? Padahal itu merupakan rantai makanan. Maksud dari ilustrasi ini bahwa semua ada tujuan yang utama.

 

Belajarlah mengenal suatu tujuan! Kita kerja tujuannya apa? Cari duit? Pelayanan? Or what?!

Ok kali lu mikir jadi rencana Allah menghalalkan segala cara? Termasuk dgn berbuat jahat?

 

Ya kaga kaliiiee.. Allah ga berbuat jahat manusianya sendiri yg berbuat jahat! Iblis juga ga berbuat jahat dibumi kalo ga ada manusia! Iblis cuman berbuat jahat merusak hati manusia!

 

Ente kan tau Allah maha tau.. Kalo Allah tau si A akan membunuh si B pada tanggal ini kenapa Allah biarin? Jahat dong?

 

Makanya cari tau tujuan Allah!! Cari petanya bukan bentuk jalanannya..

Satu lagi brur Ibliz ga ada predestinasi kayake.. abis sok sok kelalen nyong..

 

Siji neh..Gw gak perlu bertobat krn masih menganggap Allah yg sangat mengasihi.. bahkan Allah semakin mengasihi ketika gw mengetahui Predestinasi Allah yg benar!!! rugikan kowe nek ra 'gathuk' predestinasi kuwi opo?

Satu lagi brur NERAKA adalah BAGIAN dari KASIH ALLAH! Makanya cari tahulah NERAKA itu seperti aaaapppppaaaaaa!!!!!!!!!!!! Kenapa ada NERAAAAKAAAA!!! Kenapa BERULANG - ULANG Tuhan kasihtau waspada NEERAAAKAA!!!

jangan sampe lo gak takut ma Neraka... jgn sampe lo gak pernah menceritakan WASPADA Neraka!!! 

Dah ah...

esmosi gw kalo lo tanya lagi kenapa porsi gw banyakan nulis neraka

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)